ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 1 (APKG PKM PGSD 1) LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN TERPADU
ALAT
PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 1
(APKG
PKM PGSD 1)
LEMBAR
PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN TERPADU
1. NAMA
GURU/MAHASISWA
|
:
IDRIS SALAM
|
2. NIM
|
:
834903984
|
3. TEMPAT
MENGAJAR
|
:
SDN SUKAHURIP 02
|
4. KELAS
|
:
VI (ENAM0)
|
5. MATA
PELAJARAN
|
:
BAHASA
INDONESIA
|
6. WAKTU
|
:
07.00 – 09.00
|
7. UPBJJ UT
|
:
POKJAR SUKAKARYA
|
PETUNJUK
Baca dengan cermat rencana
pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa ketika mengajar. Kemudian,
nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan
butir penilaian di bawah ini.
Item
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
Menentukan
tema,bahan pembelajaran dan
merumuskan
tujuan/indikator
|
|
||||
1.1 kesesuaian tema penghubung dengan
kompetensi dasar 3 mata pelajajaran.
|
|
|
|
|
|
1.2 Menggunakan
bahan pembelajaran yang sesuai dengan standar isi dan kompetensi
|
|
|
|
|
|
1.3 Merumuskan
tujuan/indikator.
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata Butir 1= A
|
|
|||
2.
Mengembangkan
dan mengorganisasikan materi, media pembelajaran, dan sumber belajar
|
|
||||
2.1 Mengembangkan dan mengorganisasikan
materi dari 3 mata pelajaran.
|
|
|
|
|
|
2.2 menentukan
dan menegembangkan alat bantu/media pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
2.3 Memilih sumber belajar.
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata Butir 2= B
|
|
|||
3.
Merencanakan
scenario kegiatan pembelajaran terpadu
|
|
||||
3.1 Menentukan jenis kegiatan pembelajaran terpadu.
|
|
|
|
|
|
3.2 Menyusun
langkah-langkah pembelajaran terpadu.
|
|
|
|
|
|
3.3 Menentukana
alokasi waktu pembelajaran terpadu.
|
|
|
|
|
|
3.4 Menentukan
cara-cara memotivasi siswa.
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata Butir 3= C
|
|
|||
4.
Merancang
pengelolaan kelas
|
|
||||
4.1
menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar dapat berpartisipasi dalam
pembelajaran terpadu.
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata Butir 4= D
|
|
|||
5.
Merencanakan
prosedur, jenis, dan menyiapkan alat penilaian
|
|
||||
5.1 Menentukan prosedur dan jenis penilaian.
|
|
|
|
|
|
5.2
Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata Butir 5 = E
|
|
|||
6.
Tampilan
dokumen rencana pembelajaran terpadu
|
|
||||
6.1
Kebersihan dan kerapihan
|
|
|
|
|
|
6.2
Penggunaan bahasa tulis
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
butir 6 = F
|
|
|||
7.
Tampilan
Lembar peta jarring-jaring tematik
|
|
||||
7.1
Kreativitas tampilan peta jarring-jaring
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
butir 7 = G
|
|
Nilai APKG I =
|
……………………………….,20…
Pengamat
Kepala Sekolah Teman Sejawat
H.NAHRAWI
ADIWIKARA, S.Pd ANDI PURNAMA
NIP.
19650406198801005 NIP.
1984071329021001
Tutor,
NURDIN SETIAWAN,
S.Pd., M.M
NIP.
197006131990031005
Comments