RPP Kelas III semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
Tema  : Tempat Umum
Alokasi waktu 3 minggu
             
Nama Sekolah          :  SD
Kelas                      :  III (Tiga)
Semester                :  2 (Dua)

A. STANDAR KOMPETENSI
PKn
4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
Bahasa Indonesia
    Mendengarkan
5. Memahami cerita danteks drama anak yang dilisankan
    Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon
    dan bercerita
    Membaca
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 - 200 kata) dan membaca puisi
    Menulis
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan  
    puisi
Matematika
Bilangan
3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
IPA
Energi dan Perubahannya
4. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
    energi
5. Menerapkan konsep energi gerak
IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

B. KOMPETENSI DASAR
PKn
4.1 Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam,
      keramahtamahan


Bahasa Indonesia
      Mendengarkan
5.1 Memberikan tanggapan sederhana tentang ceritapengalaman teman yang
      didengarnya
5.2 Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat daripembacaan teks drama anak
      yang didengarnya
      Berbicara
6.2 Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar
      Membaca
7.1 Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150-
      200 kata) yang dibaca secara intensif
      Menulis
8.1 Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata
      dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital,
      dan tanda titik
Matematika
3.1 Mengenal pecahan sederhana
IPA
4.2 Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran
      dalam kehidupan sehari-hari
4.3 Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
5.2 Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
IPS
2.2 Memahami pentingnya semangat kerja
                       
A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah KBM diharapkan siswa dapat :
PKn
·       mendeskripsikan letak geografis Indonesia
·       menyebutkan hasil hutan dan manfaatnya
·       menyebutkan jenis-jenis hutan dan tujuannya
·       menyebutkan jenis-jenis bahan tambang
·       menyebutkan hasil laut
·       menyebutkan manfaat sungai
·       menyebutkan tanaman palawija yang bisa ditanam di Indonesia
Bahasa Indonesia
·       mendengarkan penjelasan tentang petunjuk melakukan sesuatu
·       melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
·       Siswa dapat menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi
·       menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya dari media cetak
·       membacakan bacaan agak panjang secara intensif
·       membuat karangan sendiri dengan bantuan gambar
·       menulis kalimat berita
·       memilih kalimat berita
·       menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
·       menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
Matematika
·       membuktikan pecahan 1/2, 1/4
·       membuktikan pecahan 1/3, 1/6
·       menulis lambang pecahan 1/2, 1/4
·       membilang pecahan dengan lambang 1/2. 1/4
·       menulis lambang pecahan 1/3, 1/6
·       membaca lambang pecahan 1/3, 1/6
·       menyajikan nilai pecahan  dengan menggunakan berbagai bentuk gambar
IPA
·       menyebutkan pengertian angin
·       menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
·       menebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
·       membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
·       menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi
·       menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda
IPS
·       menjelaskan pentingnya semangat kerja
·       menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
·       menjelaskan alasan orang harus bekerja

B.  Materi Ajar
PKn
·       Kekayaan alam Indonesia
·       Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
Bahasa Indonesia
·       Menanggapi cerita
·       Menirukan dialog
·       Menceritakan peristiwa
·       Percakapan
·       Menjawab pertanyaan
·       Menulis karangan

Matematika
·       Pecahan
IPA
·       Energi
·       Gerak benda
·       Cuaca
·       Pengaruh cuaca terhadap kehidupan
IPS
·       Jenis-jenis pekerjaan
·       Semangat kerja
·       Jual beli
·       Uang
·       Pengelolaan uang

C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
SAL ( CBSA ), ceramah, diskusi, praktek, tanya jawab dan pemberian tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan
1.   Kegiatan Awal
·       Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·       Berdoa sebelum membuka pelajaran
·       Memeriksa kehadiran siswa
·       Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
·       Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu
·       Menegur siswa yang terlambat dengan sopan
·       Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
·       Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
·       Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
·       Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
·       Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai karakter dan kewirausahaan

Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa yang ditanamkan:
Cinta tanah air
Bersahabat
Komunikatif
Senang membaca
Peduli sosial
Peduli lingkungan
Jujur
Toleran
Kreatif
Rasa ingin tahu Percaya
Kebahagiaan
Respek Bertanggungjawab
Saling berbagi
Religius
Demokratis
Semangat Kebangsaan
Menghargai Prestasi
Cinta Damai
Berani *
Kritis
Terbuka *
Humor *Kemanusiaan*
Teliti
Tekun
Kreatif
Kasih sayang
Rukun(persatuan) Tahu diri
Penghargaan
Kerendahan hati
kesehatan
Nilai intelektual Empati
Hati-hati
Nilai susila
Estetika
Tanggap
Kerjasama
Pantang menyerah
Komitmen
Realistis

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif yang ditanamkan :
Mandiri
Kreatif
Berani mengambil risiko
Berorientasi pada tindakan
Kepemimpinan
Kerja keras
Jujur
Disiplin
Inovatif
Tanggung jawab Kerjasama
Pantang menyerah
Komitmen
Realistis
Rasa Ingin tahu
Komunikatif
Motivasi kuat untuk sukses

2.   Kegiatan Inti
Minggu ke 1
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit ( IPA, PKn, Matematika)
IPA
Eksplorasi
·       Siswa melakukan pengamatan terhadap angin yang dihasilkan oleh kipas angin.
Elaborasi
·       Siswa menjelaskan bahwa angin memiliki energi
Konfirmasi
·       Siswa menjelaskan bahwa angin dapat menimbulkan energi gerak

PKn
Eksplorasi
·       Siswa menjelaskan pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kekayaan alam
Elaborasi
·       Siswa diminta menyebutkan 1 contoh kekayaan alam yang berupa hasil hutan
·       Siswa menjelaskan jenis-jenis hutan beserta fungsinya
Konfirmasi
·       Siswa tanya jawab mengenai fungsi hutan
·       Siswa menjelaskan akibat dari penebangan pohon secara liar
·       Siswa menjelaskan tanah mengandung bahan-bahan tambang yang berguna bagi manusia
·       Siswa menjelaskan penggolongan bahan tambang

Matematika
Eksplorasi
·       Guru menjelaskan tentang pecahan
Elaborasi
·       Tiga orang siswa bergiliran mengerjakan contoh soal di papan tulis tentang pecahan
Konfirmasi
·       Siswa dapat membuktikan pecahan 1/2, 1/4

Pertemuan ke dua : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
Bahasa Indonesia
Eksplorasi
·       Setelah mendengarkan penjelasan petunjuk melakukan sesuatu
Elaborasi
·       Siswa mencatat pokok-pokok penjelasan
Konfirmasi
·       Siswa meringkas penjelasan yang didengar

IPS
Eksplorasi
·       Guru memberi pertanyaan kepada siswa tentang pekerjaan orang tua, untuk apa orangtua bekerja
Elaborasi
·       Guru menjelaskan pentingnya suatu keterampilan agar mudah mendapat pekerjaan
Konfirmasi
·       Guru menjelaskan pentingnya orang memiliki semangat kerja

Matematika
Eksplorasi
·       Guru memberi contoh cara menulis lambang pecahan 1/3, 1/6
Elaborasi
·       Guru bersama siswa membaca lambang pecahan /3, 1/6
Konfirmasi
·       Latihan soal

Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
Bahasa Indonesia
Eksplorasi
·       Guru menceritakan berita tentang bencana alam
Elaborasi
·       memberi tugas kepada siswa untuk mencatat berita tentang bencana alam yang didengar
Konfirmasi
·       Siswa menceritakan kembali tentang bencana alam yang dilihat di televisi

Matematika
Eksplorasi
·       Guru memberi contoh menulis lambang pecahan 1/2, 1/4
Elaborasi
·       Guru bersama siswa membaca lambang pecahan 1/2, 1/4
Konfirmasi
·       Latihan soal

IPA
Eksplorasi
·       Guru menjelaskan angin memiliki energi untuk menggerakkan banda-benda
Elaborasi
·       Siswa memberi contoh benda-benda yang dapat digerakkan oleh angin.
Konfirmasi
·       Tanya jawab

Pertemuan ke empat : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
Bahasa Indonesia
Eksplorasi
·       Guru memberi contoh cara membaca yang baik dan benar
Elaborasi
·       Siswa disuruh membaca bacaan yang agak panjang secara intensif (seorang-seorang)
Konfirmasi
·       Memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi

IPS
Eksplorasi
·       Tanya jawab pekerjaan orang tua siswa
Elaborasi
·       menjelaskan pentingnya seseorang memiliki semangat kerja
Konfirmasi
·       Siswa menjelaskan akibat dari tidak memiliki semangat kerja

Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
IPA
Eksplorasi
·       Guru bertenya jawab dengan siswa tentang manfaat angin
Elaborasi
·       Guru menjelaskan selain angin bermanfaat, angin juga merugikan
Konfirmasi
·       Siswa memberi salah satu contoh angin yang merugikan

PKn
Eksplorasi
·       Guru bercerita tentang kehidupan di pantai
Elaborasi
·       Diskusi kelompok tentang hasil laut dan pemeliharaan kekayaan laut
Konfirmasi
·       Siswa menarik kesimpulan dari cerita itu tentang apa yang dihasilkan laut, bagaimana memelihara kekayaan laut

Matematika
Eksplorasi
·       Mengamati gambar tentang menentukan nilai pecahan
Elaborasi
·       Guru memberikan contoh membilang pecahan dengan lambang ½, 1/4
Konfirmasi
·       Siswa menentukan nilai pecahan melalui gambar

Pertemuan kedua : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
Bahasa Indonesia
Eksplorasi
·       Guru memberikan 3 buah gambar secara acak
Elaborasi
·       Siswa mengurutkan 3 buah gambar
Konfirmasi
·       Siswa menyusun karangan berdasarkan gambar tersebut
·       Siswa menulis kalimat berita dengan benar
·       Siswa memilih kalimat berita dengan benar

IPS
Eksplorasi
·       Tanya jawab berkaitam dengan  semangat kerja pada pertemuan sebelumnya
Elaborasi
·       Guru menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja

Konfirmasi
·       Siswa menarik kesimpulan dari ciri-ciri orang memiliki semangat kerja

Matematika
Eksplorasi
·       Guru memberikan contoh tentang cara menentukan pecahan 1/3, 1/6
Elaborasi
·       Siswa menentukan nilai pecahan melalui gambar
Konfirmasi
·       Latihan soal, jumah soal 10

Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
Bahasa Indonesia
Eksplorasi
·       Guru memberikan sebuah teks bacaan
Elaborasi
·       Siswa dapat menyebutkan pokok-pokok pikiran dalam bacaan tersebut.
Konfirmasi
·       Membuat rangkuman

Matematika
Eksplorasi
·       Guru memberikan gambar-gambar yang sudah ada nilai pecahannya
Elaborasi
·       membaca lambang pecahan 1/3, 1/6
Konfirmasi
·       Latihan soal, jumlah soal 10 butir

IPA
Eksplorasi
·       Guru memberi contoh kalau siang hari panas, jemuran bisa kering. Mengapa pakaian basah bisa kering, dari mana sumbernya?
Elaborasi
·       Siswa memberi contoh yang lain berkaitan dengan sumber energi
Konfirmasi
·       Siswa menyimpulkan apa yang dimaksud dengan energi berdasarakan contoh yang diberikan


Pertemuan ke empat : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
B. Indonesia
Eksplorasi
·       Guru memberi tugas kepada siswa untuk mencari atau menulis berita yang dibacanya dari media cetak
Elaborasi
·       Siswa sendiri-sendiri dapat menceritakan kembali tentang bencana alam yang ditulisnya dari media cetak
Konfirmasi
·       Tanya jawab

IPS
Eksplorasi
·       Guru menceritakan sebuah kisah tentang buah baik dari kejujuran
Elaborasi
·        Siswa menyebutkan ciri-ciri orang yang jujur
Konfirmasi
·       Siswa menyebutkan manfaat kejujuran



Minggu ke 3
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
IPA
Eksplorasi
·       Guru memberikan contoh : Ibu sedang memasak di dapur menggunakan kompor minyak tanah.
Elaborasi
·       Siswa memberikan contoh-contoh yang lain yang berkaitan dengan sumber energi dan pemanfaatannya
Konfirmasi
·       Latihan soal, jumlah soal 15.

PKn
Eksplorasi
·       Guru menjelaskan hasil-hasil kekayaan sungai
Elaborasi
·       Guru menjelaskan maksud tanaman palawija
Konfirmasi
·       Siswa menyebutkan tanaman palawija yang biasa ditanam di Indonesia

Matematika
Eksplorasi
·       Guru memberikan gambar-gambar pecahan 1/2, ¼ 1/3, 1/6
Elaborasi
·       Siswa diminta mewarnai gambar tersebut sesuai dengan nilai pecahannya
Konfirmasi
·       Latihan soal, jumlah soal 10

Pertemuan ke dua : 6 x 36 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
Bahasa Indonesia
Eksplorasi
·       Guru memberikan sebuah gambar
Elaborasi
·       Siswa membuat karangan sendiri sesuai dengan gambar yang dilihatnya
Konfirmasi
·       Mengumpulkan hasil karangan untuk penilaian

IPS
Eksplorasi
·       Guru memberikan ilustrasi bagaimana akibatnya orang yang tidak jujur dalam bekerja
Elaborasi
·       Diskusi kelompok membahas akibat dari kejujuran dan ketidak jururan
Konfirmasi
·       Siswa menyebutkan ciri-ciri orang yang jujur

Matematika
Eksplorasi
·       Siswa membuat gambar sesuai dengan nilai pecahannya
Elaborasi
·       mewarnai gambar tersebut sesuai nilai pecahannya
Konfirmasi
·       Siswa membuat gambar sesuai dengan nilai pecahannya

Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
Bahasa Indonesia
Eksplorasi
·       Guru membagi kelompok sesuai dengan jumlah peran yang ada di teks drama

Elaborasi
·       Tiap kelompok berlatih melakukan percakapan sesuai dengan teks drama yang dibacanya
Konfirmasi
·       melakukan percakapan sesuai dengan teks drama yang dibacanya

Matematika
Eksplorasi
·       Guru memberikan gambar-gambar sudah ada nilai pecahannya1/2, ¼ 1/3, 1/6
Elaborasi
·       Siswa diminta mewarnai gambar tersebut sesuai nilai pecahannya
Konfirmasi
·       Siswa berlatih menyelesaikan soal yang berkaitan dengan pembuktian pecahan1/2, ¼ 1/3, 1/6

IPA
Eksplorasi
·       Guru menjelaskan alasan perlunya berhemat energi
Elaborasi
·       Siswa memberikan contoh penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari
Konfirmasi
·       Latihan soal, jumlah soal 10 butir

Pertemuan ke empat : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
Bahasa Indonesia
Eksplorasi
·       Guru memberikan contoh suatu pernyataan,
Elaborasi
·        Siswa diminta memberikan tanggapan terhadap pernyataan tersebut
Konfirmasi
·       Siswa diberi tugas untuk mengemukakan pendapat secara tertulis terhadap suatu penyataan.

IPS
Eksplorasi
·       Guru bertanya jawab dengan siswa tentang ciri-ciri orang yang jujur
Elaborasi
·       Siswa mengemukakan keuntungan orang yang memiliki sifat jujur dalam kehidupan sehari-hari
Konfirmasi
·       Latihan soal, jumlah soal 15 butir

3.  Kegiatan Penutup
·       Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.
·       Mengerjakan post tes
·       Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
·       Pemberian PR / tugas
·       Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing

E.    Alat Dan Sumber Bahan
·       Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 3 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
·       Buku Bina Bahasa Indonesia dan Sastra SD Kelas 3 Penerbit Erlangga
·       Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 3 Penerbit Erlangga
·       Buku IPA SD Kelas 3 Penerbit Erlangga
·       Buku Pengetahuan Sosial SD kelas 3 Penerbit Erlangga
·       Ensiklopedia
·       Kamus Bahasa Indonesia
·       Pedoman EYD
·       Koran dan Majalah
·       Media elektronik
·       Kipas angin
·       Drama
·       Gambar Pecahan

Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen/ Soal
PKn
·  Menyebutkan kekayaan alam hasil hutan
·  Menyebutkan manfaat sungai
·  Menyebutkan tanaman palawija yang ditanam di Indonesia
·  Mengidentifikasi hasil laut

Bahasa Indonesia
·  Mendengarkan pembacaan teks berisi petunjuk melakukan sesuatu
·  Melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
·  Menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi
·  Menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya di media cetak
·  Membaca bacaan agak panjang secara intensif
·  Membuat karangan dari pikiran sendiri dengan bantuan gambar
·  Menulis kalimat berita
·  Memilih kalimat berita
·  Menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
·  menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
Matematika
·  Membuktikan pecahan-pecahan setengah, seperempat
·  Membuktikan pecahan-pecahan sepertiga, seperenam
·  Menulis lambang pecahan setengah, seperempat
·  Menulis lambang pecahan sepertiga, seperenam
·  Membaca bilangan pecahan setengah, seperempat
·  Membaca lambang pecahan sepertiga, seperenam
·  Menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar
IPA
·  Menyebutkan pengertian angin
·  Menunjukkan pengertian angin
·  Menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
·  Menyebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
·  Membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
·  Menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi
·  Menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda
IPS
·  Menjelaskan alasan orang harus bekerja
·  Menjelaskan pentingnya memiliki semangat kerja
·  Menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
·  Tertulis
·  Lisan






·  Perbuatan








·  Sikap

·  PG, Isian, Uraian
·  Keberanian menjawab/ menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil
·  Ketepatan jawaban.
·  Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.
·  Kebenaran gerakan dengan perintah
·  Keseriusan dalam melaksanakan perintah
·  Pengamatan
PKn
·  Sebutkan 5 macam kekayaan alam hasil hutan !
·  Apa manfaat sungai ?
·  Jenis-jenis  tanaman palawija apa yang umumnya  ditanam di Indonesia?
·  Sebutkan 3 contoh hasil laut!
Bahasa Indonesia
·  Apa isi teks yang abru saja dibaca ?
·  Laakukan percakapan dari penggalan teks drama itu !
·  Ceritakanlah kembali bencana alam yang kamu lihat di televisi!
·  Ceritakan kembali bencana alam yang dibacanya di media cetak!
·  Bacalah bacaan tiu dengan baik dan benar!
·  Buatlah karangan dari pikiran sendiri dengan bantuan gambar itu!
·  Tuliskan pokok-pokok pikiran dalam bacaan itu !
·  Apa pendapatmu terhadap suatu pernyataan temanmu itu?



Matematika
·  ½ - ¼ =
·  1 2/3 – 1/3 =
·  1 2/6 dibaca.....
·  1 ¾ dibaca.......

















IPA
·  Apa itu angin ?
·  Apa ciri-ciri angin ?
·  Mengapa kincir angin berputar ?
·  Sebutkan 3 macam benda yang dapat bergerak oleh angin!
·  Buatlah daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita!
·  Apa tujuan penggunaan kincir angin ?
·  Bilamanakah kapal layar dapat bergerak cepat ?





IPS
·  Mengapa orang harus bekerja?
·  Apa pentingnya memiliki semangat kerja ?
·  Apa ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja?

Format Penilaian Karangan
Materi :...............................................



No
Nama Siswa
Kriteria Yang Di Ukur
Skor
Isi
Tatabahasa
Kosakata

Tanda Baca





















Jumlah
Skor Maksimum 16
Keterangan penilaian:
1 = tidak kompeten
2 = cukup kompeten
3 = kompeten
4 = sangat kompeten


Format penilaian  Drama
No urut
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
1
Gerak tubuh





2
Olah suara





3
Pola permainan





4
Pengembangan





5
Kerjasama kelompok





Keterangan :
5 = sangat baik        2 = kurang
4 = baik                  1 = sangat kurang
3 = sedang

Rubrik Penilaian Diskusi
NO
ASPEK
INDIKATOR
SKOR
1
Kelengkapan isi laporan
Menulis laporan  secara lengkap
5
Mencantumkan laporan sebagian besar (75%) lengkap
4
Mencantumkan laporan agak lengkap, separuh atau lebih (50% - 70%)
3
Mencantumkan sedikit informasi, kurang dari separuh
2
Tidak mencantumkan hal penting dalam laporan (yang seharusnya di laporkan )
1
Tidak membuat laporan
0
2
Keruntutan laporan
Di tulis urut dan mudah di pahami
3
Agak urut namun masih ada beberapa yang sulit di pahami
2
Belum urut dan sulit di pahami
1
Tidak  membuat laporan
0

3

Penampilan
Rapi dan Bersih
2
Kurang rapi / kurang bersih
1
Tidak rapi dan kotor
0
Skor maksimal
10

Lembar Penilaian Peserta Diskusi
NO
SIKAP/ASPEK YANG DI NILAI
NAMA KELOMPOK/PESERTA DIDIK
NILAI
KUALITATIF
NILAI
KUANTITATIF
Penilaian Kelompok
1
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2
Kerja sama kelompok



3
Hasil tugas



Jumlah nilai kelompok


Penilaian individu  peserta didik
NO
Nama Siswa
Kesediaan Bekerja Sama
Berani Mengemukakan Pendapat
Berani Menjawab Pertanyaan
Kesediaaan  dikritik
Inisiatif
Ketelitian
Perhatian
Ketekunan
Bekerja Sistimatis
Tanggaung Jawab
Komitmen Tugas
SKOR










































Jumlah nilai individu

Kolom perilaku di isi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut
1 = Sangat Kurang
2 = Kurang
3 = Sedang
4 = Baik
5 = Amat Baik


Nilai merupakan jumlah dari skor-skor tiap indikator perilaku
Keterangan diisi dengan kriteria sebagai berikut :
Nilai 45-55     Berarti amat baik
Nilai 34-44     Berarti baik
Nilai 23-33     Berati sedang
Nilai 12-22     Berati kurang
Nilai 1-11       Berarti sangat kurang

Lembar observasi bentuk skala penilaian (rating scale) kemampuan berinteraksi dalam kegiatan diskusi kelompok
No
Nama siswa
Hal yang dinilai
Jumlah skor
1
2
3
4
5
1







2







3







4







dst








Keterangan hal yang dinilai:
1.  Sikap siswa dalam menerima pendapat orang lain yang diekspresikan dengan pernyataan mau menerima atau mengharap orang lain memberikan pendapat
2.  Sikap siswa dalam menerima kritikan. yang diekspresikan dengan pernyataan mau menerima atau mengharap orang lain memberikan masukan
3.   Kesopanan dalam memberikan kritikan kepada siswa lain yang diekspresikan dengan cara meminta kesempatan dan rela jika pendapatnya tidak diterima
4.   Kerelaan membantu teman yang lain yang mengalami kesulitan dalam mengemukakan pendapat yang diekspresikan dengan mendorong  atau memberikan kesempatan teman untuk berpendapat
5.  Kesabaran untuk mendengarkan usul teman yang diekspresikan dengan tidak memotong teman yang sedang berbicara/menyampaikan pendapat

Keterangan:
Aspek 1:
1 = jika sama sekali tidak mau menerima pendapat teman, meskipun pendapat
      tersebut benar
2 = jika mau menerima pendapat  teman,  meskipun  dengan  berat  hati atau
      menunjukkan sikap tidak senang atau lebih banyak mempertahankan
      pendapatnya
3 = jika mau mendengarkan  pendapat  teman,  meskipun  sedikit kurang senang atau setelah teman yang lain juga menyatakan bahwa pendapat yang disampaikan benar
4 = jika rela menyatakan atau mau menerima atau mengharap orang lain
      memberikan pendapat

Aspek 2:
1 = jika sama sekali tidak mau menerima kritikan teman, meskipun kritikan yang diberikan memang benar
2 = mau menerima kritikan teman tetapi menunjukan sikap tidak senang atau lebih banyak mempertahankan pendapatnya
3 = jika mau menerima  kritikan  teman,  meskipun  sedikit kurang senang atau setelah teman yang lain juga menyatakan bahwa pendapat yang disampaikan benar
4 = jika rela mau menerima atau mengharap orang lain memberikan masukan

Aspek 3
1 = jika tidak pernah/tidak mau  mendengarkan pembicaraan orang lain
2 = jika mau memberikan kritikan dengan kalimat yang sedikit masih berkesan menyalahkan
3 =jika mau mendengarkan  pendapat  orang  lain, dengan meminta agar yang disampaikan harus jelas fokusnya
4 = jika mau meminta kesempatan berpendapat dan rela jika pendapatnya tidak diterima

Aspek 4:
1 = jika dirinyapun  tidak pernah memberi pendapat
2 = jika mau memberikan bantuan/kesempatan kepada  teman  untuk menyampaikan pendapat   tetapi setelah diingatkan teman lain/guru 
3 = jika mau membantu/memberi kesempatan kepada  teman  untuk menyampaikan pendapat   tetapi dengan kalimat yang bernada menyalahkan 
4 = jika rela membantu, mendorong  atau memberikan kesempatan teman untuk berpendapat

Aspek 5:
1 = jika selalu berupaya memotong pembicaraan teman
2 = jika sesekali masih berupaya memotong pembicaraan teman
3 = jika  mau  mendengarkan  pembicaraan  (informasi,  pertanyaan,  argumentasi),     meskipun kurang serius dalam mendengarkan
4 = jika mau  mendengarkan  pembicaraan  (informasi, pertanyaan, argumentasi) sampai teman yang menyampaikannya selesai berbicara

Lembar penilaian antar teman (peer assessment)
terhadap kemampuan berinteraksi dalam kegiatan diskusi kelompok
No
Nama siswa
Hal yang dinilai
Jumlah skor
1
2
3
4
5
1







2







3







4







dst








Keterangan hal yang dinilai:
1.  Sikap siswa dalam menerima pendapat orang lain yang diekspresikan dengan pernyataan mau menerima atau mengharap orang lain memberikan pendapat
2.  Sikap siswa dalam menerima kritikan. yang diekspresikan dengan pernyataan mau menerima atau mengharap orang lain memberikan masukan
3.  Kesopanan dalam memberikan kritikan kepada siswa lain yang diekspresikan dengan cara meminta kesempatan dan rela jika pendapatnya tidak diterima
4.  Kerelaan membantu teman yang lain yang mengalami kesulitan dalam mengemukakan pendapat yang diekspresikan dengan mendorong  atau memberikan kesempatan teman . untuk berpendapat
5.  Kesabaran untuk mendengarkan usul teman yang diekspresikan dengan tidak memotong teman yang sedang berbicara/menyampaikan pendapat

Cara menilai:
1.  Setiap hal yang dinilai diberi nilai berupa angka 2 bila kamu rasa baik. Angka 1 bila kamu rasa cukup, dan angka 0 jika kamu rasa jelek
2.  Berilah nilai pada dirimu sendiri, sehingga cantumkan namamu pada nomor pertama, baru kemudian berilah nilai kepada temanmu
3.  Jumlahlah seluruh nilai yang telah kamu berikan untuk masing-masing orang.


Penilaian Sikap Personal :
No
Nama Siswa
Ketekunan
Kesediaan Bekerja sama
Keaktifan
Bekerja Sistematis
Inisiatif
Kesediaan di kritik
Tanggung Jawab
Komitmen Tugas (Hasil Tugas)
Ketelitian
Minat
Skor








































Kriteria Penilaian :
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Memuaskan
4
Baik
3
Cukup
2
Kurang
1



LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Unjuk Kerja (Performance)
Penugasan (Project)
Hasil Kerja (Product)
Tertulis (Paper & Pencil)
Lisan ( Verbal )
Portofolio (Portfolio)
Penilaian antarteman ( Peer )
Sikap  (Affectif)
Observasi ( Observation )
Diri (Self Assesstment)
Jurnal ( Journal )
Jumlah Skor
Nilai













































Nilai =  Jumlah Skor : Aspek Penilaian
Untuk Siswa yang nilainya masih di bawah nilai KKM, maka diberikan PERBAIKAN dan yang telah melampaui nilai KKM diberi PENGAYAAN

                                                                   .......................... 20 .....
       Disetujui,                                                Guru Kelas III
   Kepala Sekolah




H. NAHRAWI, ADIWIKARTA, S.Pd                  IDRIS SALAM, S.Pd
NIP. 196504061988031024







Comments