ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 2) LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TERPADU

 ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU
(APKG 2)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU
1.     NAMA GURU/MAHASISWA
: IDRIS SALAM
2.     NIM
: 834903984
3.     TEMPAT MENGAJAR
: SDN SUKAHURIP 02
4.     KELAS
: VI (ENAM0)
5.     MATA PELAJARAN
: MATEMATIKA
6.     WAKTU
: 07.00 – 09.00
7.     UPBJJ UT
: POKJAR SUKAKARYA
8.     NAMA GURU/MAHASISWA
: IDRIS SALAM

PETUNJUK
1.     Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
2.     Pusatkan perhatian anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.
3.     Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini.
4.     Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilih salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.

Item Penilaian
1
2
3
4
5
A.      Melakukan pembelajaran

a.      Melaksanakan tugas rutin kelas






b.     Memulai kegiatan pembelajaran






c.      Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan kemampuan/tujuan, siswa, situasi dan lingkungan





d.     Melaksanakan kegiatan dalam urutan yang logis dan sistematis





e.      Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara individual, kelompok, atau klasikal





f.      Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan kemampuan/tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan





g.     Menggunakan media belajar yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan





h.     Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien






i.       Mengakhiri kegiatan pembelajaran







Rata-rata butir 1 = P


B.      Mengelola interaksi kelas

a.      Menunjukan perhatian serta sikap bersahabat, terbuka, dan penuh pengertian kepada siswa





b.     Memicu dan memelihara keterlibatan siswa






c.      Melakukan komunikasi secara efektif






d.     Mengembangkan hubungan antar-pribadi yang sehat dan serasi






e.      Menghargai keragaman siswa serta membantu siswa menya dari kelebihan dan kekurangannya





f.      Membantu menumbuhkan kepercayaan diri siswa







Rata-rata butir 2 = Q

C.    Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran mata pelajaran tertentu

a.     Bahasa Indonesia

1)     Mendemonstrasikan penguasaan materi Bhs.Indonesia





2)     Memberikan keterampilan berbahasa






3)     Memberikan keterampilan mengapresiasi sastra






4)     Mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar





5)     Memupuk kegemaran membaca







Rata-rata butir 3.a = R

b.     Matematika

1)     Menanamkan konsep matematika melalui kegiatan manipulative





2)     Menguasai simbol-simbol matematika






3)     Memberikan latihan penggunaan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari






Rata-rata butir 3.b = R

c.      IPA

1)     Mendemonstrasikan pembelajaran  IPA melalui pengalaman langsung





2)     Meningkatkan  keterlibatan siswa melalui pengalaman langsung





3)     Menerapkan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari





4)     Menampilkan penguasaan IPA







Rata-rata butir 3.c = R

d.     IPS

1)     Mengembangkan pemahaman konsep  IPS  terpadu





2)     Mengembangkan pemahaman konsep waktu






3)     Mengembangkan pemahaman konsep ruang






4)     Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan (scarcity)






Rata-rata butir 3.d = R

e.     PKn

1)     Menguasai konsep nilai, moral, dan norma Pancasila





2)     Membangkitkan kesadaran tentang nilai dan moral Pancasila serta kewarganegaraan





3)     Membangkitkan kepekaan murni, percaya diri, empati, cinta kebaikan, kontrol diri, dan rasa tahu diri






Rata-rata butir 3.e = R

D.    Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar

1)     Melaksanakan penilaian pada awal dan pembelajaran proses pembelajaran






2)     Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran







Rata-rata butir 4 = S

E.    Kesan umum pelaksanaan pembelajaran

a.      Penguasaan substansi






b.     Peka terhadap kesalahan berbahasa siswa






c.      Penampilan guru dalam pembelajaran






d.     Keefektifan pembelajaran







Rata-rata butir 5 = T


Nilai APKG II =
 Rata-rata Butir
Catatan:
 















                                                                        ……………………………….,20…
                                                                        Pengamat
Kepala Sekolah                                               Teman Sejawat                      


                       
H.NAHRAWI ADIWIKARA, S.Pd               ANDI PURNAMA
NIP. 19650406198801005                              NIP. 1984071329021001




Tutor,



NURDIN SETIAWAN, S.Pd., M.M
                                     NIP. 197006131990031005

Comments