|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun
Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN 5SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : II / 1
Tema 4 : Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 1 : Hidup Bersih dan Sehat di Rumah
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
4.4 Menyajikan
penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
Matematika
3.9 Menjelaskan
ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang
4.9
Mengidentifikasi ruas garis dengan
menggunakan bangun datar dan
bangun ruang.
SBdP
3.2 Memahami
pola irama sederhana melalui lagu anakanak.
4.2 Menampilkan
pola irama sederhana melalui lagu anakanak.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
·
Menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan
lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman) dengan benar.
·
Mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat
dengan bahasa tulis secara tepat.
·
Menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat
berdasarkan teks yang dibacakan secara benar.
·
Menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan
lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar.
·
Membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat
dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·
Melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat
dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca secara rinci.
·
Menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan
sehat menggunakan ejaan yang tepat.
·
Melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan
sehat secara menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
Matematika
·
Menentukan ruas garis yang membatasi model bangun datar
secara benar.
·
Mengidentifikasi ruas garis yang membatasi model bangun
datar secara tepat..
SBdP
·
Membedakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak
menggunakan simbol dengan benar.
·
Memainkan/ menyuarakan panjang dan pendek bunyi pada lagu
anak secara benar
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat membedakan
panjang dan pendek bunyi pada lagu anak menggunakan simbol dengan benar.
¡ Dengan menirukan contoh dari guru, siswa dapat memainkan/
menyuarakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak secara benar.
¡ Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang
dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat
dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) dengan benar.
¡ Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang
berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa tulis secara tepat.
¡ Melalui bermain tebak kata, siswa dapat menemukan kosakata
yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara
benar.
¡ Melalui permainan tebak kata, siswa dapat menjelaskan makna
kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan
secara benar.
¡ Melalui penugasan, siswa dapat membaca teks pendek yang
berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
¡ Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana
tentang lingkungan sehat dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca
secara rinci.
¡ Dengan mengamati gambar dan lingkungan sekitar, siswa dapat
menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan
ejaan yang tepat.
¡ Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan
sederhana tentang lingkungan sehat secara menggunakan bahasa Indonesia yang
tepat.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan ruas garis
yang membatasi model bangun datar secara benar.
¡ Dengan penugasan, siswa dapat mengidentifikasi ruas garis
yang membatasi model bangun datar secara tepat.
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Religius)
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Aku dan Sekolahku”. (Integritas)
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. ( Communication
)
§ Sebelum masuk Pembelajaran 1, guru terlebih dahulu
menghubungkan pembelajaran dengan pengantar tema 4 dan subtema 1.
§ Siswa diberikan motivasi dengan mengamati gambar pada
pengantar tema 4 dan subtema 1, misalnya dengan mengajukan beberapa pertanyaan
seperti pada Buku Siswa.
Contoh pertanyaan yang dapat diajukan:
- Apa saja yang dilakukan Dayu dan teman-teman?
- Bagaimana menurutmu dengan kegiatan yang mereka lakukan?
- Apa kesimpulanmu terhadap kegiatan yang mereka lakukan?
§ Ketika mengajukan pertanyaan, siswa diarahkan pada
pengetahuan awal mereka dan penanaman sikap yang sesuai nilai-nilai yang
dapat diteladani melalui gambar.
§ Langkah selanjutnya, masuk pada Pembelajaran 1.
|
15 menit
|
Inti
|
§ Pada awal pembelajaran, bertanya jawab dengan siswa tentang
lagu yang pernah mereka nyanyikan atau yang mereka kuasai. ( Communication )
§ Guru bersama siswa bernyanyi bersama sesuai dengan
lagu yang dikuasai siswa. (Integritas)
§ Guru memberikan arahan tentang cara bernyanyi yang
baik sesuai dengan panjang dan pendeknya nada.
§ Langkah pertama yang harus dijelaskan adalah panjang
pendek setiap nada, misalnya seperti yang terdapat pada Buku Siswa. ( Communication )
§ Siswa diajak menyanyikan lagu “Membuang Sampah” sesuai
dengan panjang pendeknya nada. (Mandiri)
§ Jika ada siswa yang belum bisa, hendaknya dibimbing
hingga dapat mengikuti teman-temannya yang lain walaupun tentunya kemampuan
siswa dalam bernyanyi berbeda. Caranya, siswa dibagi ke dalam beberapa
kelompok, kemudian siswa dalam kelompok menyanyikan lagu secara bersama.
Dengan cara seperti ini, memantau siswa yang bisa dan yang belum bisa akan
lebih mudah.
§ Siswa ditanya tentang nilai-nilai yang dapat diteladani
melalui lagu “Membuang Sampah”. Pertanyaan yang diajukan misalnya:
1. Siapa yang tahu, apa isi lagu yang baru kita nyanyikan
tadi?
2. Mengapa kita perlu menjaga kebersihan? dan masih banyak
pertanyaan lain yang dapat diajukan.
§ Menghubungkan dengan pembelajaran bahasa Indonesia, siswa
diajak mendengarkan pembacaan teks percakapan yang akan dibacakan temannya. ( Critical
Thinking and Problem Solving )
§ Teks percakapan yang akan dibacakan ada di Buku Siswa.
§ Ketika mendengarkan teks percakapan, siswa yang lain
diminta untuk menutup bukunya agar lebih konsentrasi mendengarkan temannya. ( Literasi )
§ Bertanya jawab tentang isi percakapan yang dibacakan
teman, terutama yang berhubungan dengan amanat yang ada pada teks percakapan.
§ Pertanyaan yang dapat diajukan misalnya:
1. Apa isi teks percakapan yang kamu dengar?
2. Apa kesimpulanmu terhadap percakapan yang kamu dengar?
§ Untuk menguji kemampuan siswa dalam menyimak, siswa
diberikan beberapa pertanyaan lanjutan yang ada di Buku Siswa. (Mandiri)
§ Siswa diminta mengisi jawaban sesuai pemahaman mereka
setelah menyimak.
§ Mengoreksi kebenaran jawaban siswa dan mengulasnya lebih
jauh agar siswa tahu dengan kesalahan mereka.
§ Siswa diarahkan berdiskusi untuk mencari makna kata yang
ada pada tabel di Buku Siswa. ( Collaboration )
§ Untuk menguji kebenaran hasil diskusi mereka, siswa
diarahkan untuk mengisi latihan menjodohkan kata dengan makna yang sesuai.
§ Mengoreksi kebenaran hasil kerja siswa tentang
menjodohkan kata dengan makna yang sesuai.
§ Siswa membaca teks tentang “Rumah yang Bersih
Menyehatkan” dengan lafal dan intonasi yang tepat. ( Literasi )
§ Mengoreksi kebenaran lafal dan intonasi siswa ketika
membaca teks.
§ Menjelaskan ulang cara membaca dengan lafal dan intonasi
yang tepat. ( Communication )
§ Siswa diarahkan untuk mengamati gambar tentang lingkungan
rumah yang bersih dan sehat.
§ Bertanya jawab tentang isi gambar secara utuh.
§ Siswa diarahkan untuk menuliskan hasil pengamatan dalam
bentuk laporan sederhana. ( Critical Thinking and Problem Solving )
§ Ketika menulis laporan, siswa perlu diarahkan agar
menggunakan ejaan yang tepat agar terbiasa menulis secara tepat sejak dini.
§ Siswa membacakan laporan yang telah ditulis dengan lafal
dan intonasi yang tepat. (Mandiri)
§ Siswa diarahkan untuk mengamati gambar alat-alat
kebersihan, misalnya kemoceng, keset, ember, dan serbet.
§ Siswa diminta mengidentifikasi bentuk permukaan setiap
benda yang diamati.
§ Menentukan bangun datar yang tergolong ke dalam bangun
datar.
§ Menjelaskan bahwa permukaan keset berbentuk persegi
panjang, sedangkan serbet berbentuk persegi. ( Communication )
§ Membimbing siswa tentang ruas garis pada bangun datar.
§ Memberikan contoh bangun datar yang lebih bervariasi dan
bertanya jawab tentang ruas garis pada setiap bangun datar yang diajukan.
§ Siswa diarahkan untuk mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada Buku Siswa. (Mandiri)
§ Mengoreksi kebenaran jawaban siswa.
§ Kalau ada siswa yang belum paham tentang ruas garis pada
bangun datar, diberikan penjelasan lebih lanjut dengan harapan siswa paham
dengan baik tentang ruas garis pada bangun datar.
§ Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami.
§ Menyimpulkan pembelajaran dan memberikan penguatan
terutama berkaitan dengan sikap-sikap yang berhubungan dengan penguasaan KI-1
dan KI-2.
|
180 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari (Integritas)
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius)
|
15 menit
|
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·
Buku
Siswa Tema : Aku dan
Sekolahku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu 2013 Rev.2017Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
·
Teks
lagu “Membuang Sampah”.
·
Gambar
lingkungan rumah yang bersih dan sehat.
·
Gambar-gambar
bangun datar.
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH
.............................
|
GURU KELAS II
.............................
|
LAMPIRAN 1
MATERI PEMBELAJARAN
¡ Bernyanyi dengan memperhatikan panjang dan pendek bunyi
pada lagu.
¡ Membaca lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan
sehat di rumah.
¡ Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan lingkungan
sehat di rumah.
¡ Menemukan kosakata dan maknanya yang berhubungan dengan
lingkungan sehat di rumah.
¡ Membuat laporan sederhana tentang lingkungan sehat di
rumah.
¡ Menentukan ruas garis yang membatasi model bangun datar.
PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
LAMPIRAN 2
PENILAIAN
A. Teknik Penilaian
1. Penilaian Sikap: Observasi
2. Penilaian Pengetahuan: Tes tertulis
3. Penilaian Keterampilan: Unjuk kerja
B. Instrumen Penilaian
1. Penilaian Sikap
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√) pada
sikap setiap siswa yang terlihat!
No
|
Nama Siswa
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Santun
|
Peduli
|
Percaya Diri
|
||||||
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
T : Terlihat
BT : Belum Terlihat
2. Penilaian Pengetahuan
·
Menyebutkan
isi teks yang berhubungan dengan lingkungan rumah yang bersih.
Skor : 5
·
Menemukan
kosakata dan maknanya yang berhubungan dengan lingkungan rumah yang bersih.
Skor : 3
·
Menentukan
ruas garis yang membatasi model bangun datar.
Skor : 5
3. Penilaian Keterampilan
• Menyanyi dengan
memperhatikan panjang dan pendek bunyi pada lagu.
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Lagu penguasaan
|
Hafal seluruh syair lagu, irama
tepat
|
Hafal seluruh
syair lagu,
tetapi irama
kurang tepat
dan
sebaliknya
|
Hafal sebagian
kecil syair lagu
|
Belum mampu
menghafal
syair lagu
|
2
|
Kepercayaan
Diri
|
Tidak terlihat ragu-ragu
|
Terlihat raguragu
|
Memerlukan bantuan guru
|
Belum
menunjukkan
kepercayaan
diri
|
• Membaca lancar teks yang
berhubungan dengan lingkungan rumah yang bersih.
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Membaca
Teks
|
Siswa mampu
membaca
keseluruhan
teks
|
Siswa mampu
membaca
setengah atau
lebih bagian
teks
|
Siswa mampu
membaca
kurang dari
setengah
bagian teks
|
Siswa belum
mampu
membaca teks
|
2
|
Pemahaman
Isi teks
|
Mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu
menjawab
setengah
atau lebih
pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu
menjawab
kurang dari
setengah
pertanyaan
yang diajukan
|
Belum mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang diajukan
|
• Membuat laporan sederhana
tentang lingkungan rumah yang bersih dan sehat.
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kelengkapan isi laporan
|
Isi laporan
lengkap
|
Isi laporan
mencakup
sebagian
besar isi
gambar
|
Isi laporan
hanya
mencakup
sebagian kecil
isi gambar
|
Isi laporan
belum sesuai
dengan isi
gambar
|
2
|
Tampilan
|
Tulisan jelas,
rapi, dan
bersih
|
Tulisan jelas,
tetapi kurang
rapi atau
bersih
|
Tulisan kurang
jelas
|
Tulisan tidak
bisa dibaca
|
REMEDIAL
·
Mengulas
kembali pembelajaran tentang cara bernyanyi dengan memperhatikan panjang
pendeknya nada, menuliskan laporan tentang lingkungan rumah yang sehat, dan
sebagainya.
·
Menjelaskan
kembali cara membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·
Membahas
kembali materi tentang ruas garis pada bangun datar, jika ada siswa yang belum
paham.
PENGAYAAN
·
Siswa
diminta menyanyikan lagu yang lain sesuai dengan panjang pendeknya nada pada
lagu.
·
Menugaskan
siswa mengamati ciri-ciri rumah bersih dan sehat yang ada di sekitar tempat
tinggal mereka.
·
Mengamati
benda-benda berbentuk bangun datar yang lain di rumah, kemudian menentukan ruas
garisnya dengan tepat.
Comments