RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             :  SDN SUKAHURIP 02
Mata Pelajaran           :  Bahasa Indonesia    
Kelas/Semester           :  IV (empat) A / I (Satu)
Hari/Tanggal              :  Senin, 05 September 2016
Alokasi Waktu            :  2 x 35 Menit

I.     Standar Kompetensi
2.  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita dan surat.

II.  Kompetensi Dasar
2.1  Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma dll).

III.    Tujuan Pembelajaran
a.   Menyebutkan bagian-bagian surat pribadi
b.   Menulis surat tentang pengalaman dan cita-cita dengan gaya penceritaan yang menarik
c.   Menggunakan ejaan yang disempurnakan dengan benar

IV.    Materi Ajar
Menulis Surat
                                                                             Tanjung Kait, 27 Januari 2005
                                                                   Untuk sahabatku di manapun berada

                 Salam persahabatan.
                 Oh ya, namaku susi. Aku tinggal di Desa Karang Serang di daerah Tanjung Kait, Tangerang. Sebagian besar penduduk desa kami bekerja sebagai nelayan.
                 Waktu kerja nelayan tak menentu. Tak kenal hari sabtu, minggu, atau libur nasional sekalipun. Alam yang menjadi kalendernya! Kalau angin dan cuaca sedang bersahabat, para nelayan bias melaut setiap hari. Cuaca baik ini biasanya berlangsung pada bulan September sampai Desember.
                 Jika cuaca dan angin sedang buruk, biasanya terjadi pada bulan januari sampai April, nelayanpu meliburkan diri. Begitu pula saat sedang bulan purnama. Air laut akan pasang sehingga tak menguntungkan nelayan untuk mencari ikan. Nelayan biasanya melaut pada malam hari. Mereka berangkat sejak pukul 4 atau 5 sore dan pulang ke daratan pukul 7 pagi.
                 Bapakku juga seorang nelayan. Ketika pergi melaut, Bapak membawa perbekalan dan peralatan melaut. Ada jalan keramba. Tak lupa lampu petromaks. Juga minyak tanah. Lampu petromaks, selain berfungsi sebagai penerangan, juga digunakan untuk menarik ikan agar berkumpul.
                 Oh ya, aku cerita sedikit tentang keramba. Keramba adalah alat penangkap ikan dari bambu. Di daerahku, keramba digunakan untuk menangkap keong. Di tengah keramba dipasang ikan asin sebagai umpan. Apabila keramba dicelupkan ke dalam laut, keong- keong akan merayap ke tepinya. Rupanya keong- keong itu suka dengan ikan asin. Setelah keong- keong masuk keramba, hup! Mereka pun terjebak di dalamnya.
                 Wah….keong-keong itu kalau dijual harganya mahal, lo! Satu kilogram bias laku Rp. 15. 000,00.
                 Bapakku dan beberapa orang nelayan lainnya bersiap naik ke atas perahu. Perahu kayu itu bias menampung 4 sampai 8 orang nelayan yanga akan pergi melaut bersama-sama. Perahu itu milik tetangga kami. Bapak dan beberapa nelayan lainnya hanya menumpang.
                 Nah, sampai di sini dulu suratku, ya. Lain kali aku sambung cerita pengalamanku. Oh ya, aku tunggu cerita pengalaman teman- teman yang lainnya.
                 Selamat belajar.

                                                                                                     Salam rindu

                                                                                                     Susi
V.              Metode Pembelajaran
·     Pendekatan kontekstual.
·     Pendekatan Cooperative Learning.
·     Praktek
·     Penugasan.

VI.            Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan Awal (5 menit)
·     Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·     Berdoa sebelum membuka pelajaran
·     Memeriksa kehadiran siswa
·     Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
·     Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu
·     Menegur siswa yang terlambat dengan sopan
·     Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
·     Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
·     Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
·     Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
·     Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai karakter dan kewirausahaan

Kegiatan Inti (45 menit)
          Eksplorasi
·       Membaca contoh surat pribadi
·       Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang komunikatif

Elaborasi
·       Mendiskusikan bagian-bagian surat pribadi
·       Mendengarkan pembacaan surat yang dibacakan teman

         Konfirmasi
·     Menyimpulkan hasil diskusi bagian-bagian surat pribadi
·     Menjawab pertanyaan tentang isi surat yang dibaca
Kegiatan Penutup (15 menit)
·     Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
·     Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.
·     Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

VII.         Sumber/Bahan Belajar
·     Buku paket (Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Kelas IV, pustaka perbukuan, karangan Edi warsidi dan Farika.)
·     Majalah atau Koran

VIII.       Penilaian
·     Prosedur Tes          : Post Tes
·     Jenis Tes                : Tertulis
·     Bentuk Tes             : Essay
·     Alat Tes                  : Butir Soal

I.    Soal Tes
1.   Jawablah pertanyaan berikut.
a.    Tanggal berapakah surat itu ditulis?
b.   Di manakah surat itu ditulis?
c.    Sipakah yang menulis surat itu?
d.   Kepada siapakah surat itu ditujukan?
e.    Apa sajakah isi surat itu?
f.    Jelaskan bagian-bagian surat itu!


II.  Jawaban
a.      27 Januari 2005
b.     Tanjung Kait
c.      Susi
d.     Teman- teman susi
e.       Isi surat menceritakan tentang tempat tinggal, pekerjaan penduduk, waktu kerja, cuaca dan angin, keramba dan harga keong.
f.      Tanggal dan tahun surat, tujuan, isi surat, penutup surat, salam penutup, tanda tangan pembuat surat, nama pembuat surat







III.            Kriteria Penilain
·       Setiap butir soal jika dijawab benar mendapat skor 5
·       Skor ideal = 100
·       Nilai Akhir = Jumlah jawaban benar x 4


                                                                                                Sukatani, 05 September 2016
                   Mengetahui,
               Kepala Sekolah,                                                           Mahasiswa,



H. NAHRAWI ADIWIKARTA S.Pd                                        KAPID KASIDI             
       NIP. 196504071988031024                                                 NIM. 836168554







    

      




Comments