RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP ( RPP KELAS RANGKAP) Kelas IV dan V


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
( RPP KELAS RANGKAP)

Sekolah                               :   SDN Sukajaya 02
Mata Pelajaran                  :   1). PKn
                                                2). IPS
Kelas/Semester                  :   1). IV (Empat) / 2 (Dua)
                                                2). V (Lima) / 2 (Dua)
Hari/Tanggal                     :  Kamis/07 Februari 2019
Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit

A.    Standar  Kompetensi                 
Ø  PKn (Kelas IV) : Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.
Ø  Ilmu Pengetahuan Sosial (Kelas V) : Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
B.     Kompetensi Dasar          
Ø  PKn (Kelas IV) : Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, BPK, dan lain-lain
Ø  Ilmu Pengetahuan Sosial (Kelas V) : Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang
C.  Tujuan Pembelajaran
PKn (Kelas IV)  Peserta didik dapat :
Ø  Siswa dapat menjelaskan pengertian pemerintah dan sistem pemerintahan.
Ø  Siswa dapat menjelaskan lembaga legislatif.
Ø  Siswa dapat menjelaskan lembaga eksekutif.
Ø  Siswa dapat menjelaskan lembaga yudikatif.
Ø  Siswa dapat menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan.
Ø  Siswa dapat menjelaskan Komisi Pemilihan Umum.
Ilmu Pengeteahuan Sosial (Kelas V) Peserta didik dapat :
Ø  Siswa mengetahui perjalanan bangsa Indonesia dalam melawan penjajahan
Ø  Siswa Mengetahui tokoh-tokoh perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajahan
Karakter siswa yang diharapkan :  
1.      Rasa hormat dan perhatian ( respect )
2.      Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )
3.      Disiplin ( Discipline ),

D.    Materi Ajar         
Ø  PKn (Kelas IV) :
Lembaga pemerintah tingkat pusat seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, BPK , dll
Ø  Ilmu Pengeteahuan Sosial (Kelas V) 
Penjajahan Belanda dan Pendudukan Jepang di Indonesia
E.     Metode Pembelajaran
Ø  PKn (Kelas IV) :
·         Pendekatan kontekstual.
·         Pendekatan Cooperative Learning.
·         Diskusi dengan teman sebangku.
Ø  Penugasan Ilmu Pengeteahuan IPS (Kelas V) 
·         Pendekatan kontekstual.
·         Pendekatan Cooperative Learning.
·         Diskusi dengan teman sebangku.
·         Penugasan




Langkah-langkah Pembelajaran         
Kelas IV
Kelas V
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal :
1.      Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
2.      Berdoa sebelum membuka pelajaran
3.      Memeriksa kehadiran siswa
4.      Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
5.      Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu
6.      Menegur siswa yang terlambat dengan sopan
7.      Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
8.      Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
9.      Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
10.  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
11.  Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai karakter dan kewirausahaan

10 Menit
Kegiatan Inti
1.      Membuat susunan lembaga pemerintahan tingkat pusat seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK dan BPK
2.      Membuat kliping dari berbagai sumber tentang kegiatan yang dilakukan lembaga pemerintahan tingkat pusat seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK dan BPK
3.      Mengomentari berbagai macam kegiatan yang dilakukan lembaga pemerintahan tingkat pusat seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK dan BPK berdasarkan hasil kliping

Kegiatan Inti
1.      Menceritakan tujuan Belanda datang ke Indonesia
  1. Menceritakan sebab-sebab jatuhnya daerah-daerah Nusantara kedalam kekuasaan Belanda
  2. Menjelaskan berdirinya VOC
  3. Menyebutkan nama-nama Gubernur yang berkuasa di Indonesia


50  Menit
Kegiatan Akhir
1.      Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.
3.      Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Kegiatan Akhir
1.      Menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2.      Memberi motivasi
3.      Mengadakan tes tertulis dari uji kompetensi

15 Menit

F.              Alat/Bahan dan Sumber Belajar
Bahasa Indonesia (Kelas V) :
o   Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, P.Pd.)
o   Orang tua.
o   Teman.
o   Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
     Ilmu Pengeteahuan Alam (Kelas VI) :
o   Alat Peraga:Gambar-gambar, peta
o   Sumber       : Buku IPS kelas V yang relevan

Penilaian
Bahasa Indonesia (Kelas V) dan Ilmu Pengeteahuan Alam (Kelas VI) :
1.      Prosedur
a.       Tes Awal         : tidak dilaksanakan.
b.      Tes Proses       : dilaksanakan.
c.       Tes Akhir        : dilaksanakan.
Teknik/Jenis            : Tugas individu.
a.       Bentuk Instrumen : tes tertulis.
b.      Alat penilaian        : soal.
c.       Instrumen dan soal terlampir.

 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 100.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial
Sukajaya,  07 Februari 1019
Mengetahui,                                                               
Kepala Sekolah                                                           Mahasiswa



SYARIFUDIN, S.Pd.SD                                          BAHRUDIN
NIP. 196011151989031001                                       NIM. 834904431


Comments