RPP IPA Kelas IV Semester Ganjil

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


                 
Nama Sekolah           :  SDN SUKAHURIP 02
Mata Pelajaran          :  IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)       
Kelas / Semester        :  IV (Empat) / 1 (satu)
Hari / Tanggal           :  Rabu, 03 Agustus 2016
Alokasi Waktu           :  2 x 35 menit

I. Standar Kompetensi
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta
pemeliharaannya

II. Kompetensi Dasar
1.1. Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
                             
III.  Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat menyebutkan 5 fungsi kerangka tubuh manusia

IV. Materi Pembelajaran
     Rangka dan Panca Indera Manusia
1.      Bagian-bagian Rangka
Rangka manusia terdiri atas tiga bagian, yaitu rangka kepala (tengkorak), rangka badan, dan rangka anggota tengkorak.
a.       Rangka Kepala
Rangka kepala (tengkorak) meliputi tulang-tulang tengkorak wajah dan tulang pelindung otak.
b.      Rangka Badan
Rangka badan meliputi tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada, tulang gelang bahu, dan tulang gelang panggul. Tulang belakang terdiri atas 7 ruas tulang leher, 12 ruas tulang punggung, 5 ruas tulang pinggang, 5 ruas tulang kelangkang, dan 4 ruas tulang ekor.
c.       Rangka Anggota Gerak
Rangka anggota gerak terdiri atas tulang-tulang anggota gerak atas (tangan) dan tulang-tulang anggota gerak bawah (tungkai).

V.  Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. diskusi dan praktek
c. Tanya jawab
d. penugasan

VI. Langkah-langkah Kegiatan
Pra KBM ( 5 menit ) :
a. Berdo’a
b. Mengabsen
c. Mengkondisikan siswa kepada situasi belajar



1.  Kegiatan Awal (5 menit)
·      Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·      Berdoa sebelum membuka pelajaran
·      Memeriksa kehadiran siswa
·      Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
·      Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;

2.   Kegiatan Inti (45 menit)
Eksplorasi
Secara klasikal mengamati model rangka manusia atau gambar rangka manusia

Elaborasi
Secara kelompok mendiskusikan struktur kerangka tubuh manusia       

Konfirmasi
Mendiskripsikan fungsi kerangka tubuh

3.  Kegiatan Akhir (15 menit)
·      Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.
·      Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
·      Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

VII.Alat Dan Sumber Pembelajaran
·       Alat :Rangka Manusia
·      Bahan :Buku yang relevan

VIII.       Penilaian
·         Prosedur Tes   : Post Tes
·         Jenis Tes          : Tertulis
·         Bentuk Tes      : Essay
·         Alat Tes           : Butir Soal

     Soal Tes :
I.         Isilah pertanyaan dibawah ini dengan benar.
1.    Sebutkan bagian yang dapat menggerakan rangka?
2.    Sebutkan 5 yang termasuk tulang- tulang tengkorak?
3.    Sebutkan tulang apa saja yang meliputi rangka badan?
4.    Jelaskan fungsi rangka anggota gerak!
5.    Sebutkan yang termasuk 2 rangka anggota gerak?

II.      Jawaban :
1.      Otot
2.      Tulang hidung, tulang pipi, tulang rahang, tulang dahi, tulang mata
3.      Tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada, tulang gelang bahu, dan tulang gelang panggul.
4.      Membantu tubuh untuk bergerak
5.      Tulang-tulang anggota gerak atas (tangan) dan tulang-tulang anggota gerak bawah (tungkai)
III.   Kriteria Penilaian
·        Setiap butir soal jika dijawab benar mendapat skor 5
·        Skor ideal = 100
·        Nilai akhir = jumlah jawaban benar x 4






                                                                                      Sukatani,03 Agustus 2016
                           Mengetahui,
  Kepala Sekolah,                                             Guru Kelas,




H. NAHRAWI ADIWIKARTA, S.Pd                    IDRIS SALAM, S. Pd
             NIP. 196504061988031005                                      




Comments