RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
............................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IV (empat) A / I (Satu)
Hari/Tanggal :
...............................................
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
I.
Standar Kompetensi
1. Memahami sistem pemerintahan desa dan
pemerintah kecamatan.
II. Kompetensi Dasar 1.1.
1.1 Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan
pemerintah
kecamatan.
III. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
dapat menjelaskan lingkungan desa.
2.
Siswa
dapat menyebutkan perangkat desa.
3.
Siswa
dapat menyebutkan sumber keuangan desa.
4.
Siswa
dapat menjelaskan lingkungan kelurahan.
5.
Siswa
dapat menyebutkan perangkat kelurahan.
6.
Siswa
dapat menyebutkan sumber keuangan kelurahan.
7.
Siswa
dapat menjelaskan lingkungan kecamatan dan menyebutkan perangkatnya.
IV. Materi
Ajar
Pemerintahan Desa
Masyarakat di wilayah perdesaan memegang erat
system persaudaraan antara individu.
Dengan demikian, hamper semua
orang yang ada di desa tersebut saling mengenal satu sama lainnya. Kehidupan sehari-hari mereka masih
tradisional. Pada umumnya, masyarakat desa bermata. Pencarian sebagai petani,
nelayan, buruh tani, berladang, dan beternak.
Desa merupakan bagian
dari sebuah kecamatan. Setiap desa dipimpin oleh seorang kepala desa. Kepala
desa dipilih langsung oleh masyarakat di desa tersebut. Syarat dan tata cara
pemeliharaannya diatur oleh peraturan daerah yang berpedoman pada peraturan
pemerintah. Pegawai desa bukanlah pegawai negeri sipil. Masa jabatan kepala
desa adalah enam tahun. Ia dapat dipilih kembali hanya untuk satu kali masa
jabatan berikutnya. Sesudah itu, ia tidak boleh lagi mengikuti pemilihan calon
kepala desa.
V. Metode Pembelajaran
a.
Pendekatan kontekstual.
b.
Pendekatan Cooperative
Learning.
c.
Diskusi
d.
Penugasan.
VI. Langkah-langkah
Kegiatan
a. Kegiatan
Awal (5 menit)
·
Mengucapkan
salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·
Berdoa
sebelum membuka pelajaran
·
Memeriksa kehadiran siswa
·
Mendoakan
siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
·
Memastikan
bahwa setiap siswa datang tepat waktu
·
Menegur
siswa yang terlambat dengan sopan
·
Menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
·
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari;
·
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
·
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
·
Mengaitkan
materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai karakter dan kewirausahaan.
b. Kegiatan
Inti (45 menit)
Eksplorasi
·
Mewawancarai nara sumber (misal : kepala desa,
pegawai kecamatan dsb) tentang lembaga pemerintahan desa dan kecamatan di
lingkungannya
Elaborasi
·
Mencatat lembaga-lembaga yang ada di
pemerintahan desa dan kecamatan di lingkungannya
·
Mendiskusikan tugas dan tanggung jawab lembaga-lembaga
pemerintah desa dan kecamatan
Konfirmasi
·
Melengkapi informasi yang diperolehnya tentang
lembaga-lembaga pemerintah desa dan kecamatan di lingkungannya
·
Menyusun hasil laporan diskusi tentang tugas dan
tanggung jawab lembaga-lembaga pemerintahan desa dan kecamatan
·
Memajangkan hasil kesimpulan dari diskusi kelas
yang menarik
c. Kegiatan
Penutup (15 menit)
·
Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari
materi yang telah dipelajari.
·
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama
pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan
kompetensi dasar.
·
Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
VII.Sumber/Bahan
Belajar
a.
Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, P.Pd.)
b.
Orang tua.
c.
Teman.
d.
Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
VIII.
Penilaian
a.
Prosedur Tes : Post Tes
b.
Jenis Tes :
Tertulis
c.
Bentuk Tes :
Essay
d.
Alat Tes : Butir Soal
Soal Tes :
I. Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
1. Jelaskan fungsi umum tugas camat !
2. Jelaskan fungsi atau tugas komando rayon militer pada pemerintahan di kecamatan!
3. Jelaskan fungsi
atau tugas kepala kepolisian sector pada pemerintahan di kecamatan!
4. Coba tuliskan susunan pemerintah kecamatan yang kamu
ketahui!
5. Jelaskan fungsi sekertaris kecamatan!
II. Kunci Jawaban
1…………………………………………………………………………………………
2.……………………………………………………………………………………….
3.……………………………………………………………………………………….
4.……………………………………………………………………………………….
5.……………………………………………………………………………………….
III.
Kriteria
Penilain
a.
Setiap butir soal jika dijawab benar mendapat skor 5
b.
Skor ideal = 100
c.
Nilai Akhir = Jumlah jawaban benar x 4
Sukatani, ..............2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Mahasiswa,
.......................................................... ..........................................
Comments