RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah: SDN Sukahurip 02
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semester : IV/II
Hari/Tgl : Kamis, 26 Mei 2016
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit
I. Standar Kompetensi
7. Menggunakan lambang bilangan Romawi
II. Kompetensi Dasar
7.1. Mengenal lambang bilangan Romawi
III. indikator
a. Menuliskan lambang bilangan romawi
b. Menyebutkan lambang bilangan romawi
IV. Tujuan Pembelajaran
a. siswa dapat menyebutkan lambang bilangan Romawi dan cara menuliskannya
V. Materi Pembelajaran
Membaca Bilangan Romawi
1. Aturan penjumlahan Bilangan Romawi
Untuk membaca bilangan romawi, dapat kita uraikan dalam bentuk penjumlahan seperti pada contoh berikut ini:
Contoh:
II = I + I
= 1 + 1
= 2
2. Aturan Pengurangan Bilangan Romawi
Bagaimana jika lambing yang menyatakan angka lebih kecil terletak di sebelah kiri? Untuk membaca bilangan Romawi, dapat kita uraikan dalam bentuk pengurangan seperti contoh berikut ini.
Contoh:
IV = V – I
= 10 – 1
= 9
3. Aturan Gabungan
Dari kedua aturan diatas (penjumlahan dan pengurangan) dapat digabung sehingga bias jelas dalam membaca lambing bilangan Romawi. Mari perhatikan contoh berikut ini.
Contoh:
XIV = X + (V – I)
= 10 + (5 – 1)
= 10 + 4
= 14
Jadi, XIV dibaca 14
VI. Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. Tanya Jawab
c. Diskusi
VII. Kegitan Pembelajaran
A. Pra KBM (5 Menites)
• berdo'a
• Absen
• Mengkondisikan sisiwa kepada situasi belajar
B. Kegiatan Awal (5 menit)
• Apersepsi
• Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan dipelajari
• Guru menyampaikan isi pokok materi pembelajaran
C. Kegiatan Inti (15 menit)
Eksplorasi:
• Siswa menyimak penjelasan guru tentang pengertian bilangan romawi
• Guru meminta salah seorang siswa menuliskan bilangan romawi \
• Setiap siswa mengamati dengan cermat apa y6ang ditulis salah seorang siswa
Elaborasi:
• Semua siswa mengerjakan latihan yang diberikan oleh guru
• Selanjutnya, siswa diminta menuliskan angka bilangan romawi dengan benar
• Siswa lain diberi kesempatan member komentar
Konfirmasi:
• Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
• Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalah pahaman
D. Kegiatan Akhir (10 menit)
• Siswa diberi tugas mencatat isian materi tersebut kemudian menuliskan didepan kelas
VIII. Alat dan Sumber Pembelajaran
a. Alat : Kertas Karton yang telah ditulis dengan angka romawi
b. Sumber : Buku Matematika Kelas IV Hal 194
IX. Penilaian
• Prosedur Tes : Post tes
• Jenis Tes : Tertulis
• Bentuk Tes : Esay/Isian
• Alat Tes : Butir Soal
1.
Soal Tes :
A. Mari menyatakan benar atau Salah
1. XIV = 15
2. XXIX = 24
3. lxiv = 64
4. LXVII = 67
5. XCVIII = 98
B. Kunci Jawaban:
1. Salah
2. Salah
3. Benar
4. Benar
5. Benar \
2. Penilaian :
o Setiap butir soal jika dijawab benar mendapat skor 10
o Skor yang ideal = 100
o Nilai Akhir = jumlah jawaban benar X 10
Mengetahui,
Sukahurip, 10 Mei 2016
Kepala Sekolah, Guru Kelas,
H. NAHRAWI ADIWIKARTA,S.Pd IZZA HALIYAH N, S.Pd
NIP. . 196504061988031005
Comments