I.
INFORMASI UMUM
A.
Identitas Sekolah
Nama
Penyusun |
: |
Institusi |
: SD/MI... |
Tahun
Pembuatan |
: 2023 |
Mata
Pelajaran |
: ILMU PENGETAHUAN
ALAM DAN SOSIAL |
Jenjang |
: SD/MI |
Kelas |
: III (TIGA)
Reguler |
Kode |
: |
Fase |
: Fase B |
Tema |
: Mari Kenali Hewan di Sekitar Kita |
||
Materi Pokok |
: Rangka, Sendi, dan Otot |
||
Alokasi Waktu |
: 5 JP |
||
Kata Kunci |
: • hewan • fungsi • kaki • kuku
• tangan • kepala • mata • telinga • hidung • sirip • ekor • bulu • rambut |
||
Capaian Pembelajaran |
: Pada Fase B peserta didik mengidentifikasi
keterkaitan antara pengetahuan-pengetahuan yang baru saja diperoleh serta
mencari tahu bagaimana konsep-konsep Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial
berkaitan satu sama lain yang ada di lingkungan sekitar dalam kehidupan
sehari-hari. Penguasaan peserta didik terhadap materi yang sedang dipelajari
ditunjukkan dengan menyelesaikan tantangan yang dihadapi dalam kehidupan
sehari-hari. Selanjutnya peserta didik mengusulkan ide/menalar, melakukan
investigasi/ penyelidikan/ percobaan, mengomunikasikan, menyimpulkan,
merefleksikan, mengaplikasikan dan melakukan tindak lanjut dari proses
inkuiri yang sudah dilakukannya |
||
|
|
Fase C
Berdasarkan Elemen.
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Pemahaman IPAS (sains dan sosial) |
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian
tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi
menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup.
Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan
pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan
upaya pelestarian makhluk hidup. Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan
bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi
sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi
dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya).
Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari,
mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak
dan bentuk benda. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan
kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air Di akhir fase ini, peserta didik menjelaskan tugas, peran, dan tanggung
jawab sebagai warga sekolah serta mendeskripsikan bagaimana interaksi sosial
yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah. Peserta didik
mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.
Peserta didik mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat
tinggalnya pada peta konvensional/digital. Peserta didik mendeskripsikan
keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal dan upaya
pelestariannya. Peserta didik mengenal keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah (baik
tokoh maupun periodisasinya) di provinsi tempat tinggalnya serta
menghubungkan dengan konteks kehidupan saat ini. Peserta didik mampu
membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang dan
mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/
memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari |
Keterampilan proses |
1. Mengamati Di akhir fase ini, peserta didik mengamati
fenomena dan peristiwa secara sederhana dengan menggunakan pancaindra dan
dapat mencatat hasil pengamatannya. 2. Mempertanyakan dan memprediksi Dengan menggunakan panduan, peserta didik
mengidentifikasi pertanyaan yang dapat diselidiki secara ilmiah dan membuat
prediksi berdasarkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya. 3. Merencanakan dan melakukan penyelidikan Dengan panduan, peserta didik membuat rencana dan
melakukan langkah-langkah operasional untuk menjawab pertanyaan yang
diajukan. Menggunakan alat dan bahan yang sesuai dengan mengutamakan
keselamatan. Peserta didik menggunakan alat bantu pengukuran untuk mendapatkan
data yang akurat. 4. Memproses, menganalisis data dan informasi
Mengorganisasikan data dalam bentuk tabel dan grafik sederhana untuk
menyajikan data dan mengidentifikasi pola. Peserta didik membandingkan antara
hasil pengamatan |
B.
Kompetensi Awal (Prasyarat
Pengetahuan/Keterampilan)
Prasyarat
Pengetahuan:
- Memahami karakteristik umum hewan-hewan yang
umum dijumpai.
- Mengetahui nama dan ciri-ciri hewan-hewan yang
biasanya hidup di lingkungan sekitar.
Prasyarat
Keterampilan:
- Mampu mengamati dan mengenali suara-suara
hewan di sekitar.
- Bisa mengidentifikasi jejak atau tanda-tanda
keberadaan hewan.
- Mampu menyebutkan nama hewan berdasarkan
gambar atau deskripsi ciri-ciri fisiknya.
- Dapat membedakan perilaku dan kebiasaan makan
hewan-hewan tertentu.
C.
Profil Pelajar Pancasila
- Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Bergotong Royong
- Bernalar Kritis
D.
Sarana dan Prasarana (Materi ajar, Alat dan bahan)
Materi
Pokok
- Buku dan referensi tentang jenis-jenis hewan
yang dapat ditemui di sekitarmu.
- Informasi tentang habitat dan perilaku
hewan-hewan tersebut.
- Materi edukatif untuk pemahaman lebih lanjut
tentang keberagaman hayati.
Media :
Perlengkapan yang dibutuhkan peserta didik:
1. lembar kerja (Lampiran 1.1) untuk masing-masing peserta didik;
2. alat tulis;
3. alat mewarnai
Sumber Belajar
- Kunjungan ke kebun binatang atau taman satwa
lokal.
- Pameran tentang satwa liar di museum setempat.
- Kerjasama dengan ahli biologi atau ahli
kehutanan untuk sesi pembelajaran khusus.
E.
Target Peserta Didik
Perangkat
ajar ini dapat digunakan guru untuk mengajar:
1. Peserta didik
reguler/tipikal
2. Peserta didik dengan
pencapaian tinggi
3. Peserta didik dengan kesulitan belajar
F.
Jumlah siswa
v Maksimum 25 -
35 Siswa
G.
Model Pembelajaran
Metode
Problem-Based Learning (PBL)
Project-Based Learning (PjBL).
Teknik
v Penugasan proyek, presentasi proyek, diskusi
kelompok.
II.
KEGIATAN INTI
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik mengenal ragam jenis hewan yang ada di sekitar
kita.
2. Peserta didik mengetahui bahwa ada banyak jenis hewan yang
berbedabeda di sekitar kita
B.
Pemahaman Bermakna / Pengalaman Bermakna
Pada modul ini, siswa akan mengalami pembelajaran yang
memberikan makna melalui kegiatan observasi dan interaksi langsung dengan hewan
di sekitar mereka. Melalui pengamatan, siswa akan dapat memahami peran dan
keberagaman hewan dalam ekosistem lokal, serta dampaknya terhadap keseimbangan
alam. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat merasakan keterkaitan manusia
dengan lingkungannya dan menginternalisasi nilai-nilai pelestarian alam melalui
pengalaman nyata dengan hewan di sekitar mereka.
C.
Apersepsi
1.
Guru menceritakan pengalamannya kepada peserta didik bertemu dengan
hewan-hewan tertentu (hewan yang menakjubkan, atau hewan yang menakutkan, atau
pengalaman unik guru yang berkaitan dengan hewan tertentu).
2.
Tanyakan kepada peserta didik, mengenai pengalaman serupa yang pernah
dialami. Guru juga bisa menanyakan kepada peserta didik hewan apa saja yang
pernah mereka lihat/mereka temui.
3.
Tanyakan kepada peserta didik mengenai perbedaan hewan-hewan yang
mereka temui.
4.
Ajak peserta didik untuk membaca narasi pembuka Bab 1. Diskusikan
mengenai pertanyaan yang diajukan oleh salah satu karakter mengenai makanan
kucing. Guru dapat menggali pengetahuan peserta didik mengenai makanan-makanan
hewan.
5.
Selanjutnya, guru dapat mengajak peserta didik melakukan
kegiatankegiatan seperti berikut:
•
Bermain tebak hewan. Peserta didik menirukan salah satu hewan dan
teman-teman yang lain menebaknya. Dapat juga menggunakan gambar hewan, anagram,
atau variasi permainan tebak-tebakan lainnya.
•
Menonton video-video tentang perilaku hewan yang menarik (seperti
contoh video berikut: https://www.youtube.com/ watch?v=7wKu13wmHog)
•
Membaca buku fabel, ensiklopedia hewan, atau buku bertemakan hewan
lainnya. Beberapa buku hewan yang dapat diakses di portal Buku Digital dari
kemdimbud, yaitu:
a. Rahasia
Kaki Itik (https://budi.kemdikbud.go.id/detil?id=281&&lang=id)
b. Ada
Apa Sih? Ada Apa Sih? (https://budi.kemdikbud.go.id/
detil?id=193&&lang=id)
c. Balas
Budi Kupu-Kupu Biru (https://budi.kemdikbud.go.id/detil?id=193&&
lang=id)
6.
Setelah kegiatan, ajak kembali peserta didik untuk mengutarakan
pendapatnya tentang hewan-hewan yang ada pada kegiatan membaca/
menonton/bermain.
7.
Pandulah peserta didik untuk menggali apa yang ingin peserta didik
ketahui tentang hewan.
8.
Sampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam bab ini dan
elaborasikan dengan apa yang ingin diketahui peserta didik tentang pengenalan
hewan
D.
Pertanyaan Pemantik
1. Bagaimana
ciri-ciri hewan di sekitar kita?
2.
Apa perbedaan antara hewan yang satu
dengan hewan lainnya?
E.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran pekan
ke-1 (12JP x 45 menit) |
Alokasi
Waktu |
Kegiatan
Pendahuluan Pembukaan: ü Mulailah dengan doa pembuka untuk
mendapatkan keberkahan dalam pembelajaran. ü Sapaan dan salam kepada semua peserta
didik. ü Absensi peserta untuk memastikan kehadiran. Persiapan sebelum
Kegiatan 1.
Mulailah dengan mengajak peserta didik membaca
narasi dan mengamti gambar pembuka Topik A. 3. Guru mengajukan
pertanyaan kepada peserta didik mengenai jenis-jenis hewan yang ada pada
gambar: Hewan apa saja yang ada pada gambar? (Kucing, lalat, anak anjing,
kelinci, burung, ikan dan kura-kura) 4. Guru memberikan
penjelasan kepada peserta didik mengenai jenis-jenis hewan. 5. Guru mengajukan
pertanyaan kepada peserta didik: hewan apa saja yang kalian tahu?
(Bervariasi) 6. Guru mengajukan
pertanyaan kepada peserta didik: hewan apa saja yang ada di sekitar sekolah?
(Bervariasi) 7. Sampaikan pada
peserta didik bahwa mereka akan belajar mengamati hewan-hewan yang ada di
sekitar sekolah. 8. Bagikan lembar kerja
1.1 dan berikan arahan seputar kegiatan observasi sesuai panduan yang ada
pada Buku Siswa. 9. Pastikan peserta
didik sudah memahami instruksi kegiatan sebelum melakukan observasi di luar
kelas. 10. Guru memberikan
waktu 20 menit untuk mencari tahu hewan-hewan yang ada di lingkungan sekolah.
11. Setelah peserta
didik melakukan observasi, guru mengarahkan kembali peserta didik untuk masuk
ke dalam kelas. 12. Selama peserta didik
berkegiatan mandiri, guru dapat membantu peserta didik yang masih kesulitan
memahami instruksi kegiatan atau mengisi hasil pengamatan di lembar kerja. Jika lokasi sekolah tidak
memungkinkan untuk observasi langsung, guru dapat menggunakan foto atau
gambar yang di sebar di area sekolah/kelas. Gunakan gambar hewan di sekitar
seperti kuncing, anjing, laba-laba, ayam, burung, cicak, cacing, dsb. |
20 menit |
Kegiatan Inti |
|
1. Setelah peserta didik melakukan observasi, guru mengarahkan kembali
peserta didik untuk masuk ke dalam kelas. 2. Ajak peserta didik untuk menceritakan pengalaman observasinya. 3. Peserta didik akan melakukan kegiatan diskusi bersama teman di
sebelahnya. Guru dapat memberikan contoh terlebih dahulu cara berdiskusi yang
diharapkan. Ajak peserta didik untuk melakukan simulasi. 4. Tulislah kata kunci-kata kunci yang perlu mereka diskusikan di papan
tulis, seperti warna, bentuk, ukuran, cara bergerak, dsb. 5. Sepakati waktu kegiatan dan pandu peserta didik untuk melakukan diskusi. 6. Setelah kegiatan diskusi, bimbing peserta didik untuk menyimpulkan
mengenai ragam hewan dengan memberikan pertanyaan pancingan seperti berikut: a.
Hewan apa saja yang sudah kamu
lihat? (Jawaban: Bervariasi.) b.
Apa perbedaan antara
hewan-hewan yang kamu lihat? (Jawaban: Bervariasi.) 7. Elaborasikan jawaban peserta didik dengan pemaparan bahwa ragam hewan itu
berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. 8. Berikan penjelasan kepada peserta didik mengenai ragam-ragam hewan yang
ada. Gunakan teks dan gambar pada Belajar Lebih Lanjut sebagai alat bantu.
Perlu diperhatikan bahwa tujuan diberikan informasi mengenai pengelompokkan
hewan adalah agar peserta didik dapat melihat perbedaan secara meluas.
Fokuskan peserta didik untuk mengamati perbedaannya bukan menghapal
istilahnya Opsi Pembelajaran Berdiferensiasi:
|
510 menit |
[Catatan: Isi bagian-bagian yang diperlukan dengan
informasi yang sesuai dengan konteks dan kebutuhan pembelajaran modul
"Rangka, Sendi, dan Otot."] |
|
Kegiatan Penutup
|
10 menit |
F.
Asesmen/Penilaian
Judul:
Pengamatan Ragam Hewan
Tujuan:
Mengamati ragam hewan dan memahami perbedaan-perbedaannya. Mengidentifikasi
karakteristik khusus dari setiap jenis hewan. Mengembangkan kemampuan
berdiskusi dan merumuskan kesimpulan.
Teknik:
Observasi, Diskusi Kelompok, Penugasan
Rubrik
Penilaian:
- Penilaian Sikap (Observasi Kelas):
- Respons terhadap kegiatan observasi
- Partisipasi dalam diskusi kelompok
- Kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama
- Penilaian Pengetahuan (Diskusi Kelompok, Tes
Tertulis):
- Pemahaman terhadap ragam hewan
- Pengetahuan tentang karakteristik
masing-masing hewan
- Kemampuan menyusun kata kunci
- Penilaian Keterampilan (Diskusi Kelompok,
Proyek):
- Kemampuan berdiskusi dengan teman
- Kemampuan menyimpulkan hasil observasi
- Kualitas proyek atau produk yang dihasilkan
[PENILAIAN
SIKAP]
Kegiatan
Inti |
Penilaian |
Observasi |
Respons terhadap
observasi |
Diskusi Kelompok |
Partisipasi dalam diskusi
kelompok |
Kemampuan berkomunikasi
dan bekerjasama |
[PENILAIAN
PENGETAHUAN]
Kegiatan
Inti |
Penilaian |
Diskusi Kelompok |
Pemahaman terhadap ragam
hewan |
Pengetahuan tentang
karakteristik hewan |
|
Tes Tertulis |
Kemampuan menyusun kata
kunci |
[PENILAIAN
KETERAMPILAN]
Kegiatan
Inti |
Penilaian |
Diskusi Kelompok |
Kemampuan berdiskusi
dengan teman |
Proyek |
Kemampuan menyimpulkan
hasil observasi |
Kualitas proyek atau
produk yang dihasilkan |
Lembar Penilaian Diri Peserta Didik
Nama Sekolah :
Kelas/Semester :
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√) pada kolom 1 (tidak pernah), 2
(kadang-kadang), 3 (sering), atau 4 (selalu) sesuai keadaan kalian yang
sebenarnya
No |
Pernyataan |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
Saya selalu berdoa sebelum melakukan aktivitas. |
|
|
|
|
2 |
Saya beribadah tepat waktu. |
|
|
|
|
3 |
Saya tidak mengganggu teman saya yang beragama
lain berdoa sesuai agamanya. |
|
|
|
|
4 |
Saya berani mengakui kesalahan saya. |
|
|
|
|
5 |
Saya menyelesaikan tugas-tugas tepat waktu. |
|
|
|
|
6 |
Saya berani menerima resiko atas tindakan yang
saya lakukan. |
|
|
|
|
7 |
Saya mengembalikan barang yang saya pinjam. |
|
|
|
|
8 |
Saya meminta maaf jika saya melakukan kesalahan |
|
|
|
|
9 |
Saya melakukan praktikum sesuai dengan langkah
yang ditetapkan. |
|
|
|
|
10 |
Saya datang kesekolah tepat waktu. |
|
|
|
|
Lembar Penilaian Diri Kegiatan Diskusi
Kelompok
Nama Siswa :
Kelas :
Petunjuk: Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
1 |
Aktif dalam
mengemukan ide |
√ |
|
2 |
Mendengarkan
teman yang sedang berpendapat |
√ |
|
3 |
Aktif
mengajukan pertanyaan |
√ |
|
4 |
Aktif
membantu teman yang mengalami kesulitan mengerjakan tugas |
√ |
|
5 |
|
√ |
|
Lembar Kerja Kelompok Diskusi
Nama Anggota Kelompok |
1. ……………………………………………………………… 2. ……………………………………………………………… 3. ……………………………………………………………… 4. ……………………………………………………………… 5. ……………………………………………………………… |
Kesimpulan Hasil Diskusi Kelompok |
|
Tanggapan Terhadap presentasi kelompok lain |
|
Catatan Guru |
|
PENILAIAN PENGETAHUAN
Pilihan
Ganda
Nama :
Kelas :
Tanggal
Kegiatan :
I. Pilih
jawaban yang benar dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau
D.
Tes Tertulis
Nama :
Kelas :
Tanggal
Kegiatan :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini
dengan jelas !
1.
Bagaimana peran teknologi dalam meningkatkan
efisiensi dan produktivitas dalam sistem agribisnis tanaman?
2.
Sebutkan langkah-langkah utama dalam perencanaan
dan manajemen agribisnis tanaman yang efektif.
3.
Apa peran pemerintah dalam mendukung pengembangan
dan keberlanjutan sistem agribisnis tanaman?
4.
Jelaskan pentingnya analisis pasar dalam
pengambilan keputusan dalam agribisnis tanaman.
5.
Bagaimana implementasi praktik-praktik
berkelanjutan dapat meningkatkan keseimbangan ekologi dan ekonomi dalam
agribisnis tanaman?
Penskoran Soal Uraian
Nomor |
Penyelesaian/Kunci Jawaban |
Skor |
1 |
Siswa dapat menyebutkan jawaban dengan, lengkap dan benar. |
3 |
2 |
Siswa dapat menyebutkan jawaban dengan baik dan benar,
tapi kurang lengkap. |
2 |
3 |
Siswa dapat menyebutkan jawaban tapi salah sebagian
besar. |
1 |
4 |
Siswa tidak dapat
menjawab dengan benar |
0 |
Skor
maksimum |
|
G.
Rencana Tindak Lanjut
[F. Rencana
Tindak Lanjut]
- Pengayaan: Menyediakan materi tambahan untuk
peserta didik yang menunjukkan pemahaman yang mendalam atau menunjukkan
minat yang tinggi terhadap topik ini.
- Remedial: Memberikan waktu tambahan atau
bimbingan khusus untuk peserta didik yang mengalami kesulitan dalam
pemahaman atau berpartisipasi.
- Interaksi Guru dan Orang Tua Murid: Mengadakan
pertemuan dengan orang tua untuk berbagi informasi mengenai kemajuan dan
tantangan yang dihadapi peserta didik.
G. Refleksi
Guru:
- Refleksi Guru:
(Untuk memandu
peserta didik, lihat bagian refleksi di Panduan Umum Buku Guru)
§ Apakah
setiap hewan berbeda antara satu dengan yang lainnya? Hewan yang satu dan
lainnya memiliki perbedaan.
§ Adakah
perbedaan antara hewan-hewan yang kamu lihat? Iya ada. Perbedaan tersebut
meliputi bentuk tubuh, ukuran tubuh, anggota tubuh, ukuran tubuh, cara bertahan
hidup (cara mendapatkan makanan, cara makan, cara membela diri), tempat
tinggal/tempat hidup, cara bergerak
§ Mengapa
hewan-hewan tersebut memiliki bentuk dan ukuran yang berbedabeda? Karena setiap
hewan memiliki cara hidup dan tempat hidup yang berbedabeda.
§ Jika
salah satu hewan tersebut kalian pelihara di rumah, dapatkah kalian
memeliharanya dengan baik? (Berbeda-beda) Bisa iya, bisa tidak. Tergantung
hewan apa yang akan dipelihara.
Motivasi
peserta didik untuk menyertakan alasan pada pertanyaan nomor 3 dan 4 agar guru
bisa mengamati pemahaman mereka.
- Refleksi Siswa
§ Apakah
setiap hewan berbeda antara satu dengan yang lainnya?
§ Adakah
perbedaan antara hewan-hewan yang kalian lihat?
§ Mengapa
hewan-hewan tersebut memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda?
§ Jika
salah satu hewan tersebut kalian pelihara di rumah, dapatkah kalian
memeliharanya dengan baik?
III. LAMPIRAN
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
Judul: Mengenal
Ragam Jenis Hewan di Sekitar Kita
Pendahuluan: Hewan-hewan merupakan bagian penting dari
lingkungan sekitar kita. Mereka memiliki beragam bentuk, ukuran, dan
karakteristik yang menarik untuk dipelajari. Dalam kegiatan ini, kita akan
mengenal lebih dekat beberapa jenis hewan yang ada di sekitar kita.
Bahan/Alat/Sumber:
- Gambar-gambar hewan
- Buku-buku mengenai jenis-jenis hewan
- Laptop atau tablet untuk mencari informasi
tambahan
Tujuan:
- Peserta didik dapat mengenal ragam jenis hewan
yang ada di sekitar kita.
- Peserta didik mengetahui bahwa ada banyak
jenis hewan yang berbeda-beda di sekitar kita.
Langkah-langkah:
- Pengenalan Konsep:
- Diskusikan bersama peserta didik mengenai
pentingnya hewan dalam ekosistem.
- Jelaskan bahwa kita akan fokus mengenal
beberapa jenis hewan di sekitar kita.
- Presentasi Gambar Hewan:
- Tampilkan gambar-gambar hewan seperti burung,
ikan, mamalia, dan serangga.
- Diskusikan ciri-ciri khas setiap jenis hewan.
- Pencarian Informasi:
- Berikan peserta didik akses ke buku-buku atau
internet untuk mencari informasi tambahan mengenai hewan-hewan yang
menarik minat mereka.
- Penyusunan Daftar Jenis Hewan:
- Peserta didik diminta untuk menyusun daftar
jenis hewan yang telah mereka pelajari, beserta ciri-ciri khasnya.
- Diskusi Kelompok:
- Bagilah peserta didik menjadi kelompok kecil
untuk berdiskusi mengenai jenis hewan favorit mereka dan alasan mengapa
hewan tersebut menarik.
Pertanyaan:
- Apa jenis hewan yang paling menarik
perhatianmu? Mengapa?
- Bagaimana peran hewan-hewan tersebut dalam
menjaga keseimbangan ekosistem?
- Apakah kamu mengetahui jenis hewan baru
setelah kegiatan ini? Jelaskan ciri-ciri khas hewan tersebut.
Catatan: Lembar kerja ini dapat diadaptasi sesuai
kebutuhan dan karakteristik peserta didik.
BAHAN BACAAN GURU DAN SISWA
Buku siswa
GLOSARIUM
- Amfibi:
- Definisi: Kelas hewan yang memiliki kemampuan hidup di dua lingkungan,
yaitu darat dan air.
- Contoh: Katak, salamander.
- Bioma:
- Definisi: Wilayah geografis dengan iklim, vegetasi, dan lingkungan
tertentu yang mempengaruhi kehidupan hewan dan tumbuhan di dalamnya.
- Contoh: Hutan hujan, padang rumput.
- Camouflage:
- Definisi: Kemampuan hewan untuk menyamarkan diri dalam lingkungannya
sebagai bentuk perlindungan dari pemangsa.
- Contoh: Bunglon, kumbang daun.
- Dekomposer:
- Definisi: Organisme yang membantu dalam proses penguraian bahan organik
menjadi zat-zat sederhana.
- Contoh: Jamur, bakteri.
- Eksoskeleton:
- Definisi: Struktur keras luar tubuh yang memberikan dukungan dan
perlindungan pada hewan, umumnya ditemukan pada artropoda.
- Contoh: Kepiting, serangga.
- Fauna:
- Definisi: Sekumpulan hewan yang hidup di suatu wilayah atau lingkungan
tertentu.
- Contoh: Fauna hutan, fauna laut.
- Gurita:
- Definisi: Cephalopoda yang memiliki delapan lengan dan umumnya hidup di
laut.
- Contoh: Gurita merah, gurita cincin biru.
- Herbivora:
- Definisi: Hewan yang memakan tumbuhan sebagai sumber utama makanannya.
- Contoh: Gajah, kuda.
- Insektivora:
- Definisi: Hewan yang memakan serangga sebagai sumber utama makanannya.
- Contoh: Kepik, tikus tanah.
- Jenis Endemik:
- Definisi: Organisme yang hanya ditemukan di suatu wilayah tertentu dan
tidak ada di tempat lain di dunia.
- Contoh: Burung cendrawasih di Papua.
- Karnivora:
- Definisi: Hewan pemakan daging.
- Contoh: Singa, serigala.
- Lingkungan Terestrial:
- Definisi: Lingkungan darat, melibatkan segala hal yang ada di atas
permukaan tanah.
- Contoh: Hutan, gurun.
- Migrasi:
- Definisi: Perjalanan musiman hewan dari satu tempat ke tempat lain untuk
mencari makanan atau berkembang biak.
- Contoh: Burung migran, ikan salmon.
- Niktinasti:
- Definisi: Gerakan tumbuhan atau organ tumbuhan sebagai respons terhadap
rangsangan cahaya atau kegelapan.
- Contoh: Bunga malam, daun putri malu.
- Omnivora:
- Definisi: Hewan yang memakan berbagai jenis makanan, termasuk tumbuhan dan
daging.
- Contoh: Manusia, babi.
- Parasitisme:
- Definisi: Hubungan antara dua organisme di mana satu organisme (parasit)
mendapatkan manfaat sementara organisme lainnya (inang) merugi.
- Contoh: Cacing gelang, kutu.
- Reproduksi Aseksual:
- Definisi: Proses reproduksi tanpa melibatkan penyatuan sel kelamin, menghasilkan
keturunan yang genetis identik dengan induknya.
- Contoh: Pemisahan tunas pada tumbuhan.
- Simbiosis:
- Definisi: Hubungan timbal balik antara dua jenis organisme yang hidup
bersama-sama untuk keuntungan keduanya.
- Contoh: Lichens (symbiosis antara alga dan jamur).
- Teritorial:
- Definisi: Sifat hewan yang melindungi dan mempertahankan wilayah tertentu
untuk digunakan dalam mencari makanan atau berkembang biak.
- Contoh: Singa, burung pemangsa.
- Umbi:
- Definisi: Bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan
makanan.
- Contoh: Kentang, wortel.
DAFTAR PUSTAKA
Sumber Buku
Chris Woodford. 2007.
Segala Hal Tentang:Energi. Jakarta: Penerbit Erlangga. Dineen, Jacqueline.
2007. Listrik. Grolier International Inc.
Dineen, Jacqueline. 2007.
Minyak, Gas, dan Batu Bara. Grolier International Inc.
Endarto, Danang, Dkk,
2009. Geografi 2 Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional.
Hasna, Amira Naura. 2018.
Sistem Ekologi. Yogyakarta: Istana Media.
Hwa, Dr Kwa Siew, Dr Goh
Sao-Ee, Teo Gwan Wai Lan, Koh Siew Luan. 2010.
My Pals are Here! Science
4A. Singapore: Marshall Cavendish Education.
Loxley, Peter, Lyn Dawes,
Linda Nicholls, dan Babd Dore. 2010. Teaching Primary Science. Pearson
Education Limited.
Marshall Cavendish
Education. 2010. My Pals are Here! Science 4A Teacher’s Guide. Singapore:
Marshall Cavendish Education.
Mintarjo, Sri. 2014.
Ensiklopedia Geografi Subtansi Geografi. Klaten: PT Cempaka Putih Mintarjo.,
Sri. 2018. Subtansi Geografi. Karanganom: Cempaka Putih
Nadesul, Hendrawan. 2007.
Cara Mudah Mengalahkan Demam Berdarah. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
P., Anindhita. 2019. Daur
Hidup Ayam. Solo: Tiga Serangkai.
Pasal 2 PP 77/2007
Pasal 3 PP 77/2007
Peraturan Daerah Kabupaten
Bungo Nomor 6 Tahun 2014 tentang Rukun Warga dan Rukun Tetangga.
Prasetyo Hermawan, Yuri
dan Sri Astuti. 2017. Ekpresi Bentuk Klimatik Tropis Arsitektur Tradisional
Nusantara Dalam Regionalisme. Bandung. Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman.
Priyanto, Sugeng. 2018.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Paket C Tingkatan V Modul Tema 1 Modul
Tema 1 : Etika Roda Pemerintahan. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan
dan Kesetaraan-Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan
Masyarakat-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta, 18 Juli 2023
Rahayu, Dwi A., Jannah,
Miftahul. 2019. DNA Barcode Hewan dan Tumbuhan Indonesia. Jakarta: Yayasan
Inspirasi Ide Berdaya.
Setyaningsih, Umi dan
Yulianto Bambang Setyadi. Implementasi Nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika pada
Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Surakarta pada Tahun Pelajaran 2016/2017. Civic
Education and Social Science Journal (CESSJ) Volume 1, Nomor 1, Juni 2019.
Sudarti. 2010. Adaptasi
Makhluk Hidup. Semarang: Alprin. Susanti, Yusi. 2016. Adaptasi makhluk Hidup
Terhadap Lingkungan. Bekasi: Terang Mulia Abadi.
Susilo, Edi dkk. 2017.
Adaptasi Manusia Ketahanan Pangan dan Jaminan Sosial Sumberdaya. Malang: UB
Media.
The Korean Society of
Elementary Science Education, Jeon Young Seok. 2018. Seri Edukasi Britannica:
Gaya dan Energi. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer. Trimanto. 2018. Jelajah Jawa
Timur. Surakarta: Borobudur Inspira Nusantara. Undang-Undang Nomor 23 Tahun
2014 Tentang Pemerintahan Daerah Wahyudi Agus, dan Novia. 2018. Tak Kenal maka
Tak Sayang. Jakarta: Direktorat
Pembinaan Pendidikan
Keaksaraan dan Kesetaraan.
Winarno, F.G., Wida
Winarno. 2017. Mikrobioma Usus Bagi Kesehatan Tubuh: Peran Probiotik,
Prebiotik, dan Paraprobiotik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Comments