![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan Pendidikan : SDN
SUKAHURIP 02
Kelas / Semester :
I (Satu) / 1
Tema 1 :
Diriku
Sub Tema 2 : Tubuhku
Pembelajaran : 3
AlokasiWaktu : 1 x Pertemuan
(6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)& INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
3.4 Mengenal kosa kata tentanganggota tubuh dan pancaindera serta perawatannyamelalui
teks pendek (berupagambar, tulisan, slogansederhana, dan atau syairlagu)
4.4 Menjelaskan dengan kosa kata yang tepat tentanganggota tubuh dan
pancaindera serta perawatannya(berupa gambar dan tulisan)dalam bahasa Indonesia
lisandan tulisan.
Indikator:
3.4.1
Menjodohkan gambar dankata anggota tubuh dengantepat
4.4.1 Menggunakan kosa katatentang anggota tubuhdengan tepat dalam
bahasalisan atau tulisan
PPKn
Kompetensi Dasar (KD) :
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam
kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah
Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan
yang berlaku dalam kehidupan seharihari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami aturan yangberlaku dalam kehidupansehari-hari di
rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuaiaturan yang berlaku
dalamkehidupan sehari-hari dirumah
Indikator:
3.2.34 Menggali informasitentang hal-hal yangharus dilakukan
dalamhubungannya denganaturan menjaga kesehatantubuh di rumah
Matematika
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Menjelaskan makna bilangancacah sampai dengan 99sebagai
banyak anggotasuatu kumpulan objek
4.1 Menyajikan bilangan cacahsampai dengan 99 yangbersesuaian
dengan banyakanggota kumpulan objek yangdisajikan
Indikator:
3.1.5 Menyatakan banyakanggota suatu kumpulanobjek dengan
bilanganyang tepat (1 sampaidengan 10) *(diberikansetelah mengenal
lambangbilangan)
4.1.5 Mengelompokkan bendasesuai dengan bilanganyang diberikan
(1 sampaidengan 10)
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Denganmemperhatikangambardanmelihatcontohdari
guru, siswadapatmenunjukkandanmendemonstrasikanposisi yang
tepatsaatdudukdanmembaca.
2.
Denganmemperhatikangambardanmelihatcontohdari
guru, siswadapatmenunjukkandanmendemonstrasikanjarak yang
tepatantarmatadanobjeksaatmembaca.
3.
Denganmenyanyi, siswadapatmembilang 1
sampaidengan 10 denganbantuanjaritangan.
4.
Denganberlatih,
siswadapatmengidentifikasibanyaknyabendadalamsuatukelompokdanmenunjukkanlambangbilangannya.
5.
Denganmengamatigambardanmendengarkanpenjelasan
guru, siswadapatmenggaliinformasitentangwaktu yang tepatuntuktidur di
malamharidanbangun di pagihari.
v Karaktersiswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru mengajaksiswaberdoadanmembalassalam.(Religius)
Padaawalpelajaran, guru
memancingsiswadenganbertanyaapakahada yang sukamembaca? Bukuapa yang
sukadibaca? Mintasiswamendemonstrasikanposisidudukdanjarakmatadenganobjeksaatmembaca
di rumah.(Literasi)
Guru mengamatiparasiswa.
Setelahitu, guru memperlihatkangambar yang
menunjukkanposisitutuh yang tepatsaatdudu. Guru jugamemperlihatkangambar yang
menunjukkanpoisisitubuhdanjarakmatadenganobjeksaatmembaca.
Guru
bertanyapadasiswaapapendapatmerekatentanggambar-gambartersebut.
Mintasiswamembandingkanantaragambardenganposisitubuhmerekasaatdudukdanmembaca
yang merekademonstrasikan..
|
10 menit
|
Inti
|
·
GuruMengajakmenyanyikanlagu Indonesia Raya (Nasionalis)
·
Gurulalumendemonstrasikanposisitubuhsesuaidengan gambar
yang barusandiperlihatkan, baikposisitubuh yang tepatmaupun yang salah.
·
Mintasiswamengamati. Mintamerekamenunjukkan mana
posisitubuhguru yang benar dan mana yang salah. (Communication)
·
Gurulalumemintasiswamendemonstrasikanposisitubuh yang
tepatsaatdudukberdasarkaninformasi dan demonstrasi yang sudah para
siswalihat. (Critical Thinking and Problem
Solving)
·
Gurumengamati, mengevaluasi, dan membetulkanposisitubuh
para siswasaatduduk. Gurumemintasiswaberdiri,
lalududukkembalidenganposisitubuh yang tepat.
Kegiataninidiulangbeberapakalisampai para siswamemahamiposisitubuh yang
tepatsaatduduk. (Critical Thinking and Problem
Solving)
·
Begitu pula untukmengaturjarak mata
denganobjeksaatmembaca.
Gurumemintasiswamendemonstrasikanposisitubuhsaatduduksekaligusmengaturjarak
antara mata dan objeksaatmembaca. Bilaposisitubuhsaatduduktepat,
makaakanmemudahkansiswauntukmengaturjarak mata denganobjeksaatmembaca. (creativity and Innovation)
·
Setelahitu, gurumemintasiswauntukberdiri. Sambilmenyanyi,
siswadiajakuntukmengenalnama-namajarisambilmenunjukkanjari yang dimaksud.
(lihatbukusiswa di halaman 53). (Integritas)
·
Gurumengajaksiswauntukmembilang 1 sampaidengan 10 denganmenggunakanjari.
Kegiataninidiulangbeberapakali.
·
Gurulalumenunjukbeberapasiswa secara acak.
Gurumenyebutkanbilangannya, siswamenunjukkandenganjarisesuaidenganbilangan
yang dimaksud. Sebaliknya, gurumenunjukkanjari, siswamenyebutbilangan yang sesuaidenganjaritersebut.
·
Untukmenguatkan, gurumemintasiswamengamati gambar di
halaman 52. Siswadimintamenjawabpertanyaan yang ada di teksbacaan di halaman
52 menggunakanjari. (teksdibacakanolehguru).
·
Kemudian, gurumemintasiswaberlatihmengerjakansoal di halaman
54. Siswamengerjakansambildudukdenganposisitubuh yang tepatsertamengaturjarak
antara mata denganbukusiswa. (Literasi)
·
Setelahselesaimengerjakansoal,
gurukembalibertanyajawabdengansiswa. Gurumenanyakan rutinitas di
rumahsaathendaktidur di malamhari dan bangun di pagihari. Rutinitas di
malamharitermasuk, waktusaattidurmalam, kegiatan yang
dilakukansebelumtidurmalam, waktubangun di padihari, dan kegiatan yang
dilakukansetelahbangun di pagihari. (Communication)
·
Gurumengapresiasijawabansiswa. Gurulaludenganmemintasiswamengamati
gambar di bukusiswa pada halaman 56.
·
Gurulalumenunjukbeberapasiswa secara
acakuntukmintasiswauntukmenceritakanapa yang dilakukanolehSiti di gambar
tersebut dan membandingkannyadengan rutinitas siswatersebut di
rumahsaatakantidur dan bangunpagi.
·
Gurulalumelengkapiinformasitentang rutinitas
saathendaktidur di malamhari dan bangun di pagiharibahwatidur di malamhari
yangcukupsangatpentinguntukmenjagakesehatantubuh. (creativity and Innovation)
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari(Integritas)
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) (Communication)
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. (Mandiri)
Melakukanpenilaianhasilbelajar
Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut
agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran) (Religius)
|
15 menit
|
E. SUMBER,
ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Jari tangan dan anggotatubuhguru dan siswa. Benda-benda di kelas atau di luar kelas
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP. …………………………….
|
Sukahurip, 17 Juli 2017
Guru Kelas I
_________________________
NIP. …………………………….
|
Catatan KepalaSekolah :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Lampiran 1
MATERI PEMBELAJARAN
¡ Mengenal Bilangan 1-5
¡ Membaca Teks Deskriptif tentang Anggota Tubuh
METODE
PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
Lampiran 2
PenilaianPembelajaran
1.
PenilaianSikap: Observasidanpencatatansikapsiswaselamakegiatan
2.
Penilaianpengetahuan:
-
Testertulistentangkonsepbilangan.
(gurumengembangkansendiripertanyaanpadatestertulis)
3.
Penilaianketerampilan:
PenilaianUnjukkerja: mendemonstrasikanposisitubuhsaatduduk.
Kriteria
|
Baiksekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
PerluPendampingan
1
|
1. Kemampuanmendemonstrasikanposisitubuhsaatduduk
|
Siswamampumendemonstrasikanposisitubuh yang
tepatsaatdudukdenganmandiri
|
Siswamampumendemonstrasikanposisitubuh yang
tepatsaatdudukdenganbantuan 1 kali arahanulang
|
Siswamampumendemonstrasikanposisitubuh yang
tepatsaatdudukdenganbantuanlebihdari 1 kali arahanulang
|
Siswabelummampumendemonstrasikanposisitubuh yang
tepatsaatdudukdenganbantuan 1 kali arahanulang
|
2. Kemampuanmendemonstrasikanjarak
yang tepatantaramatadanobjeksaatmembaca
|
Siswamampumendemonstrasikanjarak yang
tepatantaramatadanobjeksaatmembacadenganmandiri
|
Siswamampumendemonstrasikanjarak yang
tepatantaramatadanobjeksaatmembacatetapidengan 1 kali arahanulang
|
Siswamampumendemonstrasikanjarak yang
tepatantaramatadanobjeksaatmembacatetapidenganlebihdari 1 kali arahanulang
|
Siswabelummampumendemonstrasikanjarak yang
tepatantaramatadanobjeksaatmembaca
|
I. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
………
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
BT :
BelumTerlihat
MT : MulaiTerlihat
MB : MulaiBerkembang
SM : SudahMembudaya
Berilahtandacentang (P) padakolom yang sesuai
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (isian)
3. Penilaian Pengetahuan
a. Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Kemampuan Membaca
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1.
|
Kemampuan membaca teks deskripsi sederhana
|
Siswa mampu membaca keseluruhan teks
|
Siswa mampu membaca setengah atau lebih bagian teks
|
Siswa mampu membaca kurang dari setengah bagian teks
|
Siswa belum mampu membaca teks
|
2.
|
Pemahaman isi teks deskripsi sederhana
|
Mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan
|
Mampu menjawab setengah atau lebih pertanyaan yang
diajukan
|
Mampu menjawab kurang dari setengah pertanyaan yang
diajukan
|
Belum mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan
|
Comments