ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU
(APKG 2)
LEMBAR
PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU
1. NAMA
GURU/MAHASISWA
|
:
IDRIS SALAM
|
2. NIM
|
:
834903984
|
3. TEMPAT
MENGAJAR
|
:
SDN SUKAHURIP 02
|
4. KELAS
|
:
VI (ENAM0)
|
5. MATA
PELAJARAN
|
:
MATEMATIKA
|
6. WAKTU
|
:
07.00 – 09.00
|
7. UPBJJ UT
|
:
POKJAR SUKAKARYA
|
8. NAMA
GURU/MAHASISWA
|
:
IDRIS SALAM
|
PETUNJUK
1. Amatilah
dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
2. Pusatkan
perhatian anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya
pada diri siswa.
3. Nilailah
kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini.
4. Khusus
untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran,
pilih salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.
Item
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
A.
Melakukan
pembelajaran
|
|
||||
a. Melaksanakan
tugas rutin kelas
|
|
|
|
|
|
b. Memulai
kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
c. Menggunakan
ragam kegiatan yang sesuai dengan kemampuan/tujuan, siswa, situasi dan lingkungan
|
|
|
|
|
|
d. Melaksanakan
kegiatan dalam urutan yang logis dan sistematis
|
|
|
|
|
|
e. Melaksanakan
kegiatan pembelajaran secara individual, kelompok, atau klasikal
|
|
|
|
|
|
f. Menggunakan
sumber belajar yang sesuai dengan kemampuan/tujuan, siswa, situasi, dan
lingkungan
|
|
|
|
|
|
g. Menggunakan
media belajar yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan
|
|
|
|
|
|
h. Menggunakan
waktu pembelajaran secara efisien
|
|
|
|
|
|
i. Mengakhiri
kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
butir 1 = P
|
|
|||
B.
Mengelola
interaksi kelas
|
|
||||
a. Menunjukan
perhatian serta sikap bersahabat, terbuka, dan penuh pengertian kepada siswa
|
|
|
|
|
|
b. Memicu
dan memelihara keterlibatan siswa
|
|
|
|
|
|
c. Melakukan
komunikasi secara efektif
|
|
|
|
|
|
d. Mengembangkan
hubungan antar-pribadi yang sehat dan serasi
|
|
|
|
|
|
e. Menghargai
keragaman siswa serta membantu siswa menya dari kelebihan dan kekurangannya
|
|
|
|
|
|
f. Membantu
menumbuhkan kepercayaan diri siswa
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
butir 2 = Q
|
|
|||
C.
Mendemonstrasikan
kemampuan khusus dalam pembelajaran mata pelajaran tertentu
|
|
||||
a.
Bahasa
Indonesia
|
|
||||
1) Mendemonstrasikan
penguasaan materi Bhs.Indonesia
|
|
|
|
|
|
2) Memberikan
keterampilan berbahasa
|
|
|
|
|
|
3) Memberikan
keterampilan mengapresiasi sastra
|
|
|
|
|
|
4) Mengembangkan
kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar
|
|
|
|
|
|
5) Memupuk
kegemaran membaca
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 3.a
= R
|
|
|||
b.
Matematika
|
|
||||
1) Menanamkan
konsep matematika melalui kegiatan manipulative
|
|
|
|
|
|
2) Menguasai
simbol-simbol matematika
|
|
|
|
|
|
3) Memberikan
latihan penggunaan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 3.b
= R
|
|
|||
c.
IPA
|
|
||||
1) Mendemonstrasikan
pembelajaran IPA melalui pengalaman langsung
|
|
|
|
|
|
2) Meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengalaman langsung
|
|
|
|
|
|
3) Menerapkan
konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
4) Menampilkan
penguasaan IPA
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 3.c
= R
|
|
|||
d.
IPS
|
|
||||
1) Mengembangkan
pemahaman konsep IPS terpadu
|
|
|
|
|
|
2) Mengembangkan
pemahaman konsep waktu
|
|
|
|
|
|
3) Mengembangkan
pemahaman konsep ruang
|
|
|
|
|
|
4) Mengembangkan
pemahaman konsep kelangkaan (scarcity)
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 3.d
= R
|
|
|||
e.
PKn
|
|
||||
1) Menguasai konsep nilai, moral, dan norma Pancasila
|
|
|
|
|
|
2) Membangkitkan kesadaran tentang nilai dan moral
Pancasila serta kewarganegaraan
|
|
|
|
|
|
3) Membangkitkan kepekaan murni, percaya diri, empati, cinta
kebaikan, kontrol diri, dan rasa tahu diri
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 3.e
= R
|
|
|||
D.
Melaksanakan
penilaian proses dan hasil belajar
|
|
||||
1) Melaksanakan
penilaian pada awal dan pembelajaran
proses pembelajaran
|
|
|
|
|
|
2) Melaksanakan
penilaian pada akhir pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
butir 4 = S
|
|
|||
E.
Kesan
umum pelaksanaan pembelajaran
|
|
||||
a. Penguasaan
substansi
|
|
|
|
|
|
b. Peka
terhadap kesalahan berbahasa siswa
|
|
|
|
|
|
c. Penampilan
guru dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
|
d. Keefektifan
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
butir 5 = T
|
|
Nilai APKG II =
|
Catatan:
|
……………………………….,20…
Pengamat
Kepala Sekolah Teman
Sejawat
H.NAHRAWI
ADIWIKARA, S.Pd ANDI PURNAMA
NIP.
19650406198801005 NIP.
1984071329021001
Tutor,
NURDIN SETIAWAN,
S.Pd., M.M
NIP.
197006131990031005
Comments