Rpp Matematika Kelas 4 Semseter Ganjil

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                 


Nama Sekolah             :  SDN SUKAHURIP 02
Mata Pelajaran            :  Matematika             
Kelas/Semester            :  IV (empat)  / I (Satu)
Hari/Tanggal               :  Jum’at / 05 Agustus 2016
Alokasi Waktu            : 2 x 35 Menit


I. Standar Kompetensi
     3. Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

II. Kompetensi Dasar
     3.1. Mengurutkan bilangan   

           
III. Tujuan Pembelajaran
a.       Menentukan nilai tempat bilangan dari terkecil atau sebaliknya
b.      Membandingkan dua bilangan melalui pemecahan masalah yang melibatkan nilai
tempat.
                
IV.  Materi Pembelajaran
     Mengenal Tempat Bilangan
    
Bilangan 1. 234
Angka
Nilai Tempat
Nilai Angka
1
2
3
4
Ribuan         
Ratusan
Puluhan
Satuan
1. 000
200
30
4

V.  Metode Pembelajaran
a.    Ceramah
b.    diskusi dan praktek
c.    Tanya Jawab

VI. Langkah-langkah Pembelajaran
A.  Kegiatan Awal (5 Menit)
·  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·  Berdoa sebelum membuka pelajaran
·  Memeriksa kehadiran siswa
·  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
·  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai



B.     Kegiatan Inti ( 45 Menit)
  Eksplorasi
·  Menentukan nilai tempat satuan, puluhan, ratusan, ribuan dan ratusan ribu           
           
            Elaborasi
·  Menentukan nilai angka pada sebuah bilangan       

             Konfirmasi
·  Menentukan jumlah nilai antara dua angka pada sebuah bilangan
·  Menentukan selisih nilai antara dua angka pada sebuah bilangan

C.    Kegiatan Penutup (15 Menit)
·  Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.
·  Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
·  Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.



VII.Alat Dan Sumber Bahan
a.    Alat             : Mata Uang
b.    Sumber       : Buku Paket Matematika Kelas IV


VIII.   Penilaian
a.       Prosedur Tes : Post tes
b.      Jenis Tes        : Tertulis
c.       Bentuk Tes    : Esay
d.      Alat Tes         : Butir Soal

1.      Soal Tes :
                  Kerjakan soal berikut dengan membaca dan menuliskan bilangan berikut.
1.      2. 471
2.      5.964
3.      9.038
4.      Empat ribu seratus dua puluh Satu
5.      Lima ribu enam ratus sebelas
           
2.      Kunci Jawaban :
1.      Dua ribu empat ratus tujuh puluh satu
2.      Lima ribu Sembilan ratus enam puluh empat
3.      Sembilan ribu tiga puluh delapan
4.      4.121
5.      5.611





3.      Kriteria Penilaian
·         Setiap butir soal jika dijawab benar mendapat skor 5
·         Skor ideal = 100
·         Nilai akhir = jumlah jawaban benar x 4



                                                                                Sukatani, 05 Agustus 2016
                           Mengetahui,
  Kepala Sekolah,                                             Guru Kelas,




H. NAHRAWI ADIWIKARTA, S.Pd                    IDRIS SALAM, S.Pd
             NIP. 196504061988031005                                      




Comments