|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun
Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : II / 1
Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 1 : Tugasku Sehari-hari di Rumah
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis,
lisan, visual
dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.3 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis,
lisan, dan
visual.
Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.
SBdP
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu
anakanak.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
¡ Menyebutkan isi teks berkaitan dengan lingkungan geografis
di rumah dengan percaya diri.
¡ Memahami isi teks bacaan tentang lingkungan geografis di
rumah dengan jujur.
¡ Membaca teks tentang lingkungan geografis di rumah dengan
percaya diri.
Matematika
¡ Menyebutkan berbagai pecahan uang dengan percaya diri.
¡ Membandingkan pecahan uang secara cermat.
¡ Mengurutkan pecahan uang secara cermat.
SBdP
¡ Memahami panjang pendek bunyi dengan simbol secara cermat.
¡ Memahami kuat lemah bunyi pada lagu secara cermat.
¡ Menyuarakan panjang pendek bunyi dengan percaya diri.
¡ Menyuarakan kuat lemah bunyi pada lagu dengan percaya diri.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan mengamati denah rumah dan teks bacaan, siswa dapat
menyebutkan isi teks berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah dengan
percaya diri.
¡ Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat memahami isi teks
bacaan tentang lingkungan geografis di rumah dengan jujur.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat membaca teks tentang
lingkungan geografis di rumah dengan percaya diri.
¡ Dengan memperhatikan gambar dan penjelasan guru, siswa
dapat menyebutkan berbagai pecahan uang dengan percaya diri.
¡ Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat membandingkan
pecahan uang secara cermat.
¡ Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat mengurutkan
pecahan uang secara cermat.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat memahami panjang
pendek bunyi dengan simbol secara cermat.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat memahami kuat lemah
bunyi pada lagu secara cermat.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyuarakan panjang
pendek bunyi dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyuarakan kuat lemah
bunyi pada lagu dengan percaya diri.
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Religius)
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Tugasku Sehari-Hari”. (Mandiri)
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. (
Communication )
|
15 menit
|
Inti
|
§
Pada awal pembelajaran, guru mengkondisikan siswa secara
klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan menerangkan maksud isi
teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari dalam
subtema 1. ( Communication )
§
Siswa mengamati gambar yang menunjukkan tugas sehari-hari di
rumah. (Mandiri)
§
Siswa diberi kesempatan mengamati dan menganalisis gambar
secara cermat.
§
Gunakan rubrik pengamatan gambar untuk mengetahui tingkat
pencapaian siswa.
§
Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar denah rumah
Siti (mengamati).
§
Siswa mengamati gambar letak rumah Siti (mengamati).
§
Siswa mengamati teks “Letak Rumah Siti” (mengamati).
§
Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek
pemahaman siswa.
− Di mana letak rumah Siti?
− Mengapa Siti harus tahu letak rumahnya?
− Bagaimana kondisi di sekitar
rumah Siti?
§
Pertanyaan-pertanyaan tersebut mengarahkan pemahaman
tentang lingkungan geografis rumah. ( Critical Thinking and Problem
Solving )
§
Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang
hasil pengamatannya.
§
Kegiatan ini melatih siswa untuk menumbuhkan rasa ingin
tahu mereka.
§
Siswa diminta menulis pertanyaannya di kertas dan
ditempel, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan. ( Creativity
and Innovation )
§
Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya
secara klasikal.
§
Siswa membaca teks dengan benar. Guru memberikan contoh
terlebih dahulu bagaimana cara membaca dengan benar. ( Literasi )
§
Guru dapat menunjuk siswa secara bergantian untuk membaca
teks.
§
Guru dapat mencatat siswa yang sangat lambat membaca dan
siswa yang sudah lancar membaca.
§
Guru menyampaikan pertanyaan kepada siswa untuk
mengetahui isi bacaan: ( Communication )
§
Jawaban:
1. Adi
2. Ayu
3. Jalan Ki Hajar Dewantara No. 25
4. Rp1.000,00
§
Siswa diminta mengamati gambar pecahan uang.
§
Siswa dimotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan
tentang uang pecahan.
§
Guru dapat memberikan pertanyaan:
− Pernahkan kalian melihat uang?
− Pernahkan kalian berbelanja?
§
Mengenal Pecahan Nilai Uang
§
Guru mengenalkan berbagai pecahan uang logam. ( Communication
)
§
Guru lebih baik membawa uang logam asli seperti gambar,
agar siswa dapat lebih memahami.
§
Siswa secara bergantian melihat atau memegang uang logam
dan menyebutkan nilainya. ( Critical Thinking and Problem Solving )
§
Guru memberikan contoh cara menuliskan uang. (
Communication )
§
Guru minta beberapa siswa untuk menuliskan pecahan uang
yang lain di papan tulis. (Mandiri)
§
Setelah memahami semua pecahan uang logam, siswa
membandingkannya. ( Critical Thinking and Problem Solving )
§
Siswa mempraktikkan bunyi birama tiga. (Mandiri)
§
Guru meminta siswa untuk melakukan rangkaian bunyi yang
pertama.
tek-tek-tong…
§
Guru meminta siswa untuk melakukan rangkaian bunyi yang
kedua.
tek-tong-tek
§
Guru meminta siswa untuk melakukan rangkaian bunyi yang
ketiga.
prok-prok-duk
§
Kemudian, guru meminta ketiga bunyi dikombinasikan.
tek-tek-tong tek-tong-tek prok-prok-duk
|
180 menit
|
Penutup
|
§
Dengan bantuan orang tuanya, siswa mengenal letak rumah
masing-masing. (Integritas)
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman
hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius)
|
15 menit
|
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari Kelas 2
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Kelas 2 Tema 3 “Tugasku Sehari-hari”.
¡ Berbagai pecahan uang logam.
¡ Stik kayu.
¡ Kentongan
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH
......................
|
GURU KELAS II
......................
|
LAMPIRAN 1
MATERI PEMBELAJARAN
¡ Menyebutkan isi teks berkaitan dengan lingkungan geografis
di rumah
¡ Membaca teks tentang lingkungan geografis di rumah
¡ Menyebutkan berbagai pecahan uang
¡ Membandingkan pecahan uang
¡ Mengurutkan pecahan uang
¡ Memahami panjang pendek bunyi dengan simbol
¡ Memahami kuat lemah bunyi pada lagu
PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
LAMPIRAN 2
Penilaian Pembelajaran
1. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: Tes Tertulis (isian)
a. Membandingkan dan mengurutkan pecahan uang.
(Matematika KD 3.5 dan KD 4.5)
Pedoman
Penskoran
Skor Maksimal = 100
Skor =
Skor
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81 – 100
|
A
|
SB (
Sangat Baik)
|
66 – 80
|
B
|
B (Baik)
|
51 – 65
|
C
|
C (Cukup)
|
0 – 50
|
D
|
K (Kurang)
|
Rekap Skor Siswa
No
|
Nama
|
Skor
|
Klasifikasi
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
b.
Menyebutkan isi teks bacaan tentang lingkungan geografis rumah. (Bahasa
Indonesia KD 3.3 dan 4.3)
Kriteria
|
Bobot
|
Menjawab lengkap sesuai
gambar
|
4
|
Menjawab sebagian besar
benar
|
3
|
Menjawab sebagian kecil
benar
|
2
|
Tidak dapat menjawab dengan
benar
|
1
|
c. Membuat bunyi dengan birama
tiga. (SBdP KD 3.2 dan 4.2)
Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Bobot
|
Membuat satu birama tiga dan
dapat memainkan dengan lancar
|
4
|
Tidak dapat membuat satu
birama tiga dan dapat memainkan dengan lancar
|
3
|
Tidak dapat membuat satu
birama tiga dan dapat memainkan kurang lancar
|
2
|
Tidak dapat membuat satu
birama tiga dan tidak dapat memainkan
|
1
|
Rekap Skor Siswa
No
|
Nama
|
Skor
|
Klasifikasi
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
Keterangan:
Hasil dari kegiatan ini tidak harus
dimasukkan ke dalam buku nilai (sangat tergantung pada kesiapan siswa). Tujuan
utama dari kegiatan ini adalah sebagai kegiatan untuk membuat siswa lebih
paham. Guru dapat melihat keberhasilan pembelajaran hari ini dari hasil
keseluruhan kelas secara umum.
2. Penilaian Matematika
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Lembar
Pengamatan Kegiatan Bertanya.
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1
|
Menggunakan kata tanya yang
sesuai
|
|
|
2
|
Penggunaan tanda tanya pada
kalimat tanya
|
|
|
3
|
Kesesuaian pertanyaan dengan
gambar yang diamati
|
|
|
4
|
Menggunakan kata tanya yang
bervariasi
|
|
|
Hasil Pengamatan Kegiatan Bertanya
b. Membaca teks tentang lingkungan
geografis.
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik
Membaca
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kejelasan suara
dan ketepatan
bahasa yang
digunakan (KD BI
4.3)
|
Membaca
dengan suara
yang lantang
dan tidak ada
kesalahan ejaan
|
Membaca
dengan
suara yang
lantang,
namun ada
kesalahan
ejaan
|
Membaca
dengan
suara yang
cukup
lantang,
namun ada
kesalahan
ejaan
|
Membaca
dengan
suara yang
kurang
lantang,
namun ada
kesalahan
ejaan
|
2
|
Sikap
|
Sangat percaya diri
|
Cukup percaya diri
|
Kurang
percaya
diri
|
Tidak percaya diri
|
Kegiatan Pengayaan
1.
Jika siswa
sudah bisa membaca teks dengan benar, siswa diminta membaca buku-buku yang
berkaitan dengan materi tugasku di rumah.
2.
Jika siswa
sudah bisa membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan uang, maka guru dapat
memberikan penugasan untuk pecahan uang yang lain.
3.
Jika siswa
sudah bisa membuat bunyi birama tiga dan memainkannya siswa diminta mencoba
kreasi birama tiga yang lain.
Kegiatan Remedial
1.
Jika siswa
belum bisa membaca teks dengan benar, siswa diminta membaca ulang dengan
pendampingan guru.
2.
Jika siswa
belum bisa membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan uang, maka guru dapat
memberikan bimbingan.
3.
Jika siswa
belum bisa membuat bunyi birama tiga dan memainkanya, siswa diminta mencoba
kembali dengan bimbingan.
Refleksi Guru
1.
Apa saja
hal-hal yang perlu menjadi perhatian Bapak/Ibu selama pembelajaran?
........................................................................................................................
........................................................................................................................
2.
Siapa saja
yang perlu mendapatkan perhatian khusus?
........................................................................................................................
........................................................................................................................
3.
Apa saja
hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan pembelajaran yang telah Bapak/Ibu
lakukan?
........................................................................................................................
........................................................................................................................
4.
Apa saja
hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan agar pembelajaran yang Bapak/Ibu
lakukan menjadi lebih efektif?
........................................................................................................................
........................................................................................................................
Comments