|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun
Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN 5 Rajamandala
Kelas /
Semester : II / 1
Tema 2 : Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 1 : Bermain di Lingkungan Rumah
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
(KD)
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan
kosakata dan
konsep tentang keragaman
benda berdasarkan
bentuk dan wujudnya
dalam bahasa Indonesia
atau bahasa daerah
melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.2 Melaporkan
penggunaan kosakata
bahasa Indonesia
yang tepat atau
bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
Matematika
3.4 Menjelaskan
perkalian dan
pembagian yang melibatkan
bilangan cacah
dengan hasil kali sampai
dengan 100 dalam
kehidupan seharihari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
4.4 Menyelesaikan
masalah perkalian
dan pembagian yang
melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan seharihari serta mengaitkan perkalian dan pembagian
SBdP
3.2 Mengenal pola
irama sederhana
melalui lagu anak-anak.
4.2 Menampilkan pola
irama sederhana
melalui lagu anak-anak.
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
·
Menyebutkan
isi teks pendek yang dibacakan dengan tepat.
·
Membaca
kembali teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
Matematika
·
Menyatakan
kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian dengan benar.
·
Menyatakan
perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar.
·
Menghitung
hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dengan tepat
SBdP
·
Membedakan
panjang pendek nada pada lagu anak menggunakan simbol dengan benar.
·
Menyanyikan
lagu anak dengan memperhatikan panjang dan pendek nada pada lagu dengan benar.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat membedakan panjang
pendek nada pada lagu anak menggunakan simbol dengan benar.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat menyanyikan lagu anak
dengan memperhatikan panjang dan pendek nada pada lagu dengan benar.
¡ Dengan mendengarkan guru membaca teks “Bermain Perahu
Kertas”, siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan tepat.
¡ Dengan menggunakan teks “Bermain Perahu Kertas”, siswa
dapat membaca kembali teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
¡ Dengan mengamati contoh dan bimbingan guru, siswa dapat
menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian dengan benar.
¡ Dengan berdiskusi, siswa dapat menyatakan perkalian dua
bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat menghitung hasil kali
dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dengan tepat.
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Religius)
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Bermain di lingkunganku”. (Integritas)
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. (
Communication )
|
10 menit
|
Inti
|
§
Pada awal pembelajaran, siswa diarahkan untuk mengamati
gambar “Beni dan Tiur yang sedang bermain perahu kertas”.
§
Siswa diarahkan oleh guru untuk mengajukan pertanyaan
menggunakan kata tanya siapa, mengapa, di mana, bagaimana, dan kapan
berdasarkan gambar yang diamati.
§
Siswa lain diminta menjawab pertanyaan yang diajukan.
§
Berdasarkan gambar, siswa menceritakan pengalamannya
dalam bermain perahu kertas.
§
Guru membimbing siswa menyanyikan lagu “Berdayung”.
§
Sebelum menyanyi, terlebih dahulu dijelaskan bahwa dalam
bernyanyi harus memperhatikan nada.
§
Siswa diminta membaca teks yang berkaitan dengan panjang
pendek nada. ( Literasi )
§
Guru menjelaskan cara menyanyikan nada 2 ketuk dan 1
ketuk pada lagu.
§
Guru membimbing siswa menyanyikan lagu “Berdayung” dengan
benar. (Integritas)
§
Siswa menyanyikan lagu “Berdayung” dengan memperhatikan
panjang pendek nada. (Nasionalis)
§
Siswa berdiskusi menentukan nada 2 ketuk dan 1 ketuk pada
lagu dengan menggunakan simbol. ( Collaboration )
§
Dalam hal ini guru memberikan bimbingan kepada siswa yang
mengalami kesulitan.
§
Hasil diskusi disampaikan di depan kelas dan kepada siswa
diarahkan untuk saling memberikan komentarnya. (Gotong-royong)
§
Guru membacakan teks “Bermain Perahu Kertas” dan siswa
diarahkan untuk mendengarkan dengan saksama.
§
Siswa menceritakan isi teks yang telah didengarnya secara
lisan di depan kelas, kemudian siswa lain diminta untuk memberikan tanggapan. ( Literasi )
§
Siswa membaca kembali teks “Bermain Perahu Kertas”.
§
Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks
bacaan. (Mandiri)
§
Siswa memperhatikan contoh penyelesaian masalah perkalian
yang dimulai dengan penjumlahan berulang. Fokus guru: dalam memberikan contoh
di awal diharuskan menggunakan benda konkret terlebih dahulu.
§
Guru menjelaskan konsep perkalian sebagai penjumlahan
berulang. ( Communication )
§
Siswa diarahkan untuk menyelesaikan beberapa masalah
sederhana yang berkaitan dengan perkalian dengan menggunakan benda konkret. (Mandiri)
§
Siswa berdiskusi dengan teman sebangku untuk
menyelesaikan sebuah soal yang berkaitan dengan konsep perkalian. (
Collaboration )
§
Siswa diminta menyampaikan hasil diskusinya kepada
teman-temannya.
§
Siswa saling menanggapi hasil diskusi yang telah
disampaikan. ( Critical Thinking and Problem Solving )
§
Siswa menyelesaikan beberapa soal yang berkaitan dengan
perkalian. (Mandiri)
§
Siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal
diberikan bimbingan oleh guru.
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari (Integritas)
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius)
|
15 menit
|
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Gambar Beni dan Tiur bermain perahu kertas
¡ Teks lagu “Berdayung”
¡ Teks “Bermain Perahu Kertas”.
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH
.............................
|
GURU KELAS II
.............................
|
LAMPIRAN 1
MATERI PEMBELAJARAN
¡ Menyanyikan lagu dengan memperhatikan panjang pendek
nada pada lagu.
¡ Membedakan panjang pendek nada pada lagu anak.
¡ Menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan berkaitan
dengan keragaman benda.
¡ Membaca kembali teks pendek yang berkaitan dengan
keragaman benda
¡ Mengubah penjumlahan berulang ke dalam bentuk perkalian.
PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
LAMPIRAN 2
Penilaian
A. Teknik Penilaian
1. Penilaian Sikap: Lembar
Observasi
2. Penilaian Pengetahuan: Tes
3. Penilaian Keterampilan: Unjuk
Kerja
B. Bentuk Instrumen Penilaian
1. Sikap
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√) pada
sikap setiap siswa yang terlihat.
No
|
Nama Siswa
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Santun
|
Peduli
|
Percaya Diri
|
||||||
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
T
: Terlihat
BT : Belum Terlihat
2. Pengetahuan
Skor maksimal : 100
Penilaian :
Panduan Konversi Nilai:
Konversi Nilai
(Skala 0-100)
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SB (Sangat Baik)
|
66-80
|
B
|
B (Baik)
|
51-65
|
C
|
C (Cukup)
|
0-50
|
D
|
K (Kurang)
|
a. Menentukan panjang pendek nada
dengan menggunakan simbol
b. Menjawab pertanyaan
berdasarkan teks “Bermain Perahu Kertas”
1. Kertas, baskom, dan air.
2. Perahu yang
telah selesai dibuat diapungkan di air, kemudian perahu dapat berlayar dengan bantuan
angin.
c. Penilaian
kemampuan pemecahan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan berulang
1. 1 + 1 + 1 = 3 × 1 = 3 (skor
15)
2. 4 + 4 + 4 = 3 × 4 = 12 (skor
15)
3. 2 + 2 + 2 + 2 = 4 × 2 = 8
(skor 15)
4. 4 + 4 + 4 + 4 = 4 × 4 = 16
(skor 15)
5. Kalimat perkalian: 2 × 5 = 5 +
5 = 10 (skor 40)
3. Keterampilan
a. Menyanyikan lagu anak
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penguasaan
Lagu
|
Hafal seluruh
syair lagu,
irama tepat
|
Hafal seluruh
syair lagu,
irama, irama
kurang tepat dan sebaliknya
|
Hafal sebagian
kecil syair lagu
|
Belum mampu
menghafal
syair lagu
|
2
|
Kepercayaan
Diri
|
Tidak terlihat
ragu-ragu
|
Terlihat raguragu
|
Memerlukan
bantuan guru
|
Belum
menunjukkan
kepercayaan
diri
|
b. Membaca teks bacaan dengan
lafal dan intonasi yang tepat
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Membaca Teks
|
Siswa mampu
membaca
keseluruhan
teks dengan
lafal dan
intonasi yang
tepat
|
Siswa mampu
membaca
setengah atau lebih bagian teks
dengan
lafal dan
intonasi yang tepat
|
Siswa mampu
membaca
kurang dari
setengah
bagian teks
dengan lafal
dan intonasi
yang tepat
|
Siswa belum
mampu
membaca teks
|
2
|
Pemahaman Isi
teks
|
Mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu
menjawab
setengah
atau lebih
pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu
menjawab
kurang dari
setengah
bagian teks
|
Belum mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang diajukan
|
Remedial
•
Guru membahas kembali materi tentang perkalian sebagai
penjumlahan berulang bagi siswa yang belum paham.
•
Guru membimbing siswa secara rutin khususnya siswa yang
belum dapat membaca dengan lancar karena akan berpengaruh pada proses
pembelajaran selanjutnya.
•
Guru membimbing siswa yang belum mampu menentukan panjang
pendek nada pada lagu menggunakan simbol.
Pengayaan
•
Guru memberikan soal-soal yang lebih bervariasi tentang
perkalian bagi siswa yang telah mampu menyelesaikan soal-soal sebelumnya dengan
baik.
•
Guru memberikan tugas lanjutan bagi siswa yang telah
mampu membaca teks dengan lancar.
•
Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah
mampu menentukan panjang pendek nada pada lagu dengan menggunakan simbol.
Comments