RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 Tema 4 Sub tema 1 kelas 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)



Satuan Pendidikan       :     SDN 5SUKAHURIP 02
Kelas / Semester            :     II / 1
Tema 4                             :     Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 1                    :     Hidup Bersih dan Sehat di Rumah
Pembelajaran Ke           :     1
Alokasi Waktu                :     1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
4.4 Menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

Matematika
3.9 Menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang
4.9 Mengidentifikasi ruas garis dengan menggunakan bangun datar dan bangun ruang.

SBdP
3.2 Memahami pola irama sederhana melalui lagu anakanak.
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anakanak.




C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
·         Menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) dengan benar.
·         Mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa tulis secara tepat.
·         Menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar.
·         Menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar.
·         Membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·         Melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca secara rinci.
·         Menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan ejaan yang tepat.
·         Melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat secara menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.

Matematika
·         Menentukan ruas garis yang membatasi model bangun datar secara benar.
·         Mengidentifikasi ruas garis yang membatasi model bangun datar secara tepat..

SBdP
·         Membedakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak menggunakan simbol dengan benar.
·         Memainkan/ menyuarakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak secara benar

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat membedakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak menggunakan simbol dengan benar.
¡  Dengan menirukan contoh dari guru, siswa dapat memainkan/ menyuarakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak secara benar.
¡  Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) dengan benar.
¡  Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa tulis secara tepat.
¡  Melalui bermain tebak kata, siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar.
¡  Melalui permainan tebak kata, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar.
¡  Melalui penugasan, siswa dapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
¡  Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca secara rinci.
¡  Dengan mengamati gambar dan lingkungan sekitar, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan ejaan yang tepat.
¡  Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat secara menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
¡  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan ruas garis yang membatasi model bangun datar secara benar.
¡  Dengan penugasan, siswa dapat mengidentifikasi ruas garis yang membatasi model bangun datar secara tepat.

v  Karakter siswa yang diharapkan :            Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas


E.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Religius)
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Aku dan Sekolahku”. (Integritas)
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. ( Communication )
§  Sebelum masuk Pembelajaran 1, guru terlebih dahulu menghubungkan pembelajaran dengan pengantar tema 4 dan subtema 1.
§  Siswa diberikan motivasi dengan mengamati gambar pada pengantar tema 4 dan subtema 1, misalnya dengan mengajukan beberapa pertanyaan seperti pada Buku Siswa.
Contoh pertanyaan yang dapat diajukan:
- Apa saja yang dilakukan Dayu dan teman-teman?
- Bagaimana menurutmu dengan kegiatan yang mereka lakukan?
- Apa kesimpulanmu terhadap kegiatan yang mereka lakukan?
§  Ketika mengajukan pertanyaan, siswa diarahkan pada pengetahuan awal mereka dan penanaman sikap yang sesuai nilai-nilai yang dapat diteladani melalui gambar.
§  Langkah selanjutnya, masuk pada  Pembelajaran 1.
15 menit
Inti
§  Pada awal pembelajaran, bertanya jawab dengan siswa tentang lagu yang pernah mereka nyanyikan atau yang mereka kuasai. ( Communication )
§  Guru bersama siswa bernyanyi bersama sesuai dengan lagu yang dikuasai siswa. (Integritas)
§  Guru memberikan arahan tentang cara bernyanyi yang baik sesuai dengan panjang dan pendeknya nada.
§  Langkah pertama yang harus dijelaskan adalah panjang pendek setiap nada, misalnya seperti yang terdapat pada Buku Siswa. ( Communication )
§  Siswa diajak menyanyikan lagu “Membuang Sampah” sesuai dengan panjang pendeknya nada. (Mandiri)
§  Jika ada siswa yang belum bisa, hendaknya dibimbing hingga dapat mengikuti teman-temannya yang lain walaupun tentunya kemampuan siswa dalam bernyanyi berbeda. Caranya, siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok, kemudian siswa dalam kelompok menyanyikan lagu secara bersama. Dengan cara seperti ini, memantau siswa yang bisa dan yang belum bisa akan lebih mudah.
§  Siswa ditanya tentang nilai-nilai yang dapat diteladani melalui lagu “Membuang Sampah”. Pertanyaan yang diajukan misalnya:
1.    Siapa yang tahu, apa isi lagu yang baru kita nyanyikan tadi?
2.    Mengapa kita perlu menjaga kebersihan? dan masih banyak pertanyaan lain yang dapat diajukan.
§  Menghubungkan dengan pembelajaran bahasa Indonesia, siswa diajak mendengarkan pembacaan teks percakapan yang akan dibacakan temannya. ( Critical Thinking and Problem Solving )
§  Teks percakapan yang akan dibacakan ada di Buku Siswa.
§  Ketika mendengarkan teks percakapan, siswa yang lain diminta untuk menutup bukunya agar lebih konsentrasi mendengarkan temannya. ( Literasi )
§  Bertanya jawab tentang isi percakapan yang dibacakan teman, terutama yang berhubungan dengan amanat yang ada pada teks percakapan.
§  Pertanyaan yang dapat diajukan misalnya:
1.    Apa isi teks percakapan yang kamu dengar?
2.    Apa kesimpulanmu terhadap percakapan yang kamu dengar?
§  Untuk menguji kemampuan siswa dalam menyimak, siswa diberikan beberapa pertanyaan lanjutan yang ada di Buku Siswa. (Mandiri)
§  Siswa diminta mengisi jawaban sesuai pemahaman mereka setelah menyimak.
§  Mengoreksi kebenaran jawaban siswa dan mengulasnya lebih jauh agar siswa tahu dengan kesalahan mereka.
§  Siswa diarahkan berdiskusi untuk mencari makna kata yang ada pada tabel di Buku Siswa. ( Collaboration )
§  Untuk menguji kebenaran hasil diskusi mereka, siswa diarahkan untuk mengisi latihan menjodohkan kata dengan makna yang sesuai.
§  Mengoreksi kebenaran hasil kerja siswa tentang menjodohkan kata dengan makna yang sesuai.
§  Siswa membaca teks tentang “Rumah yang Bersih Menyehatkan” dengan lafal dan intonasi yang tepat. ( Literasi )
§  Mengoreksi kebenaran lafal dan intonasi siswa ketika membaca teks.
§  Menjelaskan ulang cara membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat. ( Communication )
§  Siswa diarahkan untuk mengamati gambar tentang lingkungan rumah yang bersih dan sehat.
§  Bertanya jawab tentang isi gambar secara utuh.
§  Siswa diarahkan untuk menuliskan hasil pengamatan dalam bentuk laporan sederhana. ( Critical Thinking and Problem Solving )
§  Ketika menulis laporan, siswa perlu diarahkan agar menggunakan ejaan yang tepat agar terbiasa menulis secara tepat sejak dini.
§  Siswa membacakan laporan yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat. (Mandiri)
§  Siswa diarahkan untuk mengamati gambar alat-alat kebersihan, misalnya kemoceng, keset, ember, dan serbet.
§  Siswa diminta mengidentifikasi bentuk permukaan setiap benda yang diamati.
§  Menentukan bangun datar yang tergolong ke dalam bangun datar.
§  Menjelaskan bahwa permukaan keset berbentuk persegi panjang, sedangkan serbet berbentuk persegi. ( Communication )
§  Membimbing siswa tentang ruas garis pada bangun datar.
§  Memberikan contoh bangun datar yang lebih bervariasi dan bertanya jawab tentang ruas garis pada setiap bangun datar yang diajukan.
§  Siswa diarahkan untuk mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada Buku Siswa. (Mandiri)
§  Mengoreksi kebenaran jawaban siswa.
§  Kalau ada siswa yang belum paham tentang ruas garis pada bangun datar, diberikan penjelasan lebih lanjut dengan harapan siswa paham dengan baik tentang ruas garis pada bangun datar.
§  Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami.
§  Menyimpulkan pembelajaran dan memberikan penguatan terutama berkaitan dengan sikap-sikap yang berhubungan dengan penguasaan KI-1 dan KI-2.
180 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari (Integritas)
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius)
15 menit
F.      SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
·         Buku Siswa Tema : Aku dan Sekolahku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu 2013 Rev.2017Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
·         Teks lagu “Membuang Sampah”.
·         Gambar lingkungan rumah yang bersih dan sehat.
·         Gambar-gambar bangun datar.
MENGETAHUI
                          KEPALA SEKOLAH                         




.............................

GURU KELAS II





.............................



LAMPIRAN 1

MATERI PEMBELAJARAN
¡  Bernyanyi dengan memperhatikan panjang dan pendek bunyi pada lagu.
¡  Membaca lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan sehat di rumah.
¡  Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan lingkungan sehat di rumah.
¡  Menemukan kosakata dan maknanya yang berhubungan dengan lingkungan sehat di rumah.
¡  Membuat laporan sederhana tentang lingkungan sehat di rumah.
¡  Menentukan ruas garis yang membatasi model bangun datar.


PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah





























LAMPIRAN 2
PENILAIAN
A. Teknik Penilaian
1. Penilaian Sikap: Observasi
2. Penilaian Pengetahuan: Tes tertulis
3. Penilaian Keterampilan: Unjuk kerja
B. Instrumen Penilaian
1. Penilaian Sikap
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√) pada sikap setiap siswa yang terlihat!
No
Nama Siswa
Jujur
Disiplin
Tanggung Jawab
Santun
Peduli
Percaya Diri
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
1













2













3













T : Terlihat
BT : Belum Terlihat
2. Penilaian Pengetahuan
·         Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan lingkungan rumah yang bersih.
Skor : 5
·         Menemukan kosakata dan maknanya yang berhubungan dengan lingkungan rumah yang bersih.
Skor : 3
·         Menentukan ruas garis yang membatasi model bangun datar.
Skor : 5
3. Penilaian Keterampilan
• Menyanyi dengan memperhatikan panjang dan pendek bunyi pada lagu.
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Lagu penguasaan
Hafal seluruh syair lagu, irama tepat
Hafal seluruh
syair lagu,
tetapi irama
kurang tepat
dan sebaliknya
Hafal sebagian
kecil syair lagu
Belum mampu
menghafal
syair lagu
2
Kepercayaan
Diri
Tidak terlihat ragu-ragu
Terlihat raguragu
Memerlukan bantuan guru
Belum
menunjukkan
kepercayaan
diri



• Membaca lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan rumah yang bersih.
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Membaca
Teks
Siswa mampu
membaca
keseluruhan
teks
Siswa mampu
membaca
setengah atau
lebih bagian
teks
Siswa mampu
membaca
kurang dari
setengah
bagian teks
Siswa belum
mampu
membaca teks
2
Pemahaman
Isi teks
Mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang diajukan
Mampu
menjawab
setengah
atau lebih
pertanyaan
yang diajukan
Mampu
menjawab
kurang dari
setengah
pertanyaan
yang diajukan
Belum mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang diajukan
• Membuat laporan sederhana tentang lingkungan rumah yang bersih dan sehat.
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kelengkapan isi laporan
Isi laporan
lengkap
Isi laporan
mencakup
sebagian
besar isi
gambar
Isi laporan
hanya
mencakup
sebagian kecil
isi gambar
Isi laporan
belum sesuai
dengan isi
gambar
2
Tampilan
Tulisan jelas,
rapi, dan
bersih
Tulisan jelas,
tetapi kurang
rapi atau
bersih
Tulisan kurang
jelas
Tulisan tidak
bisa dibaca












REMEDIAL
·         Mengulas kembali pembelajaran tentang cara bernyanyi dengan memperhatikan panjang pendeknya nada, menuliskan laporan tentang lingkungan rumah yang sehat, dan sebagainya.
·         Menjelaskan kembali cara membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·         Membahas kembali materi tentang ruas garis pada bangun datar, jika ada siswa yang belum paham.


PENGAYAAN
·         Siswa diminta menyanyikan lagu yang lain sesuai dengan panjang pendeknya nada pada lagu.
·         Menugaskan siswa mengamati ciri-ciri rumah bersih dan sehat yang ada di sekitar tempat tinggal mereka.
·         Mengamati benda-benda berbentuk bangun datar yang lain di rumah, kemudian menentukan ruas garisnya dengan tepat.





Comments