RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
( RPP KELAS
RANGKAP)
Sekolah : SDN Sukajaya 02
Mata Pelajaran : 1). PKn
2).
IPS
Kelas/Semester : 1). IV (Empat) / 2 (Dua)
2).
V (Lima) / 2 (Dua)
Hari/Tanggal : Kamis/07 Februari 2019
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
A. Standar Kompetensi
Ø PKn (Kelas IV) : Mengenal
sistem pemerintahan tingkat pusat.
Ø
Ilmu Pengetahuan
Sosial (Kelas V) : Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam
mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
B. Kompetensi
Dasar
Ø PKn (Kelas IV) : Mengenal lembaga-lembaga negara
dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK,
BPK, dan lain-lain
Ø
Ilmu Pengetahuan
Sosial (Kelas V) : Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada
masa penjajahan Belanda dan Jepang
C. Tujuan
Pembelajaran
PKn (Kelas IV) Peserta didik dapat :
Ø Siswa dapat menjelaskan pengertian
pemerintah dan sistem pemerintahan.
Ø Siswa dapat menjelaskan lembaga
legislatif.
Ø Siswa dapat menjelaskan lembaga eksekutif.
Ø Siswa dapat menjelaskan lembaga yudikatif.
Ø Siswa dapat menjelaskan Badan Pemeriksa
Keuangan.
Ø Siswa dapat menjelaskan Komisi Pemilihan
Umum.
Ilmu
Pengeteahuan Sosial (Kelas V) Peserta
didik dapat :
Ø Siswa mengetahui perjalanan bangsa
Indonesia dalam melawan penjajahan
Ø Siswa Mengetahui tokoh-tokoh perjuangan
bangsa Indonesia dalam melawan penjajahan
Karakter siswa yang diharapkan :
1.
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
2.
Tekun ( diligence ) dan
Tanggung jawab ( responsibility )
3.
Disiplin ( Discipline ),
D. Materi Ajar
Ø
PKn (Kelas IV) :
Lembaga
pemerintah tingkat pusat seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, BPK , dll
Ø
Ilmu Pengeteahuan Sosial (Kelas V)
Penjajahan
Belanda dan Pendudukan Jepang di Indonesia
E. Metode
Pembelajaran
Ø
PKn (Kelas IV) :
·
Pendekatan
kontekstual.
·
Pendekatan Cooperative Learning.
·
Diskusi dengan
teman sebangku.
Ø
Penugasan Ilmu
Pengeteahuan IPS (Kelas V)
·
Pendekatan kontekstual.
·
Pendekatan Cooperative
Learning.
·
Diskusi dengan teman sebangku.
·
Penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran
Kelas IV
|
Kelas V
|
Alokasi Waktu
|
|
Kegiatan Awal :
1.
Mengucapkan
salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
2.
Berdoa
sebelum membuka pelajaran
3.
Memeriksa kehadiran siswa
4.
Mendoakan
siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
5.
Memastikan
bahwa setiap siswa datang tepat waktu
6.
Menegur
siswa yang terlambat dengan sopan
7.
Menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
8.
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi
yang akan dipelajari;
9.
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
10.
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
11.
Mengaitkan
materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai karakter dan
kewirausahaan
|
10 Menit
|
||
Kegiatan Inti
1. Membuat
susunan lembaga pemerintahan tingkat pusat seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK
dan BPK
2. Membuat
kliping dari berbagai sumber tentang kegiatan yang dilakukan lembaga
pemerintahan tingkat pusat seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK dan BPK
3. Mengomentari
berbagai macam kegiatan yang dilakukan lembaga pemerintahan tingkat pusat
seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK dan BPK berdasarkan hasil kliping
|
Kegiatan Inti
1. Menceritakan
tujuan Belanda datang ke Indonesia
|
50 Menit
|
|
Kegiatan Akhir
1. Bersama-sama dengan
seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
2. Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui
ketercapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.
3. Mengakhiri pelajaran
dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing.
|
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi yang telah
dipelajari
2. Memberi motivasi
3. Mengadakan tes tertulis dari uji
kompetensi
|
15 Menit
|
|
F.
Alat/Bahan dan
Sumber Belajar
Bahasa Indonesia (Kelas V) :
o
Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, P.Pd.)
o
Orang tua.
o
Teman.
o
Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
Ilmu Pengeteahuan Alam
(Kelas VI) :
o
Alat
Peraga:Gambar-gambar, peta
o
Sumber
: Buku IPS kelas V yang relevan
Penilaian
Bahasa Indonesia (Kelas V) dan Ilmu
Pengeteahuan Alam (Kelas VI) :
1.
Prosedur
a.
Tes Awal : tidak dilaksanakan.
b.
Tes Proses : dilaksanakan.
c.
Tes Akhir : dilaksanakan.
Teknik/Jenis : Tugas individu.
a.
Bentuk
Instrumen : tes tertulis.
b.
Alat
penilaian : soal.
c.
Instrumen
dan soal terlampir.
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 100.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian
KKM maka diadakan Remedial
Sukajaya, 07 Februari 1019
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Mahasiswa
SYARIFUDIN,
S.Pd.SD BAHRUDIN
NIP. 196011151989031001 NIM. 834904431
Comments