RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 Tema 1 sub tema 4 kelas 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)



Satuan Pendidikan            :     SDN 5 Rajamandala
Kelas / Semester                :     II / 1
Tema 1                              :     Hidup Rukun
Sub Tema 4                       :     Hidup Rukun di Masyarakat
Pembelajaran Ke               :     1
Alokasi Waktu                  :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun

SBdP
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan bahan buatan dalam berkarya
4.4 Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan

Matematika
3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
4.3 Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan




C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
·         Melakukan penjumlahan dua bilangan cara panjang dengan tepat.
·         Melakukan penjumlahan dua bilangan dengan cara pendek dengan tepat.

SBdP
·         Mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami dengan benar.
·         Mengidentifikasi bahan alami dan alat untuk membuat karya hiasan dengan benar.
·         Mengidentifikasi cara menggunakan bahan alami dan alat untuk membuat karya hiasan dengan benar.
·         Mengidentifkasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan benar.
·         Membuat karya hiasan dari bahan alami dengan benar

Matematika
·         Melakukan penjumlahan dua bilangan cara panjang dengan tepat.
·         Melakukan penjumlahan dua bilangan dengan cara pendek dengan tepat.
·         Melakukan pengurangan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dengan tepat.
·         Melakukan pengurangan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara pendek dengan tepat.
·         Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan penjumlahan dengan tepat

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
·         Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan isi teks cerita yang berisi penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak dengan benar.
·         Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan kembali penolakan dalam teks cerita yag disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.
·         Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami dengan benar.
·         Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifikasi bahan alami dan alat untuk membuat karya hiasan dengan benar.
·         Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan bahan alami dan alat untuk membuat karya hiasan dengan benar.
·         Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifkasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan benar.
·         Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat membuat karya hiasan dari bahan alami dengan benar.
·         Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan penjumlahan dua bilangan cara panjang dengan tepat.
·         Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan penjumlahan dua bilangan dengan cara pendek dengan tepat.
·         Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan pengurangan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dengan tepat.
·         Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan pengurangan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara pendek dengan tepat.
·         Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan penjumlahan dengan tepat.

v  Karakter siswa yang diharapkan :     Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas



E.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Religius)
§  Siswa mengamati gambar tentang gotong royong warga membersihkan lingkungan tempat tinggal. Siswa memperoleh pemahaman mengenai hidup rukun di masyarakat. Guru juga dapat membawa gambar lain atau foto-foto yang menggambarkan kegiatan gotong royong warga. ( Communication )
§  Siswa menandai gambar-gambar di Buku Siswa yang menunjukkan kerukunan di masyarakat. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang kegiatan seperti itu yang pernah dilihatnya di lingkungan sekitar.
§  Siswa dipancing untuk bercerita mengenai hal tersebut. Guru membimbing dengan pertanyaan agar siswa mau bercerita.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Hidup Rukun”. (Nasionalis)
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
§  Siswa mendengarkan guru membaca teks berjudul Membuang Sampah di Tempat Sampah. ( Literasi )
§  Siswa mengamati kalimat yang menunjukkan kalimat ajakan. (Mandiri)
§  Siswa menemukan kalimat ajakan yang terdapat pada teks.
§  Siswa mengulang kembali kalimat ajakan tersebut.
§  Siswa menemukan kalimat yang menolak ajakan tersebut.
§  Siswa menyebutkan kalimat yang diucapkan Udin ketika menolak ajakan Badu.
§  Siswa memberi contoh kejadian yang dialami ketika menolak ajakan teman.
§  Siswa menuliskan kalimat penolakan pada tempat yang tersedia.
§  Guru mengamati kemampuan siswa dalam menemukan dan menyebutkan kalimat penolakan. (Bahasa Indonesia KD 3.1 dan KD 4.1)
§  Siswa mengamati gambar percakapan Udin dan Badu.
§  Siswa mengurutkan gambar menjadi sebuah cerita.
§  Siswa menuliskan angka di samping gambar yang menunjukkan urutan cerita. ( Critical Thinking and Problem Solving )
§  Siswa mengamati gambar prakarya hasil karya Udin, Edo, dan Siti.
§  Siswa memasangkan hasil prakarya tersebut dengan bahan dan alat yang sesuai.
§  Siswa menuliskan bahan dan alat yang digunakan untuk membuat setiap prakarya tersebut.
§  Pada subtema ini, siswa akan membuat prakarya dari biji-bijian. Pembuatan prakarya ini akan dilakukan pada Pembelajaran 1, 3, dan 4. Pada Pembelajaran 1 ini siswa diperkenalkan mengenai alat, bahan, dan cara membuat prakarya. ( Creativity and Innovation )
§  Siswa membuat hiasan dengan biji-bijian.
§  Siswa menyiapkan bahan dan alat untuk membuat kreasi.
~~Bahan: lem, biji kacang hijau
~~Alat: kertas karton putih, pensil, penghapus, lem
§   Siswa mengikuti langkah-langkah kegiatan:
~~membuat sketsa
~~menyempurnakan sketsa
~~menempelkan biji kacang hijau sesuai gambar
§  Kegiatan ini diawali dengan berlatih menempel biji kacang hijau pada gambar tunggal, misalnya lingkaran atau kotak.
§   Pada pembelajaran berikut akan dilanjutkan membuat gambar yang lebih lengkap dan biji-bijian yang beraneka ragam. (Penilaian SBdP KD 3.4 dan 4.4)
§  Guru memberi pengantar mengenai prakarya yang dibuat oleh Udin berasal dari biji-bijian. ( Communication )
§  Siswa menuliskan bilangan tiga angka yang ditunjukkan oleh gambar kubus satuan.
§  Siswa berlatih menghitung selisih biji-bijian yang digunakan dengan operasi pengurangan.
§  Siswa berlatih menentukan jumlah dan selisih bilangan. (Penilaian Matematika KD 3.3)
§  Siswa mengerjakan latihan yang ada di Buku Siswa.
150 menit
Penutup
§  Guru menugaskan kepada siswa untuk mencari contoh-contoh prakarya yang terbuat dari bahan alami. Contoh tersebut dapat berupa gambar atau karya asli. Orang tua membantu mencari contoh-contoh tersebut melalui gambargambar di majalah atau internet. (Integritas)
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius)
15 menit
F.      SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
·         Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
·         Teks cerita tentang hidup rukun
·         Gambar tentang hidup rukun
·         Kumpulan benda konkret atau gambar kumpulan benda
·         Gambar hiasan dari bahan alami
MENGETAHUI
                          KEPALA SEKOLAH                         




.............................

GURU KELAS II





.............................



LAMPIRAN 1

MATERI PEMBELAJARAN
·         Menyebutkan isi teks cerita yang berisi penolakan.
·         Menuliskan kalimat penolakan
·         Mengidentifikasi bahan dan alat untuk membuat untuk membuat karya hiasan dari bahan alami.
·         Membuat sketsa gambar hiasan dari bahan alami.
·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan dua bilangan cacah tiga angka.

PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
1.     Pendekatan        : Saintifik
2.      Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
































LAMPIRAN 2
Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap: Lembar observasi
b. Penilaian Pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a. Sikap
Sikap siswa yang muncul ketika proses pembelajaran.
Contoh Format Jurnal untuk Penilaian Sikap
b. Pengetahuan dan Keterampilan
Skor penilaian: 100

Penilaian :
Paduan Kontroversi Nilai :
Konversi Nilai
(skala 0-100)
Predikat
Klasifikasi
81 – 100
A
SB ( Sangat Baik )
66 – 80
B
B ( Baik )
51 – 65
C
C ( Cukup )
0 – 50
D
K ( Kurang )
Contoh Rubrik:
1) Bahasa Indonesia
Pengetahuan: Menyebutkan kalimat penolakan yang ada di dalam teks.
Kriteria
Skor
Dapat menyebutkan semua kalimat penolakan di dalam teks dengan benar, tanpa bantuan guru.
4
Ada kalimat penolakan yang disebutkan belum benar, tanpa bantuan guru.
3
Ada kalimat penolakan yang disebutkan belum benar, dengan bantuan guru.
2
Belum ada kalimat penolakan yang disebutkan dengan benar, dengan bantuan guru.
1
Rubrik Menulis Kalimat Penolakan dengan Benar (KD 4.1)







Aspek/Kriteria
Skor
4
3
2
1
Kalimat
penolakan
diperagakan
dengan
memerhatikan
lafal dan intonasi yang tepat.
Semua kalimat
penolakan
diperagakan
dengan benar,
tanpa bantuan
guru.
Ada beberapa
kalimat
penolakan yang
diperagakan
kuran benar,
tanpa bantuan
guru.
Ada beberapa
kalimat
penolakan yang
diperagakan
kuran benar,
dengan bantuan
guru.
Belum ada
kalimat
penolakan yang
diperagakan
dengan benar,
dengan bantuan
guru.
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya diri.

2) SBdP
Rubrik Unjuk Produk Membuat Karya Hiasan dari Biji-Bijian
Aspek/Kriteria
Skor
4
3
2
1
Bahan dan alat
Dapat
menentukan
semua bahan
dan alat dengan
benar, tanpa
bantuan guru
Ada beberapa
bahan dan
alat yang
masih kurang,
namun dapat
menentukan
tanpa bantuan
guru.
Ada beberapa
bahan dan
alat yang
masih kurang,
walaupun
dibantu oleh
guru.
Tidak dapat
menentukan
bahan dan alat
yang digunakan
dengan benar
meskipun
dibantu oleh
guru.
Komposisi bentuk
Bentuk sangat
sesuai dengan
pola yang
dibuat.
Bentuk sesuai
dengan pola
yang dibuat.
Bentuk kurang
sesuai dengan
pola yang
dibuat.
Bentuk tidak
sesuai dengan
pola yang
dibuat.
Warna
Warna yang
digunakan
sangat sesuai
dan variatif
Warna yang
digunakan
sesuai dan
variatif.
Warna yang
digunakan
kurang sesuai
dan kurang
variatif
Warna yang
digunakan tidak
sesuai dan tidak
variatif.
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah tanggung jawab.
3) Matematika
Melakukan Operasi Pengurangan
Kriteria
Skor
Semua masalah pengurangan diselesaikan dengan benar.
4
Setengah atau lebih masalah pengurangan diselesaikan dengan benar.
3
Kurang dari setengah masalah pengurangan diselesaikan dengan benar.
2
Belum ada masalahan pengurangan yang diselesaikan dengan benar.
1
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah teliti.
Catatan: Rubrik penilaian sebagai panduan bagi guru untuk mengamati ketercapaian kompetensi dasar. Nilainya tidak harus selalu dicatat setiap hari di dalam daftar nilai.



Comments