![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan Pendidikan : SDN
5 Rajamandala
Kelas / Semester :
I (Satu) / 1
Tema 1 :
Diriku
Sub Tema 2 : Tubuhku
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
(6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar (KD) :
3.3 Mengenal lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata
bahasa Indonesia atau bahasa daerah
4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia
atau bahasa daerah.
Indikator:
3.3.4 Menunjukkan huruf vokal dalam suatu kata yang terkait
dengan tubuhku
3.3.5 Menunjukkan huruf konsonan dalam suatu kata yang terkait
dengan tubuhku
4.3.4 Melafalkan huruf
vokal suatu kata yang terkait dengan tubuhku
4.3.5 Melafalkan huruf
konsonan suatu kata yang terkait dengan tubuhku
MATEMATIKA
Kompetensi Dasar (KD) :
3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun
lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
Indikator:
3.2.5 Membaca nama bilangan 1 sampai dengan 10
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan
bermain kartu huruf dan berlatih, siswa dapat menyusun hurufhuruf nama anggota
tubuh.
2.
Dengan
menirukan ucapan guru, siswa dapapt membaca nama bilangan dari lambang
bilangan 1 sampai dengan 10.
3.
Setelah
bermain kartu bilangan dan berlatih, siswa dapat membaca lambang
bilangan 1 sampai dengan 10.
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Religius)
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Tubuhku”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Menyanyikan lagu Bagimu Negeri (Nasionalis)
Guru menunjukkan kembali gambar
bagian-bagian tubuh (saat pembelajaran 1) dan menempelnya di papan tulis.
Gambar tersebut sudah dilengkapi dengan kartu nama bagian-bagian tubuh.
Guru ingin mengetahui apakah para
siswa masih ingat dengan nama bagian-bagain tubuh. Guru meminta salah seorang
siswa untuk maju ke depan kelas. Guru menyebutkan satu bagian tubuh dan
meminta siswa tersebut untuk menunjuk gambar bagian tubuh yang dimaksud serta
membaca kartu nama bagian tubuh tersebut. Setelah membaca kartu nama bagian
tubuh, siswa juga menyebutkan huruf-huruf penyusunnya. (Communication)
Guru meminta siswa yang lain lagi
untuk melakukan kegiatan yang sama dengan nama bagian tubuh yang berbeda. (Mandiri)
Guru kemudian meminta semua siswa
untuk membaca nama bagianbagian tubuh bersama-sama beserta huruf-huruf
penyusunnya. (Communication)
Guru lalu memulai permainan.
Gambar bagian-bagian tubuh tetap terpasang, tapi kartu namanya disimpan
terlebih dulu. (Gotong-royong)
Guru membagi siswa dalam beberapa
kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu huruf dari a sampai z.
Setiap kelompok diminta melihat
buku siswa di halaman 62. Bersama teman kelompok, siswa berlatih menyusun
huruf-huruf penyusun nama bagianbagain tubuh. Setelah disusun, dilafalkan
huruf-huruf penyusunnya dan menceritakan tentang banyaknya anggota tubuh
tersebut. (Literasi)
Guru berkeliling dan mengamati
kerja di setiap kelompok. Saat waktu mengerjakan selesai, guru meminta setiap
kelompok untuk maju ke depan kelas secara bergiliran. (Integritas)
Setiap kelompok menunjukkan
kartukartu huruf penyusun nama bagian tubuh. Ada anggota kelompok yang
melafalkan huruf-huruf penyusunnya dan ada yang menceritakan tentang
banyaknya bagian tubuh itu. (Gotong-royong)
Siswa lalu kembali ke tempat
duduk masing-masing dan mengerjakan latihan di buku siswa halaman 63 secara
individu. Bila telah selesai, siswa menutup buku dan kembali konsentrasi ke
guru. (Mandiri)
Guru membuat kartu lambang
bilangan 1 sampai 10.
Guru mengambil satu kartu lambang
bilangan dan menempelnya di papan tulis. Minta siswa untuk menyebutkan
lambang bilangan apa yang dimaksud.
Guru mengambil kartu lambang
bilangan yang lain dan mengulangi kegiatan seperti di no 11 sampai semua
kartu bilangan ditempel.
Guru meminta siswa untuk
mengurutkan kartu lambang bilangan tersebut dari 1 sampai dengan 10.
Satu per satu guru menempel kartu
nama untuk setiap lambang bilangan. Sambil menempel kartu nama, guru membacanya
dan meminta siswa menirukannya. Misal, “Lambang bilangan ini, dibaca satu.”
Begitu seterusnya sampai semua kartu nama bilangan selesai ditempel. (lihat
buku siswa halaman 64) (Mandiri)
Guru mengulangi lagi membaca
kartu nama bilangan dan ditirukan oleh siswa.
Guru menunjuk kartu-kartu lambang
bilangan secara acak dan minta beberapa siswa untuk membaca lambang bilangan
tersebut.
Setelah itu siswa kembali dibagi
dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu lambang
bilangan. Setiap kelompok akan bermain tebak lambang bilangan dan namanya.
(lihat buku siswa halaman 65)
Guru menyampaikan aturan
permainannya. Setiap kelompok akan mendapatkan giliran untuk memberi soal
tentang lambang dan nama bilangan serta menjawab soal. Setiap kelompok akan
maju secara bergiliran dengan cara diundi.
Kelompok yang mendapat giliran
untuk memberi soal maju ke depan kelas sedangkan yang giliran menjawab tetap
di tempatnya. Kelompok yang maju memberikan soal tentang lambang bilangan dan
namanya. Contoh: kelompok yang maju meminta kelompok yang menjawab soal untuk
membilang anggota tubuh tertentu. Kelompok yang menjawab soal menunjukkan
kartu bilangan dan menyebutkan nama bilangannya sesuai banyaknya anggota
tubuh yang dimaksud. Bisa juga kelompok pemberi soal menunjukkan kartu
bilangan tertentu, lalu kelompok yang menjawab akan menyebutkan anggota tubuh
yang memiliki jumlah sesuai dengan kartu bilangan dan membaca nama
bilangannya. (creativity and Innovation)
Kegiatan ini dilakukan sampai
semua kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal. Guru
memastikan semua lambang bilangan dari 1 sampai dengan 10 dapat dimainkan.
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari (Integritas)
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil
belajar
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran) (Religius)
|
15 menit
|
E. SUMBER,
ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Teks lagu “Kalau Kau Senang Hati”
¡ Adonan tepung sagu dengan empat warna
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP. …………………………….
|
Rajamandala, 17 Juli 2017
Guru Kelas I
_________________________
NIP. …………………………….
|
Catatan Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Lampiran 1
MATERI PEMBELAJARAN
¡ Bernyanyi sambil Bermain (Syair Lagu: Kalau Kau Senang Hati)
¡ Menjiplak Telapak Tangan
METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
Lampiran 2
Penilaian Pembelajaran
1. Penilaian Sikap: Observasi dan
pencatatan sikap siswa selama kegiatan
2. Penilaian pengetahuan:
- Tes tertulis tentang huruf penyusun
nama anggota tubuh
3. Penilaian keterampilan:
Penilaian Unjuk kerja: membilang lambang bilangan dan membaca namanya
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Predikat
|
|||
Mengidentifikasi
lambang
bilangan
1 sampai
dengan 10
|
Membaca
nama
bilangan
1 sampai
dengan 10
|
Membilang
banyaknya
benda
|
Rapi dan
teratur
|
|||
1
|
Siti
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Sangat Baik
|
2
|
Beni
|
√
|
√
|
√
|
-
|
Baik
|
3
|
|
|
|
|
|
|
PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
………
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (isian)
3. Penilaian Pengetahuan
a. Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Bernyanyi sambil Bermain
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1.
|
Penguasaan lagu
|
Siswa
hafal seluruh syair lagu, irama tepat
|
Siswa hafal seluruh syair lagu, irama kurang tepat atau sebaliknya
|
Siswa
hafal sebagian kecil syair lagu
|
Siswa
belum hafal syair lagu
|
2.
|
Kemampuan bertepuk sesuai irama lagu
|
Siswa mampu bertepuk sesuai irama lagu
|
Siswa mampu bertepuk sesuai irama pada setengah lagu atau
lebih
|
Siswa mampu bertepuk sesuai irama pada kurang dari
setengah lagu
|
Siswa
belum mampu bertepuk sesuai irama lagu
|
b. Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Mewarnai, Menggunting, dan
Menempel Pola Telapak Tangan
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1.
|
Luas pewarnaan
|
Seluruh bagian pola telapak tangan diwarnai
|
Setengah atau lebih bagian pola telapak tangan diwarnai
|
Kurang dari setengah pola telapak tangan diwarnai
|
Belum mampu
mewarnai
|
2.
|
Kerapian
dalam menggunting dan menempel
|
Pola
menggunting terlihat halus, tidak terdapat bekas lem di sekitar bidang penempelan
|
Pola menggunting terlihat halus, namun terdapat bekas lem
di sekitar bidang penempelan atau sebaliknya
|
Pola
menggunting terlihat kasar dan terdapat bekas lem di sekitar bidang penempelan
|
Belum mampu menggunting dan menempel
|
Comments