RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
( RPP KELAS
RANGKAP)
Sekolah : SDN SUKARAYA 06
Mata Pelajaran : 1). Bahasa Indonesia
2). IPS
Kelas/Semester : 1). IV (Empat) / 2 (Dua)
2).
V (Lima) / 2 (Dua)
Hari/Tanggal : Senin/11 Februari 2019
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
A. Standar Kompetensi
Ø Bahasa Indonesia (Kelas IV) : Mendengarkan
pengumuman dan pembacaan pantun
Ø
Ilmu Pengetahuan
Sosial (Kelas V) : Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam
mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
B. Kompetensi
Dasar
Ø Bahasa Indonesia (Kelas IV) : Mengenal
lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR,
DPR, Presiden, MA, MK, BPK, dan lain-lain
Ø Ilmu Pengetahuan Sosial (Kelas V) : Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan
C. Tujuan
Pembelajaran
Bahasa Indonesia (Kelas IV) Peserta didik dapat :
Ø Mendengarkan pembacaan pengumuman dan
menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan.
Ilmu
Pengeteahuan Sosial (Kelas V) Peserta
didik dapat :
Ø Siswa mengetahui perjalanan bangsa
Indonesia dalam melawan penjajahan
Ø Siswa Mengetahui tokoh-tokoh perjuangan
bangsa Indonesia dalam melawan penjajahan
Karakter siswa yang diharapkan :
1.
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
2.
Tekun ( diligence ) dan
Tanggung jawab ( responsibility )
3.
Disiplin ( Discipline ),
D. Materi Ajar
Ø
Bahasa Indonesia (Kelas IV) :
Pengumuman
Ø
Ilmu Pengeteahuan Sosial (Kelas V)
Penjajahan
Belanda dan Pendudukan Jepang di Indonesia
E. Metode
Pembelajaran
Ø
Bahasa Indonesia (Kelas IV) :
SAL ( CBSA ), Ceramah, Diskusi dan praktek
Ø
Ilmu Pengeteahuan IPS
(Kelas V)
·
Pendekatan kontekstual.
·
Pendekatan Cooperative
Learning.
·
Diskusi dengan teman sebangku.
·
Penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan
awal
Bahasa Indonesia (Kelas IV) dan Ilmu Pengeteahuan Sosial (Kelas V)
·
Mengucapkan
salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·
Berdoa
sebelum membuka pelajaran
·
Memeriksa kehadiran siswa
·
Mendoakan
siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
·
Memastikan
bahwa setiap siswa datang tepat waktu
·
Menegur
siswa yang terlambat dengan sopan
·
Menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
·
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari;
·
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
·
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
·
Mengaitkan
materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai karakter dan
kewirausahaan
2.
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Bahasa Indonesia (Kelas IV) :
·
Membaca sebuah
pengumuman
·
Mendiskusikan
hal-hal penting yang ada dalam pengumuman
Ilmu
Pengeteahuan Sosial (Kelas V)
·
Menceritakan tujuan Belanda datang ke Indonesia
Elaborasi
Bahasa Indonesia (Kelas IV) :
·
Menjawab
pertanyaan tentang isi pengumuman
·
Mendiskusikan
hal-hal penting yang ada dalam pengumuman
Ilmu Pengeteahuan Sosial (Kelas V)
· Menceritakan
sebab-sebab jatuhnya daerah-daerah Nusantara kedalam kekuasaan Belanda
Konfirmasi
Bahasa Indonesia (Kelas IV) :
·
Menjawab
pertanyaan tentang isi pengumuman
·
Menyampaikan isi
pengumuman yang dicatat pada teman
Ilmu Pengeteahuan Sosial (Kelas V)
· Menjelaskan
berdirinya VOC
· Menyebutkan
nama-nama Gubernur yang berkuasa di Indonesia
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.
Guru bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.
Kegiatan Penutup
Bahasa Indonesia (Kelas IV)
·
Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam
pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan
kompetensi dasar.
·
Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
·
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Ilmu
Pengeteahuan Sosial (Kelas V) :
· Menyimpulkan materi yang telah dipelajari
· Memberi motivasi
· Mengadakan tes tertulis dari uji
kompetensi
F.
Alat/Bahan dan
Sumber Belajar
Bahasa Indonesia (Kelas IV) :
·
Buku Paket
BAHASA INDONESIA Kelas IV
Ilmu Pengeteahuan
Sosial (Kelas V) :
o
Alat
Peraga:Gambar-gambar, peta
o
Sumber
: Buku IPS kelas V yang relevan
Penilaian
Bahasa Indonesia (Kelas IV) dan Ilmu
Pengeteahuan Sosial (Kelas V) :
1.
Prosedur
a.
Tes Awal : tidak dilaksanakan.
b.
Tes Proses : dilaksanakan.
c.
Tes Akhir : dilaksanakan.
Teknik/Jenis : Tugas individu.
a.
Bentuk
Instrumen : tes tertulis.
b.
Alat
penilaian : soal.
c.
Instrumen
dan soal terlampir.
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 100.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian
KKM maka diadakan Remedial
Sukajaya, 11 Februari 1019
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Mahasiswa
Drs, Edi
Nuraidi. HS Gunawan
NIP. 196504221994031003 NIM.
834904194
Comments