RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKAHURIP 02
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1 (satu)
Hari / Tanggal :
Rabu, 05 Agustus 2016
Alokasi Waktu :
2
x 35 menit
I. Standar Kompetensi
2. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya,
serta
pemeliharaannya
II. Kompetensi Dasar
2.1 Menerapkan
cara memelihara kesehatan kerangka tubuh
III. Tujuan
Pembelajaran
a.
Siswa mengenal cara pemeliharaan kesehatan
IV. Materi Pembelajaran
Memelihara Kesehatan Rangka
Untuk
dapat memelihara kesehatan rangka, harus rajin berolahraga, mempelajarai
penyebab beberapa jenis penyakit tulang, serta mengetahui sikap tubuh yang
benar dan salah dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, makanan yang kamu
makan juga harus diperhatikan kandungan gizinya.
V. Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. diskusi
dan praktek
c. Tanya jawab
d. penugasan
VI. Langkah-langkah Kegiatan
Pra KBM ( 5 menit ) :
a. Berdo’a
b. Mengabsen
c. Mengkondisikan siswa kepada
situasi belajar
1. Kegiatan
Awal (5 menit)
·
Mengucapkan
salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·
Berdoa
sebelum membuka pelajaran
·
Memeriksa kehadiran siswa
·
Mendoakan
siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
·
Menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
2. Kegiatan Inti (45 menit)
Eksplorasi
· Secara klasikal mengamati gambar sikap tubuh
yang baik : cara duduk, cara berdiri, dan cara tidur.
Elaborasi
·
Secara bergiliran
mempraktekkan cara duduk, cara berdiri dan cara tidur
·
Mendiskusikan
sikap tubuh dengan pertumbuhan rangka
Konfirmasi
· Mengumpulkan informasi tentang penyakit yang
berkaitan dengan rangka
3. Kegiatan Akhir (15 menit)
a. Siswa dan guru bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui
pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.
b. Siswa dan guru membuat
kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
c. Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan
kepercayaan masing-masing.
VII.Alat Dan Sumber Pembelajaran
a.
Alat :Benda yang berat (misalnya seember air, setumpuk buku atau tas
sekolah), meja dan kursi kelas.
b.
Sumber :Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas IV dan buku lain yang relevan.
VIII. Penilaian
a.
Prosedur Tes : Post Tes
b.
Jenis Tes : lisan
c.
Bentuk Tes : penguasaan /
Demonstrasi
d.
Alat Tes : Butir Soal
I. Soal Tes :
Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan benar.
1.
Apa gejala yang dtimbulkan pada penderita polio?
2.
Tuliskan 3 gangguan penyakit yang dapat menyerang tulang?
3.
Apa pengertian dari osteoporosis?
4.
Jelaskan penyebab yang timbul dari rematik?
5.
Jelaskan faktor yang menyebabkan penyakit rakitis?
II. Jawaban :
1.
Penderita polio akan mengalami kelumpuhan sehingga lama-kelamaan
tulangnya akan mengecil.
2.
Rakitis, osteoporosis dan rematik
3.
Osteoporosis adalah penyakit yang disebabkan tulang mudah retak atau
patah.
4.
Rematik merupakan penyakit yang menyebabkan rasa nyeri pada persendian.
5.
Penyakit rakitis di sebabkan karena penderita kekurangan vitamin D dan
sinar matahari pagi.
III.
Kriteria Penilaian
·
Setiap
butir soal jika dijawab benar mendapat skor 5
·
Skor ideal
= 100
·
Nilai
akhir = jumlah jawaban benar x 4
Sukatani, 05 Agustus 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Kelas,
H. NAHRAWI ADIWIKARTA, S.Pd IDRIS SALAM, S.Pd
NIP. 196504061988031005
Comments