RPP (Rencana Pembelajaran) kelas IV semester I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah             :  ............................................
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Kewarganegaraan                    
Kelas/Semester            :  IV (empat) A / I (Satu)
Hari/Tanggal               :  .............................................

I.          Standar Kompetensi
1.      Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.

II.      Kompetensi Dasar 1.1.
1.1 Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah
kecamatan.

III.   Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat menjelaskan lingkungan desa.
2.    Siswa dapat menyebutkan perangkat desa.
3.    Siswa dapat menyebutkan sumber keuangan desa.
4.    Siswa dapat menjelaskan lingkungan kelurahan.
5.    Siswa dapat menyebutkan perangkat kelurahan.
6.    Siswa dapat menyebutkan sumber keuangan kelurahan.
7.    Siswa dapat menjelaskan lingkungan kecamatan dan menyebutkan perangkatnya.

IV.   Materi Ajar
 Pemerintahan Desa
 Masyarakat di wilayah perdesaan memegang erat system persaudaraan antara individu.
 Dengan demikian, hamper semua orang yang ada di desa tersebut saling mengenal satu sama   lainnya. Kehidupan sehari-hari mereka masih tradisional. Pada umumnya, masyarakat desa bermata. Pencarian sebagai petani, nelayan, buruh tani, berladang, dan beternak.
 Desa merupakan bagian dari sebuah kecamatan. Setiap desa dipimpin oleh seorang kepala desa. Kepala desa dipilih langsung oleh masyarakat di desa tersebut. Syarat dan tata cara pemeliharaannya diatur oleh peraturan daerah yang berpedoman pada peraturan pemerintah. Pegawai desa bukanlah pegawai negeri sipil. Masa jabatan kepala desa adalah enam tahun. Ia dapat dipilih kembali hanya untuk satu kali masa jabatan berikutnya. Sesudah itu, ia tidak boleh lagi mengikuti pemilihan calon kepala desa.

V.   Metode Pembelajaran
a.       Pendekatan kontekstual.
b.      Pendekatan Cooperative Learning.
c.       Diskusi
d.      Penugasan.

VI.   Langkah-langkah Kegiatan
a.    Kegiatan Awal (5 menit)
·      Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·      Berdoa sebelum membuka pelajaran
·      Memeriksa kehadiran siswa
·      Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
·      Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu
·      Menegur siswa yang terlambat dengan sopan
·      Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
·      Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
·      Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
·      Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
·      Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai karakter dan kewirausahaan.
b.   Kegiatan Inti (45 menit)
Eksplorasi
·    Mewawancarai nara sumber (misal : kepala desa, pegawai kecamatan dsb) tentang lembaga pemerintahan desa dan kecamatan di lingkungannya

Elaborasi
·    Mencatat lembaga-lembaga yang ada di pemerintahan desa dan kecamatan di lingkungannya
·    Mendiskusikan tugas dan tanggung jawab lembaga-lembaga pemerintah desa dan kecamatan

Konfirmasi
·         Melengkapi informasi yang diperolehnya tentang lembaga-lembaga pemerintah desa dan kecamatan di lingkungannya
·         Menyusun hasil laporan diskusi tentang tugas dan tanggung jawab lembaga-lembaga pemerintahan desa dan kecamatan
·        Memajangkan hasil kesimpulan dari diskusi kelas yang menarik

c.    Kegiatan Penutup (15 menit)
·      Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
·      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.
·      Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

VII.Sumber/Bahan Belajar
a.    Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, P.Pd.)
b.    Orang tua.
c.    Teman.
d.   Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

VIII.       Penilaian
a.    Prosedur Tes           : Post Tes
b.    Jenis Tes                 : Tertulis
c.    Bentuk Tes             : Essay
d.   Alat Tes                  : Butir Soal
Soal Tes :
I.                   Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
1.      Mengapa pemerintah desa dapat memanfaatkan kekayaan desa sebagai danapenyelenggaraan pemerintah desa?
2.      Mengapa bantuan pihak ketiga atau sumber lain kepada kelurahan harus bersifat tidak mengikat dan sah.
3.       Mengapa bantuan pihak ketiga atau sumber lain kepada kelurahan harus bersifat tidak mengikat dan sah.
4.      Mengapa semua perangkat kecamatan bertanggung jawab kepada camat?
5.      Mengapa camat  mendapatkan gaji dari pemerintah?
  
II.             Kriteria Penilain
a.    Setiap butir soal jika dijawab benar mendapat skor 5
b.    Skor ideal = 100
c.    Nilai Akhir = Jumlah jawaban benar x 4




                                                                       Sukatani,          2016
                   Mengetahui,
               Kepala Sekolah,                                                          Guru Kelas,


....................................................                                           .......................................





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                 
Nama Sekolah           :  ..................................
Mata Pelajaran          :  IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)       
Kelas / Semester       :  IV (Empat) / 1 (satu)
Hari / Tanggal           : ...................................
Alokasi Waktu          : ...................................
 


I. Standar Kompetensi
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta
    pemeliharaannya

II. Kompetensi Dasar
1.1. Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya

III. Indikator
·  Menjelaskan struktur kerangka tubuh manusia
·  Menjelaskan fungsi kerangka tubuh
                             
IV.  Tujuan Pembelajaran
·         Mengetahui fungsi rangka manusia

V. Materi Pembelajaran
     Rangka dan Panca Indera Manusia
1.      Bagian-bagian Rangka
Rangka manusia terdiri atas tiga bagian, yaitu rangka kepala (tengkorak), rangka badan, dan rangka anggota tengkorak.
a.       Rangka Kepala
Rangka kepala (tengkorak) meliputi tulang-tulang tengkorak wajah dan tulang pelindung otak.
b.      Rangka Badan
Rangka badan meliputi tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada, tulang gelang bahu, dan tulang gelang panggul. Tulang belakang terdiri atas 7 ruas tulang leher, 12 ruas tulang punggung, 5 ruas tulang pinggang, 5 ruas tulang kelangkang, dan 4 ruas tulang ekor.
c.       Rangka Anggota Gerak
Rangka anggota gerak terdiri atas tulang-tulang anggota gerak atas (tangan) dan tulang-tulang anggota gerak bawah (tungkai).

VI.  Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. diskusi dan praktek
c. Tanya jawab
d. penugasan

VII. Langkah-langkah Kegiatan
Pra KBM ( 5 menit ) :
a. Berdo’a
b. Mengabsen
c. Mengkondisikan siswa kepada situasi belajar

1.  Kegiatan Awal
·      Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·      Berdoa sebelum membuka pelajaran
·      Memeriksa kehadiran siswa
·      Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
·      Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;


2.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Secara klasikal mengamati model rangka manusia atau gambar rangka manusia

Elaborasi
Secara kelompok mendiskusikan struktur kerangka tubuh manusia       

Konfirmasi
Mendiskripsikan fungsi kerangka tubuh

3.  Kegiatan Akhir
·      Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.
·      Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
·      Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

VIII.       Alat Dan Sumber Pembelajaran
·       Alat    :Rangka Manusia
·      Bahan  :Buku yang relevan


IX.   Penilaian
·         Prosedur Tes   : Post Tes
·         Jenis Tes          : Tertulis
·         Bentuk Tes      : Essay
·         Alat Tes           : Butir Soal

Soal Tes :
I.     Isilah pertanyaan dibawah ini dengan benar.
1.      Bagian yang dapat menggerakan rangka disebut?
2.      Sebutkan yang termasuk tulang- tulang tengkorak?
3.      Tulang apa saja yang meliputi rangka badan?
4.      Jelaskan fungsi rangka anggota gerak?
5.      Sebutkan yang termasuk rangka anggota gerak?


II.  Jawaban :
1.      Otot
2.      Tulang hidung, tulang pipi, tulang rahang, tulang dahi, tulang mata
3.      Tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada, tulang gelang bahu, dan tulang gelang panggul.
4.      Membantu tubuh untuk bergerak
5.      Tulang-tulang anggota gerak atas (tangan) dan tulang-tulang anggota gerak bawah (tungkai)

III.   Kriteria Penilaian
·         Setiap butir soal jika dijawab benar mendapat skor 5
·         Skor ideal = 100
·         Nilai akhir = jumlah jawaban benar x 4




                                                                           Sukatani, .................2016
                           Mengetahui,
  Kepala Sekolah,                                             Guru Kelas,




........................................................                              .............................
              

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                 
Nama Sekolah           : ..........................................
Mata Pelajaran          :  IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)       
Kelas / Semester       :  IV (Empat) / 1 (satu)
Hari / Tanggal           :  ..........................................
Alokasi Waktu          :  ..........................................

I. Standar Kompetensi
2. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta
pemeliharaannya

II. Kompetensi Dasar
2.1 Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh

III. Indikator
·         Mempraktekkan sikap tubuh yang baik untuk menjaga bentuk rangka, misalkan cara duduk, cara berdiri, dan cara tidur
·         Mencari informasi tentang penyakit yang berkaitan dengan rangka 
                 
IV.  Tujuan Pembelajaran
·         Siswa mengenal cara pemeliharaan kesehatan

V. Materi Pembelajaran
     Memelihara Kesehatan Rangka
Untuk dapat memelihara kesehatan rangka, harus rajin berolahraga, mempelajarai penyebab beberapa jenis penyakit tulang, serta mengetahui sikap tubuh yang benar dan salah dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, makanan yang kamu makan juga harus diperhatikan kandungan gizinya.

VI.  Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. diskusi dan praktek
c. Tanya jawab
d. penugasan

VII. Langkah-langkah Kegiatan
Pra KBM ( 5 menit ) :
a. Berdo’a
b. Mengabsen
c. Mengkondisikan siswa kepada situasi belajar


1.  Kegiatan Awal
·      Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·      Berdoa sebelum membuka pelajaran
·      Memeriksa kehadiran siswa
·      Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
·      Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;

2.   Kegiatan Inti
     Eksplorasi
·      Secara klasikal mengamati gambar sikap tubuh yang baik : cara duduk, cara berdiri, dan cara tidur.

     Elaborasi
·         Secara bergiliran mempraktekkan cara duduk, cara berdiri dan cara tidur
·         Mendiskusikan sikap tubuh dengan pertumbuhan rangka

    Konfirmasi
·      Mengumpulkan informasi tentang penyakit yang berkaitan dengan rangka

3.  Kegiatan Akhir
·      Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.
·      Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
·      Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

VIII.       Alat Dan Sumber Pembelajaran
·      Alat :Benda yang berat (misalnya seember air, setumpuk buku atau tas sekolah), meja dan kursi kelas.
·      Sumber :Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas IV dan buku lain yang relevan.

IX.   Penilaian
·         Prosedur Tes   : Post Tes
·         Jenis Tes          : Tertulis
·         Bentuk Tes      : Essay
·         Alat Tes           : Butir Soal

I.    Soal Tes :
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar.
1.      Apa gejala yang dtimbulkan pada penderita polio?
2.      Tuliskan 3 gangguan penyakit yang dapat menyerang tulang?
3.      Apa pengertian dari osteoporosis?
4.      Jelaskan penyebab yang timbul dari rematik?
5.      Jelaskan faktor yang menyebabkan penyakit rakitis?

II.  Jawaban :
1.      Penderita polio akan mengalami kelumpuhan sehingga lama-kelamaan tulangnya akan mengecil.
2.      Rakitis, osteoporosis dan rematik
3.      Osteoporosis adalah penyakit yang disebabkan tulang mudah retak atau patah.
4.      Rematik merupakan penyakit yang menyebabkan rasa nyeri pada persendian.
5.      Penyakit rakitis di sebabkan karena penderita kekurangan vitamin D dan sinar matahari pagi.
                         
III.              Kriteria Penilaian
§  Setiap butir soal jika dijawab benar mendapat skor 5
§  Skor ideal = 100
§  Nilai akhir = jumlah jawaban benar x 4

                                                                            Sukatani,..................2016
                           Mengetahui,
  Kepala Sekolah,                                             Guru Kelas,




........................................................                            ...................................
             

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                 
Nama Sekolah           :  SDN SUKAHURIP 02
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Kewarganegaraan                
Kelas/Semester          :  IV (empat)  / I (Satu)
Alokasi Waktu           :  2 x 35 menit
Hari/Tanggal             :  

Standar Kompetensi
1. Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.

Kompetensi Dasar
1.2. Menggambarkan struktur organisasi desa dan pemerintahan Kecamatan

Indikator
·     Membuat bagan struktur organisasi pemerintah desa
·     Membuat bagan struktur organisasi pemerintah kecamatan

Tujuan Pembelajaran
·      Siswa dapat menjelaskan lingkungan desa.
·      Siswa dapat menyebutkan perangkat desa.
·      Siswa dapat menyebutkan sumber keuangan desa.
·      Siswa dapat menjelaskan lingkungan kelurahan.
·      Siswa dapat menyebutkan perangkat kelurahan.
·      Siswa dapat menyebutkan sumber keuangan kelurahan.
·      Siswa dapat menjelaskan lingkungan kecamatan dan menyebutkan perangkatnya.

Materi Pembelajaran
· Struktur organisasi pemerintahan desa
· Struktur organisasi pemerintahan kecamatan

Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. Tanya Jawab
c. Diskusi
d. Penugasan.

Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
·      Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·      Berdoa sebelum membuka pelajaran
·      Memeriksa kehadiran siswa
·      Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
·      Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
·      Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan

Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Mewawancarai nara sumber (misal : kepala desa, pegawai kecamatan dsb) tentang lembaga pemerintahan desa dan kecamatan di lingkungannya

Elaborasi
-  Merancang struktur organisasi pemerintahan desa
-  Menyusun bagan struktur pemerintahan desa

Konfirmasi
-  Mempersentasikan struktur organisasi desa di depan kelas

Elaborasi
-  Merancang struktur organisasi pemerintahan kecamatan
-  Menyusun bagan struktur pemerintahan kecamatan

Konfirmasi
-  Memprensentasikan struktur organisasi pemerintahan kecamatan di depan kelas
-  Memajangkan struktur organisasi pemerintahan desa dan kecamatan di depan kelas

Kegiatan Penutup
·      Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
·      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.
·      Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Sumber/Bahan Belajar
·      Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, P.Pd.)
·      Orang tua.
·      Teman.
·      Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.


III.              Kriteria Penilaian
§  Setiap butir soal jika dijawab benar mendapat skor 5
§  Skor ideal = 100
§  Nilai akhir = jumlah jawaban benar x 4

                                                                            Sukatani,..................2016
                           Mengetahui,
  Kepala Sekolah,                                             Guru Kelas,




........................................................                            ...................................
             


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                 
Nama Sekolah           :  SDN SUKAHURIP 02
Mata Pelajaran          :  BAHASA INDONESIA   
Kelas / Semester        :  IV (Empat) / 1 (satu)
Hari / Tanggal           :  Rabu, 01 Agustus 2016
Alokasi Waktu           :  2 x 35 menit

I. Standar Kompetensi
     1. Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah / lambang korps

II. Kompetensi Dasar        
1.1. Membuat gambar/ denah berdasarkan penjelasan yang didengar

   
III.  Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengarkan.

IV. Materi Pembelajaran
     Membuat Denah
     Denah merupakan petunjuk. Jika denah dijelaskan secra lisan, diperlukan keterampilan mendengarkanb yang baik. Hal ini sama ketika kita mendengarkan petunjuk dari sumber lain, seperti brosur.
Keterangan :

   PM               : pintu masuk

   LB                : lemari buku

   A – Q           : bangku siswa

   MG              : meja guru

   PT                : papan tulis


 
Denah Kelas IV


 
    

A
 
F
 
J
 
N
 
B
 
G
 
K
 
O
 
C
 
H
 
L
 
P
 
S
 
E
 
I
 
M
 
Q
 
MG
 
LB
 
PT
 
 

V.  Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. diskusi dan praktek
c. Tanya jawab
d. penugasan


VI. Langkah-langkah Kegiatan
Pra KBM ( 5 menit ) :
a. Berdo’a
b. Mengabsen
c. Mengkondisikan siswa kepada situasi belajar

1.  Kegiatan Awal (5 menit)
·      Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·      Berdoa sebelum membuka pelajaran
·      Memeriksa kehadiran siswa
·      Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
·      Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;

2.   Kegiatan Inti (45 menit)
Eksplorasi
- Mendengarkan penjelasan tentang denah dengan cermat

Elaborasi
- Mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru

Konfirmasi
- Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar

3.  Kegiatan Akhir (15 menit)
·         Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.
·         Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
·         Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

VII.Alat Dan Sumber Pembelajaran
a.       Alat : Denah/Atlas
b.       Bahan : Buku Paket BAHASA INDONESIA Kelas IV

VIII.       Penilaian
a.       Prosedur Tes        : Post Tes
b.      Jenis Tes               : Tertulis
c.       Bentuk Tes           : Essay
d.      Alat Tes                : Butir Soal

     Soal Tes :
1.      Dengarlah penjelasan denah yang dibuat Guru tersebut. Bacakanlah oleh teman sebangkumu. Kemudian, jawablah pertanyaan berikut. Saat menjawab pertanyaan, tutuplah buku pelajaranmu.
a.       Ke arah manakah kelas IV itu menghadap?
b.      Berapakah jumlah bangku siswa di dalam kelas tersebut?
c.       Meja guru langsung berhadapan dengan….
d.      Di mana letak lemari buku….


Kriteria Penilaian
·        Setiap butir soal jika dijawab benar mendapat skor 5
·        Skor ideal = 100
  • ·        Nilai akhir = jumlah jawaban benar x 4


                                                                                                  Sukatani,..................2016
                           Mengetahui,
  Kepala Sekolah,                                             Guru Kelas,




........................................................                            ...................................
             


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                 
Nama Sekolah           : .............................................
Mata Pelajaran          :  IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)       
Kelas / Semester        :  IV (Empat) / 1 (satu)
Hari / Tanggal           :  ...........................................
Alokasi Waktu           : ...........................................

I. Standar Kompetensi
2. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta
pemeliharaannya

II. Kompetensi Dasar
2.1 Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh

III.  Tujuan Pembelajaran
a.      Siswa mengenal cara pemeliharaan kesehatan

IV. Materi Pembelajaran
     Memelihara Kesehatan Rangka
Untuk dapat memelihara kesehatan rangka, harus rajin berolahraga, mempelajarai penyebab beberapa jenis penyakit tulang, serta mengetahui sikap tubuh yang benar dan salah dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, makanan yang kamu makan juga harus diperhatikan kandungan gizinya.

V.  Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. diskusi dan praktek
c. Tanya jawab
d. penugasan

VI. Langkah-langkah Kegiatan
Pra KBM ( 5 menit ) :
a. Berdo’a
b. Mengabsen
c. Mengkondisikan siswa kepada situasi belajar

1.  Kegiatan Awal (5 menit)
·      Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·      Berdoa sebelum membuka pelajaran
·      Memeriksa kehadiran siswa
·      Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
·      Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;


2.   Kegiatan Inti (45 menit)
     Eksplorasi
·      Secara klasikal mengamati gambar sikap tubuh yang baik : cara duduk, cara berdiri, dan cara tidur.

     Elaborasi
·         Secara bergiliran mempraktekkan cara duduk, cara berdiri dan cara tidur
·         Mendiskusikan sikap tubuh dengan pertumbuhan rangka

    Konfirmasi
·      Mengumpulkan informasi tentang penyakit yang berkaitan dengan rangka

3.  Kegiatan Akhir (15 menit)
a.    Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.
b.    Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
c.     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

VII.Alat Dan Sumber Pembelajaran
a.       Alat :Benda yang berat (misalnya seember air, setumpuk buku atau tas sekolah), meja dan kursi kelas.
b.      Sumber :Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas IV dan buku lain yang relevan.

VIII.       Penilaian
a.       Prosedur Tes   : Post Tes
b.      Jenis Tes          : lisan
c.       Bentuk Tes      : penguasaan / Demonstrasi
d.      Alat Tes           : Butir Soal





I.    Soal Tes :
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar.

1.      Apa gejala yang dtimbulkan pada penderita polio?
2.      Tuliskan 3 gangguan penyakit yang dapat menyerang tulang?
3.      Apa pengertian dari osteoporosis?
4.      Jelaskan penyebab yang timbul dari rematik?
5.      Jelaskan faktor yang menyebabkan penyakit rakitis?

II.  Jawaban :
1.      Penderita polio akan mengalami kelumpuhan sehingga lama-kelamaan tulangnya akan mengecil.
2.      Rakitis, osteoporosis dan rematik
3.      Osteoporosis adalah penyakit yang disebabkan tulang mudah retak atau patah.
4.      Rematik merupakan penyakit yang menyebabkan rasa nyeri pada persendian.
5.      Penyakit rakitis di sebabkan karena penderita kekurangan vitamin D dan sinar matahari pagi.
                         
III.              Kriteria Penilaian
·         Setiap butir soal jika dijawab benar mendapat skor 5
·         Skor ideal = 100
·         Nilai akhir = jumlah jawaban benar x 4





                                                                              Sukatani, .................  2016

                           Mengetahui,
  Kepala Sekolah,                                             Guru Kelas,




........................................................                            ...................................
             

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                 
Nama Sekolah           :  .................................
Mata Pelajaran          :  IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)       
Kelas / Semester        :  IV (Empat) / 1 (satu)
Hari / Tanggal           :  ..................................
Alokasi Waktu           : ..................................

I. Standar Kompetensi
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta
pemeliharaannya

II. Kompetensi Dasar
1.1. Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
                             
III.  Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat menyebutkan 5 fungsi kerangka tubuh manusia

IV. Materi Pembelajaran
     Rangka dan Panca Indera Manusia
1.      Bagian-bagian Rangka
Rangka manusia terdiri atas tiga bagian, yaitu rangka kepala (tengkorak), rangka badan, dan rangka anggota tengkorak.
a.       Rangka Kepala
Rangka kepala (tengkorak) meliputi tulang-tulang tengkorak wajah dan tulang pelindung otak.
b.      Rangka Badan
Rangka badan meliputi tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada, tulang gelang bahu, dan tulang gelang panggul. Tulang belakang terdiri atas 7 ruas tulang leher, 12 ruas tulang punggung, 5 ruas tulang pinggang, 5 ruas tulang kelangkang, dan 4 ruas tulang ekor.
c.       Rangka Anggota Gerak
Rangka anggota gerak terdiri atas tulang-tulang anggota gerak atas (tangan) dan tulang-tulang anggota gerak bawah (tungkai).

V.  Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. diskusi dan praktek
c. Tanya jawab
d. penugasan

VI. Langkah-langkah Kegiatan
Pra KBM ( 5 menit ) :
a. Berdo’a
b. Mengabsen
c. Mengkondisikan siswa kepada situasi belajar



1.  Kegiatan Awal (5 menit)
·      Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·      Berdoa sebelum membuka pelajaran
·      Memeriksa kehadiran siswa
·      Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
·      Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;

2.   Kegiatan Inti (45 menit)
Eksplorasi
Secara klasikal mengamati model rangka manusia atau gambar rangka manusia

Elaborasi
Secara kelompok mendiskusikan struktur kerangka tubuh manusia       

Konfirmasi
Mendiskripsikan fungsi kerangka tubuh

3.  Kegiatan Akhir (15 menit)
·      Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.
·      Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
·      Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

VII.Alat Dan Sumber Pembelajaran
·       Alat :Rangka Manusia
·      Bahan :Buku yang relevan

VIII.       Penilaian
·         Prosedur Tes   : Post Tes
·         Jenis Tes          : Tertulis
·         Bentuk Tes      : Essay
·         Alat Tes           : Butir Soal

     Soal Tes :
I.         Isilah pertanyaan dibawah ini dengan benar.
1.    Sebutkan bagian yang dapat menggerakan rangka?
2.    Sebutkan 5 yang termasuk tulang- tulang tengkorak?
3.    Sebutkan tulang apa saja yang meliputi rangka badan?
4.    Jelaskan fungsi rangka anggota gerak!
5.    Sebutkan yang termasuk 2 rangka anggota gerak?

II.      Jawaban :
1.      Otot
2.      Tulang hidung, tulang pipi, tulang rahang, tulang dahi, tulang mata
3.      Tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada, tulang gelang bahu, dan tulang gelang panggul.
4.      Membantu tubuh untuk bergerak
5.      Tulang-tulang anggota gerak atas (tangan) dan tulang-tulang anggota gerak bawah (tungkai)
III.   Kriteria Penilaian
·        Setiap butir soal jika dijawab benar mendapat skor 5
·        Skor ideal = 100
·        Nilai akhir = jumlah jawaban benar x 4




                                                                            Sukatani, .................  2016

                           Mengetahui,
  Kepala Sekolah,                                             Guru Kelas,




........................................................                            ...................................
             

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                 
Nama Sekolah           :  ...........................................
Mata Pelajaran          :  IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)       
Kelas / Semester        :  IV (Empat) / 1 (satu)
Hari / Tanggal           :  ............................................
Alokasi Waktu           : ............................................ 
I. Standar Kompetensi
2. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta
pemeliharaannya

II. Kompetensi Dasar
2.1 Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh

III.  Tujuan Pembelajaran
·         Siswa mengenal cara pemeliharaan kesehatan

IV. Materi Pembelajaran
     Memelihara Kesehatan Rangka
Untuk dapat memelihara kesehatan rangka, harus rajin berolahraga, mempelajarai penyebab beberapa jenis penyakit tulang, serta mengetahui sikap tubuh yang benar dan salah dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, makanan yang kamu makan juga harus diperhatikan kandungan gizinya.

V.  Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. diskusi dan praktek
c. Tanya jawab
d. penugasan

VI. Langkah-langkah Kegiatan
Pra KBM ( 5 menit ) :
a. Berdo’a
b. Mengabsen
c. Mengkondisikan siswa kepada situasi belajar


1.  Kegiatan Awal (5 menit)
·      Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·      Berdoa sebelum membuka pelajaran
·      Memeriksa kehadiran siswa
·      Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
·      Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.


2.   Kegiatan Inti (45 menit)
     Eksplorasi
·      Secara klasikal mengamati gambar sikap tubuh yang baik : cara duduk, cara berdiri, dan cara tidur.

     Elaborasi
·         Secara bergiliran mempraktekkan cara duduk, cara berdiri dan cara tidur
·         Mendiskusikan sikap tubuh dengan pertumbuhan rangka

    Konfirmasi
·      Mengumpulkan informasi tentang penyakit yang berkaitan dengan rangka

3.  Kegiatan Akhir (15 menit)
·      Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.
·      Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
·      Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

VII.Alat Dan Sumber Pembelajaran
·      Alat :Benda yang berat (misalnya seember air, setumpuk buku atau tas sekolah), meja dan kursi kelas.
·      Sumber :Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas IV dan buku lain yang relevan.

VIII.       Penilaian
a.       Prosedur Tes        : Post Tes
b.      Jenis Tes   : lisan
c.       Bentuk Tes           : Penguasaan/Demonstrasi
d.      Alat Tes    : Butir Soal

I.    Soal Tes :
Rounded Rectangle: a. Engsel
b. Iris
c. Pangkal lidah
d. Ujung lidah
e. Virus
f. 30 cm
                Jodohkanlah soal-soal dengan jawaban yang tersedia
a.       Rasa manis                                                       (……)
b.      Jarak baca normal                                             (……)
c.       Penyebab penyakit polio                                  (……)
d.      Penentu warna mata pada manusia                  (……)
e.       Sendi yang bergerak hanya ke satu arah          (……)


II.  Jawaban
1.      d. Ujung lidah
2.      f. 30 cm
3.      e. Virus
4.      b. Iris
5.      a. Engsel

                         
III.              Kriteria Penilaian
a.       Setiap butir soal jika dijawab benar mendapat skor 5
b.      Skor ideal = 100
c.       Nilai akhir = jumlah jawaban benar x 4



                                                                            Sukatani, .................  2016

                           Mengetahui,
  Kepala Sekolah,                                             Guru Kelas,




........................................................                            ...................................
             

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                 
Nama Sekolah             :  ...................................
Mata Pelajaran            :  Matematika             
Kelas/Semester            :  IV (empat)  / I (Satu)
Hari/Tanggal               :  ....................................
Alokasi Waktu            : ....................................


I. Standar Kompetensi
     2. Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

II. Kompetensi Dasar
     2.1. Mengurutkan bilangan   
   
III. Tujuan Pembelajaran
a.      Siswa dapat Mengurutkan dan menyusun 10 bilangan dari kecil atau sebaliknya

IV. Materi Pembelajaran
     Operasi hitung
Sifat- sifat operasi bilangan membantu utnuk mempermudah perhitungan pada operasi hitung bilangan bulat.
Contoh :
a.       216 + 300 = 300 + 216                         (sifat komutatif)
                 = 516
b.      (4 x 5) x 20 = 4 x (5 x 20)                    (sifat asosiatif)
                   = 4 x 100
                   = 400
V.  Metode Pembelajaran
a.    Ceramah
b.    diskusi dan penugasan
c.    Tanya Jawab

VI. Langkah-langkah Pembelajaran
  1. Kegiatan Awal (5 Menit)
·  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·  Berdoa sebelum membuka pelajaran
·  Memeriksa kehadiran siswa
·  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
·  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai

  1. Kegiatan Inti ( 45 Menit)
  Eksplorasi
·         Mengurutkan dan menyusun 10 bilangan dari kecil atau sebaliknya
·         Mengurutkan dan menyusun 10 bilangan dari terbesar atau sebaliknya


           
            Elaborasi
·         Diskusi dan latihan dalam Mengurutkan dan menyusun 10 bilangan dari kecil atau sebaliknya           
·         Diskusi dan latihan dalam Mengurutkan dan menyusun 10 bilangan dari terbesar atau sebaliknya

             Konfirmasi
·         Mengurutkan sekelompok bilangan yang nilainya tidak berurutan dan yang terkecil dan sebaliknya


  1. Kegiatan Penutup (15 Menit)
·      Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.
·      Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
·      Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.


VII.          Alat Dan Sumber Bahan
a.    Alat             : kartu-kartu operasi hitung
b.    Sumber       : Buku Paket Matematika Kelas IV


VIII.            Penilaian
a.       Prosedur Tes : Post tes
b.      Jenis Tes        : Tertulis
c.       Bentuk Tes    : Esay
d.      Alat Tes         : Butir Soal


1.      Soal Tes :
Kerjakan soal berikut menggynakan gabungan sifat komutatif dan asosiatif
1.   59 + 38 + 51 =….
2.   30 + 90 + 70 =….
3.   160 + 25 + 40 =….
4.   250 + 500 + 750 =….
5.   336 + 789 + 664 =….

2.      Kunci Jawaban :
1.      148
2.      190
3.      225
4.      1500
5.      1125

3.      Kriteria Penilaian
·         Setiap butir soal jika dijawab benar mendapat skor 5
·         Skor ideal = 100
·         Nilai akhir = jumlah jawaban benar x 4






                                                                                              Sukatani, .................  2016

                           Mengetahui,
  Kepala Sekolah,                                             Guru Kelas,




........................................................                            ..................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)                   
                 
Nama Sekolah             :  ...................................
Mata Pelajaran            :  Matematika             
Kelas/Semester            :  IV (empat)  / I (Satu)
Hari/Tanggal               :  ....................................
Alokasi Waktu            : ...................................


I. Standar Kompetensi
     1. Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

II. Kompetensi Dasar
     1.1. Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung

III. Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat menyelesaikan operasi hitung bilangan cacah
b.      Siswa dapat menggunakan sifat operasi pertukaran (komutatif)
c.       Siswa dapat menentukan operasi hitung bilangan cacah dan sifat operasi pertukaran

IV. Materi Pembelajaran
     Sifat-sifat operasi hitung
1.      Sifat Pertukaran (Komutatif)
Sifat pertukaran/komutatif adalah operasai hitung penjumlahan melalui pertukaran
Rounded Rectangle: 3 + 2 = 2 + 3
3 x 2 = 2 x 3
 


                           

2.      Sifat Pengelompokan (Asosiatif)
Sifat pengelompokan/asosiatif adalah operasi hitung penjumlahan melalui pengelompokan
Rounded Rectangle: (3 + 2) + 4 = 3 +(2 + 4)
(3 x 2) x 4 = 3 x (2 x 4)
 




3.      Sifat Penyebaran (Distributif)
Sifat penyebaran/ distributif adalah operasi hitung penjumlahan melalui pengelompokan atau penyebaran
Rounded Rectangle: 3 x (2 + 4) = (3 x 2) + (3 x 4)
3 x (2 - 4) = (3 x 2) – (3 x 4)
 





V.  Metode Pembelajaran
a.    Ceramah
b.    diskusi dan
c.    penugasan
d.   Tanya Jawab

VI.Langkah-langkah Pembelajaran
  1. Kegiatan Awal (5 Menit)
·  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·  Berdoa sebelum membuka pelajaran
·  Memeriksa kehadiran siswa
·  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
·  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan

  1. Kegiatan Inti ( 45 Menit)
  Eksplorasi
·      Melakukan pengamatan berbagai operasi hitung pada bilangan cacah

            Elaborasi
·      Diskusi dan latihan untuk mengetahui sifat-sifat operasi hitung komunikatif, asosiatif dan
·      distributif terhadap penjumlahan atau pengurangan

             Konfirmasi
·      menemukan sifat-sifat operasi hitung komunikatif, asosiatif dan distributif terhadap
penjumlahan atau pengurangan
·      penguatan

  1. Kegiatan Penutup (15 Menit)
·      Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu   untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.
·      Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
·      Siswa diberikan soal evaluasi akhir dan PR.
·      Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.


VII.Alat Dan Sumber Bahan
a.    Alat             : kartu-kartu operasi hitung atau karton
b.    Sumber       : Burhan Mustaqim, Ary Astuti. 2008. Ayo Belajar Matematika Untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta : Pusat Perbukuan, Depertemen Pendidikan Nasional


VIII.       Penilaian
a.    Prosedur Tes : Post tes
b.    Jenis Tes        : Tertulis
c.    Bentuk Tes    : Esay
d.   Alat Tes         : Butir Soal

1.      Soal Tes :
Lengkapilah titik-titik dibawah ini dengan benar!
1.      13 + 27 =….+13
2.      (2 +3 ) +5 = ….+ (3 + 5)
3.      (4 + 6 ) + 10 = 4 + (…. + 10)
4.      10 x (3 + 7) = (10 x ….) + (10 x ….)
5.      25 x (10 +….) = (25 x….) + (10 x….)

2.      Kunci Jawaban :
1.       13 + 27 = 27 + 13
2.      (2 +3 ) +5 = 2 + (3 + 5)
3.      (4 + 6 ) + 10 = 4 + (6 + 10)
4.      10 x (3 + 7) = (10 x 3) + (10 x 7)
5.      25 x (10 + 5) = (25 x 10) + (25 x 5)

3.      Kriteria Penilaian
·         Setiap butir soal jika dijawab benar mendapat skor 5
·         Skor ideal = 100
·         Nilai akhir = jumlah jawaban benar x 4




                                                                                               Sukatani, .................  2016

                           Mengetahui,
  Kepala Sekolah,                                             Guru Kelas,




........................................................                            ...................................
             




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                 
Nama Sekolah             :  ...................................
Mata Pelajaran            :  Matematika             
Kelas/Semester            :  IV (empat)  / I (Satu)
Hari/Tanggal               :  ....................................
Alokasi Waktu            : ...................................
  
I. Standar Kompetensi
     3. Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

                                                   
II. Kompetensi Dasar
     3.1. Melakukan operasi perkalian dan pembagian                

III. Tujuan Pembelajaran
a.      Siswa dapat Mengurutkan dan menyusun 10 bilangan dari kecil atau sebaliknya

IV. Materi Pembelajaran
     Operasi hitung
Sifat- sifat operasi bilangan membantu utnuk mempermudah perhitungan pada operasi hitung bilangan bulat.
Contoh :
a.       216 + 300 = 300 + 216                         (sifat komutatif)
                 = 516
b.      (4 x 5) x 20 = 4 x (5 x 20)                    (sifat asosiatif)
                   = 4 x 100
                   = 400
V.  Metode Pembelajaran
a.    Ceramah
b.    diskusi dan praktek
c.    Tanya Jawab

VI. Langkah-langkah Pembelajaran
  1. Kegiatan Awal (5 Menit)
·  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·  Berdoa sebelum membuka pelajaran
·  Memeriksa kehadiran siswa
·  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
·  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai

  1. Kegiatan Inti ( 45 Menit)
  Eksplorasi
·         Mengurutkan dan menyusun 10 bilangan dari kecil atau sebaliknya      
           
            Elaborasi
·         Diskusi dan latihan dalam Mengurutkan dan menyusun 10 bilangan dari kecil atau sebaliknya           
             

             Konfirmasi
·         Mengurutkan sekelompok bilangan yang nilainya tidak berurutan dan yang terkecil dan sebaliknya


  1. Kegiatan Penutup (10 Menit)
·      Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.
·      Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
·      Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.



VII.    Alat Dan Sumber Bahan
a.    Alat             : kartu-kartu operasi hitung
b.    Sumber       : Buku Paket Matematika Kelas IV


VIII.       Penilaian
a.       Prosedur Tes : Post tes
b.      Jenis Tes        : Tertulis
c.       Bentuk Tes    : Esay
d.      Alat Tes         : Butir Soal

1.      Soal Tes :
Kerjakan soal berikut menggynakan gabungan sifat komutatif dan asosiatif
1.   59 + 38 + 51 =….
2.   30 + 90 + 70 =….
3.   160 + 25 + 40 =….
4.   250 + 500 + 750 =….
5.   336 + 789 + 664 =….

2.      Kunci Jawaban :
1.      148
2.      190
3.      225
4.      1500
5.      1125


3.      Kriteria Penilaian
·         Setiap butir soal jika dijawab benar mendapat skor 5
·         Skor ideal = 100
·         Nilai akhir = jumlah jawaban benar x 4






                                                                             Sukatani, .................  2016

                           Mengetahui,
  Kepala Sekolah,                                             Guru Kelas,




........................................................                            ...................................











Comments