MODUL AJAR MATA PELAJARAN IPAS KELAS 3 KURIKULUM MERDEKA

 

I.           INFORMASI UMUM

A.        Identitas Sekolah

Nama Penyusun

:

Institusi              

: SD/MI...

Tahun Pembuatan

: 2023   

Mata Pelajaran

: ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL

Jenjang  

: SD/MI

Kelas

: III (TIGA) Reguler

Kode       

:

Fase

: Fase B

Tema

: Mari Kenali Hewan di Sekitar Kita

Materi Pokok

: Rangka, Sendi, dan Otot

Alokasi Waktu    

: 5 JP

Kata Kunci

: • hewan • fungsi • kaki • kuku • tangan • kepala • mata • telinga • hidung • sirip • ekor • bulu • rambut

 

Capaian Pembelajaran

 

: Pada Fase B peserta didik mengidentifikasi keterkaitan antara pengetahuan-pengetahuan yang baru saja diperoleh serta mencari tahu bagaimana konsep-konsep Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial berkaitan satu sama lain yang ada di lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari-hari. Penguasaan peserta didik terhadap materi yang sedang dipelajari ditunjukkan dengan menyelesaikan tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya peserta didik mengusulkan ide/menalar, melakukan investigasi/ penyelidikan/ percobaan, mengomunikasikan, menyimpulkan, merefleksikan, mengaplikasikan dan melakukan tindak lanjut dari proses inkuiri yang sudah dilakukannya

 

 

Fase C Berdasarkan Elemen.

Elemen

Capaian Pembelajaran

Pemahaman IPAS (sains dan sosial)

Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.

 

Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya). Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak dan bentuk benda. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air

 

Di akhir fase ini, peserta didik menjelaskan tugas, peran, dan tanggung jawab sebagai warga sekolah serta mendeskripsikan bagaimana interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah. Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.

 

Peserta didik mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya pada peta konvensional/digital. Peserta didik mendeskripsikan keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal dan upaya pelestariannya.

 

Peserta didik mengenal keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah (baik tokoh maupun periodisasinya) di provinsi tempat tinggalnya serta menghubungkan dengan konteks kehidupan saat ini. Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari

Keterampilan proses

1. Mengamati

Di akhir fase ini, peserta didik mengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana dengan menggunakan pancaindra dan dapat mencatat hasil pengamatannya.

 

2. Mempertanyakan dan memprediksi

Dengan menggunakan panduan, peserta didik mengidentifikasi pertanyaan yang dapat diselidiki secara ilmiah dan membuat prediksi berdasarkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya.

 

3. Merencanakan dan melakukan penyelidikan

Dengan panduan, peserta didik membuat rencana dan melakukan langkah-langkah operasional untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Menggunakan alat dan bahan yang sesuai dengan mengutamakan keselamatan. Peserta didik menggunakan alat bantu pengukuran untuk mendapatkan data yang akurat.

 

4. Memproses, menganalisis data dan informasi Mengorganisasikan data dalam bentuk tabel dan grafik sederhana untuk menyajikan data dan mengidentifikasi pola. Peserta didik membandingkan antara hasil pengamatan

 

B.        Kompetensi Awal (Prasyarat Pengetahuan/Keterampilan)

Prasyarat Pengetahuan:

  1. Memahami karakteristik umum hewan-hewan yang umum dijumpai.
  2. Mengetahui nama dan ciri-ciri hewan-hewan yang biasanya hidup di lingkungan sekitar.

Prasyarat Keterampilan:

  1. Mampu mengamati dan mengenali suara-suara hewan di sekitar.
  2. Bisa mengidentifikasi jejak atau tanda-tanda keberadaan hewan.
  3. Mampu menyebutkan nama hewan berdasarkan gambar atau deskripsi ciri-ciri fisiknya.
  4. Dapat membedakan perilaku dan kebiasaan makan hewan-hewan tertentu.

 

C.        Profil Pelajar Pancasila

  1. Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Bergotong Royong
  3. Bernalar Kritis

 

 

D.        Sarana dan Prasarana (Materi ajar, Alat dan bahan)

Materi Pokok

  • Buku dan referensi tentang jenis-jenis hewan yang dapat ditemui di sekitarmu.
  • Informasi tentang habitat dan perilaku hewan-hewan tersebut.
  • Materi edukatif untuk pemahaman lebih lanjut tentang keberagaman hayati.

 

Media :

Perlengkapan yang dibutuhkan peserta didik:

1. lembar kerja (Lampiran 1.1) untuk masing-masing peserta didik;

2. alat tulis;

3. alat mewarnai

 

Sumber Belajar

  • Kunjungan ke kebun binatang atau taman satwa lokal.
  • Pameran tentang satwa liar di museum setempat.
  • Kerjasama dengan ahli biologi atau ahli kehutanan untuk sesi pembelajaran khusus.

 

E.         Target Peserta Didik

Perangkat ajar ini dapat digunakan guru untuk mengajar:

1.       Peserta didik reguler/tipikal

2.       Peserta didik dengan pencapaian tinggi

3.       Peserta didik dengan kesulitan belajar

 

F.         Jumlah siswa

v  Maksimum 25 - 35 Siswa

 

G.        Model Pembelajaran

Metode

Problem-Based Learning (PBL)

Project-Based Learning (PjBL).

 

Teknik

v  Penugasan proyek, presentasi proyek, diskusi kelompok.

 

 

 

 

 

II.         KEGIATAN INTI

A.        Tujuan Pembelajaran

1. Peserta didik mengenal ragam jenis hewan yang ada di sekitar kita.

2. Peserta didik mengetahui bahwa ada banyak jenis hewan yang berbedabeda di sekitar kita

 

B.        Pemahaman Bermakna / Pengalaman Bermakna

Pada modul ini, siswa akan mengalami pembelajaran yang memberikan makna melalui kegiatan observasi dan interaksi langsung dengan hewan di sekitar mereka. Melalui pengamatan, siswa akan dapat memahami peran dan keberagaman hewan dalam ekosistem lokal, serta dampaknya terhadap keseimbangan alam. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat merasakan keterkaitan manusia dengan lingkungannya dan menginternalisasi nilai-nilai pelestarian alam melalui pengalaman nyata dengan hewan di sekitar mereka.

 

C.        Apersepsi

1.       Guru menceritakan pengalamannya kepada peserta didik bertemu dengan hewan-hewan tertentu (hewan yang menakjubkan, atau hewan yang menakutkan, atau pengalaman unik guru yang berkaitan dengan hewan tertentu).

2.       Tanyakan kepada peserta didik, mengenai pengalaman serupa yang pernah dialami. Guru juga bisa menanyakan kepada peserta didik hewan apa saja yang pernah mereka lihat/mereka temui.

3.       Tanyakan kepada peserta didik mengenai perbedaan hewan-hewan yang mereka temui.

4.       Ajak peserta didik untuk membaca narasi pembuka Bab 1. Diskusikan mengenai pertanyaan yang diajukan oleh salah satu karakter mengenai makanan kucing. Guru dapat menggali pengetahuan peserta didik mengenai makanan-makanan hewan.

5.       Selanjutnya, guru dapat mengajak peserta didik melakukan kegiatankegiatan seperti berikut:

       Bermain tebak hewan. Peserta didik menirukan salah satu hewan dan teman-teman yang lain menebaknya. Dapat juga menggunakan gambar hewan, anagram, atau variasi permainan tebak-tebakan lainnya.

       Menonton video-video tentang perilaku hewan yang menarik (seperti contoh video berikut: https://www.youtube.com/ watch?v=7wKu13wmHog)

       Membaca buku fabel, ensiklopedia hewan, atau buku bertemakan hewan lainnya. Beberapa buku hewan yang dapat diakses di portal Buku Digital dari kemdimbud, yaitu:

a.  Rahasia Kaki Itik (https://budi.kemdikbud.go.id/detil?id=281&&lang=id)

b.  Ada Apa Sih? Ada Apa Sih? (https://budi.kemdikbud.go.id/ detil?id=193&&lang=id)

c.  Balas Budi Kupu-Kupu Biru (https://budi.kemdikbud.go.id/detil?id=193&& lang=id)

6.       Setelah kegiatan, ajak kembali peserta didik untuk mengutarakan pendapatnya tentang hewan-hewan yang ada pada kegiatan membaca/ menonton/bermain.

7.       Pandulah peserta didik untuk menggali apa yang ingin peserta didik ketahui tentang hewan.

8.       Sampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam bab ini dan elaborasikan dengan apa yang ingin diketahui peserta didik tentang pengenalan hewan

 

D.        Pertanyaan Pemantik

1.       Bagaimana ciri-ciri hewan di sekitar kita?

2.       Apa perbedaan antara hewan yang satu dengan hewan lainnya?

 

E.         Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran pekan ke-1 (12JP x 45 menit)

Alokasi Waktu

Kegiatan Pendahuluan

Pembukaan:

ü  Mulailah dengan doa pembuka untuk mendapatkan keberkahan dalam pembelajaran.

ü  Sapaan dan salam kepada semua peserta didik.

ü  Absensi peserta untuk memastikan kehadiran.

 

Persiapan sebelum Kegiatan

1.       Mulailah dengan mengajak peserta didik membaca narasi dan mengamti gambar pembuka Topik A.

3.       Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik mengenai jenis-jenis hewan yang ada pada gambar: Hewan apa saja yang ada pada gambar? (Kucing, lalat, anak anjing, kelinci, burung, ikan dan kura-kura)

4.       Guru memberikan penjelasan kepada peserta didik mengenai jenis-jenis hewan.

5.       Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik: hewan apa saja yang kalian tahu? (Bervariasi)

6.       Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik: hewan apa saja yang ada di sekitar sekolah? (Bervariasi)

7.       Sampaikan pada peserta didik bahwa mereka akan belajar mengamati hewan-hewan yang ada di sekitar sekolah.

8.       Bagikan lembar kerja 1.1 dan berikan arahan seputar kegiatan observasi sesuai panduan yang ada pada Buku Siswa.

9.       Pastikan peserta didik sudah memahami instruksi kegiatan sebelum melakukan observasi di luar kelas.

10.   Guru memberikan waktu 20 menit untuk mencari tahu hewan-hewan yang ada di lingkungan sekolah.

11.   Setelah peserta didik melakukan observasi, guru mengarahkan kembali peserta didik untuk masuk ke dalam kelas.

12.   Selama peserta didik berkegiatan mandiri, guru dapat membantu peserta didik yang masih kesulitan memahami instruksi kegiatan atau mengisi hasil pengamatan di lembar kerja.

 

Jika lokasi sekolah tidak memungkinkan untuk observasi langsung, guru dapat menggunakan foto atau gambar yang di sebar di area sekolah/kelas. Gunakan gambar hewan di sekitar seperti kuncing, anjing, laba-laba, ayam, burung, cicak, cacing, dsb.

 

 

 

20

 menit

Kegiatan Inti

 

1.    Setelah peserta didik melakukan observasi, guru mengarahkan kembali peserta didik untuk masuk ke dalam kelas.

2.    Ajak peserta didik untuk menceritakan pengalaman observasinya.

3.    Peserta didik akan melakukan kegiatan diskusi bersama teman di sebelahnya. Guru dapat memberikan contoh terlebih dahulu cara berdiskusi yang diharapkan. Ajak peserta didik untuk melakukan simulasi.

4.     Tulislah kata kunci-kata kunci yang perlu mereka diskusikan di papan tulis, seperti warna, bentuk, ukuran, cara bergerak, dsb.

5.     Sepakati waktu kegiatan dan pandu peserta didik untuk melakukan diskusi.

6.     Setelah kegiatan diskusi, bimbing peserta didik untuk menyimpulkan mengenai ragam hewan dengan memberikan pertanyaan pancingan seperti berikut:

a.     Hewan apa saja yang sudah kamu lihat? (Jawaban: Bervariasi.)

b.     Apa perbedaan antara hewan-hewan yang kamu lihat? (Jawaban: Bervariasi.)

7.     Elaborasikan jawaban peserta didik dengan pemaparan bahwa ragam hewan itu berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

8.     Berikan penjelasan kepada peserta didik mengenai ragam-ragam hewan yang ada. Gunakan teks dan gambar pada Belajar Lebih Lanjut sebagai alat bantu. Perlu diperhatikan bahwa tujuan diberikan informasi mengenai pengelompokkan hewan adalah agar peserta didik dapat melihat perbedaan secara meluas. Fokuskan peserta didik untuk mengamati perbedaannya bukan menghapal istilahnya

 

Opsi Pembelajaran Berdiferensiasi:

  1. Diferensiasi Konten:
    • Sesuaikan tingkat kompleksitas informasi yang disajikan sesuai dengan kebutuhan individu. Peserta didik yang lebih cepat dalam mengamati dan memahami dapat diberikan materi tambahan yang lebih mendalam.
    • Siapkan sumber daya yang beragam, seperti teks, gambar, dan video, untuk mendukung variasi gaya belajar.
  2. Diferensiasi Proses:
    • Setelah observasi, berikan pilihan cara bagi peserta didik untuk membagikan pengalaman mereka. Misalnya, mereka dapat menulis, berbicara di depan kelas, atau membuat presentasi singkat.
    • Selama kegiatan diskusi, berikan panduan khusus untuk peserta didik dengan kebutuhan belajar yang berbeda. Misalnya, berikan pertanyaan khusus untuk memandu diskusi.
  3. Diferensiasi Produk:
    • Sesuaikan tugas akhir atau hasil dari pembelajaran. Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman mereka melalui presentasi, laporan tertulis, atau proyek kreatif berbasis pengamatan hewan.

 

 

 

 

 

 

510

menit

[Catatan: Isi bagian-bagian yang diperlukan dengan informasi yang sesuai dengan konteks dan kebutuhan pembelajaran modul "Rangka, Sendi, dan Otot."]

 

Kegiatan Penutup

  1. Apresiasi: Setelah peserta didik melakukan observasi dan diskusi mengenai ragam hewan, guru mengapresiasi partisipasi dan kerja keras mereka dalam kegiatan tersebut. Guru dapat memberikan pujian atas keaktifan peserta didik dalam berdiskusi dan mengamati.
  2. Evaluasi: Guru melakukan evaluasi ringan terhadap kegiatan observasi dan diskusi. Pertanyaan evaluatif dapat diajukan kepada peserta didik, seperti:
    • Apa yang paling menarik dari pengalaman observasi kalian?
    • Apakah kalian merasa diskusi membantu memahami ragam hewan lebih baik?
    • Bagaimana perasaan kalian setelah kegiatan ini?
  3. Konsolidasi: Guru mengonsolidasi pemahaman peserta didik dengan merangkum hasil diskusi. Guru dapat menekankan beberapa poin kunci yang muncul selama diskusi, serta mengaitkannya dengan tujuan pengamatan ragam hewan. Ini bertujuan untuk memastikan pemahaman peserta didik terkonsolidasi dengan baik.
  4. Penutup (Doa, Salam): Sebagai penutup kegiatan, guru mengajak peserta didik untuk bersama-sama berdoa sebagai ungkapan terima kasih atas kesempatan belajar. Selain itu, guru memberikan salam penutup sebagai tanda akhir kegiatan yang penuh makna.

 

 

 

 

 

 

 

 

10

menit

 

F.       Asesmen/Penilaian

Judul: Pengamatan Ragam Hewan

Tujuan: Mengamati ragam hewan dan memahami perbedaan-perbedaannya. Mengidentifikasi karakteristik khusus dari setiap jenis hewan. Mengembangkan kemampuan berdiskusi dan merumuskan kesimpulan.

Teknik: Observasi, Diskusi Kelompok, Penugasan

Rubrik Penilaian:

  1. Penilaian Sikap (Observasi Kelas):
    • Respons terhadap kegiatan observasi
    • Partisipasi dalam diskusi kelompok
    • Kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama
  2. Penilaian Pengetahuan (Diskusi Kelompok, Tes Tertulis):
    • Pemahaman terhadap ragam hewan
    • Pengetahuan tentang karakteristik masing-masing hewan
    • Kemampuan menyusun kata kunci
  3. Penilaian Keterampilan (Diskusi Kelompok, Proyek):
    • Kemampuan berdiskusi dengan teman
    • Kemampuan menyimpulkan hasil observasi
    • Kualitas proyek atau produk yang dihasilkan

[PENILAIAN SIKAP]

Kegiatan Inti

Penilaian

Observasi

Respons terhadap observasi

Diskusi Kelompok

Partisipasi dalam diskusi kelompok

Kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama

[PENILAIAN PENGETAHUAN]

Kegiatan Inti

Penilaian

Diskusi Kelompok

Pemahaman terhadap ragam hewan

Pengetahuan tentang karakteristik hewan

Tes Tertulis

Kemampuan menyusun kata kunci

[PENILAIAN KETERAMPILAN]

Kegiatan Inti

Penilaian

Diskusi Kelompok

Kemampuan berdiskusi dengan teman

Proyek

Kemampuan menyimpulkan hasil observasi

Kualitas proyek atau produk yang dihasilkan

 

 

 

Lembar Penilaian Diri Peserta Didik

 

Nama Sekolah                   :  

Kelas/Semester                 :  

Petunjuk: Berilah tanda centang (√) pada kolom 1 (tidak pernah), 2 (kadang-kadang), 3 (sering), atau 4 (selalu) sesuai keadaan kalian yang sebenarnya

 

No

Pernyataan

1

2

3

4

1

Saya selalu berdoa sebelum melakukan aktivitas.

 

 

 

 

2

Saya beribadah tepat waktu.

 

 

 

 

3

Saya tidak mengganggu teman saya yang beragama lain berdoa sesuai agamanya.

 

 

 

 

4

Saya berani mengakui kesalahan saya.

 

 

 

 

5

Saya menyelesaikan tugas-tugas tepat waktu.

 

 

 

 

6

Saya berani menerima resiko atas tindakan yang saya lakukan.

 

 

 

 

7

Saya mengembalikan barang yang saya pinjam.

 

 

 

 

8

Saya meminta maaf jika saya melakukan kesalahan

 

 

 

 

9

Saya melakukan praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan.

 

 

 

 

10

Saya datang kesekolah tepat waktu.

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Penilaian Diri Kegiatan Diskusi Kelompok

 

Nama Siswa                       :

Kelas                                     :  

Petunjuk: Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

 

No

Pernyataan

Ya

Tidak

1

Aktif dalam mengemukan ide

 

2

Mendengarkan teman yang sedang berpendapat

 

3

Aktif mengajukan pertanyaan

 

4

Aktif membantu teman yang mengalami kesulitan mengerjakan tugas

 

5

 

 

 

 

Lembar Kerja Kelompok Diskusi

 

 

Nama Anggota Kelompok

1. ………………………………………………………………

2. ………………………………………………………………

3. ………………………………………………………………

4. ………………………………………………………………

5. ………………………………………………………………

 

 

 

Kesimpulan Hasil Diskusi Kelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

Tanggapan Terhadap presentasi kelompok lain

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Catatan Guru

 

 

 

 

 

 

 

 

PENILAIAN PENGETAHUAN

Pilihan Ganda

 

Nama                                         :

Kelas                                           :

Tanggal Kegiatan                   :

 

I. Pilih jawaban yang benar dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D.

 

Tes Tertulis

 

Nama                                 :

Kelas                                  :

Tanggal Kegiatan          :

 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas !

1.       Bagaimana peran teknologi dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam sistem agribisnis tanaman?

2.       Sebutkan langkah-langkah utama dalam perencanaan dan manajemen agribisnis tanaman yang efektif.

3.       Apa peran pemerintah dalam mendukung pengembangan dan keberlanjutan sistem agribisnis tanaman?

4.       Jelaskan pentingnya analisis pasar dalam pengambilan keputusan dalam agribisnis tanaman.

5.       Bagaimana implementasi praktik-praktik berkelanjutan dapat meningkatkan keseimbangan ekologi dan ekonomi dalam agribisnis tanaman?

 

 

Penskoran Soal Uraian

Nomor

Penyelesaian/Kunci Jawaban

Skor

1

Siswa dapat menyebutkan jawaban dengan, lengkap dan benar.

3

2

Siswa dapat menyebutkan jawaban dengan baik dan benar, tapi kurang lengkap.

2

3

Siswa dapat menyebutkan jawaban tapi salah sebagian besar.

1

4

Siswa tidak dapat menjawab dengan benar

0

Skor maksimum

 

 

G.      Rencana Tindak Lanjut

 

[F. Rencana Tindak Lanjut]

  • Pengayaan: Menyediakan materi tambahan untuk peserta didik yang menunjukkan pemahaman yang mendalam atau menunjukkan minat yang tinggi terhadap topik ini.
  • Remedial: Memberikan waktu tambahan atau bimbingan khusus untuk peserta didik yang mengalami kesulitan dalam pemahaman atau berpartisipasi.
  • Interaksi Guru dan Orang Tua Murid: Mengadakan pertemuan dengan orang tua untuk berbagi informasi mengenai kemajuan dan tantangan yang dihadapi peserta didik.

G. Refleksi Guru:

  1. Refleksi Guru:

(Untuk memandu peserta didik, lihat bagian refleksi di Panduan Umum Buku Guru)

§  Apakah setiap hewan berbeda antara satu dengan yang lainnya? Hewan yang satu dan lainnya memiliki perbedaan.

§  Adakah perbedaan antara hewan-hewan yang kamu lihat? Iya ada. Perbedaan tersebut meliputi bentuk tubuh, ukuran tubuh, anggota tubuh, ukuran tubuh, cara bertahan hidup (cara mendapatkan makanan, cara makan, cara membela diri), tempat tinggal/tempat hidup, cara bergerak

§  Mengapa hewan-hewan tersebut memiliki bentuk dan ukuran yang berbedabeda? Karena setiap hewan memiliki cara hidup dan tempat hidup yang berbedabeda.

§  Jika salah satu hewan tersebut kalian pelihara di rumah, dapatkah kalian memeliharanya dengan baik? (Berbeda-beda) Bisa iya, bisa tidak. Tergantung hewan apa yang akan dipelihara.

 

Motivasi peserta didik untuk menyertakan alasan pada pertanyaan nomor 3 dan 4 agar guru bisa mengamati pemahaman mereka.

 

  1. Refleksi Siswa

§  Apakah setiap hewan berbeda antara satu dengan yang lainnya?

§  Adakah perbedaan antara hewan-hewan yang kalian lihat?

§  Mengapa hewan-hewan tersebut memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda?

§  Jika salah satu hewan tersebut kalian pelihara di rumah, dapatkah kalian memeliharanya dengan baik?

 

 

III. LAMPIRAN                                                                                                                                               

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

Judul: Mengenal Ragam Jenis Hewan di Sekitar Kita

Pendahuluan: Hewan-hewan merupakan bagian penting dari lingkungan sekitar kita. Mereka memiliki beragam bentuk, ukuran, dan karakteristik yang menarik untuk dipelajari. Dalam kegiatan ini, kita akan mengenal lebih dekat beberapa jenis hewan yang ada di sekitar kita.

Bahan/Alat/Sumber:

  • Gambar-gambar hewan
  • Buku-buku mengenai jenis-jenis hewan
  • Laptop atau tablet untuk mencari informasi tambahan

Tujuan:

  • Peserta didik dapat mengenal ragam jenis hewan yang ada di sekitar kita.
  • Peserta didik mengetahui bahwa ada banyak jenis hewan yang berbeda-beda di sekitar kita.

Langkah-langkah:

  1. Pengenalan Konsep:
    • Diskusikan bersama peserta didik mengenai pentingnya hewan dalam ekosistem.
    • Jelaskan bahwa kita akan fokus mengenal beberapa jenis hewan di sekitar kita.
  2. Presentasi Gambar Hewan:
    • Tampilkan gambar-gambar hewan seperti burung, ikan, mamalia, dan serangga.
    • Diskusikan ciri-ciri khas setiap jenis hewan.
  3. Pencarian Informasi:
    • Berikan peserta didik akses ke buku-buku atau internet untuk mencari informasi tambahan mengenai hewan-hewan yang menarik minat mereka.
  4. Penyusunan Daftar Jenis Hewan:
    • Peserta didik diminta untuk menyusun daftar jenis hewan yang telah mereka pelajari, beserta ciri-ciri khasnya.
  5. Diskusi Kelompok:
    • Bagilah peserta didik menjadi kelompok kecil untuk berdiskusi mengenai jenis hewan favorit mereka dan alasan mengapa hewan tersebut menarik.

Pertanyaan:

  1. Apa jenis hewan yang paling menarik perhatianmu? Mengapa?
  2. Bagaimana peran hewan-hewan tersebut dalam menjaga keseimbangan ekosistem?
  3. Apakah kamu mengetahui jenis hewan baru setelah kegiatan ini? Jelaskan ciri-ciri khas hewan tersebut.

Catatan: Lembar kerja ini dapat diadaptasi sesuai kebutuhan dan karakteristik peserta didik.

 

BAHAN BACAAN GURU DAN SISWA

Buku siswa

GLOSARIUM

  1. Amfibi:
    • Definisi: Kelas hewan yang memiliki kemampuan hidup di dua lingkungan, yaitu darat dan air.
    • Contoh: Katak, salamander.
  2. Bioma:
    • Definisi: Wilayah geografis dengan iklim, vegetasi, dan lingkungan tertentu yang mempengaruhi kehidupan hewan dan tumbuhan di dalamnya.
    • Contoh: Hutan hujan, padang rumput.
  3. Camouflage:
    • Definisi: Kemampuan hewan untuk menyamarkan diri dalam lingkungannya sebagai bentuk perlindungan dari pemangsa.
    • Contoh: Bunglon, kumbang daun.
  4. Dekomposer:
    • Definisi: Organisme yang membantu dalam proses penguraian bahan organik menjadi zat-zat sederhana.
    • Contoh: Jamur, bakteri.
  5. Eksoskeleton:
    • Definisi: Struktur keras luar tubuh yang memberikan dukungan dan perlindungan pada hewan, umumnya ditemukan pada artropoda.
    • Contoh: Kepiting, serangga.
  6. Fauna:
    • Definisi: Sekumpulan hewan yang hidup di suatu wilayah atau lingkungan tertentu.
    • Contoh: Fauna hutan, fauna laut.
  7. Gurita:
    • Definisi: Cephalopoda yang memiliki delapan lengan dan umumnya hidup di laut.
    • Contoh: Gurita merah, gurita cincin biru.
  8. Herbivora:
    • Definisi: Hewan yang memakan tumbuhan sebagai sumber utama makanannya.
    • Contoh: Gajah, kuda.
  9. Insektivora:
    • Definisi: Hewan yang memakan serangga sebagai sumber utama makanannya.
    • Contoh: Kepik, tikus tanah.
  10. Jenis Endemik:
    • Definisi: Organisme yang hanya ditemukan di suatu wilayah tertentu dan tidak ada di tempat lain di dunia.
    • Contoh: Burung cendrawasih di Papua.
  11. Karnivora:
    • Definisi: Hewan pemakan daging.
    • Contoh: Singa, serigala.
  12. Lingkungan Terestrial:
    • Definisi: Lingkungan darat, melibatkan segala hal yang ada di atas permukaan tanah.
    • Contoh: Hutan, gurun.
  13. Migrasi:
    • Definisi: Perjalanan musiman hewan dari satu tempat ke tempat lain untuk mencari makanan atau berkembang biak.
    • Contoh: Burung migran, ikan salmon.
  14. Niktinasti:
    • Definisi: Gerakan tumbuhan atau organ tumbuhan sebagai respons terhadap rangsangan cahaya atau kegelapan.
    • Contoh: Bunga malam, daun putri malu.
  15. Omnivora:
    • Definisi: Hewan yang memakan berbagai jenis makanan, termasuk tumbuhan dan daging.
    • Contoh: Manusia, babi.
  16. Parasitisme:
    • Definisi: Hubungan antara dua organisme di mana satu organisme (parasit) mendapatkan manfaat sementara organisme lainnya (inang) merugi.
    • Contoh: Cacing gelang, kutu.
  17. Reproduksi Aseksual:
    • Definisi: Proses reproduksi tanpa melibatkan penyatuan sel kelamin, menghasilkan keturunan yang genetis identik dengan induknya.
    • Contoh: Pemisahan tunas pada tumbuhan.
  18. Simbiosis:
    • Definisi: Hubungan timbal balik antara dua jenis organisme yang hidup bersama-sama untuk keuntungan keduanya.
    • Contoh: Lichens (symbiosis antara alga dan jamur).
  19. Teritorial:
    • Definisi: Sifat hewan yang melindungi dan mempertahankan wilayah tertentu untuk digunakan dalam mencari makanan atau berkembang biak.
    • Contoh: Singa, burung pemangsa.
  20. Umbi:
    • Definisi: Bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan.
    • Contoh: Kentang, wortel.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Sumber Buku

Chris Woodford. 2007. Segala Hal Tentang:Energi. Jakarta: Penerbit Erlangga. Dineen, Jacqueline. 2007. Listrik. Grolier International Inc.

Dineen, Jacqueline. 2007. Minyak, Gas, dan Batu Bara. Grolier International Inc.

Endarto, Danang, Dkk, 2009. Geografi 2 Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Hasna, Amira Naura. 2018. Sistem Ekologi. Yogyakarta: Istana Media.

Hwa, Dr Kwa Siew, Dr Goh Sao-Ee, Teo Gwan Wai Lan, Koh Siew Luan. 2010.

My Pals are Here! Science 4A. Singapore: Marshall Cavendish Education.

Loxley, Peter, Lyn Dawes, Linda Nicholls, dan Babd Dore. 2010. Teaching Primary Science. Pearson Education Limited.

Marshall Cavendish Education. 2010. My Pals are Here! Science 4A Teacher’s Guide. Singapore: Marshall Cavendish Education. 

Mintarjo, Sri. 2014. Ensiklopedia Geografi Subtansi Geografi. Klaten: PT Cempaka Putih Mintarjo., Sri. 2018. Subtansi Geografi. Karanganom: Cempaka Putih

Nadesul, Hendrawan. 2007. Cara Mudah Mengalahkan Demam Berdarah. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

P., Anindhita. 2019. Daur Hidup Ayam. Solo: Tiga Serangkai.

Pasal 2 PP 77/2007

Pasal 3 PP 77/2007

Peraturan Daerah Kabupaten Bungo Nomor 6 Tahun 2014 tentang Rukun Warga dan Rukun Tetangga.

Prasetyo Hermawan, Yuri dan Sri Astuti. 2017. Ekpresi Bentuk Klimatik Tropis Arsitektur Tradisional Nusantara Dalam Regionalisme. Bandung. Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman.

Priyanto, Sugeng. 2018. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Paket C Tingkatan V Modul Tema 1 Modul Tema 1 : Etika Roda Pemerintahan. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan-Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta, 18 Juli 2023

Rahayu, Dwi A., Jannah, Miftahul. 2019. DNA Barcode Hewan dan Tumbuhan Indonesia. Jakarta: Yayasan Inspirasi Ide Berdaya. 

Setyaningsih, Umi dan Yulianto Bambang Setyadi. Implementasi Nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Surakarta pada Tahun Pelajaran 2016/2017. Civic Education and Social Science Journal (CESSJ) Volume 1, Nomor 1, Juni 2019.

Sudarti. 2010. Adaptasi Makhluk Hidup. Semarang: Alprin. Susanti, Yusi. 2016. Adaptasi makhluk Hidup Terhadap Lingkungan. Bekasi: Terang Mulia Abadi.

Susilo, Edi dkk. 2017. Adaptasi Manusia Ketahanan Pangan dan Jaminan Sosial Sumberdaya. Malang: UB Media.

The Korean Society of Elementary Science Education, Jeon Young Seok. 2018. Seri Edukasi Britannica: Gaya dan Energi. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer. Trimanto. 2018. Jelajah Jawa Timur. Surakarta: Borobudur Inspira Nusantara. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah Wahyudi Agus, dan Novia. 2018. Tak Kenal maka Tak Sayang. Jakarta: Direktorat

Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan.

Winarno, F.G., Wida Winarno. 2017. Mikrobioma Usus Bagi Kesehatan Tubuh: Peran Probiotik, Prebiotik, dan Paraprobiotik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

 


Comments