RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 Tema 3 Sub tema 4 kelas 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)



Satuan Pendidikan       :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester            :     II / 1
Tema 3                             :     Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 3                    :     Tugasku Sebagai Umat Beragama
Pembelajaran Ke           :     1
Alokasi Waktu                :     1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.3 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.

SBdP
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
4.1 Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
¡  Memahami isi teks berkaitan kehidupan budaya.
¡  Menemukan kosakata berkaitan kehidupan budaya.
¡  Menemukan makna kosakata berkaitan kehidupan budaya

Matematika
¡  Menentukan nilai sekelompok pecahan uang.
¡  Menukar nilai sekelompok pecahan uang dengan sekelompok pecahan uang lain yang setara

SBdP
¡  Memahami gambar imajinasi.
¡  Menggambar gambar imajinasi.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan mengamati gambar kegiatan “tolong-menolong” yang disajikan, siswa mampu memahami isi teks berkaitan kehidupan budaya.
¡  Dengan mengamati gambar kegiatan “tolong-menolong” yang disajikan, siswa mampu menemukan kosakata berkaitan kehidupan budaya.
¡  Dengan mengamati gambar kegiatan “tolong-menolong” yang disajikan, siswa mampu menemukan makna kosakata berkaitan kehidupan budaya.
¡  Dengan teks yang disajikan, siswa mampu menentukan nilai sekelompok pecahan uang.
¡  Dengan teks yang disajikan, siswa mampu menukar nilai sekelompok pecahan uang dengan sekelompok pecahan uang lain yang setara.
¡  Dengan teks yang disajikan, siswa mampu memahami gambar imajinasi.
¡  Dengan teks yang disajikan, siswa mampu menggambar gambar imajinasi.

v  Karakter siswa yang diharapkan :            Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas

E.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Religius)
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Tugasku Sehari-Hari”. (Mandiri)
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. ( Communication )
15 menit
Inti
§  Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan menerangkan maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari dalam subtema 3. ( Communication )
§  Siswa mengamati gambar yang menunjukkan tugas sehari-hari di sekolah. (Mandiri)
§  Siswa diberi kesempatan mengamati dan menganalisis gambar secara cermat. ( Critical Thinking and Problem Solving )
§  Gunakan rubrik pengamatan gambar untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
§  Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar denah sekolah Siti (mengamati).
§  Siswa mengamati gambar letak sekolah Siti (mengamati).
§  Siswa mengamati teks bacaan(mengamati).
§  Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
-       Bagaimana budaya tolong-menolong?
-       Bagaimana manfaat budaya tolong-menolong?
-       Bagaimana jika siswa tidak memiliki sifat tolong-menolong?
§  Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya. (Mandiri)
§  Kegiatan ini melatih siswa untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
§  Siswa diminta menulis pertanyaannya di kertas dan ditempel, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
§  Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
§  Guru membimbing siswa melakukan diskusi mendeskripsikan gambar dan membuat cerita berdasarkan gambar. ( Collaboration )
§  Alternatif Kegiatan Diskusi:
1.    Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok berdiskusi membuat cerita berdasarkan gambar.
2.    Guru membentuk kelompok siswa secara berpasangan untuk mendiskusikan deskripsi gambar sampai membentuk cerita.
§  Guru membimbing siswa menemukan kosakata dari teks dan cerita yang dibuat siswa. ( Literasi )
§  Catatan:
§  Guru merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia apabila mengartikan kosakata. ( Communication )
§  Guru mengenalkan berbagai pecahan uang logam.
§  Guru lebih baik membawa uang logam asli seperti gambar, agar siswa dapat lebih memahami.
§  Guru membimbing siswa dalam menggambar imajinasi. ( Creativity and Innovation )
§  Guru menjelaskan langkah-langkah menggambar imajinatif.
§  Guru meminta siswa menggambar imajinatif tentang suasana banjir.
§  Berdasarkan gambar yang dibuat, siswa menyebutkan gambar imajinatif. (Mandiri)
180 menit
Penutup
§  Dengan bantuan orang tuanya, siswa menukar sekelompok pecahan uang yang setara
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari (Integritas)
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius)
15 menit

F.      SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari  Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Kelas 2 Tema 3 “Tugasku Sehari-hari”.
¡  Berbagai pecahan uang logam


MENGETAHUI
                          KEPALA SEKOLAH                        




......................

GURU KELAS II





......................







LAMPIRAN 1

MATERI PEMBELAJARAN
¡  Memahami isi teks berkaitan kehidupan budaya.
¡  Menemukan kosakata berkaitan kehidupan budaya.
¡  Menemukan makna kosakata berkaitan kehidupan budaya.
¡  Mampu menentukan nilai sekelompok pecahan uang.
¡  Sekelompok pecahan uang lain yang setara.
¡  Memahami gambar imajinasi.
¡  Menggambar gambar imajinasi.


PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah































LAMPIRAN 2
Penilaian Pembelajaran
1. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)
a. Menukar kelompok pecahan uang yang setara. (Matematika KD 3.5 dan
KD 4.5)
Pedoman Penskoran
Skor Maksimal = 100
Skor =
Skor
Predikat
Klasifikasi
81 – 100
A
SB ( Sangat Baik)
66 – 80
B
B (Baik)
51 – 65
C
C (Cukup)
0 – 50
D
K (Kurang)
Rekap Skor Siswa
No
Nama
Skor
Klasifikasi
1



2



3




b. Memahami langkah menggambar imajinasi
Kriteria Penilaian
Kriteria
Bobot
Menggambar imajinasi sesuai langkah yang benar
4
Menggambar imajinasi sebagian besar sesuai langkah yang benar
3
Menggambar imajinasi sebagian kecil sesuai langkah yang benar
2
Menggambar imajinasi tidak sesuai langkah yang benar
1
Rekap Skor Siswa
No
Nama
Skor
Klasifikasi
1



2



3



Keterangan:
Hasil dari kegiatan ini tidak harus dimasukkan ke dalam buku nilai (sangat tergantung pada kesiapan siswa). Tujuan utama dari kegiatan ini adalah sebagai kegiatan untuk memahamkan kepada siswa. Guru dapat melihat keberhasilan pembelajaran hari ini dari hasil keseluruhan kelas secara umum.








2. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya.
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



Hasil Pengamatan Kegiatan Bertanya
b. Menulis cerita berdasarkan gambar.
Penilaian: Menulis Cerita
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan EYD
yang tepat
Menggunakan
huruf kapital,
tanda baca, dan
kata depan secara
tepat tanpa
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunakan
huruf kapital
tanda baca
dan kata
depan kurang
digunakan
dengan tepat, namun
dilakukan
tanpa
bimbingan
guru
Ada beberapa
penggunakan
huruf kapital,
tanda baca,
dan kata
depan kurang
digunakan
secara tepat
dan dilakukan
dengan
bimbingan
guru
Ada beberapa
penggunakan
huruf kapital
tanda baca
dan kata
depan tidak
digunakan
secara
tepat dan
dilakukan
dengan
bimbingan
guru
2
Keefektifan
kalimat
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
dengan susunan
yang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
namun
susunannya
kurang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan
susunannya
juga kurang
tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan
tidak jelas
susunannya
juga kurang sulit dipahami
3
Kesesuaian
dengan isi cerita
dengan topik
pembahasan
Cerita sesuai
dengan topik
pembahasan
dan dapat
mengembangkan
cerita lebih
luas dan tanpa
bimbingan guru
Cerita sesuai
dengan topik
pembahasan
dan dilakukan
tanpa
bimbingan
guru
Cerita kurang
sesuai
dengan topik
pembahasan
dan dilakukan
tanpa
bimbingan
guru
Cerita kurang
sesuai
dengan topik
pembahasan
walaupun
telah
dibimbing
4
Alur cerita pada
bacaan
Alur cerita pada
bacaan tersusun
hirarki sehingga
tidak terjadi
pengulangan
cerita dan
diceritakan
dengan awal dan
akhir cerita yang
sempurna
Alur cerita
pada bacaan
tersusun hirarki
sehingga
tidak terjadi
pengulangan
cerita, namun
diceritakan
dengan awal
dan akhir cerita
yang kurang
sempurna
Alur cerita
pada bacaan
tersusun
kurang hirarki
karena terjadi
pengulangan
cerita dan
diceritakan
dengan
awal dan
akhir cerita
yang kurang
sempurna
Alur cerita
pada bacaan
tersusun
kurang hirarki
karena terjadi
pengulangan
cerita
dan tidak
membuat
akhir cerita

Kegiatan Remedial
  1. Jika siswa belum bisa membuat cerita berdasarkan gambar, siswa diminta mengerjakan ulang dengan pendampingan guru.
  2. Jika siswa belum bisa menukar berbagai pecahan uang, maka guru dapat memberikan bimbingan.
  3. Jika siswa belum bisa menggambar imajinasi, guru melakukan pembimbingan.


Kegiatan Pengayaan
  1. Jika siswa sudah membuat cerita berdasarkan gambar, siswa diminta membaca buku-buku yang berkaitan dengan materi tugasku di sekolah.
  2. Jika siswa sudah bisa menukar sekelompok pecahan uang yang setara, maka guru dapat memberikan penugasan untuk menukar dengan sekelompok pecahan uang yang lain.
  3. Jika siswa sudah bisa menggambar imajinasi, siswa diminta melanjutkan dengan mewarnai gambar tersebut.

















Refleksi Guru
  1. Apa saja hal-hal yang perlu menjadi perhatian Bapak/Ibu selama pembelajaran?
........................................................................................................................................................................................................................................
  1. Siapa saja yang perlu mendapatkan perhatian khusus?
........................................................................................................................................................................................................................................
  1. Apa saja hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan pembelajaran yang telah Bapak/Ibu lakukan?
........................................................................................................................................................................................................................................
  1. Apa saja hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan agar pembelajaran yang Bapak/Ibu lakukan menjadi lebih efektif?
........................................................................................................................................................................................................................................




Comments