|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun
Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : II / 1
Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 4 : Tugasku Dalam Kehidupan Sehari-hari
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis,
lisan, visual
dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.3 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis,
lisan, dan
visual.
Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.
SBdP
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.
4.4 Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
¡ Memahami isi teks berkaitan kehidupan sosial.
¡ Menemukan kosa kata berkaitan kehidupan sosial.
¡ Menemukan makna kosakata berkaitan kehidupan sosial.
Matematika
¡ Menghitung nilai sekelompok pecahan uang.
¡ Menaksir harga barang dengan sekelompok pecahan uang yang
setara.
SBdP
¡ Memahami prakarya dari bahan alam.
¡ Membuat prakarya dari bahan alam.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan mengamati cerita yang disajikan, siswa mampu
memahami isi teks berkaitan kehidupan sosial.
¡ Dengan mengamati cerita yang disajikan, siswa mampu
menemukan kosa kata berkaitan kehidupan sosial.
¡ Dengan mengamati cerita yang disajikan, siswa mampu
menemukan makna kosakata berkaitan kehidupan sosial.
¡ Dengan teks yang disajikan, siswa mampu menghitung nilai
sekelompok pecahan uang.
¡ Dengan teks yang disajikan, siswa mampu menaksir harga
barang dengan sekelompok pecahan uang yang setara.
¡ Dengan teks yang disajikan, siswa mampu memahami prakarya
dari bahan alam.
¡ Dengan teks yang disajikan, siswa mampu membuat prakarya
dari bahan alam.
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Religius)
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Tugasku Sehari-Hari”. (Mandiri)
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. (
Communication )
|
15 menit
|
Inti
|
§
Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara
klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan menerangkan maksud isi
teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari dalam
subtema 4. ( Communication )
§
Siswa mengamati gambar yang menunjukkan tugas sehari-hari di
sekolah.
§
Siswa diberi kesempatan mengamati dan menganalisis gambar
secara cermat. ( Critical Thinking and Problem Solving )
§
Gunakan rubrik pengamatan gambar untuk mengetahui tingkat
pencapaiansiswa.
§
Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar (mengamati).
§
Siswa mengamati gambar letak sekolah Siti (mengamati).
§
Siswa mengamati teks bacaan (mengamati).
§
Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang
hasil pengamatannya.
§
Kegiatan ini melatih siswa untuk menumbuhkan rasa ingin tahu
mereka.
§
Siswa diminta menulis pertanyaannya di kertas dan ditempel,
kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan. (Mandiri)
§
Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya
secara klasikal.
§
Siswa membaca teks dengan benar. Guru memberikan contoh
terlebih dahulu bagaimana cara membaca dengan benar. ( Literasi )
§
Guru dapat menunjuk siswa secara bergantian untuk membaca
teks.
§
Guru dapat mencatat siswa yang sangat lambat membaca dan
siswa yang sudah sangat lancar membaca.
§
Guru membimbing siswa memahami isi bacaan dengan menjawab
pertanyaan-pertanyaan dalam buku siswa. ( Communication )
§
Alternatif Jawaban
1. Si Semut serakah tidak mau
berbagi makanan dengan Si Ulat.
2. Karena Si Semut dan Si Ulat
saling menyadari pentingnya bekerja sama, setelah apel yang mereka perebutkan
akan dimakan oleh seorang anak.
3. Sikap sombong akan merugikan.
Teman akan menjauhi.
4. Serakah adalah ingin menang
sendiri, tidak mau berbagi dengan teman. Sikap serakah akan menimbulkan
kebencian teman.
5. Tidak, setiap orang memerlukan
orang lain.
§
Catatan:
§
Guru merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia apabila
mengartikan kosakata. ( Communication )
§
Guru membimbing siswa menaksir harga barang.
§
Menaksir harga barang ditujukan untuk menghitung secara
cepat.
§
Guru meminta siswa menghitung harga barang yang dibeli Siti,
kemudian membandingkannya dengan harga taksiran. (Mandiri)
§
Guru membimbing siswa menyiapkan alat dan bahan kerajinan.
§
Guru membimbing siswa memahami langkah-langkah membuat
bingkai foto dari bahan alami. ( Communication )
|
180 menit
|
Penutup
|
§
Dengan bantuan orang tuanya, siswa menaksir harga
beberapa barang.
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari (Integritas)
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius)
|
15 menit
|
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari Kelas 2
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Kelas 2 Tema 3 “Tugasku Sehari-hari”.
¡ Berbagai pecahan uang logam
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH
......................
|
GURU KELAS II
......................
|
LAMPIRAN 1
MATERI PEMBELAJARAN
¡ Memahami isi teks berkaitan kehidupan sosial.
¡ Menemukan kosa kata berkaitan kehidupan sosial.
¡ Menemukan makna kosakata berkaitan kehidupan sosial.
¡ Menghitung nilai sekelompok pecahan uang.
¡ Menaksir harga barang dengan sekelompok pecahan uang yang
setara.
¡ Memahami prakarya dari bahan alam.
¡ Membuat prakarya dari bahan alam.
PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
LAMPIRAN 2
Penilaian Pembelajaran
1. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: Tes Tertulis (isian)
a.
Menghitung harga barang. (Matematika KD 3.5 dan KD 4.5)
Pedoman
Penskoran
Skor Maksimal = 100
Skor =
Skor
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81 – 100
|
A
|
SB ( Sangat
Baik)
|
66 – 80
|
B
|
B (Baik)
|
51 – 65
|
C
|
C (Cukup)
|
0 – 50
|
D
|
K (Kurang)
|
Rekap Skor Siswa
No
|
Nama
|
Skor
|
Klasifikasi
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
b.
Membaca Naskah Drama. (Bahasa Indonesia KD 3.3 dan 4.3)
Rubrik Membaca
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kejelasan
suara dan
ketepatan
bahasa yang
digunakan
(KD BI 4.3)
|
Membaca dengan suara
yang lantang
dan tidak ada
kesalahan
ejaan
|
Membaca
dengan suara
yang lantang,
namun ada
kesalahan
ejaan
|
Membaca
dengan suara
yang cukup
lantang, namun
ada kesalahan
ejaan
|
Membaca
dengan suara
yang kurang
lantang dan
ada kesalahan
ejaan
|
2
|
Sikap
|
Sangat
percaya diri
|
Cukup percaya diri
|
Kurang percaya
diri
|
Tidak percaya
diri
|
c. Membuat Bingkai Foto. (SBdP KD 3.4
dan 4.4)
2. Penilaian Keterampilan
a.
Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi
(Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan
Bertanya.
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1
|
Menggunakan kata tanya yang
sesuai
|
|
|
2
|
Penggunaan tanda tanya pada
kalimat tanya
|
|
|
3
|
Kesesuaian pertanyaan dengan
gambar yang diamati
|
|
|
4
|
Menggunakan kata tanya yang
bervariasi
|
|
|
Hasil Pengamatan Kegiatan
Bertanya
b. Membaca teks drama.
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik Membaca
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kejelasan
suara dan
ketepatan
bahasa yang
digunakan
(KD BI 4.3)
|
Membaca
dengan suara
yang lantang
dan tidak ada
kesalahan
ejaan
|
Membaca
dengan suara yang lantang,
namun ada
kesalahan
ejaan
|
Membaca
dengan suara yang cukup
lantang, namun ada kesalahan
ejaan
|
Membaca
dengan suara yang kurang
lantang dan ada kesalahan
ejaan
|
2
|
Sikap
|
Sangat
percaya diri
|
Cukup percaya
diri
|
Kurang percaya
diri
|
Tidak percaya
diri
|
c. Membuat Prakarya.
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik Membuat Prakarya
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Proses
|
Membuat
prakarya secara
mandiri
|
Membuat prakarya
dengan
sedikit
bantuan
|
Membuat prakarya
dengan
bantuan penuh
|
Tidak dapat
membuat
prakarya
|
2
|
Kerapian
|
Sangat rapi
|
Cukup rapi
|
Kurang rapi
|
Tidak rapi
|
Kegiatan Remedial
- Jika
siswa belum bisa membaca teks drama, siswa diminta membaca ulang dengan
pendampingan guru.
- Jika
siswa belum bisa menghitung berbagai pecahan uang, maka guru dapat
memberikan bimbingan.
- Jika
siswa belum bisa membuat prakarya, siswa diminta mencoba kembali dengan
bimbingan.
Kegiatan Pengayaan
- Jika
siswa sudah bisa membaca teks drama, siswa diminta membaca buku-buku yang
berkaitan dengan materi tugasku di sekolah.
- Jika
siswa sudah bisa menghitung sekelompok pecahan uang yang setara, maka guru
dapat memberikan penugasan untuk menghitung dengan sekelompok pecahan uang
yang lain.
- Jika
siswa sudah bisa membuat prakarya, siswa diminta menghiasnya.
Refleksi Guru
- Apa
saja hal-hal yang perlu menjadi perhatian Bapak/Ibu selama pembelajaran?
........................................................................................................................................................................................................................................
- Siapa
saja yang perlu mendapatkan perhatian khusus?
........................................................................................................................................................................................................................................
- Apa
saja hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan pembelajaran yang telah
Bapak/Ibu lakukan?
........................................................................................................................................................................................................................................
- Apa
saja hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan agar pembelajaran yang
Bapak/Ibu lakukan menjadi lebih efektif?
........................................................................................................................................................................................................................................
Comments