Dunia
pendidikan sekarang ini semakin maju, dengan menggunakan metode-metode
pembelajaran yang mengarah pada peningkatan mutu pendidikan untuk mencapai
tujuan pendidikan. Dua istilah yang digunakan di sini adalah integrated curriculum (kurikulum
terpadu) dan integrated learning
(pembelajaran terpadu) yang keduanya secara konsepsi berbeda dari segi
perencanaan dan pelaksanaannya, namun secara ideal keduanya saling berhubungan.
Pembelajaran terpadu sebaliknya bertolak dari kurikulum terpadu.
Pembelajaran
terpadu sebagai pendekatan baru merupakan seperangkat wawasan dan aktifitas
berpikir dalam merancang butir-butir pembelajaran yang ditujukan untuk
menguntai tema, topic maupun pemahaman dan keterampilan yang diperoleh siswa
sebagai pembelajaran yang utuh dan padu. Atau dengan pengertian lain,
pembelajaran terpadu adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menghubungkan,
merakit atau menggabungkan sejumlah konsep dari berbagai mata pelajaran yang
beranjak dari suatu tema tertentu sebagai pusat perhatian untuk mengembangkan
pengetahuan dan keterampilan siswa secara stimulant.
Pembelajaran
terpadu dilandasi oleh landasan filosofis, landasan psikologis, dan landasan
praktis. Landasan filosofis mencakup progresivisme, kontruksivisme, dan humanism.
Landasan praktis dilandasi prinsip-prinsip perkembangan dunia pengetahuan,
pemberian pelajaran di sekolah secara terpisah, kolaborasi antara berbagai mata
pelajaran, dan adanya kesenjangan yang terjadi antara teori dan dan praktek.Pengetahuan dan Pendidikan
Comments