MODUL AJAR MATEMATIKA KELAS 3 KURIKULUM MERDEKA

I.           INFORMASI UMUM

A.        Identitas Sekolah

Nama Penyusun

:

Institusi              

: SD/MI...

Tahun Pembuatan

: 2023   

Mata Pelajaran

: MATEMATIKA

Jenjang  

: SD/MI

Kelas

: III (TIGA) Reguler

Kode       

:

Fase

: Fase B

Tema

: Bilangan Cacah sampai 1.000 Bilangan Cacah sampai 1.00

Materi Pokok

: Bilangan dan Lambang Bilangan Cacah sampai 1.000

Alokasi Waktu    

: 5 JP

Kata Kunci

: • Bilangan Cacah • Membaca bilangan • Menulis bilangan • Nilai tempat • Mengurutkan • Membandingkan • Penjumlahan • Pengurangan • Perkalian • Pembagian

Capaian Pembelajaran

 

: Pada akhir fase B, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000, dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah, dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika, dan dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola gambar atau obyek sederhana dan pola bilangan yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 100. Mereka dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor, masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat membandingkan dan mengurutkan antarpecahan, serta dapat mengenali pecahan senilai. Mereka dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal, dan dapat menghubungkan pecahan desimal dan perseratusan dengan persen.

 

Peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku, dan dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang. Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah. Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar dan dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan satu cara atau lebih jika memungkinkan.

 

Peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan).

 

 

 

Elemen

Capaian Pembelajaran

Bilangan

Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.

 

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya, 1 2 , 1 3 , 1 4 ) dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (misalnya, 2 8 , 4 8 , 7 8 ). Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.

Aljabar

Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100 (contoh: 10 + … = 19, 19 - … = 10)

 

Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola gambar atau obyek sederhana dan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100.

Pengukuran

Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.

Geometri

Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan.

Analisa Data dan Peluang

Pada akhir fase B, peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan).

 

B.        Kompetensi Awal (Prasyarat Pengetahuan/Keterampilan)

Prasyarat Pengetahuan:

1.       Pemahaman Bilangan Cacah: Peserta didik dapat mengidentifikasi, menyebutkan, dan menuliskan bilangan cacah hingga 1.000 dengan benar.

2.       Pengenalan Lambang Bilangan: Peserta didik memiliki pengetahuan dasar mengenai lambang bilangan dan mampu menghubungkannya dengan bilangan cacah hingga 1.000.

3.       Keterkaitan Antara Bilangan dan Lambang Bilangan: Peserta didik dapat menjelaskan hubungan antara bilangan cacah dan lambang bilangan dalam konteks berbagai situasi.

Prasyarat Keterampilan:

1.       Penulisan Bilangan: Peserta didik mampu menuliskan bilangan cacah hingga 1.000 dengan benar, termasuk penggunaan pemisah ribuan dan ratusan.

2.       Identifikasi Lambang Bilangan: Peserta didik dapat mengidentifikasi lambang bilangan yang sesuai dengan bilangan cacah yang diberikan.

3.       Pemahaman Konsep: Peserta didik dapat mengaplikasikan pemahaman konsep bilangan dan lambang bilangan dalam pemecahan masalah sederhana yang melibatkan bilangan hingga 1.000.

4.       Komunikasi Matematis: Peserta didik mampu menjelaskan ide dan solusi matematisnya secara lisan maupun tertulis dengan jelas dan logis.

 

C.        Profil Pelajar Pancasila

  1. Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Bergotong Royong
  3. Bernalar Kritis

 

 

D.        Sarana dan Prasarana (Materi ajar, Alat dan bahan)

Materi Pokok

  • Buku teks untuk setiap siswa yang mencakup materi pembelajaran sesuai kurikulum.
  • Modul pembelajaran yang dirancang untuk memfasilitasi pemahaman siswa.
  • Kartu pembelajaran dengan ilustrasi dan informasi penting.

 

Media :

Kertas karton,

gunting,

spidol warna

 

Sumber Belajar

  • Referensi buku tambahan dan ensiklopedia yang mendukung materi pelajaran.
  • Akses internet untuk mengakses sumber belajar daring dan database pengetahuan.
  • Materi pembelajaran interaktif, seperti simulasi dan permainan pendidikan.

 

E.         Target Peserta Didik

Perangkat ajar ini dapat digunakan guru untuk mengajar:

1.       Peserta didik reguler/tipikal

2.       Peserta didik dengan pencapaian tinggi

3.       Peserta didik dengan kesulitan belajar

 

F.         Jumlah siswa

v  Maksimum 25 - 35 Siswa

 

G.        Model Pembelajaran

Metode

Problem-Based Learning (PBL)

Project-Based Learning (PjBL).

 

Teknik

v  Penugasan proyek, presentasi proyek, diskusi kelompok.

 

 

 

 

 

II.         KEGIATAN INTI

A.        Tujuan Pembelajaran

1. Peserta didik dapat membaca bilangan cacah sampai 1.000.

2. Peserta didik dapat menuliskan bilangan cacah sampai 1.000

 

B.        Pemahaman Bermakna / Pengalaman Bermakna

Sebelum memulai modul ini, diharapkan siswa telah memiliki pemahaman dasar sebagai berikut:

  1. Siswa telah memahami konsep dasar bilangan cacah hingga 100.
  2. Siswa dapat melakukan operasi dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) dengan bilangan cacah.
  3. Siswa mampu membaca dan menuliskan bilangan cacah hingga 100 dengan benar.
  4. Siswa telah memahami konsep dasar lambang bilangan dan dapat mengidentifikasi lambang bilangan hingga 100.

 

C.        Persiapan Pembelajaran

1.       Guru menyiapkan bacaan atau materi dari buku paket, media cetak, media video, dan website.

2.       Membaca materi pembelajaran

3.       Menyiapkan lembar kerja peserta didik 

4.       Menyiapkan alat dan bahan yang digunakan dalam pembelajaran

 

D.        Apersepsi

Langkah awal dalam pembelajaran sesi ini guru diharapkan merancang sebuah cerita kontekstual yang menceritakan suatu keadaan dalam kehidupan seharihari secara sederhana. Guru telah menyediakan segala sesuatu yang terkait dengan cerita yang dirancang, di antaranya barang-barang kontekstual yang berhubungan dengan cerita dan materi yang relevan dengan cerita.

 

E.         Pertanyaan Pemantik

1. Dapatkah kalian menyebutkan berapa panjang tongkat yang dibawa Alfa?

2. Berapakah kira-kira panjang tiang bendera yang ada di sekolah kalian?

Guru dapat menjelaskan bahwa panjang tongkat Alfa (tongkat pramuka) sekitar 160 cm begitu pula panjang tiang bendera merupakan susunan angkaangka yang membentuk sebuah bilangan cacah 3 angka

 

F.         Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran pekan ke-1 (12JP x 45 menit)

Alokasi Waktu

Kegiatan Pendahuluan

Pembukaan:

ü  Mulailah dengan doa pembuka untuk mendapatkan keberkahan dalam pembelajaran.

ü  Sapaan dan salam kepada semua peserta didik.

ü  Absensi peserta untuk memastikan kehadiran.

 

Langkah Kegiatan:

1.       Guru membentuk kelompok heterogen yang terdiri atas 3 – 5 peserta didik.

2.       Guru meminta kelompok untuk menyiapkan kertas karton dan membuat 10 kotak berukuran 5 cm x 10cm. Guru dapat memberikan contoh terlebih dahulu.

3.       Guru meminta kelompok untuk menulisi setiap kotak tersebut dengan angka 0, 1, hingga angka 9, menggunakan spidol yang berbeda warna. Satu kertas karton satu angka dengan diusahakan warna kertas juga berbeda. Kertas karton ini sebagai kartu bilangan. Guru dapat menyesuaikan dengan lingkungan sekolah untuk bahan yang dapat digunakan sebagai kartu bilangan.

4.       Guru meminta peserta didik untuk menggunting kertas karton tadi menjadi kartu bilangan. Guru mengingatkan peserta didik untuk berhatihati dalam menggunakan gunting.

5.       Guru memandu percobaan pertama tentang jarak rumah Meutia dengan minimarket sesuai pada Buku Siswa.

6.       Guru meminta peserta didik/kelompok untuk mengambil beberapa kartu bilangan sesuai angka pada jarak rumah Meutia dengan minimarket.

7.       Guru dapat menyebutkan beberapa bilangan cacah dengan 3 angka, kemudian meminta kelompok menunjukkannya dengan kartu bilangan.

8.       Guru meminta peserta didik untuk menyebutkan nama bilangannya

 

Ayo Mengamati

1.       Ilustrasi cerita mengenai jarak rumah Meutia ke sekolah. Guru dapat meminta peserta didik untuk menyebutkan nama bilangan sesuai dengan jarak rumah Meutia ke sekolah.

2.       Guru dapat menceritakan tentang Alfa yang menyiapkan tongkat untuk kegiatan pramuka, peserta didik diminta untuk menyebutkan nama bilangan sesuai dengan panjang tongkat milik Alfa. Selain itu, menentukan tempat ratusan, puluhan, dan satuan.

3.       Guru meminta peserta didik untuk mempelajari contoh-contoh bilangan, nama bilangan, beserta menentukan tempat ratusan, puluhan, dan satuan

 

Ayo Berpikir

Diberikan kartu bilangan. Guru meminta peserta didik untuk menyusun bilangan tiga angka dengan angka pertama bukan 0 (nol).

1. Ada berapa banyak bilangan yang kalian susun apabila ada angka yang berulang?

2. Ada berapa banyak bilangan yang kalian susun apabila ada angka yang tak berulang?

 

 

 

 

20

 menit

Kegiatan Inti

 

Menulis Bilangan Cacah sampai 1.000

Peserta didik diminta untuk membaca cerita tentang Alen yang bermain di taman kota. Dalam cerita tersebut disebutkan jarak rumah Alen ke taman kota. Peserta didik diarahkan untuk memperhatikan bagaimana cara menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya terdapat percakapan antara guru dan murid yang menunjukan cara menuliskan bilangan tiga angka, contohnya tiga ratus lima puluh empat. Guru dapat memberikan penjelasan bilangan dan nilai tempat bilangan.

 

Ayo Berlatih

1. Isilah titik-titik di bawah ini berdasarkan gambar berikut!

a. Ratusan: 1; Puluhan: 5; satuan: 3

b. Ratusan: 4; Puluhan: 3; satuan: 8

 

2. Tuliskan lambang bilangan dan cara membaca bilangan yang terdapat pada gambar berikut.

 

3. Perhatikan bilangan yang tertera pada gambar berikut.

a. Kemungkinan jawaban peserta didik: 821, 912

b. Kemungkinan jawaban peserta didik: 239, 168

c. Kemungkinan jawaban peserta didik: 239, 168

 

4. Pasangkan lambang bilangan dan cara membacanya dengan cara menarik garis lurus.

903 dihubungkan dengan sembilan ratus tiga

145 dihubungkan dengan seratus empat puluh lima

602 dihubungkan dengan enam ratus dua

950 dihubungkan dengan sembilan ratus lima puluh

 

5. Pilih 3 angka yang berbeda dari 0, 1, … sampai 9. Susun bilangan 3 angka yang mungkin terbentuk. Tuliskan dalam tabel seperti di bawah ini. Kemungkinan jawaban peserta didik

 

Miskonsepsi

Miskonsepsi pada materi membaca bilangan cacah sampai 1.000 terjadi pada peserta didik adalah kesalahan bila terdapat 0 (nol) pada nilai tempat ratusan atau puluhan

 

Opsi Pembelajaran Berdiferensiasi:

 

Diferensiasi Konten:

Kelas Dasar: Peserta didik membaca cerita tentang Alen dan jarak rumahnya ke taman kota. Guru memberikan penjelasan singkat tentang lambang bilangan dan nilai tempat bilangan.

Kelas Lanjutan: Peserta didik menganalisis cerita untuk menemukan bilangan-bilangan dan menyusunnya dalam bentuk matematis. Guru memberikan cerita yang lebih kompleks dengan bilangan yang lebih besar.

Diferensiasi Proses:

Kelas Dasar: Peserta didik melakukan latihan penulisan bilangan tiga angka dari cerita. Guru memberikan bimbingan langkah-demi-langkah.

Kelas Lanjutan: Peserta didik mengerjakan latihan yang memerlukan pemahaman lebih mendalam tentang konsep nilai tempat dan cara menuliskan bilangan. Mereka juga dapat membuat cerita mereka sendiri dengan bilangan tiga angka.

Diferensiasi Produk:

Kelas Dasar: Peserta didik menyelesaikan latihan penggambaran nilai tempat bilangan dan cara membaca bilangan dalam worksheet.

Kelas Lanjutan: Peserta didik membuat presentasi singkat tentang bagaimana bilangan tiga angka digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mereka dapat menciptakan poster atau video pendek.

 

 

 

 

 

 

 

510

menit

Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup

1. Apresiasi:

  • Terima kasih kepada semua peserta yang telah aktif berpartisipasi dalam kegiatan ini.
  • Sampaikan penghargaan kepada mereka yang telah menunjukkan dedikasi dan semangat selama pembelajaran mengenai bilangan dan lambang bilangan cacah hingga 1.000.

2. Evaluasi:

  • Mari kita tinjau kembali apa yang telah kita pelajari bersama tentang bilangan dan lambang bilangan cacah.
  • Berikan kesempatan bagi peserta untuk berbagi pengalaman dan pemahaman yang diperoleh selama kegiatan ini.
  • Amati bersama apakah tujuan pembelajaran telah tercapai dan identifikasi area yang perlu lebih diperhatikan di masa depan.

3. Konsolidasi:

  • Letakkan penekanan pada pentingnya konsolidasi pengetahuan ini dalam kehidupan sehari-hari.
  • Dorong peserta untuk terus mempraktikkan dan mengasah keterampilan mereka dalam menggunakan bilangan dan lambang bilangan cacah hingga 1.000.
  • Ajak mereka untuk terus menggali konsep-konsep yang lebih mendalam.

4. Penutup:

  • Sampaikan doa bersama sebagai ungkapan syukur atas kesempatan untuk belajar dan berkembang bersama.
  • Selesaikan dengan salam dan harapan agar pengetahuan yang diperoleh dapat menjadi landasan bagi pencapaian yang lebih tinggi di masa depan.

 

 

 

 

 

 

 

 

10

menit

 

G.      Asesmen/Penilaian

 

Judul: Membaca Bilangan Cacah sampai 1.000

Tujuan: Peserta didik mampu membaca bilangan cacah sampai 1.000 dengan benar.

Teknik: Tes tertulis (Soal Hots)

Rubrik Penilaian:

  1. Penilaian Pengetahuan:

Kegiatan Inti

Penilaian Pengetahuan

Membaca Cerita

Penugasan, Diskusi Kelompok

Percakapan Guru-Murid

Tes Tertulis, Lisan

Ayo Berlatih

Tes Tertulis

  1. Penilaian Sikap:

Kegiatan Inti

Penilaian Sikap

Membaca Cerita

Observasi Kelas, Penilaian Diri

Percakapan Guru-Murid

Observasi Kelas, Penilaian Antar Teman

  1. Penilaian Keterampilan:

Kegiatan Inti

Penilaian Keterampilan

Ayo Berlatih

Proyek, Presentasi

Lembar Penilaian Diri Peserta Didik

 

Nama Sekolah                   :  

Kelas/Semester                 :  

Petunjuk: Berilah tanda centang (√) pada kolom 1 (tidak pernah), 2 (kadang-kadang), 3 (sering), atau 4 (selalu) sesuai keadaan kalian yang sebenarnya

 

No

Pernyataan

1

2

3

4

1

Saya selalu berdoa sebelum melakukan aktivitas.

 

 

 

 

2

Saya beribadah tepat waktu.

 

 

 

 

3

Saya tidak mengganggu teman saya yang beragama lain berdoa sesuai agamanya.

 

 

 

 

4

Saya berani mengakui kesalahan saya.

 

 

 

 

5

Saya menyelesaikan tugas-tugas tepat waktu.

 

 

 

 

6

Saya berani menerima resiko atas tindakan yang saya lakukan.

 

 

 

 

7

Saya mengembalikan barang yang saya pinjam.

 

 

 

 

8

Saya meminta maaf jika saya melakukan kesalahan

 

 

 

 

9

Saya melakukan praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan.

 

 

 

 

10

Saya datang kesekolah tepat waktu.

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Penilaian Diri Kegiatan Diskusi Kelompok

 

Nama Siswa                       :

Kelas                                     :  

Petunjuk: Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

 

No

Pernyataan

Ya

Tidak

1

Aktif dalam mengemukan ide

 

2

Mendengarkan teman yang sedang berpendapat

 

3

Aktif mengajukan pertanyaan

 

4

Aktif membantu teman yang mengalami kesulitan mengerjakan tugas

 

5

 

 

 

 

Lembar Kerja Kelompok Diskusi

 

 

Nama Anggota Kelompok

1. ………………………………………………………………

2. ………………………………………………………………

3. ………………………………………………………………

4. ………………………………………………………………

5. ………………………………………………………………

 

 

 

Kesimpulan Hasil Diskusi Kelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

Tanggapan Terhadap presentasi kelompok lain

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Catatan Guru

 

 

 

 

 

 

 

 

PENILAIAN PENGETAHUAN

Pilihan Ganda

 

Nama                                         :

Kelas                                           :

Tanggal Kegiatan                   :

 

I. Pilih jawaban yang benar dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D.

 

Tes Tertulis

 

Nama                                 :

Kelas                                  :

Tanggal Kegiatan          :

 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas !

1.       Bagaimana peran teknologi dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam sistem agribisnis tanaman?

2.       Sebutkan langkah-langkah utama dalam perencanaan dan manajemen agribisnis tanaman yang efektif.

3.       Apa peran pemerintah dalam mendukung pengembangan dan keberlanjutan sistem agribisnis tanaman?

4.       Jelaskan pentingnya analisis pasar dalam pengambilan keputusan dalam agribisnis tanaman.

5.       Bagaimana implementasi praktik-praktik berkelanjutan dapat meningkatkan keseimbangan ekologi dan ekonomi dalam agribisnis tanaman?

 

 

Penskoran Soal Uraian

Nomor

Penyelesaian/Kunci Jawaban

Skor

1

Siswa dapat menyebutkan jawaban dengan, lengkap dan benar.

3

2

Siswa dapat menyebutkan jawaban dengan baik dan benar, tapi kurang lengkap.

2

3

Siswa dapat menyebutkan jawaban tapi salah sebagian besar.

1

4

Siswa tidak dapat menjawab dengan benar

0

Skor maksimum

 

 

H.      Rencana Tindak Lanjut

 

F. Rencana Tindak Lanjut

  • Pengayaan: Memberikan materi tambahan dan tantangan lebih lanjut bagi peserta didik yang sudah menguasai materi.
  • Remedial: Memberikan bimbingan khusus kepada peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami materi.
  • Interaksi Guru dan Orang Tua Murid: Menginformasikan kemajuan dan kesulitan peserta didik kepada orang tua serta memberikan saran untuk dukungan di rumah.

 

G. Refleksi Guru dan Siswa:

Refleksi Guru:

  1. Bagaimana respons peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran?
  2. Apakah strategi yang efektif dalam memfasilitasi pemahaman membaca bilangan cacah sampai 1.000?
  3. Bagaimana penyesuaian yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran?

Refleksi Siswa:

  1. Apa yang paling sulit dalam kegiatan membaca bilangan cacah sampai 1.000?
  2. Apa yang membantu Anda dalam memahami konsep membaca bilangan tersebut?
  3. Apa langkah-langkah yang dapat diambil untuk memperbaiki pemahaman tentang materi ini?

Miskonsepsi: Miskonsepsi yang mungkin terjadi adalah kesalahan dalam menempatkan 0 (nol) pada nilai tempat ratusan atau puluhan. Bagaimana strategi yang dapat diterapkan untuk mengatasi miskonsepsi ini?

 

 

III. LAMPIRAN                                                                                                                                               

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

Judul: Menguasai Bilangan Cacah hingga 1.000

Pendahuluan: Pada kegiatan ini, peserta didik akan belajar untuk membaca dan menuliskan bilangan cacah hingga 1.000. Kemampuan ini merupakan dasar penting dalam matematika dan akan membantu peserta didik dalam pemahaman konsep bilangan.

Bahan/Alat/Sumber:

  • Buku teks matematika
  • Lembar kerja
  • Pensil atau pena
  • Proyektor (jika diperlukan)

Tujuan:

  1. Peserta didik dapat membaca bilangan cacah hingga 1.000.
  2. Peserta didik dapat menuliskan bilangan cacah hingga 1.000.

Langkah-langkah:

  1. Pengenalan Bilangan Cacah (0-100):
    • Diskusikan dan praktikkan membaca dan menuliskan bilangan cacah 0 hingga 100.
    • Gunakan bantuan visual seperti bilangan pada papan tulis atau proyektor.
  2. Memperluas ke Bilangan Cacah (100-1.000):
    • Perluas pemahaman peserta didik ke bilangan cacah antara 100 hingga 1.000.
    • Lakukan latihan membaca dan menuliskan bilangan cacah dalam rentang tersebut.
  3. Penerapan dalam Konteks:
    • Berikan contoh penggunaan bilangan cacah dalam situasi nyata.
    • Latih peserta didik untuk menghubungkan pemahaman bilangan cacah dengan konteks sehari-hari.
  4. Latihan Mandiri:
    • Bagikan lembar kerja kepada peserta didik.
    • Peserta didik diminta untuk melengkapi lembar kerja dengan membaca dan menuliskan bilangan cacah hingga 1.000.

Pertanyaan:

  1. Apa yang dapat kamu lakukan setelah mengikuti kegiatan ini terkait membaca bilangan cacah hingga 1.000?
  2. Bagaimana kamu bisa mengaplikasikan pemahamanmu tentang bilangan cacah dalam kehidupan sehari-hari?

Catatan: Pastikan untuk memberikan umpan balik dan bimbingan kepada peserta didik selama kegiatan untuk memastikan pemahaman yang baik tentang materi.

 

BAHAN BACAAN GURU DAN SISWA

Buku siswa




 

 

GLOSARIUM

1.       Bilangan Cacah (Counting Numbers): Bilangan bulat yang digunakan untuk menghitung objek atau entitas, dimulai dari 1 hingga tak terbatas. Contoh: 1, 2, 3, 4, ...

2.       Bilangan Asli (Natural Numbers): Bilangan cacah yang dimulai dari 1 dan terus berlanjut tanpa batas. Contoh: 1, 2, 3, 4, ...

3.       Bilangan Bulat (Whole Numbers): Gabungan antara bilangan cacah dan nol. Contoh: 0, 1, 2, 3, ...

4.       Bilangan Genap (Even Numbers): Bilangan yang habis dibagi dua. Contoh: 2, 4, 6, ...

5.       Bilangan Ganjil (Odd Numbers): Bilangan yang tidak habis dibagi dua. Contoh: 1, 3, 5, ...

6.       Bilangan Prima (Prime Numbers): Bilangan yang hanya dapat dibagi oleh 1 dan dirinya sendiri. Contoh: 2, 3, 5, 7, ...

7.       Bilangan Komposit (Composite Numbers): Bilangan yang memiliki lebih dari dua faktor positif. Contoh: 4, 6, 8, ...

8.       Bilangan Romawi (Roman Numerals): Sistem penulisan angka kuno yang menggunakan kombinasi huruf Romawi, seperti I, V, X, L, C, D, dan M.

9.       Ratusan (Hundreds): Bilangan yang berakhiran dengan dua nol dan memiliki angka di depannya. Contoh: 100, 200, 300, ...

10.   Bilangan Cacah 1-1000: Kumpulan bilangan cacah dari 1 hingga 1000.

11.   Kelipatan (Multiples): Bilangan yang dapat dibagi oleh bilangan lain tanpa menyisakan sisa. Contoh: 3, 6, 9, ... adalah kelipatan dari 3.

12.   Deret Fibonacci: Deret angka di mana setiap angka adalah penjumlahan dari dua angka sebelumnya, dimulai dari 0 dan 1.

13.   Notasi Eksponensial: Representasi bilangan menggunakan pangkat, seperti 10^2 untuk 100.

14.   Bilangan Terbagi (Divisible Numbers): Bilangan yang dapat dibagi oleh bilangan lain tanpa menyisakan sisa. Contoh: 15 dapat dibagi oleh 3.

15.   Palindromic Numbers: Bilangan yang dapat dibaca sama baik dari depan maupun dari belakang. Contoh: 121, 131, 151, ...


 

 

DAFTAR PUSTAKA

Alfarisi, R., Dafik, Prihandini, R., M. Pendidikan Matematika, Jember: UNEJ Press, 2018. Choudury, M. R., Ullah, A. M. M. A., Begum, H. B., Islam, R. Elementary Mathemaics, National Curriculum and Textbook Board, 2009.

 

 Gustafson, R. D., & Frisk, P. D. Elementary geometry. Wiley, 1991.

 

Hobri, dkk. Senang Belajar Matematika, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.

 

Musser, G. L., Burger, W. F., Peterson, B. E. Mathematics for Elementary Teachers, John Wiley and Sons Inc, 2007.

 

Kristiana, A. I., Alfarisi, R., dan Puspitaningrum, D. A. Statistika Pendidikan. Jember: UNEJ Press: Jember, 2022.

 

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/

https://www.mathisfun.com

https ://mathworld.wolfram.com

https ://sumber.belajar.kemdikbud.go.id

 


Comments