RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( R P P )
Satuan Pendidikan :
Mata pelajaran : Matematika, Bahasa Indonesia dan SBdP.
Tema/ Subtema : Bermain di Lingkunganku/ Bermain di Tempat Wisata.
Kelas / Semester : II / 1 (Satu).
Alokasi Waktu : 1 Hari.
Pembelajaran ke : 1.
A. Kompetensi Inti :
KI-3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI-4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar :
Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian
yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam
kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
4.4 Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang
melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan
sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan
kosakata dan konsep tentang keragaman benda
berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah
melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau ekspolarasi lingkungan.
4.2 Melaporkan
penggunaan kosakata bahasa
Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman
benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan
visual.
SBdP
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan
dalam berkarya.
4.4 Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan.
C. Tujuan Pembelajaran :
·
Dengan mendengarkan teks percakapan tentang pergi wisata
ke pantai, siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan percaya diri.
·
Dengan memperhatikan teks percakapan tentang pergi wisata
ke pantai, siswa dapat membaca kembali teks pendek yang
berkaitan dengan keragaman benda memperhatikan penggunaan lafal dan intonasi yang tepat dengan percaya diri.
·
Dengan membaca teks percakapan tentang menghitung
layang-layang, siswa dapat menyimpulkan bahwa bilangan
dibagi 1 hasilnya bilangan itu sendiri dengan cermat.
·
Dengan membaca teks percakapan tentang menghitung
layang-layang, siswa dapat menyimpulkan bahwa bilangan
dibagi bilangan itu sendiri hasilnya satu dengan cermat.
·
Dengan mengerjakan soal latihan tentang pembagian, siswa
dapat menyatakan kalima matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian dengan cermat.
·
Dengan melengkapi teks percakapan yang masih kosong,
siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian dengan cermat.
·
Dengan membaca teks percakapan tentang ciri-ciri karya
hiasan dengan bahan alami (kerang), siswa dapat
mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami dengan cermat.
·
Dengan mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami, siswa dapat membuat
·
karya hiasan dengan bahan alami dengan disiplin.
D. Materi Pembelajaran :
·
Menyebutkan
isi teks pendek yang dibacakan berkaitan dengan keragaman benda.
·
Membaca
kembali teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda.
·
Menyatakan
kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian.
·
Memecahkan
masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian.
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami.
·
Membuat
karya hiasan dengan bahan alami.
E. Metode
Pembelajaran :
·
Model
Pembelajaran: Discovery learning (penyingkapan/
penelitian).
·
Pendekatan: Saintifik (Mengamati, Mencoba, Mengasosiasi/ Menalar, dan Mengkomunikasikan).
F. Media Pembelajaran :
·
Gambar permainan layang-layang
·
Teks percakapan tentang pergi wisata ke pantai
·
Lagu cara membuat layang-layang.
·
Teks percakapan tentang menghitung layanglayang
·
Teks percakapan membuat karya hiasan.
·
Gambar pigura dengan hiasan kerang.
G. Sumber
Belajar :
& Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Kelas II Tema 2
Bermain
di Lingkunganku Hal :169–183.
& Buku Guru Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Kelas I1 Tema 2 Bermain di Lingkunganku dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta. ( Edisi Revisi
2017 )
H. Langkah-Langkah Pembelajaran:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru membuka pembelajaran dengan berdoa bersama dan
memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya.
·
Guru menyampaikan tujuan pembaelajaran.
·
Siswa mengamati gambar dan teks yang terdapat pada
halaman pembuka. Minta mereka mengamati dan memberikan pendapat mengenai
gambar tersebut. Arahkan dengan kata tanya apa, mengapa, bagaimana. Mintalah
mengamati bersama teman di sebelahnya.
·
Beberapa siswa menyampaikan hasil pengamatannya di
kelas.
·
Guru menyampaikan bahwa dalam minggu ini mereka akan
membahas tentang kerja sama menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.
|
15 menit
|
Inti
|
Ayo
Mengamati
(Mengamati)
·
Siswa
mengamati gambar bermain layang-layang (mengamati).
·
Siswa
bertanya jawab tentang gambar bermain layang-layang (menanya).
·
Siswa
memprediksi isi teks yang cocok untuk gambar yang ia amati (mencoba).
·
Siswa
mendengarkan teks percakapan pergi wisata ke pantai (mengamati).
·
Siswa
menyebutkan isi teks percakapan yang dibacakan (menalar).
·
Siswa
bertanya jawab tentang isi teks percakapan (menanya).
Ayo Membaca (Mengamati)
·
Siswa
membaca kembali teks percakapan yang telah ia dengar (mengamati).
·
Siswa
membaca dengan memperhatikan penggunaan intonasi (mencoba).
·
Siswa
bertanya jawab tentang tanda baca yang digunakan dalam teks percakapan
(menanya).
·
Siswa
menyebutkan tanda baca yang ada pada teks percakapan (mencoba).
·
Siswa
bertanya jawab tentang kebenaran hasil prediksinya terhadap teks percakapan
yang ia baca (menanya).
Ayo
Menulis (Mengomunikasikan)
·
Siswa menjawab pertanyaan
berdasarkan teks yang ia baca (menalar).
·
Siswa menuliskan perasaaan
siswa ketika pergi liburan ke pantai (menalar).
·
Siswa menuliskan nama anak yang
ingin bermain laying layang berdasarkan teks bacaan (menalar).
·
Siswa menuliskan benda-benda
yang ada di pantai (menalar).
·
Siswa memeriksa jawaban dari
pertanyaan berdasarkan teks (menalar).
Ayo
Bernyanyi (Mencoba)
·
Siswa bertanya jawab tentang
lagu yang cocok tentang bermain layanglayang (mengomunikasikan).
·
Siswa menyebutkan lagu tentang
cara membuat laying layang (menalar).
·
Siswa bersama bimbingan guru
menyanyikan lagu (mencoba).
Ayo
Membaca (Mengamati)
·
Guru kembali mengarahkan siswa
membahas tentang layang-layang (mengomunikasikan).
·
Siswa membaca teks percakapan
tentang menghitung laying laying (mengamati).
·
Siswa mengamati penyelesaian
soal cerita pada teks percakapan (mengamati).
·
Siswa membaca kalimat
matematika pada soal cerita (mengamati).
·
Siswa menyimpulkan bahwa
bilangan dibagi 1 hasilnya bilangan itu sendiri (menalar).
Ayo
Berlatih (Mencoba)
·
Siswa berlatih menghitung
pembagian tentang bilangan dibagi 1 hasilnya bilangan itu sendiri (menalar).
·
Siswa membaca teks percakapan tentang
menghitung layang-layang dengan ketetapan yang lain (mengamati).
·
Siswa mengamati penyelesaian
soal cerita pada teks percakapan (mengamati).
·
Siswa menyimpulkan bahwa
bilangan dibagi bilangan itu sendiri hasilnya satu (menalar).
·
Siswa berlatih menghitung pembagian
tentang bilangan dibagi bilangan itu sendiri hasilnya satu (menalar).
·
Siswa berlatih memecahkan
masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian (menalar).
Ayo
Mencoba (Mencoba)
·
Siswa membaca teks percakapan
rumpang (mencoba).
·
Siswa melengkapi teks
percakapan rumpang (menalar).
·
Siswa menyelesaikan soal cerita
(menalar).
·
Memecahkan masalah sehari-hari
yang melibatkan pembagian (menalar).
Ayo
Berkreasi (Mencoba)
·
Siswa mengamati teks percakapan
tentang ciri-ciri karya hiasan pigura dengan bahan alami seperti kerang (mengamati).
·
Siswa mengamati gambar pigura
dari kerang di pinggirnya (mengamati).
·
Siswa mempersiapkan alat untuk
membuat pigura (mencoba).
·
Siswa mempersiapkan bahan untuk
membuat pigura (mencoba).
·
Siswa membuat karya hiasan
dengan bahan alami, yaitu kerang (mencoba).
·
Siswa menyimpulkan pembelajaran
dengan bahasa sendiri (mengomunikasikan).
·
Guru memberikan penguatan dan penghargaan
terhadap prestasi belajar siswa, boleh dengan menggunakan bahasa verbal,
misalnya: anak hebat, anak pintar, anak rajin, dan sebagainya.
|
140 menit
|
Penutup
|
·
Guru mengumpulkan lembar kerja
siswa untuk di portofoliokan.
·
Guru memberi tindak lanjut
dengan memberi PR.
·
Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang
sudah mereka lakukan sejak pagi dan ditutup dengan bersyukur kepada Tuhan
serta menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama dan
saling tolong menolong dalam menjaga semua pemberian Tuhan. Semua yang diberikan
Tuhan adalah milik bersama dan harus dijaga bersama-sama pula.
·
Kelas ditutup dengan doa bersama.
|
20 menit
|
I. Penilaian Hasil
Pembelajaran :
1.
Teknik Penilaian.
a.
Penilaian Sikap: (K-2) Lembar Observasi.
b.
Penilaian pengetahuan: (K-3) Tes.
c.
Penilaian keterampilan: (K-4) Unjuk Kerja.
2. Bentuk Instrumen Penilaian.
1) Sikap
Petunjuk:
Berilah
tanda centang (P) pada sikap setiap siswa yang terlihat.
No.
|
Nama Siswa
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tang-gung
Jawab
|
Santun
|
Peduli
|
Percaya
Diri
|
||||||
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
TB
|
T
|
TB
|
T
|
TB
|
T
|
TB
|
||
1.
|
|||||||||||||
2.
|
|||||||||||||
3.
|
Keterangan:
T :
Terlihat
BT :
Belum Terlihat
2) Pengetahuan
Skor
maksimal : 100
Penilaian : Skor yang diperoleh × 100
Panduan
Konversi Nilai:
Konversi
Nilai
(Skala
0-100)
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SB
(Sangat Baik)
|
66-80
|
B
|
B
(Baik)
|
51-65
|
C
|
C
(Cukup)
|
0-50
|
D
|
K
(Kurang)
|
a.
Menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan berkaitan
dengan keragaman benda di sekitar Menjawab pertanyaan dari teks percakapan
tentang pergi wisata ke pantai (total skor 100).
1.
Sangat senang/gembira. (skor 20)
2.
Beni. (skor 20)
3.
Menulis di pasir. (skor 20)
4.
Apa saja benda yang ada di pantai? (skor 20)
5.
Kapal, sampan, kail, jaring, pasir, batu, air, kerang,
layang-layang, dan balon. (skor 20)
b.
Menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan
masalah tentang pembagian (total skor 100).
1)
Tes tertulis: Penilaian menyatakan kalimat matematika
yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian
1) 5 : 1 = 5 4) 2 : 1 = 2
2) 7 : 1 = 7 5) 1 : 1 = 1
3) 3 : 1 = 3
2)
Tes tertulis: Penilaian menyatakan kalimat matematika
yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian
(total skor 100).
1 . 7 : 7 = 1 4. 4 : 4 = 1
2 . 2 : 2 = 1 5. 5 : 5 = 1
3 . 3 : 3 = 1
3) Keterampilan
a. Membaca kembali teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda
dengan lafal dan intonasi yang tepat
Rubrik Unjuk Kerja: Membaca kembali teks pendek yang berkaitan
dengan keragaman benda dengan lafal dan intonasi yang tepat.
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kemampuan
membaca
dengan
lafal
yang
tepat
|
Siswa
membaca
dengan lafal
yang tepat.
|
Sebagian
Besar pelafalan
digunakan
dengan tepat.
|
Sebagian kecil
pelafalan
digunakan
dengan tepat.
|
Belum mampu
membaca
dengan lafal
yang tepat.
|
2.
|
Kemampuan
membaca
dengan intonasi yang tepat.
|
Siswa
membaca
dengan intonasi yang tepat.
|
Sebagian
besar intonasi
digunakan
dengan tepat.
|
Sebagian
kecil intonasi
digunakan
dengan tepat.
|
Belum mampu
membaca
dengan intonasi yang tepat.
|
b. Membuat karya hiasan pigura dengan bahan alami kerang
Rubrik unjuk kerja: Membuat karya hiasan pigura dengan Bahan
Alami Kerang
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kerapian
membuat
hiasan pigura
dengan kerang
|
Siswa
Membuat hiasan pigura dengan rapi.
|
Sebagian
besar hiasan
pigura dibuat
dengan rapi.
|
Sebagian
kecil hiasan
pigura dibuat
dengan rapi.
|
Belum mampu
membuat
hiasan pigura
dengan rapi.
|
2.
|
Kebersihan
membuat
hiasan pigura
dengan kerang
|
Siswa membuat
Hiasan pigura dengan bersih.
|
Sebagian
besar hiasan
pigura dibuat
dengan bersih.
|
Sebagian
kecil hiasan
pigura dibuat
dengan bersih.
|
Belum mampu
membuat
hiasan pigura
dengan bersih.
|
3.
|
Partisipasi
membuat
hiasan pigura
dengan kerang
|
Siswa berpartisipasi
sangat aktif
dari awal
hingga akhir
membuat
hiasan pigura
dengan kerang.
|
Siswa
berpartisipasi
aktif dari awal hingga akhir
membuat
hiasan pigura
dengan kerang.
|
Siswa berpartisipasi
cukup aktif dari awal hingga akhir
membuat
hiasan pigura
dengan kerang.
|
Siswa berpartisipasi
kurang aktif
dari awal
hingga akhir
membuat
hiasan pigura
dengan
kerang.
|
c. Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian
Rubrik unjuk kerja: Memecahkan Masalah Sehari-hari yang
Melibatkan Pembagian
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Mampu memecahkan soal cerita
|
Siswa mampu
memecahkan
soal cerita
dengan cara sangat lengkap.
|
Siswa mampu
memecahkan
soal cerita
dengan cara
lengkap.
|
Siswa mampu
memecahkan
soal cerita
dengan cara kurang lengkap.
|
Belum mampu
memecahkan
soal cerita.
|
2.
|
Mampu
menyimpulkan
soal cerita dengan lengkap
|
Siswa mampu
menyimpulkan
soal cerita dengan kalimat sangat lengkap.
|
Siswa mampu
menyimpulkan
soal cerita dengan kalimat lengkap.
|
Siswa mampu
menyimpulkan
soal cerita dengan kalimat kurang
lengkap.
|
Belum mampu
menyimpulkan
soal cerita.
|
Kegiatan Bersama Orang Tua
·
Orang tua membimbing siswa dalam menggunakan kalimat matematika.
Mengetahui
Kepala Sekolah
............................
(
)
NIP/NIK : ………....…….............
|
……..…..…..., ….....…… 20 ....…
Guru/ Wali Kelas .........................
(
)
NIP/NIK : …………..…..............
|
Comments