RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun
Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : II / 1
Tema 4 : Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 3 : Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan konsep tentang
lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga
kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks
tulis, lisan, dan visual.
4.4 Menyajikan
penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil
pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan
sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan,
dan visual.
Matematika
3.9 Menjelaskan
ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang.
4.9 Mengidentifikasi ruas garis dengan
menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang.
SBdP
3.1 Memahami
karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
4.1 Membuat
karya gambar imajinatif dua dan tiga dimensi
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
·
Menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan
(dapat dibantu dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
·
Mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat.
·
Menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang
dibacakan dengan benar.
·
Menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang
dibacakan dengan benar.
·
Membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang
tepat.
·
Melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan pedoman isi teks yang
telah dibaca dengan benar.
·
Menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan ejaan yang tepat.
·
Melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan bahasa Indonesia yang
tepat..
Matematika
·
Menentukan ruas garis yang membatasi model bangun ruang
dengan benar.
·
Mengidentifikasi ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan tepat.
SBdP
·
Mengidentifikasi ciri-ciri karya gambar imajinatif dengan benar.
·
Mengidentifikasi alat dan bahan menggambar imajinatif dengan benar.
·
Mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan menggambar dengan benar.
·
Mengidentifikasi langkah-langkah menggambar imajinatif dengan benar.
·
Menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang dilihatnya dengan benar.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Melalui
tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat
menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman) secara tepat.
·
Melalui
penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa tulis
secara tepat.
·
Melalui
diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang
dibacakan dengan benar.
·
Melalui
diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat
berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
·
Melalui
penugasan, siswa dapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang
tepat.
·
Melalui
penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan pedoman isi teks yang
telah dibaca dengan benar.
·
Melalui
penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan
ejaan yang tepat.
·
Melalui
penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan
bahasa Indonesia yang tepat.
·
Dengan
mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya gambar imajinatif dengan benar.
·
Melalui
tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan menggambar imajinatif dengan benar.
·
Melalui
tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan menggambar dengan benar.
·
Melalui
tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah menggambar imajinatif dengan benar.
·
Melalui
penugasan, siswa dapat menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang dilihatnya dengan benar.
·
Dengan
mengamati berbagai bentuk bangun ruang, siswa dapat menentukan ruas garis yang membatasi model bangun ruang
dengan benar.
·
Dengan
mengamati gambar model bangun ruang, siswa dapat mengidentifikasi ruas garis yang membatasi model bangun
ruang dengan tepat.
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Religius)
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Lingkungan Sekolahku”. (Integritas)
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. (
Communication )
|
15 menit
|
Inti
|
§
Sebelum masuk Pembelajaran 1, guru terlebih dahulu
menghubungkan pembelajaran dengan pengantar subtema 3 yaitu hidup
bersih dan sehat di tempat bermain. ( Communication )
§
Siswa dimotivasi dengan mengamati gambar pada pengantar
subtema 3, misalnya dengan mengajukan beberapa pertanyaan seperti
pada buku Siswa. Pertanyaan yang dapat diajukan misalnya:
§
Kegiatan apa saja yang dilakukan Dayu dan teman-temannya?
§
Mengapa mereka melakukan kegiatan itu?
§
Apakah kamu setuju dengan kegiatan yang mereka lakukan?
§
Ketika mengajukan pertanyaan, siswa diarahkan pada
pengetahuan awal mereka dan penanaman sikap yang dapat diteladani melalui
gambar.
§
Langkah selanjutnya, barulah dibahas materi yang ada pada Pembelajaran
1.
§
Pada awal pembelajaran, siswa mendengarkan teman membacakan
teks percakapan yang berhubungan dengan hidup bersih di tempat
bermain.
§
Bertanya jawab tentang isi percakapan secara umum.
Pertanyaan yang dapat diajukan misalnya: “Apa isi percakapan Dayu dan
teman-teman?” dan “Sikap apa yang dapat ditiru dari percakapan Dayu dan
temanteman?”.
§
Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks
percakapan yang didengar sebelumnya. (Mandiri)
§
Guru dan siswa bersama-sama mengoreksi kebenaran jawaban
yang dibuat siswa.
§
Memberikan penguatan terhadap jawaban siswa dan
mengarahkannya agar senantiasa menjaga
kebersihan lingkungan di manapun berada.
§
Siswa mendiskusikan makna kata yang berhubungan dengan
teks percakapan sebelumnya, misalnya
saja kata indah, nyaman, dan rindang. ( Collaboration )
§
Ketika berdiskusi, siswa hendaknya dibimbing penuh oleh
guru karena kata yang dicari maknanya mungkin
saja kata yang baru pertama kali ia dengar.
(Gotong-royong)
§
Untuk memantapkan pemahaman siswa, diberikan soal
menjodohkan tentang kata dan makna kata yang
sesuai.
§
Mengoreksi kebenaran hasil kerja siswa dalam kelompok.
§
Memberikan penguatan terhadap hasil kerja siswa dalam
menemukan makna kata.
§
Siswa membaca teks yang berhubungan dengan tempat bermain
yang bersih dan sehat dengan lafal dan
intonasi yang tepat. ( Literasi )
§
Bertanya jawab tentang isi teks yang dibaca. Pertanyaan
yang dapat diajukan misalnya: “Apa isi
teks yang kamu baca?” dan “Apa kesimpulanmu terhadap isi teks?”.
§
Siswa mengamati gambar yang berhubungan dengan ciri
tempat bermain yang bersih dan sehat.
§
Bertanya jawab tentang isi teks, terutama yang
berhubungan dengan ciri tempat bermain yang bersih dan
sehat. Pertanyaan yang dapat diajukan misalnya:
“Bagaimana keadaan tempat bermain Dayu dan temanteman?” dan “Bersihkah tempat bermain mereka?”. ( Critical Thinking and Problem
Solving )
§
Siswa menuliskan laporan hasil pengamatan tentang ciri
tempat bermain yang bersih dan sehat. (Mandiri)
§
Siswa diberikan arahan tentang penggunaan ejaan yang
tepat ketika menulis laporan.
§
Siswa membacakan laporan hasil pengamatan yang telah
ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§
Siswa mengamati gambar dua dimensi, misalnya gambar,
lukisan, dan sulaman.
§
Bertanya jawab tentang gambar. Pertanyaan yang dapat
diajukan misalnya: “Gambar apa yang kamu
amati?” dan “Tahukah kamu alat dan bahan yang digunakan untuk
membuat gambar tersebut?”.
§
Siswa mengamati gambar alat dan bahan yang dapat
digunakan untuk membuat gambar dua dimensi,
misalnya: pensil, penggaris, rautan pensil, crayon, cat air dan kuas, dan buku gambar.
§
Siswa diberikan arahan cara menggunakan alat dan bahan,
serta langkah-langkah dalam membuat
gambar dua dimensi.
§
Siswa membuat gambar dua dimensi tentang benda-benda atau lingkungan di sekitar. ( Creativity and Innovation )
§
Ketika membuat gambar dua dimensi, siswa hendaknya
dibimbing agar membuat gambar secara
proporsional dan kombinasi warna yang sesuai.
§
Memberikan penguatan dan motivasi terhadap gambar siswa.
§
Siswa mengamati gambar Dayu berupa susunan kubus
menyerupai jenjang dan mengarahkannya dengan
unsur bangun ruang.
§
Siswa menemukan ruas garis pada kubus. (Mandiri)
§
Memberikan penguatan terhadap pemahaman siswa tentang
ruas garis pada bangun ruang.
§
Siswa menyelesaikan soal-soal evaluasi yang berhubungan
dengan menemukan ruas garis pada
berbagai bentuk bangun ruang, misalnya: balok, prisma
tegak segiempat, dan prisma tegak segitiga.
§
Mengoreksi kebenaran jawaban siswa.
§
Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
§
Memberikan motivasi dan penguatan terhadap prestasi
belajar siswa.
§
Menyimpulkan dan menutup materi pembelajaran.
|
180 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari (Integritas)
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius)
|
15 menit
|
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·
Buku
Siswa Tema : Aku dan
Sekolahku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu 2013 Rev.2017Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
·
Gambar-gambar
yang berhubungan dengan tempat bermain yang sehat.
·
Gambar
yang berhubungan dengan gambar imajinatif.
·
Gambar
dan model bangun ruang.
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH
.............................
|
GURU KELAS II
.............................
|
LAMPIRAN 1
MATERI PEMBELAJARAN
·
Membaca
lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan sehat di tempat bermain.
·
Menyebutkan
isi teks yang berhubungan dengan lingkungan sehat di tempat bermain.
·
Menemukan
kosakata dan maknanya yang berhubungan dengan lingkungan sehat di tempat
bermain.
·
Membuat
laporan sederhana tentang lingkungan sehat di tempat bermain.
·
Menggambar
imajinatif dua dimensi.
·
Menentukan
ruas garis yang membatasi model bangun ruang.
PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan
dan ceramah
LAMPIRAN 2
PENILAIAN
A. Teknik Penilaian
1. Penilaian Sikap: Observasi
2. Penilaian Pengetahuan: Tes
3. Penilaian Keterampilan: Unjuk kerja
B. Instrumen Penilaian
1. Penilaian Sikap
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√) pada sikap setiap siswa yang
terlihat!
No
|
Nama Siswa
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Santun
|
Peduli
|
Percaya Diri
|
||||||
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
Keterangan:
T : Terlihat
BT : Belum Terlihat
2. Penilaian Pengetahuan
•
Menyebutkan
isi teks yang berhubungan dengan tempat bermain yang bersih dan sehat.
Skor : 5
•
Menemukan
kosakata dan maknanya yang berhubungan dengan tempat bermain yang bersih dan sehat.
Skor : 3
•
Menentukan
ruas garis yang membatasi model bangun ruang.
Skor : 5
3. Penilaian Keterampilan
•
Membaca
lancar teks yang berhubungan dengan tempat bermain yang bersih dan sehat.
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Membaca Teks
|
Siswa mampu
membaca
keseluruhan
teks
|
Siswa mampu
membaca
setengah atau lebih bagian teks
|
Siswa mampu
membaca
kurang dari
setengah
bagian teks
|
Siswa belum
mampu
membaca teks
|
2
|
Pemahaman
Isi teks
|
Mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu
menjawab
setengah
atau lebih
pertanyaan yang diajukan
|
Mampu
menjawab
kurang dari
setengah
pertanyaan
yang diajukan
|
Belum mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang diajukan
|
Membuat
laporan sederhana tentang tempat bermain yang bersih dan
sehat.
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kelengkapan
isi laporan
|
Isi laporan
lengkap
|
Isi laporan
mencakup
sebagian besar isi gambar
|
Isi laporan
hanya
mencakup
sebagian kecil
isi gambar
|
Isi laporan
belum sesuai
dengan isi
gambar
|
2
|
Tampilan
|
Tulisan jelas,
rapi, dan
bersih
|
Tulisan jelas,
tetapi kurang
rapi atau
bersih
|
Tulisan kurang
jelas
|
Tulisan tidak
bisa dibaca
|
Menggambar imajinatif dua dimensi
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Bentuk objek
(Representasi
objek)
|
Tampilan
gambar jelas,
rapi, dan
bersih
|
Tampilan
gambar jelas,
tetapi kurang
rapi atau
kurang bersih
|
Tampilan
gambar
kurang jelas
dan kurang
rapi atau
kurang bersih
|
Tampilan
gambar tidak
jelas dan tidak
rapi atau tidak
bersih
|
2
|
Komposisi
(susunan
garis, bentuk,
dan warna)
|
Susunan garis,
bentuk, dan
warna sangat
serasi
|
Susunan garis,
bentuk, dan
warna serasi
|
Susunan garis,
bentuk, dan
warna kurang
serasi
|
Susunan garis,
bentuk, dan
warna tidak
serasi
|
3
|
Teknik
|
Sangat efektif
menggunakan
alat dan bahan
|
Efektif
menggunakan
alat dan bahan
|
Kurang efektif
menggunakan
alat dan bahan
|
Tidak efektif
menggunakan
alat dan bahan
|
REMEDIAL
•
Menjelaskan
kembali materi tentang lingkungan sehat bagi siswa yang belum paham.
•
Mengulas
kembali dan membimbing siswa tentang cara membuat gambar imajinatif bagi siswa
yang belum mampu membuatnya.
•
Mengulas
kembali materi tentang menentukan ruas garis yang membatasi setiap model bangun
ruang
PENGAYAAN
•
Menugaskan
siswa bermain peran tentang kesehatan lingkungan.
•
Menugaskan
siswa mengembangkan lebih lanjut gambar imajinatif yang telah dibuatnya dengan
kreasi yang lebih bervariasi.
•
Menugaskan
siswa menemukan berbagai bentuk bangun ruang yang lain di lingkungan sekitar,
kemudian menentukan ruas garis yang membatasi setiap model bangun ruang.
Comments