|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
|
REVISI 2017
(Disusun
Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : II / 1
Tema 2 : Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 3 : Bermain di Lingkungan Sekolah
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual,
dan/atau ekspolarasi
lingkungan.
4.2 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan
visual.
Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil
kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan
perkalian dan pembagian.
4.4 Menyelesaikan masalah perkalian dan
pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100
dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
SBdP
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
4.1 Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
•
Membaca
kembali teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda dengan lafal dan
intonasi yang tepat dengan percaya diri.
•
Menyebutkan
isi teks “Bermain di Halaman Sekolah” berkaitan dengan keragaman benda di
sekitar dalam bahasa lisan dengan benar.
•
Mencatat
isi teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda di sekitar dalam bahasa
tulis dengan benar.
Matematika
•
Menyatakan
kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian dengan
tepat.
•
Menyatakan
pembagian sebagai pengurangan berulang dengan tepat.
•
Menghitung
hasil bagi dua bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 100 dengan
cermat.
SBdP
•
Mengidentifikasi
alat dan bahan yang digunakan dalam menggambar imajinatif dengan benar.
•
Menggambar
imajinatif berupa “buku yang terbuka” menggunakan gambar susunan kelereng
berbeda warna berdasarkan pengalaman atau benda yang dilihatnya dengan
hati-hati.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Berdasarkan teks bacaan tentang “Bermain di Halaman
Sekolah” yang digunakan, siswa dapat membaca kembali teks pendek yang berkaitan
dengan keragaman benda dengan lafal dan intonasi yang tepat dengan percaya
diri.
·
Tanpa melihat buku, siswa dapat menyebutkan isi teks
“Bermain di Halaman Sekolah” berkaitan dengan keragaman benda di sekitar dalam
bahasa lisan dengan benar.
·
Dengan membaca teks pendek yang berkaitan dengan
keragaman benda, siswa dapat mencatat isi teks pendek yang berkaitan dengan
keragaman benda di sekitar dalam bahasa tulis dengan benar.
·
Dengan membaca teks percakapan tentang “Banyak kelereng
di dalam lingkaran ada 6 butir”, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang
berkaitan dengan masalah tentang pembagian dengan tepat.
·
Dengan menyatakan kalimat matematika yang berkaitan
dengan masalah tentang pembagian, siswa dapat menyatakan pembagian sebagai
pengurangan berulang dengan tepat.
·
Dengan mengerjakan latihan tentang banyak kelereng,
siswa dapat menghitung hasil bagi dua bilangan yang melibatkan bilangan cacah
sampai dengan 100 dengan cermat.
·
Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi alat
dan bahan yang digunakan dalam menggambar imajinatif dengan benar.
·
Dengan alat dan bahan yang dipersiapkan, siswa dapat
menggambar imajinatif berupa “buku yang terbuka” menggunakan gambar susunan
kelereng berbeda warna berdasarkan pengalaman atau benda yang dilihatnya dengan
hati-hati..
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Religius)
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Bermain di lingkunganku”. (Integritas)
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. (
Communication )
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa mengamati gambar tentang aktivitas di waktu
istirahat (mengamati).
§ Siswa bertanya tentang gambar aktivitas di waktu
istirahat (menanya).
§ Siswa bertanya tentang gambar Beni, Edo, dan Udin sedang
bermain kelereng (menanya).
§ Siswa bertanya menggunakan kata tanya “apa, siapa, di
mana, kapan, mengapa, dan bagaimana” (menanya).
§ Siswa dengan bimbingan guru mengunci jawaban yang benar
(menalar).
§ Siswa bertanya jawab tentang cerita yang cocok
berdasarkan gambar yang diamati (mengomunikasikan).
§ Siswa memprediksi isi teks bacaan berdasarkan gambar yang
diamati (menalar).
§ Siswa menceritakan satu per satu kejadian berdasarkan
gambar aktivitas di waktu istirahat yang diamati (mengomunikasikan).
§ Siswa mengamati teks bacaan “Bermain di Halaman Sekolah”
(mengamati).
§ Siswa membaca teks bacaan “Bermain di Halaman Sekolah” ( Literasi )
§ Siswa mengidentifikasi berbagai jenis permainan yang bisa
dimainkan di lingkungan sekolah ( Critical Thinking and Problem Solving )
§ Siswa bertanya jawab tentang isi teks “Bermain di Halaman
Sekolah” (mengomunikasikan).
§ Siswa menyebutkan isi teks “Bermain di Halaman Sekolah”
yang dibacakan berkaitan dengan keragaman benda di sekitar dalam bahasa lisan
(mencoba).
§ Siswa menyebutkan isi teks “Bermain di Halaman Sekolah”
pada paragraf 1 (mencoba).
§ Siswa menyebutkan isi teks “Bermain di Halaman Sekolah”
pada paragraf 2 (mencoba).
§ Siswa bertanya jawab tentang kebenaran hasil terkaanya
(mengomunasikan).
§ Siswa membuat lima pertanyaan berdasarkan teks yang
dibaca (Mandiri).
§ Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang dibaca
(menalar).
§ Siswa mencatat isi teks pendek yang berkaitan dengan
keragaman benda di sekitar dalam bahasa tulis dengan menjawab pertanyaan
(mencoba).
§ Siswa membaca teks percakapan tentang “Banyaknya kelereng
di dalam lingkran ada 6 butir” (mencoba).
§ Siswa menemukan isi teks percakapan dengan pemahaman dan
bahasa sendiri (mencoba).
§ Siswa menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan
masalah tentang pembagian (menalar).
§ Siswa menyatakan pembagian sebagai pengurangan berulang
(menalar).
§ Siswa membaca teks percakapan yang belum lengkap
(mencoba).
§ Siswa membaca teks percakapan tentang soal cerita yang
berkaitan dengan pembagian (mencoba).
§ Siswa melengkapi teks percakapan dengan menentukan
kalimat matematika dalam pembagian (menalar).
§ Siswa mengerjakan soal yang berkaitan dengan pembagian
(menalar).
§ Siswa menggunakan konsep pembagian sebagai pengurangan
berulang (mencoba).
§ Siswa menghitung hasil bagi dua bilangan melibatkan
bilangan cacah (menalar).
§ Siswa bertanya jawab tentang alat dan bahan yang
dibutuhkan untuk membuat gambar imajinatif (menanya).
§ Siswa mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan
dalam menggambar imajinatif ( Critical Thinking and Problem Solving )
§ Siswa mengumpulkan bahan dan alat yang digunakan untuk
menggambar imajinatif ( Creativity and Innovation )
§ Siswa menggambar imajinatif berupa “buku yang terbuka”
menggunakan gambar susunan kelereng berbeda warna berdasarkan pengalaman atau
benda yang dilihatnya (mencoba).
§ Siswa menyimpulkan pembelajaran dengan bahasa sendiri
(mengomunikasikan).
§ Guru memberikan penguatan dan penghargaan terhadap
prestasi belajar siswa, boleh dengan menggunakan bahasa verbal, misalnya:
anak hebat, anak pintar, anak rajin, dan sebagainya.
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari (Integritas)
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius)
|
15 menit
|
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·
Buku
Siswa Tema : Bermain di
Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
·
Gambar
dan teks percakapan Beni dan teman-teman sedang bermain.
·
Teks
bacaan “Bermain di Halaman Sekolah”.
·
Gambar
Beni dan teman-temannya yang akan membagi kelereng sama banyak.
·
Berbagai
gambar tentang benda-benda di sekitar.
·
Gambar
imajinatif (buku yang terbuka) menggunakan susunan kelereng berbeda warna.
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH
.............................
|
GURU KELAS II
.............................
|
LAMPIRAN 1
MATERI PEMBELAJARAN
·
Mengamati gambar Beni dan temantemannya bermain di
halaman sekolah.
·
Tanya jawab mengenai gambar Beni dan teman-temannya
bermain di halaman sekolah.
·
Memprediksi isi teks berdasarkan gambar Beni dan
teman-temannya bermain di halaman sekolah.
·
Membaca teks bacaan Bermain di Halaman Sekolah.
·
Menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan.
·
Mengidentifikasi berbagai permainan yang dimainkan dalam
gambar “Bermain di Halaman Sekolah”.
·
Mengamati gambar percakapan antara Beni dengan
temantemannya tentang kelereng yang akan dibagi sama banyak.
·
Mengerjakan soal yang berkaitan dengan pembagian.
·
Mengidentifikasi alat dan bahan menggambar imajinatif.
·
Menggambar imajinatif dari bermain kelereng .
PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
LAMPIRAN 2
Penilaian
A. Teknik Penilaian
1. Penilaian Sikap: Lembar
Observasi
2. Penilaian Pengetahuan: Tes
3. Penilaian Keterampilan: Unjuk
Kerja
B. Bentuk Instrumen Penilaian
1. Sikap
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√) pada
sikap setiap siswa yang terlihat.
No
|
Nama Siswa
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Santun
|
Peduli
|
Percaya Diri
|
||||||
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
T
: Terlihat
BT : Belum Terlihat
2. Pengetahuan
Skor maksimal : 100
Penilaian :
Panduan Konversi Nilai:
Konversi
Nilai
(Skala
0-100)
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SB
(Sangat Baik)
|
66-80
|
B
|
B
(Baik)
|
51-65
|
C
|
C
(Cukup)
|
0-50
|
D
|
K
(Kurang)
|
a. Menyebutkan
isi teks pendek “Bermain di Halaman Sekolah” yang dibacakan berkaitan dengan
keragaman benda di sekitar dalam bahasa lisan.
Tes Lisan: Daftar Periksa
Menyebutkan Isi Teks Pendek (total skor 100).
Hasil Penilaian Menyebutkan Isi
Teks Pendek
b. Mencatat isi
teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda di sekitar dalam bahasa
tulis.
1. Tes tulisan: Mencatat Isi Teks
Pendek (total skor 100).
Menjawab pertanyaan berdasarkan
teks bacaan
1.
Beni, Edo, dan Udin sedang bermain kelereng. (skor 20)
2.
Siti memutar tali dari sebelah kanan. (skor 20)
3.
Dayu bermain estafet air. (skor 20)
4.
Bermain kelereng, bermain lompat tali, dan bermain
estafet air. (skor 20)
5.
Siswa kelas dua bermain di halaman sekolah. Ada yang
bermain kelereng, lompat tali, dan estafet air. (skor 20)
c. Menyatakan
kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian dan
menyatakan pembagian sebagai pengurangan berulang.
1. Tes Tulisan: Menyatakan
Kalimat Matematika (total skor 100).
1) 8 : 2 = ....
8 – 2 – 2 – 2 – 2 = 0
8 : 2 = 4
Jadi, banyak gelas air yang
dibawa setiap orang ada 4 gelas.
(skor 25)
2) 18 : 6 = ....
18 – 6 – 6 – 6 = 0
18 : 6 = 3
Jadi, banyak bekel pada setiap
orang ada 3 bekel. (skor 25)
3) 21 : 3 = ....
21 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 =
0
21: 3 = 7
Jadi, banyak siswa di setiap kelompok
ada 7 siswa. (skor 25)
4) 24 : 4 = ....
24 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 = 0
24 : 4 = 6
Jadi, banyak karet gelang yang
muat dalam kotak ada 6 karet gelang. (skor 25)
d.
Mengidentifikasi alat dan bahan untuk menggambar imajinatif Tes Tulisan:
Mengidentifikasi Alat Menggambar (total skor 100).
1.
pensil. (skor 20)
2.
pensil warna. (skor 20)
3.
karet penghapus. (skor 20)
4.
buku gambar. (skor 20)
5.
penggaris. (skor 20)
3. Keterampilan
a. Membaca
kembali teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
Rubrik Penilaian Kemampuan
Membaca Teks Pendek
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
membaca teks
dengan lafal yang tepat
|
Siswa mampu
membaca teks
dengan lafal
yang tepat.
|
Siswa mampu
membaca
setengah atau
lebih bagian
teks dengan
lafal yang
tepat.
|
Siswa mampu
membaca
kurang dari
setengah
bagian teks
dengan lafal
yang tepat.
|
Siswa belum
mampu
membaca teks
dengan lafal
yang tepat.
|
2
|
Kemampuan
membaca
teks dengan
intonasi yang
tepat
|
Siswa mampu
membaca
teks dengan
intonasi yang
tepat.
|
Siswa mampu
membaca
setengah atau
lebih bagian
teks dengan
intonasi yang
tepat.
|
Siswa mampu
membaca
kurang dari
setengah
bagian teks
dengan
intonasi yang
tepat.
|
Siswa belum
mampu
membaca
teks dengan
intonasi yang
tepat.
|
b. Menghitung
hasil bagi dua bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 100.
1) 4 : 2 = (4 - 2 – 2 = 0) = 2
2) 8 : 4 = (8 - 4 – 4 = 0) = 2
3) 9 : 3 = (9 - 3 - 3 – 3 = 0) =
3
4) 10 : 5 = (10 - 5 – 5 = 0) = 2
5) 12 : 4 = (12 - 4 - 4 – 4 = 0)
= 3
Soal open ended
Rubrik Penilaian Kemampuan
Menghitung Hasil Bagi Dua Bilangan
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
tentang
pembagian
sebagai
pengurangan
berulang
|
Mampu
menemukan
semua
jawaban
dengan cara
pengurangan
berulang.
|
Mampu
menemukan
sebagian
besar jawaban
dengan cara
pengurangan
berulang.
|
Mampu
menemukan
sebagian
kecil jawaban
dengan cara
pengurangan
berulang.
|
Belum mampu
menemukan
jawaban
dengan cara
pengurangan
berulang
|
2
|
Kemampuan
menemukan
jawaban yang
benar
|
Mampu
menemukan
semua
jawaban yang
benar.
|
Mampu
menemukan
sebagian
besar jawaban
yang benar.
|
Mampu
menemukan
sebagian kecil
jawaban yang
benar.
|
Belum mampu
menemukan
jawaban yang
benar.
|
c. Menggambar
imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang dilihatnya.
Rubrik Penilaian Menggambar
Imajinatif
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Komposisi
gambar
|
Mampu
menggambar
dengan hasil
gambar sangat
seimbang
kiri dan
kanan tanpa
bimbingan
guru.
|
Mampu
menggambar
dengan hasil
gambar
seimbang kiri
dan kanan
dengan
bimbingan
guru.
|
Mampu
menggambar
namun
hasilnya
kurang
seimbang kiri
dan kanan
walaupun
dengan
bimbingan
guru.
|
Mempu
menggambar
namun hasil
gambar tidak
seimbang kiri
dan kanan
walaupun
dengan
bimbingan
guru.
|
2
|
Proporsi
gambar
|
Terlihat hasil
gambar
mempunyai
proporsi yang
sangat sesuai.
|
Terlihat hasil
gambar
mempunyai
proporsi yang
cukup sesuai
|
Terlihat hasil
gambar
mempunyai
proporsi yang
kurang sesuai.
|
Terlihat hasil
gambar
mempunyai
proporsi yang
tidak sesuai.
|
3
|
Kerapian dan
kebersihan
dalam
menggambar
|
Gambar
yang dibuat
sangat rapi
serta bersih
pada bidang
dasaran.
|
Gambar
yang dibuat
rapi serta
sedikit bersih
pada bidang
dasaran
|
Gambar yang
dibuat kurang
rapi serta
kurang bersih
pada bidang
dasaran
|
Belum mampu
menggambar
dengan rapi
dan bersih
pada bidang
dasaran.
|
Remedial
•
Guru membimbing siswa secara rutin bagi siswa yang belum
dapat membaca dengan lancar karena akan berpengaruh pada proses pembelajaran
selanjutnya.
•
Guru membahas kembali materi tentang pembagian sebagai
pengurangan berulang bagi siswa yang belum paham.
•
Guru membimbing siswa dalam menggambar imajinatif agar
kemampuannya lebih berkembang dengan baik.
•
Guru memberikan bimbingan kepada siswa dalam menyebutkan
isi teks bacaan yang berkaitan dengan keragaman benda di sekitar dalam bahasa
lisan.
Pengayaan
•
Guru menugaskan siswa untuk menyebutkan isi teks bacaan
yang berkaitan dengan keragaman benda di sekitar dalam bahasa lisan.
•
Guru memberikan soal-soal yang lebih bervariasi tentang
persoalan yang berkaitan dengan konsep pembagian dalam kehidupan sehari-hari.
•
Guru menugaskan siswa untuk mengulang lagi konsep
pembagian.
•
Guru memberikan tugas tambahan kepada siswa dalam
menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang dilihatnya.
Comments