RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKAHURIP 02
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV (empat)
/ I (Satu)
Hari/Tanggal : Selasa / 05 Agustus 2016
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
I. Standar Kompetensi
3. Memahami dan menggunakan sifat-sifat
operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
II. Kompetensi Dasar
3.1. Melakukan operasi perkalian dan
pembagian
III. Tujuan Pembelajaran
a.
Siswa
dapat Mengurutkan dan menyusun 10 bilangan dari kecil atau sebaliknya
IV. Materi Pembelajaran
Operasi hitung
Sifat- sifat operasi bilangan membantu utnuk
mempermudah perhitungan pada operasi hitung bilangan bulat.
Contoh :
a.
216 + 300
= 300 + 216 (sifat
komutatif)
= 516
b.
(4 x 5) x
20 = 4 x (5 x 20) (sifat
asosiatif)
= 4 x 100
= 400
V.
Metode Pembelajaran
a.
Ceramah
b.
diskusi dan praktek
c.
Tanya
Jawab
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
- Kegiatan Awal
(5 Menit)
·
Mengucapkan
salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·
Berdoa
sebelum membuka pelajaran
·
Memeriksa kehadiran siswa
·
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari;
·
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
- Kegiatan Inti ( 45 Menit)
Eksplorasi
·
Mengurutkan
dan menyusun 10 bilangan dari kecil atau sebaliknya
Elaborasi
·
Diskusi
dan latihan dalam Mengurutkan dan menyusun 10 bilangan dari kecil atau
sebaliknya
Konfirmasi
·
Mengurutkan
sekelompok bilangan yang nilainya tidak berurutan dan yang terkecil dan
sebaliknya
- Kegiatan Penutup (10 Menit)
·
Siswa
dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan
itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi
dasar.
·
Siswa
dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
·
Siswa
dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
VII. Alat Dan Sumber Bahan
a.
Alat : kartu-kartu
operasi hitung
b.
Sumber : Buku Paket Matematika
Kelas IV
VIII. Penilaian
a.
Prosedur Tes : Post tes
b.
Jenis Tes : Tertulis
c.
Bentuk Tes : Esay
d.
Alat Tes : Butir Soal
1.
Soal Tes :
Kerjakan soal berikut
menggynakan gabungan sifat komutatif dan asosiatif
1. 59 + 38 + 51 =….
2. 30 + 90 + 70 =….
3. 160 + 25 + 40 =….
4. 250 + 500 + 750 =….
5. 336 + 789 + 664 =….
2.
Kunci
Jawaban :
1.
148
2.
190
3.
225
4.
1500
5.
1125
3.
Kriteria
Penilaian
·
Setiap
butir soal jika dijawab benar mendapat skor 5
·
Skor ideal
= 100
·
Nilai
akhir = jumlah jawaban benar x 4
Sukatani, 05 Agustus 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Kelas,
H. NAHRAWI ADIWIKARTA, S.Pd IDRIS SALAM, S.Pd
NIP. 196504061988031005
Comments