RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKAHURIP 02
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1 (satu)
Hari / Tanggal :
Rabu, 03 Agustus 2016
Alokasi Waktu :
2
x 35 menit
I. Standar Kompetensi
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh
manusia dengan fungsinya, serta
pemeliharaannya
II. Kompetensi Dasar
1.1. Mendeskripsikan hubungan antara struktur
kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
III. Tujuan
Pembelajaran
· Siswa dapat menyebutkan 5 fungsi kerangka tubuh
manusia
IV. Materi Pembelajaran
Rangka dan Panca
Indera Manusia
1. Bagian-bagian Rangka
Rangka
manusia terdiri atas tiga bagian, yaitu rangka kepala (tengkorak), rangka
badan, dan rangka anggota tengkorak.
a. Rangka Kepala
Rangka
kepala (tengkorak) meliputi tulang-tulang tengkorak wajah dan tulang pelindung
otak.
b. Rangka Badan
Rangka
badan meliputi tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada, tulang gelang bahu,
dan tulang gelang panggul. Tulang belakang terdiri atas 7 ruas tulang leher, 12
ruas tulang punggung, 5 ruas tulang pinggang, 5 ruas tulang kelangkang, dan 4
ruas tulang ekor.
c. Rangka Anggota Gerak
Rangka
anggota gerak terdiri atas tulang-tulang anggota gerak atas (tangan) dan
tulang-tulang anggota gerak bawah (tungkai).
V. Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. diskusi
dan praktek
c. Tanya jawab
d. penugasan
VI. Langkah-langkah Kegiatan
Pra KBM ( 5 menit ) :
a. Berdo’a
b. Mengabsen
c. Mengkondisikan siswa kepada
situasi belajar
1. Kegiatan
Awal (5 menit)
·
Mengucapkan
salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·
Berdoa
sebelum membuka pelajaran
·
Memeriksa kehadiran siswa
·
Mendoakan
siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
·
Menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
2. Kegiatan Inti (45 menit)
Eksplorasi
Secara klasikal
mengamati model rangka manusia atau gambar rangka manusia
Elaborasi
Secara kelompok mendiskusikan struktur kerangka tubuh manusia
Konfirmasi
Mendiskripsikan fungsi kerangka tubuh
3. Kegiatan Akhir (15 menit)
· Siswa dan guru bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui
pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.
· Siswa dan guru membuat kesimpulan
tentang materi yang telah dipelajari.
· Siswa dan guru berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
VII. Alat Dan Sumber Pembelajaran
·
Alat :Rangka Manusia
·
Bahan :Buku yang relevan
VIII. Penilaian
·
Prosedur Tes : Post Tes
·
Jenis Tes : Tertulis
·
Bentuk Tes : Essay
·
Alat Tes : Butir Soal
Soal Tes :
I.Isilah pertanyaan dibawah ini dengan benar.
1.
Sebutkan bagian yang dapat menggerakan rangka?
2.
Sebutkan 5 yang termasuk tulang- tulang tengkorak?
3.
Sebutkan tulang apa saja yang meliputi rangka badan?
4.
Jelaskan fungsi rangka anggota gerak!
5.
Sebutkan yang termasuk 2 rangka anggota gerak?
II. Jawaban :
1.
Otot
2.
Tulang hidung, tulang pipi, tulang rahang, tulang dahi, tulang mata
3.
Tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada, tulang gelang bahu, dan
tulang gelang panggul.
4.
Membantu tubuh untuk bergerak
5.
Tulang-tulang anggota gerak atas (tangan) dan tulang-tulang anggota gerak
bawah (tungkai)
III.
Kriteria Penilaian
·
Setiap
butir soal jika dijawab benar mendapat skor 5
·
Skor ideal
= 100
·
Nilai
akhir = jumlah jawaban benar x 4
Sukatani,03 Agustus 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Mahasiswa,
H. NAHRAWI ADIWIKARTA, S.Pd KAPID KASIDI
NIP.
196504061988031005 NIM.
836168554
Comments