|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun
Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN 5 Rajamandala
Kelas /
Semester : II / 1
Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 2 : Tugasku Sehari-Hari di Sekolah
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis,
lisan, visual
dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.3 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis,
lisan, dan
visual.
Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang
SBdP
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari.
4.3 Meragakan gerak keseharian dan alam dalam tari.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
¡ Memahami isi teks berkaitan lingkungan geografis sekolah.
¡ Menemukan kosakata berkaitan lingkungan geografis sekolah.
¡ Menemukan makna kosakata berkaitan lingkungan geografis
sekolah.
Matematika
¡ Mampu menghitung nilai sekelompok pecahan uang.
¡ Mampu menukar nilai sekelompok pecahan uang yang setara.
SBdP
¡ Memahami gerak tari.
¡ Melakukan gerak tari.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan mengamati gambar denah sekolah yang disajikan, siswa
mampu memahami isi teks berkaitan lingkungan geografis sekolah.
¡ Dengan mengamati gambar denah sekolah yang disajikan, siswa
mampu menemukan kosakata berkaitan lingkungan geografis sekolah.
¡ Dengan mengamati gambar denah sekolah yang disajikan, siswa
mampu menemukan makna kosakata berkaitan lingkungan geografis sekolah.
¡ Melalui teks “Uang Saku” pada pembelajaran 1 yang
disajikan, siswa mampu menghitung nilai sekelompok pecahan uang.
¡ Melalui teks “Uang Saku” pada pembelajaran 1 yang
disajikan, siswa mampu menukar nilai sekelompok pecahan uang yang setara.
¡ Dengan mencermati isi teks yang disajikan, siswa mampu
memahami gerak tari.
¡ Dengan mencermati isi teks yang disajikan, siswa mampu
melakukan gerak tari.
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Religius)
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Tugasku Sehari-Hari”. (Mandiri)
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. (
Communication )
|
15 menit
|
Inti
|
§
Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara
klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan menerangkan maksud isi
teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari dalam
subtema 2. ( Communication )
§
Siswa mengamati gambar yang menunjukkan tugas sehari-hari di
sekolah. (Mandiri)
§
Siswa diberi kesempatan mengamati dan menganalisis gambar
secara cermat.
§
Gunakan rubrik pengamatan gambar untuk mengetahui tingkat
pencapaian siswa.
§
Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar denah
sekolah Siti (mengamati).
§
Siswa mengamati gambar letak sekolah Siti (mengamati).
§
Siswa mengamati teks “Letak Sekolah Siti” (mengamati).
§
Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek
pemahaman siswa.
− Di mana letak sekolah Siti?
− Mengapa Siti harus tahu letak sekolahnya?
− Bagaimana kondisi sekitar
sekolah Siti?
§
Pertanyaan-pertanyaan tersebut mengarahkan pemahaman
tentang lingkungan geografis sekolah Siti. ( Communication )
§
Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang
hasil pengamatannya.
§
Kegiatan ini melatih siswa untuk menumbuhkan rasa ingin
tahu mereka.
§
Siswa diminta menulis pertanyaan di kertas dan ditempel,
kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaannya. (
Collaboration )
§
Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya
secara klasikal.
§
Siswa diminta mengamati gambar denah SDN Nusantara 01.
§
Guru mendampingi siswa dalam melakukan pengamatan.
§
Guru menguatkan kembali pengertian arah kanan, kiri, dan
depan.
§
Siswa membaca teks dengan benar. Guru memberikan contoh
terlebih dahulu bagaimana cara membaca dengan benar. ( Literasi )
§
Guru dapat menunjuk siswa secara bergantian untuk membaca
teks.
§
Guru dapat mencatat siswa yang sangat lambat membaca dan
siswa yang sudah sangat lancar membaca.
§
Untuk siswa kelas 2 kompetensi membaca nyaring adalah sebagai
berikut:
1. Membaca dengan suara terang dan
jelas.
2. Membaca dengan penuh perasaan dan
ekspresi.
3. Membaca dengan lancar dan tidak
terbata-bata.
4. Menguasai tanda baca sederhana
a.
titik (.)
b.
koma (,)
c.
tanda tanya (?)
d.
tanda seru (!)
§
Siswa mengerjakan latihan berdasarkan teks bacaan di
atas. (Mandiri)
§
Apabila siswa mengalami kesulitan, guru membimbing siswa
memahami isi teks terlebih dahulu.
§
Jawaban:
1. Jalan Nusantara Nomor 10
2. Sawah
3. Rumah warga
4. Toko alat tulis
5. Fotokopi
6. 5 kilometer
7. Diantar orang tua, berjalan kaki,
angkutan umum.
8. Toko alat tulis dan rumah warga
9. Toko alat tulis, rumah warga, dan
fotokopi
10. Rumah warga
§
Guru membimbing siswa mengamati lingkungan sekolah. ( Critical
Thinking and Problem Solving )
§
Siswa diminta mencatat nama tempat-tempat di sekitar sekolah.
− Di depan sekolah terdapat : …
− Di sebelah kiri sekolah terdapat : …
− Di sebelah kanan sekolah terdapat : …
− Di belakang sekolah terdapat : …
§
Guru membimbing siswa menggambar denah sekolah. Guru
menjelaskan cara menggambar denah dimana utara terletak di bagian atas media
gambar (gunakan empat arah mata angin). (Mandiri)
§
Guru mengenalkan berbagai pecahan uang logam. (
Communication )
§
Guru lebih baik membawa uang logam asli seperti gambar,
agar siswa dapat lebih memahami Menghitung Pecahan Uang
§
Guru memberikan contoh cara menghitung pecahan uang. (
Communication )
§
Lakukan perhitungan sederhana terlebih dahulu, kemudian
ditingkatkan.
§
Setelah memahami semua cara menghitung pecahan uang,
siswa mencoba pada Buku Siswa. (Mandiri)
§
Guru membimbing siswa melakukan gerakan dasar tari
menanam jagung berdasarkan gambar. ( Communication )
§
Gerakan dilakukan dengan diiringi lagu menanam jagung.
|
180 menit
|
Penutup
|
§
Dengan bantuan orang tuanya, siswa mengenal letak sekolah
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari (Integritas)
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius)
|
15 menit
|
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari Kelas 2
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Kelas 2 Tema 3 “Tugasku Sehari-hari”.
¡ Berbagai pecahan uang logam
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH
......................
|
GURU KELAS II
......................
|
LAMPIRAN 1
MATERI PEMBELAJARAN
¡ Memahami isi teks berkaitan lingkungan geografis sekolah.
¡ Menemukan kosakata berkaitan lingkungan geografis sekolah.
¡ Menemukan makna kosakata berkaitan lingkungan geografis
sekolah.
¡ Menghitung nilai sekelompok pecahan uang.
¡ Menukar nilai sekelompok pecahan uang yang setara.
¡ Memahami gerak tari.
¡ Melakukan gerak tari.
PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
LAMPIRAN 2
Penilaian Pembelajaran
1. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: Tes Tertulis (isian)
a.
Menukar
sekelompok pecahan uang yang setara. (Matematika KD 3.5 dan KD 4.5)
Pedoman
Penskoran
Skor Maksimal = 100
Skor =
Skor
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81 – 100
|
A
|
SB ( Sangat
Baik)
|
66 – 80
|
B
|
B (Baik)
|
51 – 65
|
C
|
C (Cukup)
|
0 – 50
|
D
|
K (Kurang)
|
Rekap Skor Siswa
No
|
Nama
|
Skor
|
Klasifikasi
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
b. Menyebutkan isi teks bacaan
tentang lingkungan geografis sekolah.
(Bahasa
Indonesia KD 3.3 dan 4.3)
Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Bobot
|
Menjawab lengkap sesuai gambar
|
4
|
Menjawab sebagian besar
benar
|
3
|
Menjawab sebagian kecil
benar
|
2
|
Tidak dapat menjawab dengan
benar
|
1
|
c. Memahami gerak kepala, tangan, dan
kaki pada tari mencangkul.
(SBdP
KD 3.3 dan 4.3)
Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Bobot
|
Membuat satu birama tiga dan dapat
memainkan dengan lancar.
|
4
|
Tidak dapat membuat satu birama tiga
dan dapat memainkan dengan lancar
|
3
|
Tidak dapat membuat satu birama tiga
dan dapat memainkan kurang lancar
|
2
|
Tidak dapat membuat satu birama tiga
dan tidak dapat memainkan
|
1
|
Rekap Skor Siswa
No
|
Nama
|
Skor
|
Klasifikasi
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
Keterangan:
Hasil dari kegiatan ini tidak harus
dimasukkan ke dalam buku nilai (sangat tergantung pada kesiapan siswa). Tujuan
utama dari kegiatan ini adalah sebagai kegiatan untuk memahamkan kepada siswa.
Guru dapat melihat keberhasilan pembelajaran hari ini dari hasil keseluruhan
kelas secara umum.
2. Penilaian Keterampilan
a.
Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan
Bertanya.
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1
|
Menggunakan kata tanya yang
sesuai
|
|
|
2
|
Penggunaan tanda tanya pada
kalimat tanya
|
|
|
3
|
Kesesuaian pertanyaan dengan
gambar yang diamati
|
|
|
4
|
Menggunakan kata tanya yang
bervariasi
|
|
|
Hasil Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
Kriteria 4
|
||||
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
T : Terlihat
BT : Belum Terlihat
Berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai!
b. Membaca teks tentang tentang
lingkungan geografis.
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik Membaca
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kejelasan suara dan
ketepatan bahasa yang
digunakan (KD BI 4.3)
|
Membaca
dengan suara
yang lantang
dan tidak ada
kesalahan
ejaan
|
Membaca
dengan
suara yang
lantang,
namun ada
kesalahan
ejaan
|
Membaca
dengan
suara yang
cukup
lantang,
namun ada
kesalahan
ejaan
|
Membaca
dengan
suara yang
kurang
lantang
dan ada
kesalahan
ejaan
|
2
|
Sikap
|
Sangat percaya diri
|
Cukup percaya diri
|
Kurang
percaya
diri
|
Tidak percaya diri
|
Kegiatan Remedial
- Jika siswa belum bisa membaca
teks dengan benar, siswa diminta membaca ulang dengan pendampingan guru.
- Jika siswa belum bisa menukar
berbagai pecahan uang, maka guru dapat memberikan bimbingan.
Kegiatan Pengayaan
- Jika siswa sudah bisa membaca
teks dengan benar, siswa diminta membaca buku-buku yang berkaitan dengan
materi tugasku di sekolah.
- Jika siswa sudah bisa menukar
sekelompok pecahan uang yang setara, maka guru dapat memberikan penugasan
untuk menukar dengan sekelompok pecahan uang yang lain.
- Jika siswa sudah bisa melakukan
gerakan tarian mencangkul, siswa diminta mengulang secara mandiri.
- Jika siswa belum bisa melakukan
gerakan tarian mencangkul, siswa diminta mencoba kembali dengan bimbingan.
Refleksi Guru
- Apa saja hal-hal yang perlu
menjadi perhatian Bapak/Ibu selama pembelajaran?
........................................................................................................................................................................................................................................
- Siapa saja yang perlu mendapatkan
perhatian khusus?
........................................................................................................................................................................................................................................
- Apa saja hal-hal yang menjadi
catatan keberhasilan pembelajaran yang telah Bapak/Ibu lakukan?
........................................................................................................................................................................................................................................
- Apa saja hal-hal yang harus
diperbaiki dan ditingkatkan agar pembelajaran yang Bapak/Ibu lakukan
menjadi lebih efektif?
........................................................................................................................................................................................................................................
Comments