![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan Pendidikan : SDN
5 Rajamandala
Kelas / Semester :
I (Satu) / 1
Tema 1 :
Diriku
Sub Tema 2 : Tubuhku
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
(6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
3.3 Mengenal lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata
bahasa Indonesia atau bahasa daerah
4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia
atau bahasa daerah.
Indikator:
3.3.6 Menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang
bermakna yang terkait dengan tubuhku.
4.3.6 Menggunakan huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang
bermakna dalam kalimat yang terkait dengan dengan tubuhku
PPKn
Kompetensi Dasar (KD) :
1.1 Menerima keberagaman karakteristik
individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan
hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2 Menghargai kebersamaan dalam
keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan
sekolah
2.2
Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan seharihari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Indikator:
3.2.6 Menyebutkan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan menjaga kesehatan tubuh di rumah
MATEMATIKA
Kompetensi Dasar (KD) :
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat
Indikator:
4.2.5 Menuliskann bilangan (1 sampai dengan 10) sesuai dengan banyak anggota kumpulan objek yang diberikan
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan membaca nyaring, siswa dapat melafalkan huruf
vokal dan konsonan.
2.
Setelah membaca nyaring, siswa dapat membaca kata tentang
anggota tubuh.
3.
Dengan berlatih, siswa dapat menulis lambang bilangan
sesuai nama dan banyaknya kumpulan objek yang diberikan.
4.
Dengan berolahraga secara teratur, siswa dapat menjaga
kesehatan tubuhnya.
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas
D. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Religius)
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Tubuhku”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Menyanyikan lagu berkibarlah benderaku (Nasionalis)
·
Guru membaca kata-kata di kertas/karton sambil menunjuk
kata yang dimaksud. Guru juga membaca kata yang dimaksud dengan cara mengeja
huruf penyusun kata, per suku kata lalu per huruf. Siswa menirukannya.
·
Guru mengulangi membaca nyaring ini sebanyak 3 kali. Guru
lalu meminta beberapa siswa untuk maju ke depan kelas. (Mandiri)
·
Setelah itu guru mengganti kertas/karton kata dengan
kartu bilangan beserta namanya.
·
Kembali guru dan siswa membaca bersama-sama nama bilangan
sesuai dengan lambangnya.
·
Siswa lalu berlatih menuliskan lambang bilangan sesuai
dengan namanya. Jika siswa mengalami kesulitan untuk membaca nama bilangan,
bisa melihat kartu lambang bilangan dan namanya yang ditempel di papan tulis.
Siswa bisa mengidentifikasi huruf-huruf penyusun nama bilangan yang ada di
soal dan mencocokkannya dengan nama bilangan yang ditempel di papan tulis.
Siswa lalu menuliskan lambang bilangannya. (lihat buku siswa di halaman 69)
·
Siswa juga berlatih menuliskan lambang bilangan sesaui
dengan banyaknya anggota tubuh. (lihat buku siswa di halaman 70) (Mandiri)
·
Setelah belajar di dalam kelas, guru mengajak siswa untuk
beraktifitas di luar kelas.
·
Siswa bersama-sama akan melakukan kegiatan olahraga. Guru
menyampaikan informasi mengenai pentingnya berolahraga untuk menjaga
kesehatan tubuh.
·
Pertama, siswa melakukan pemanasan dengan berjalan
keliling lapangan sekolah. Lalu siswa berkumpul di tengah lapangan dan
membentuk barisa. Siswa menggerakkan anggota tubuh, seperti kepala, kaki dan
tangan agar otot tubuh tidak kaku. Gerakan tubuh saat pemanasan menirukan
gerakan guru. (Integritas)
·
Setelah pemanasan, siswa diminta memilih pasangan.
Perempuan dengan perempuan, laki-laki dengan laki-laki. Setiap pasangan
diminta bergandengan tangan. Semua pasangan berdiri berjajar di satu sisi
lapangan. ( Collaboration)
·
Guru memberikan aba-aba dengan meniup peluit. Saat
aba-aba terdengar, siswa berlari lurus menuju sisi lapangan yang lain bersama
pasangannya dan kembali lagi ke sisi lapangan semula. (Mandiri)
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari. (Integritas)
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. (Communication)
Melakukan penilaian hasil
belajar
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran) (Religius)
|
15 menit
|
E. SUMBER,
ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Kapur tulis untuk
menggambar sarana bermain Tapak Gunung
¡ Gambar kegiatan sehari-hari yang menggunakan kaki
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP. …………………………….
|
Rajamandala, 17 Juli 2017
Guru Kelas I
_________________________
NIP. …………………………….
|
Catatan Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Lampiran1
MATERI PEMBELAJARAN
¡ Tapak Gunung (Permainan Menggunakan Gerakan Kaki)
¡ Mengamati Gambar dan Mendiskusikan Hasil Pengamatan Gambar
METODE
PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
Lampiran 2
Penilaian
Pembelajaran
1.
Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
2.
Penilaian pengetahuan:
- Tes
tertulis
3.
Penilaian keterampilan:
a. Penilaian Unjuk kerja: membaca nyaring
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Predikat
|
|||
Menirukan
ucapan
guru
tentang
kata
penyusun
tubuh
|
Membaca
kata per suku
kata dan
huruf
|
Membaca
dengan suara
nyaring
|
Rapi dan
teratur
|
|||
1
|
Siti
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Sangat Baik
|
2
|
Beni
|
√
|
√
|
√
|
-
|
Baik
|
3
|
|
|
|
|
|
|
b. Penilaian Unjuk kerja: menulis lambang bilangan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Predikat
|
|||
Mengidentifikasi
lambang
bilangan
|
Membaca
nama
bilangan
|
Membilang
banyaknya
benda
|
Menuliskan
lambang
bilangan
|
|||
1
|
Siti
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Sangat Baik
|
2
|
Beni
|
√
|
√
|
√
|
-
|
Baik
|
3
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan Pengayaan
1. Siswa menyusun huruf-huruf penyusun nama bagian-bagian
tubuh secara mandiri tanpa melihat kartu nama yang telah dibuat oleh guru.
2. Siswa mengeksplorasi panca indera dengan cara: Mengamati
dan mengidentifikasi benda apa saja yang ada di kelas
Ø
Meraba tekstur benda di sekitar kelas
dengan kulit
Ø
Mencium aroma tanaman yang ada di
kelas (jika ada)
Ø Mengecap rasa dari berbagai jenis makanan/buah/sayur
yang telah disediakan oleh guru
Kegiatan Remedial
1. Guru membantu siswa mengenal bagian-bagian tubuh:
Ø Guru membentangkan gambar bagain tubuh
Ø
Siswa mengamati gambar tersebut
Ø
Siswa mengikuti ucapan guru untuk
menyebutkan nama bagian tubuh
Ø
Siswa melihat bagian tubuh yang
ditunjuk oleh guru saat guru menyebutkan nama bagian tubuh tersebut
2. Guru membantu
siswa mengenal panca indera dan fungsinya
Ø Guru membentangkan gambar panca indera
Ø Siswa mengamati gambar tersebut
Ø Siswa mengikuti ucapan guru untuk menyebutkan nama panca
indera dan fungsinya
Ø Siswa menunjuk panca indera sendiri saat guru
menyebutkan nama panca indera tersebut
3. Guru membantu siswa membaca lambang
dan nama bilangan
Ø Guru menyusun kartu bilangan dari 1 sampai dengan 10
secara berurutan
Ø Siswa menirukan guru membaca nama bilangan dari 1 sampai
dengan 10 saat guru menunjukkan lambang bilangannya
Ø Guru lalu menunjukkan kartu nama bilangan
Ø Siswa menirukan ucapan guru saat dibacakan nama
bilangannya
Ø Satu per satu guru memasangkan nama bilangan dan
lambangnya serta cara mengucapkannya.
Ø Siswa diminta mengulangi sendiri, satu per satu
berulang-ulang mulai dari bilangan 1 sampai dengan 10.
PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
………
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (isian)
3. Penilaian Pengetahuan
a. Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Mewarnai, Menggunting, dan
Menempel Pola Telapak Tangan
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1.
|
Kemampuan melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki
dalam permainan engklek
|
Siswa mampu melakukan gerakan dengan keseimbangan kaki.
|
Siswa 1—2 kali menunjukkan ketidakseimbangan kaki
|
Siswa 3—4 kali menunjukkan ketidakseimbangan kaki
|
Siswa belum mampu melakukan gerakan dengan keseimbangan
kaki.
|
2.
|
Kemampuan mengikuti aturan permainan
|
Siswa melakukan gerakan sesuai dengan tahapan permainan
|
Siswa 1—2 kali melanggar tahapan permainan
|
Siswa 3—4 kali melanggar tahapan permainan
|
Siswa belum mampu mengikuti tahapan permainan
|
b. Penilaian : Unjuk Kerja
Lembar Pengamatan Mengamati Gambar dan
Mendiskusikan
No.
|
Kriteria
|
Terlihat (v)
|
Belum Terlihat (v)
|
1.
|
Keaktifan dalam berdiskusi
|
|
|
2.
|
Kemampuan memberikan contoh-contoh aktivitas yang terkait dengan
penggunaan kaki
|
|
|
Remedial:
1. Guru melakukan
remedial jika masih ada siswa yang belum mampu menyebutkan nama-nama anggota
tubuh.
2. Guru memberikan
remedial membaca.
3. Guru melakukan
remedial bagi siswa yang masih belum lancar membaca teks deskriptif yang sudah
dipelajari.
4. Guru disarankan
melakukan remedial untuk siswa yang belum mampu menulis nama-nama anggota tubuh
yang dipelajari.
Refleksi guru:
¡ Hal-hal apa saja yang perlu menjadi perhatian Bapak/Ibu
selama pembelajaran?
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
¡ Siswa mana saja yang perlu mendapatkan perhatian khusus?
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
¡ Hal-hal apa saja menjadi catatan keberhasilan pembelajaran
yang telah Bapak/Ibu lakukan?
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
¡ Hal-hal apa saja yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
agar pembelajaran yang Bapak/Ibu lakukan
menjadi lebih efektif?
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
Comments