![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan Pendidikan : SDN
SUKAHURIP 02
Kelas / Semester :
I (Satu) / 1
Tema 1 :
Diriku
Sub Tema 2 : Tubuhku
Pembelajaran : 2
AlokasiWaktu : 1 x Pertemuan
(6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)& INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
Kompetensi
Dasar (KD) :
3.4 Mengenal kosa kata tentanganggota tubuh dan pancaindera serta perawatannyamelalui
teks pendek (berupagambar, tulisan, slogansederhana, dan atau syairlagu)
4.4 Menjelaskan dengan kosakatan yang tepat tentanganggota tubuh dan
pancaindera serta perawatannya(berupa gambar dan tulisan)dalam bahasa Indonesia
lisandan tulisan.
Indikator:
3.4.1 Menjodohkan gambar dankata anggota tubuh dengantepat
4.4.1 Menggunakan kosa katatentang anggota tubuhdengan tepat dalam
bahasalisan atau tulisan
PJOK
Kompetensi
Dasar (KD) :
3.8 Memahami bagian-bagiantubuh, bagian tubuh yangboleh dan tidak
bolehdisentuh orang lain, caramenjaga kebersihannya, dankebersihan pakaian.
4.8 Menceritakan bagianbagiantubuh, bagian tubuhyang boleh dan tidak
bolehdisentuh orang lain, caramenjaga kebersihannya, dankebersihan pakaian
Indikator:
3.8.1 Mengidentifikasi bagian-bagiantubuh
4.8.1 Menceritakan guna bagian-bagiantubuh
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Denganbermain “GuruBerkata”,
siswadapatmenunjukkananggotatubuhnya.
2. Denganberkumpulbersama teman,
siswadapatmenceritakangunabagian-bagaintubuh.
3. Denganberlatih, siswadapatmengidentifikasibagian-bagiantubuh
dankegunaannya.
4. Denganmenirukanucapanguru, siswadapatmenggunakankosa
katatentang panca indera.
5. Denganberlatih, siswadapatmenjodohkan gambar panca indera
danbacaannya.
v Karaktersiswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru memberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut
agama dankeyakinanmasing-masing. (Religius)
Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian,
posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Tubuhku”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Mengajak siswa membaca bacaan Tubuh Manusia (Literasi)
·
Setelah siswa paham aturan permainannya, maka guru bisa langsung
memulai permainan “Guru berkata”.
·
Guru bisa mengamati siswa yang dapat mengikuti dan tidak
dapat mengikuti permainan tersebut. Ada dua kemungkinan. Pertama konsentrasi
siswa belum sepenuhnya ke guru atau siswa belum dapat menunjukkan
bagian-bagian tubuh yang dimaksud. (Mandiri)
·
Setelah permainan selesai, guru menanyakan kepada siswa
bagaimana perasaan mereka setelah mengikuti permainan tersebut. Apakah ada
yang sulit? Bagian mana? (Communication)
·
Guru lalu membagi siswa dalam beberapa kelompok. Masing-masing
kelompok ditugaskan untuk berdiskusi dan bercerita tentang bagianbagian
anggota tubuh beserta kegunaannya. (lihat buku siswa halaman 45). (Mandiri)
·
Guru memberi waktu 15 menit kepada setiap kelompok.
Setelah itu, guru meminta perwakilan dari setiap kelompok untuk bercerita
tentang hasil kerja kelompoknya, yaitu menceritakan tentang bagian-bagian
anggota tubuh beserta kegunaannya. (Communication)
·
Guru mengamati kegiatan tersebut untuk mencari tahu
seberapa banyak yang bisa diketahui siswa tentang bagian-bagian tubuh serta
kegunaannya.
·
Setelah semua perwakilan kelompok selesai bercerita, guru
melengkapi informasi tentang bagian-bagian anggota tubuh beserta kegunaannya.
Sebagai penguatan, kemudian siswa diminta mengerjakan latihan di buku siswa
halaman 46. (Critical Thinking and
Problem Solving)
·
Siswa diminta kembali ke bangku masing-masing.
·
Guru lalu menyampaikan informasi bahwa bagian-bagian
tubuh tertentu ada yang memiliki kegunaan khusus. Bagian-bagian tubuh
tersebut dinamakan panca indera.
·
Guru meminta siswa mengamati buku siswa halaman 47. Guru
bertanya pada siswa, kegiatan apa saja yang kira-kira dilakukan oleh
anak-anak pada gambar di buku siswa halaman 47? Anggota tubuh apa yang
digunakan pada kegiatan pada gambar tersebut? (Critical Thinking and Problem Solving)
·
Guru mengapresiasi jawaban-jawaban siswa yang beragam.
·
Guru lalu menjelaskan tentang panca indera.
·
Setelah itu, guru menunjukkan gambar bagian-bagian panca
indera dan menempelnya di papan tulis lengkap dengan nama dan kegunaannya.
(lihat buku siswa halaman 48).
·
Guru lalu meminta siswa melihat ke buku siswa halaman 48.
Guru meminta siswa menirukan ucapan guru saat membacakan kalimat di halaman
tersebut tentang panca indera dan kegunaannya. Kegiatan inidiulang beberapa
kali. (Mandiri)
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari(creativity and Innovation)
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukanpenilaianhasilbelajar
MenyanyikanLaguSyukur(Nasionalis)
Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut
agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)(Religius)
|
15 menit
|
E. SUMBER,
ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Gambar anggotatubuh yang sudahdilengkapidengannama-namanya
¡ Gambar anggotatubuh yang belumdilengkapidengannama-namanya
¡ Kartu nama-nama anggota tubuh (lima set)
¡ Gambarbagian-bagiantubuh (disiapkanoleh guru)
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP. …………………………….
|
Sukahurip, 17 Juli 2017
Guru Kelas I
_________________________
NIP. …………………………….
|
Catatan KepalaSekolah :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Lampiran 1
MATERI PEMBELAJARAN
¡ Membaca Nama-nama Anggota Tubuh
¡ Menyusun Potongan-Potongan Gambar Anggota Tubuh (Puzzle)
METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
lampiran 2
PenilaianPembelajaran:
1.
PenilaianSikap: Observasidanpencatatansikapsiswaselamakegiatan
2.
Penilaianpengetahuan:
-
Testertulistentangbagian-bagianpancaindera.
3.
Penilaianketerampilan:
a. Penilaian: Unjukkerja: kerjakelompokberceritatentangbagian-bagiantubuhdankegunaannya.
No.
|
NamaSiswa
|
Kriteria
|
Predikat
|
|||
Melakukan
tanya-jawab
dengan
teman
kelompok
|
Berceritadengan
temankelompok
tetangsalah
satubagian
tubuhdan
kegunannya
|
Mendengarkan
teman
yang
sedang
berbicara
|
Berani
dan
percaya
diri
|
|||
1
|
Siti
|
√
|
√
|
√
|
√
|
SangatBaik
|
2
|
Beni
|
√
|
√
|
-
|
-
|
Cukup
|
3
|
…..
|
|
|
|
|
|
b. Penilaian: Unjukkerja:
mengikutipermainan “Guru berkata”
Kriteria
|
Baiksekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
PerluPendampingan
1
|
1. Kemampuanmengikutisebuahpermainantentanganggotatubuh
|
Siswamampumengikutipermainantentanganggotatubuhdenganmandiri
|
Siswamampumengikutipermainantentanganggotatubuhdenganarahan
guru satu kali
|
Siswamampumengikutipermainantentanganggotatubuhdenganarahandari
guru lebihdarisatu kali
|
Siswabelummampumengikutipermainantentanganggotatubuhkelas
|
2.Kemampuan menjalankanperaturanpadapermainan
|
Siswamampumelakukanpermainansesuaidenganinstruksitanpapengarahanulang
|
Siswamampumelakukanpermainansesuaiaturantetapidengan1 kali
arahanulang
|
Siswamampumelakukanpermainansesuaiaturan,
tetapidenganlebihdari 1 kali arahanulang
|
Siswabelummampumelakukanpermainansesuaidenganaturan
|
PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
………
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
BT :
BelumTerlihat
MT : MulaiTerlihat
MB : MulaiBerkembang
SM : SudahMembudaya
Berilahtandacentang (P) padakolom yang sesuai
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (isian)
3. Penilaian Pengetahuan
a. Penilaian : Unjuk Kerja
Kegiatan Memasangkan Nama-nama Anggota
Tubuh
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1.
|
Ketepatan memasangkan nama anggota tubuh dengan gambar
|
Semua tepat
|
Tepat 5—7
|
Tepat 3—4
|
Tepat 0—2
|
2.
|
Ketepatan waktu penyelesaian tugas
|
Selesai sebelum waktu yang ditentukan
|
Selesai tepat
waktu
|
Terlambat maksimal
5 menit
|
Terlambat lebih
dari 5 menit
|
b. Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Menyusun Potongan Gambar
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1.
|
Ketepatan menyusun
potongan gambar
|
Memasang ke-6
potongan gambar
dengan tepat
|
Memasangkan 4-5
potongan gambar
dengan tepat
|
Memasangkan 2-3
potongan gambar
dengan tepat
|
Hanya memasangkan 1
potongan gambar.
|
2.
|
Ketepatan waktu
penyelesaian tugas
|
Selesai sebelum waktu
yang ditentukan
|
Selesai tepat waktu
|
Terlambat maksimal
5 menit
|
Terlambat lebih
dari 5 menit
|
3.
|
Kerja sama kelompok
|
Seluruh anggota
kelompok
Berpartisipasi aktif
|
Setengah atau lebih
anggota kelompok
berpartisipasi aktif
|
Kurang dari setengah
anggota kelompok
berpartisipasi aktif
|
Seluruh anggota
kelompok terlihat
pasif
|
Comments