RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SDN SUKAHURIP 02
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV (empat) / I (Satu)
Hari/Tanggal : Jum’at / 29 Juli 2016
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
I. Standar Kompetensi
1. Memahami dan menggunakan sifat-sifat
operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
II. Kompetensi Dasar
1.1. Mengidentifikasi sifat-sifat operasi
hitung
III. Tujuan Pembelajaran
a.
Siswa
dapat menyelesaikan operasi hitung bilangan cacah
b.
Siswa
dapat menggunakan sifat operasi pertukaran (komutatif)
c.
Siswa
dapat menentukan operasi hitung bilangan cacah dan sifat operasi pertukaran
IV. Materi Pembelajaran
Sifat-sifat operasi hitung
1. Sifat Pertukaran (Komutatif)
Sifat pertukaran/komutatif
adalah operasai hitung penjumlahan melalui pertukaran
![]() |
2. Sifat Pengelompokan (Asosiatif)
Sifat pengelompokan/asosiatif
adalah operasi hitung penjumlahan melalui pengelompokan
![]() |
3. Sifat Penyebaran (Distributif)
Sifat
penyebaran/ distributif adalah operasi hitung penjumlahan melalui pengelompokan
atau penyebaran
![]() |
V. Metode Pembelajaran
a.
Ceramah
b.
diskusi dan
c.
penugasan
d.
Tanya
Jawab
VI.Langkah-langkah Pembelajaran
- Kegiatan
Awal (5 Menit)
·
Mengucapkan
salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·
Berdoa
sebelum membuka pelajaran
·
Memeriksa kehadiran siswa
·
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari;
·
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
- Kegiatan Inti ( 45 Menit)
Eksplorasi
·
Melakukan
pengamatan berbagai operasi hitung pada bilangan cacah
Elaborasi
·
Diskusi
dan latihan untuk mengetahui sifat-sifat operasi hitung komunikatif, asosiatif
dan
·
distributif
terhadap penjumlahan atau pengurangan
Konfirmasi
·
menemukan
sifat-sifat operasi hitung komunikatif, asosiatif dan distributif terhadap
penjumlahan atau pengurangan
·
penguatan
- Kegiatan Penutup (15 Menit)
· Siswa dan guru bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.
· Siswa dan guru membuat
kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
· Siswa diberikan soal evaluasi
akhir dan PR.
· Siswa dan guru berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
VII.Alat Dan Sumber Bahan
a.
Alat : kartu-kartu
operasi hitung atau karton
b.
Sumber : Burhan Mustaqim, Ary
Astuti. 2008. Ayo Belajar Matematika
Untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta : Pusat Perbukuan, Depertemen Pendidikan
Nasional
VIII. Penilaian
a. Prosedur Tes : Post
tes
b. Jenis Tes :
Tertulis
c. Bentuk Tes : Esay
d. Alat Tes : Butir Soal
1. Soal Tes :
Lengkapilah
titik-titik dibawah ini dengan benar!
1. 13 + 27 =….+13
2. (2 +3 ) +5 = ….+ (3 + 5)
3. (4 + 6 ) + 10 = 4 + (…. + 10)
4. 10 x (3 + 7) = (10 x ….) + (10 x ….)
5. 25 x (10 +….) = (25 x….) + (10 x….)
2. Kunci Jawaban :
1. 13 + 27
= 27 + 13
2. (2 +3 ) +5 = 2 + (3 + 5)
3. (4 + 6 ) + 10 = 4 + (6 + 10)
4. 10 x (3 + 7) = (10 x 3) + (10 x 7)
5. 25 x (10 + 5) = (25 x 10) + (25 x 5)
3. Kriteria Penilaian
·
Setiap
butir soal jika dijawab benar mendapat skor 5
·
Skor ideal
= 100
·
Nilai
akhir = jumlah jawaban benar x 4
Sukatani,
29 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru
Kelas,
H. NAHRAWI ADIWIKARTA, S.Pd IDRIS SALAM, S.Pd
NIP.
196504061988031005
Comments