Rpp IPA Semster 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                         (RPP)       


Nama Sekolah: SDN Sukahurip 02
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester          : IV/II
Hari/Tgl                     : Rabu, 07 April 2016
Alokasi Waktu          : 4 x 35 menit (2 pertemuan)


I.                        Standar Kompetensi
               7.  Mengubah gaya dapat mengubah gerak dan atau bentuk suatu benda

II.                     Kompetensi Dasar
7.1 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan atau tarikan) dapat     mengubah gerak suatu benda

III.                   indikator
1.      Membuat daftar berbagai gerak benda
2.      Mendemonstrasikan cara mengegerakan benda misalnya didorong atau dilempar
3.      Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak dilantai yang datar karena dorongan

IV.                  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapatmenaril kesimpulan dari kegiatan bahwa benda dapat menyebabkan benda diam menjadi gerak. Dan benda bergerak menjadi diam, bergerak makin cepat, berubah arah
2.      Sisiwa dapat menjelaskan benda jatuh bebas akibat gaya tarik bumi atau gravitasi bumi
Ø  Karektiristik siswa yang diharapkan: Kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu

V.                     Materi Pokok Pembelajaran
              GAYA
          Gaya dalam ilmu pengetahuan berarti menarik dan dorongan. Semua bentuk menarik dan dorongan adalah gaya. Contoh dan menarik adalah gerakan tarik gerobak, menarik pintu, dan lain-lain. Contoh dorongan adalah gerakan mendorong meja, menutup meja dan lain-lain.
A.    Gaya Mempengaruhi Gerak Dan Bentuk Benda
                Gaya yang diberikan ke sebuah objek atau benda mengakibatkan berbagai perubahan. Gaya dapat mempengaruhi arah gerak suatu benda, gaya dapat menyebabkan benda diam menjadi bergerak, gaya dapat menyebabkan perubahan bentuk benda. Alat untuk mengukur gaya disebut dynamometer.
                Selain gaya karena adanya tarikan atau dorongan, ada pula gaya yang disebabkan oleh gaya tarik bumi atau gaya gravitasi. Beberapa contoh gaya gravitasi antara lain adalah buah atau daun yang terlepas dari tangkainya akan jatuh ke tanah. Bola yang dilempar ke atas akan jatuh kembali ke bumi.

VI.                   Bahan Ajar dan Media Pembelajaran
1.       Bahan Ajar
-          Buku paket IPA kelas IV
Wahyono, Budi dan Nurachmandani, Setyo 2008. Ilmu Pengetahuan Alam.       Jakarta : Pusat Perbukuan, Depertemen Pendidikan Nasional.
Haryanto. 2004. SAINS untuk SD kelas IV. Jakarta: Erlangga
2.      Buku lain yang relevan dan internet
3.      Media Pembelajaran
-          Kaleng bekas minuman
-          Botol dan gelas aqua
-           adalah
-          Meja
-          Pintu

VII.               Kegiatan Pembelajaran
              Pertemuan Satu
1.       Kegiatan Awal (10 menit)
a.       Siswa berdoa bersama sebelum kegiatan belajar dimulai
b.      Guru menyiapkan perangkat pembelajaran
c.        Menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa
d.      Guru menjelaskan apa saja yang akan disampaikan dalam materi tentang gaya dengan menggunakan peta konsep
e.       Siswa menggali pengetahuan siswa tentang materi gaya dalam kehidupan sehari-hari
2.       Kegiatan Inti (50 menit)
v   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a). Siswa dapat memahami konsep gaya berupa dorongan atau tarikan.
b). Memahami perubahan yang dialami objek atau benda jika diberikan sebuah gaya.

di   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a)      Memberikan contoh gaya yang menyebabkan benda diam bergerak seperti kuda menarik delman, menutup pintu, menendang bola, menarik tali bendera saat upacara, tukang bakso, mendorong gerobak.
b)      Memberikan contoh gaya menyebabkan benda bergerak misaslnya bola yang menggelinding dapat berhenti (diam) saat ditahan dengan kaki.
c)      Guru mendemostrasikan atau memperaktekan contoh gaya menyebabkan benda diam menjadi bergerak dengan cara mendorong meja yang ada di dalam kelas, kemudian memperagakan menutup pintu kelas, menendang bola.
d)     Guru memperaktekan bola yang lagi menggelinding di tahan oleh kaki dan hasilnya bola itu menjadi diam hal ini membuktikan bahwa gaya dapat mempengaruhi benda bergerak.
v  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a). guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b). guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

3.      Kegiatan Akhir (15 menit)
a). Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketercapain indikator
b). Menutup pelajaran IPA
             Pertemuan dua
1.      Kegiatan Awal (10 menit)
a)      Siswa berdoa bersama sebelum kegiatan belajar dimulai
b)      Guru menyiapkan perangkat pembelajaran
c)       Menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa
d)     Guru meningkatkan kembali materi sebelumnya
e)      Siswa menggali pengetahuan siswa tentang materi gaya dalam kehidupan sehari-hari
2.      Kegiatan Inti (50 menit)
v   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a)      Siswa dapat memahami konsep gaya berupa dorongan atau tarikan.
b)      Memahami perubahan yang dialami objek atau benda jika diberikan sebuah gaya.

di   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a)       Memberikan contoh gaya dapat mengubah bentuk beda seperti kaleng dipukul oleh palu bentuknya menjadi gepeng, botol aqua jika diberikan tekanan menjadi berubah.
b)       Guru mendemostrasikan atau mempraktekan contoh gaya menyebabkan bentuk benda menjadi berubah dengan cara memberikan pukulan atau tekanan pada kaleng bekas minuman dan botol aqua atau gelas aqua.
c)       Guru menjelaskan bahwa selain gaya tarikan atau dorongan ada juga gaya yang disebabkan oleh gaya tarik bumi yang disebut gaya gravitasi.
d)      Guru memperaktekan melempar bola ke atas dan jatuh lagi ke bumi.
e)       Siswa diberikan soal latihan.
f)        Siswa mengerjakan soal latihan.
g)       Guru dan siswa membahas bersama latihan yang sudah dikerjakan.

di   Konfiramsi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a)      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
b)       Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.

3.      Kegiatan Akhir (15 menit)
a)      Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketercapaian indikator.
b)      Guru memberikan PR.

VIII.             Penilaian     
             
Indikator Pencapain Kompetensi
teknis
Penilain
Bentuk
Instrumen
Instrumen/ Soal
·         Membuat daftar berbagai gerak benda.
·         Mendemostrasikan cara menggerakan benda, misalnya didorong dan dilempar.
·         Mengidentifikasi factor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak dilantai yang datar karena dorongan.
tugas Individu
Laporan

Uraian Objektif
·         Buatlah daftar berbagai gerak benda.
·          Jelaskanlah cara menggerakan benda, misalnya didorong dan dilempar.
·         Jelaskanlah factor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak di lantai yang datar karena dorongan.
                    
CATATAN :
Niali = (Jumlah skor : jumlah skor maksimal) X 100.
ΓΌ  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

Sukahurip, April 2016
Mengetahui,                                                                            Guru Kelas
Kepala Sekolah


H. NAHRAWI ADIWIKARTA, S.Pd                                IZZA HALIYAH N,S.Pd
.NIP. 196504061988031005                                                  


































Comments