RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun
Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN 5 Rajamandala
Kelas
/ Semester : II / 1
Tema
1 : Hidup Rukun
Sub
Tema 3 : Hidup Rukun di Sekolah
Pembelajaran
Ke : 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
(KD)
Matematika
3.3 Menjelaskan
dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
4.3 Menyelesaikan
masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
Bahasa Indonesia
3.1 Merinci
ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
4.1 Menirukan
ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang
santun
SBdP
3.1 Mengenal
karya imajinatif dua dan tiga dimensi
4.1 Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Matematika
Menyatakan kalimat
matematika yang berkaitan dengan masalah tentang penjumlahan dengan benar.
Melakukan penjumlahan dua
bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dengan benar.
Melakukan penjumlahan dua
bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara pendek dengan benar
Bahasa Indonesia
Menyebutkan isi teks yang
berisi perintah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan
menyimak dengan benar.
Melengkapi kalimat
perintah dengan kata yang tepat.
SBdP
Mengidentifikasi
ciri-ciri karya gambar imajinatif dengan tepat.
Mengidentifikasi alat dan
bahan menggambar imajinatif dengan tepat.
Mengidentifikasi cara
menggunakan alat dan bahan menggambar imajinatif dengan tepat.
Mengidentifikasi
langkah-langkah menggambar imajinatif dengan tepat.
Menggambar imajinatif
berdasarkan pengalaman atau benda yang dilihatnya.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
§ Dengan diberikan teks percakapan
tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan isi teks yang berisi perintah yang
berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak dengan benar.
§ Dengan diberikan kalimat perintah yang
rumpang, siswa dapat melengkapi kalimat perintah dengan kata yang tepat.
§ Dengan diberikan contoh gambar
imajinatif, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya gambar imajinatif
dengan tepat.
§ Dengan diberikan contoh gambar
imajinatif, siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan menggambar imajinatif
dengan tepat.
§ Dengan diberikan contoh gambar
imajinatif, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan
menggambar imajinatif dengan tepat.
§ Dengan diberikan contoh gambar
imajinatif, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah menggambar imajinatif
dengan tepat.
§ Dengan diberikan contoh gambar
imajinatif, siswa dapat menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda
yang dilihatnya.
§ Dengan diberikan benda konkret, siswa
dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang
penjumlahan dengan benar.
§ Dengan diberikan benda konkret, siswa
dapat melakukan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara
panjang dengan benar.
§ Dengan diberikan benda konkret, siswa
dapat melakukan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara pendek
dengan benar
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Religius)
§ Siswa dimotivasi oleh guru untuk
memulai pembelajaran dengan subtema Hidup Rukun di Sekolah. Siswa membaca
teks yang terdapat pada Buku Siswa mengenai contoh hidup rukun di sekolah.
Kemudian, siswa menjawabpertanyaan dari guru mengenai contoh sikap hidup
rukun yang sudah dilakukan siswa di sekolah. Apabila kesulitan menjawab, guru
dapat membimbing siswa dengan membaca kembali teks pengantar subtema dan
memberikan contohcontoh yang berkaitan dengan teks tersebut. Misalnya, ketika
b eristirahat, Udin dan Beni berbagi bekal yang dibawa masing-masing. Ketika
beristirahat, siswa berbincang-bincang santai dan bergembira. ( Communication
)
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. (Religius)
§ Menginformasikan tema yang
akan dibelajarkan yaitu tentang ”Hidup
Rukun”. (Nasionalis)
§ Guru menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan. ( Communication )
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa mengamati teks percakapan
antara Udin dan ibunya yang terdapat di Buku Siswa. Di dalam percakapan
tersebut terdapat kalimat perintah. (Mandiri)
§
Siswa menyebutkan kalimat
perintah yang terdapat dalam percakapan tersebut, kemudian menuliskannya di
tempat yang tersedia.
§
Siswa membaca kalimat yang
dituliskan secara bergiliran.
§
Siswa membuat kalimat perintah
sesuai dengan gambar percakapan.
§
Siswa melengkapi kalimat sehingga
menjadi kalimat perintah. Soal latihan pada halaman sesuai dengan KD 3.1
Bahasa Indonesia.
§
Contoh jawaban soal adalah
sebagai berikut.
ü
Masuklah ke kelas setelah bel
berbunyi!
ü
Jagalah kebersihan kelas!
ü
Tutuplah pintu setelah masuk ke
dalam ruangan!
ü
Aturlah buku-buku di rak agar
terlihat rapi!
ü
Buanglah sampah pada tempatnya!
§
Perlu diingat bahwa jawaban siswa
bisa berbeda-beda. Guru mengamati kemampuan siswa dalam melengkapi kalimat
menjadi kalimat perintah. Kalimat perintah ditandai dengan kata di awal
kalimat yang menggunakan “lah”, misalnya masuklah, tutuplah, dan bukalah.
Tanda baca yang menandai kalimat perintah adalah tanda seru “!”.
§
Siswa membaca kalimat perintah
yang sudah dibuatnya. (Rubrik Penilaian 1, Bahasa Indonesia KD 4.1) Skor:
§
Siswa mengamati gambar peralatan
yang digunakan untuk menggambar (membuat karya imajinatif). (Mandiri)
§
Siswa memasangkan gambar karya
imajinatif dengan alat mewarnai yang sesuai. Usahakan membawa alat mewarnai
seperti yang dimaksud dalam Buku Siswa. Guru memperagakan cara mewarnai
dengan alat gambar tersebut. ( Creativity and Innovation )
§
Siswa mencoba menggunakan
berbagai alat mewarnai yang dibawanya.
§
Siswa mengamati kegiatan yang
dilakukan di sekolah, misalnya menulis, membaca, bermain di halaman sekolah,
dan membersihkan kelas.
§
Siswa menggambar benda-benda atau
makhluk hidup yang berhubungan dengan kegiatan di sekolah sesuai dengan
pengalamannya. Misalnya, menggambar buku, meja, tas sekolah, tanaman di dalam
pot, sapu, ember, pohon, hewan yang dilihatnya di sekolah.
§
Siswa mewarnai gambar yang sudah
digambar dengan salah satu alat mewarnai. Guru mengamati kemampuan siswa
berpedoman pada rubrik penilaian 2 (SBDP KD 3.1 dan KD 4.1).
§
Guru memberi pengantar mengenai
kegiatan di sekolah yang dilakukan oleh para siswa. Guru mengemukakan banyak
siswa yang terdapat di sekolah tersebut.
§
Siswa mengamati gambar kumpulan
kubus yang menyatakan banyak siswa laki-laki dan banyak siswa perempuan.
§
Siswa menjumlahkan banyak siswa
yang terdapat di sekolah. (Mandiri)
§
Siswa mengamati cara menjumlah
dengan cara pendek dan cara panjang. Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk
bertanya tentang menjumlah dengan cara panjang dan cara pendek. Guru membuat
beberapa contoh agar siswa lebih memahami.
§
Siswa berlatih mengerjakan soal
seperti yang ada di Buku Siswa. (Penilaiaan Pengetahuan KD 3.1).
§
Siswa mengerjakan soal cerita
dengan menggunakan penjumlahan cara panjang. (Rubrik Penilaian 3, Matematika
KD 4.1) Skor:
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Guru menugaskan kepada siswa
untuk berdiskusi dengan orang tua mengenai contoh-contoh hidup rukun di
sekolah. (Integritas)
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah
diikuti.
§
Melakukan
penilaian hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius)
|
15 menit
|
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·
Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
·
Gambar kumpulan kubus atau
benda yang lain
·
Teks tentang hidup rukun
·
Lingkungan sekitar
·
Contoh gambar imajinatif
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH
.............................
|
GURU KELAS II
.............................
|
LAMPIRAN 1
MATERI PEMBELAJARAN
·
Menyebutkan isi teks percakapan hidup rukun yang berisi
perintah.
·
Melengkapi kalimat perintah.
·
Mengidentifikasikan alat dan bahan menggambar imajinatif.
·
Mewarnai gambar imajinatif.
·
Menyatakan kalimat matematika tentang penjumlahan
·
Menjumlahkan bilangan tiga angka dengan cara panjang dan
pendek.
PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Saintifik
2. Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
LAMPIRAN 2
Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian
Pengetahuan: Tes
c. Penilaian
Keterampilan: Unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a. Sikap
Sikap siswa
yang muncul ketika proses pembelajaran.
Contoh
Format Jurnal untuk Penilaian Sikap
b.
Pengetahuan dan Keterampilan
Skor penilaian: 100
Penilaian :
Paduan
Kontroversi Nilai :
Konversi Nilai
(skala 0-100)
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81 – 100
|
A
|
SB ( Sangat Baik )
|
66 – 80
|
B
|
B ( Baik )
|
51 – 65
|
C
|
C ( Cukup )
|
0 – 50
|
D
|
K ( Kurang )
|
Contoh
Rubrik:
1) Bahasa
Indonesia
Rubrik
Memperagakan Kalimat Perintah dengan Benar (KD 4.1)
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbi- ngan (1)
|
Kalimat
perintah
diperagakan
dengan
memerhatikan
lafal dan
intonasi yang tepat.
|
Semua
kalimat
perintah
diperagakan
dengan
benar,
tanpa
bantuan guru.
|
Ada
beberapa
kalimat
perintah
yang
diperagakan
kuran
benar,
tanpa
bantuan guru.
|
Ada
beberapa
kalimat
perintah
yang
diperagakan
kuran
benar,
dengan
bantuan guru.
|
Belum ada
kalimat
perintah
yang
diperagakan
dengan
benar,
dengan
bantuan guru.
|
Sikap yang
dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya diri.
2) SBDP
Rubrik
Penilaian Menggambar Imajinatif
Aspek/Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbi- ngan (1)
|
Pengetahuan:
Mengidentifikasi
ciri-ciri gambar
imajinatif,
minimal 3 ciri-ciri (KD 3.1)
|
Menyebutkan
3
ciri-ciri atau
lebih
dengan
benar.
|
Menyebutkan
2 ciri-ciri dengan
benar.
|
Menyebutkan
1 ciri-ciri dengan
benar,
|
Tidak
dapat
menyebutkan
ciri-ciri
dengan
benar.
|
Bahan yang
digunakan
(KD 4.1)
|
Semua
bahan
yang
digunakan
benar,
tanpa
bantuan
guru.
|
Ada bahan
yang
digunakan
belum
benar,
tanpa
bantuan
guru.
|
Ada bahan
yang
digunakan
belum
benar,
dengan
bantuan
guru.
|
Semua
bahan
yang
digunakan
belum
benar,
dengan
bantuan
guru.
|
Alat yang
digunakan
(KD 4.1)
|
Semua alat
yang
digunakan
benar,
tanpa
bantuan
guru.
|
Ada alat
yang
digunakan
belum
benar,
tanpa
bantuan
guru.
|
Ada alat
yang
digunakan
belum benar,
tanpa
bantuan
guru
|
Semua
bahan
yang
digunakan
belum
benar,
dengan bantuan
guru.
|
Komposisi
bentuk
gambar (KD
4.1)
|
Komposisi
gambar
sangat
seimbang
antara
kiri dan
kanan,
atas dan
bawah.
|
Komposisi
gambar
seimbang
antara
kiri dan
kanan,
atas dan bawah.
|
Komposisi
gambar
kurang
seimbang
|
Komposisi
gambar
tidak
seimbang.
|
Warna
gambar (KD 4.1)
|
Sangat
variatif
dan sangat
sesuai.
|
Variatif
dan
sesuai.
|
Kurang
variatif
dan kurang
sesuai.
|
Tidak
variatif
dan tidak
sesuai.
|
3)
Matematika
Melakukan
Penjumlahan dengan Teknik Pendek
Kriteria
|
Skor
|
Semua
masalah penjumlahan diselesaikan dengan benar.
|
4
|
Setengah
atau lebih masalah penjumlahan diselesaikan dengan benar
|
3
|
Kurang
dari setengah masalah penjumlahan diselesaikan dengan benar
|
2
|
Belum ada
masalahan penjumlahan yang diselesaikan dengan benar.
|
1
|
Comments