|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun
Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas
/ Semester : II / 1
Tema
1 : Hidup Rukun
Sub
Tema 2 : Hidup Rukun di Tempat Bermain
Pembelajaran
Ke : 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Matematika
3.2 Membandingkan dua bilangan cacah.
4.2 Mengurutkan bilanganbilangan dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya.
Bahasa Indonesia
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
SBdP
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari
4.3 Meragakan gerak keseharian dan alam dalam tari.
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Matematika
·
Melakukan gerak bagian tangan sesuai hitungan dengan benar.
·
Melakukan gerak bagian kepala sesuai hitungan dengan benar.
·
Melakukan gerak bagian kaki sesuai hitungan dengan benar.
·
Melakukan gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan dengan
benar.
·
Membandingkan dua kumpulan benda dengan istilah lebih banyak, sama dengan,
dan kurang dari dengan tepat.
Bahasa Indonesia
·
Menyebutkan kalimat ajakan dengan bahasa yang santun.
·
Memperagakan kalimat ajakan dengan bahasa yang santun.
·
Menuliskan isi cerita sesuai urutan dengan bahasa yang santun.
SBdP
·
Mengidentifikasi arah gerak tangan dengan benar.
·
Mengidentifikasi arah gerak kaki dengan benar.
·
Mengidentifikasi arah gerak kepala dengan benar.
·
Mengidentifikasi gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki dengan benar.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan diberikan teks percakapan yang berkaitan dengan
hidup rukun yang mengandung kalimat ajakan, siswa dapat menyebutkan kalimat
ajakan dengan bahasa yang santun.
¡ Dengan diberikan teks percakapan yang berkaitan dengan
hidup rukun yang mengandung kalimat ajakan, siswa dapat memperagakan kalimat
ajakan dengan bahasa yang santun.
¡ Dengan diberikan teks percakapan berkaitan dengan hidup
rukun yang mengandung kalimat ajakan, siswa dapat menuliskan isi cerita sesuai
urutan dengan bahasa yang santun.
¡ Dengan diberikan gambar tentang permainan anak, siswa
dapat mengidentifikasi arah gerak tangan dengan benar.
¡ Dengan diberikan gambar tentang permainan anak, siswa
dapat mengidentifikasi arah gerak kaki dengan benar.
¡ Dengan diberikan gambar tentang permainan anak, siswa
dapat mengidentifikasi arah gerak kepala dengan benar.
¡ Dengan diberikan gambar tentang permainan anak, siswa
dapat mengidentifikasi gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki dengan benar.
¡ Dengan diberikan gambar tentang permainan anak, siswa
dapat melakukan gerak bagian tangan sesuai hitungan dengan benar.
¡ Dengan diberikan gambar tentang permainan anak, siswa
dapat melakukan gerak bagian kepala sesuai hitungan dengan benar.
¡ Dengan diberikan gambar tentang permainan anak, siswa
dapat melakukan gerak bagian kaki sesuai hitungan dengan benar.
¡ Dengan diberikan gambar tentang permainan anak, siswa
dapat melakukan gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan
dengan benar.
¡ Dengan diberikan gambar kumpulan benda, siswa dapat
membandingkan dua kumpulan benda dengan istilah lebih banyak, sama dengan, dan
kurang dari dengan tepat.
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama
dan keyakinan masing-masing. (Religius)
§ Siswa diminta mengamati gambar suasana anak-anak yang
sedang bermain. Gambar tersebut merupakan pengantar pembelajaran subtema
Hidup Rukun dengan Teman Bermain. Siswa diajak untuk mengetahui pentingnya hidup rukun di tempat
bermain. Pemahaman itu diarahkan dengan pertanyaan-pertanyaan setelah gambar
subtema. (Nasionalis)
§ Guru bertanya jawab dengan siswa. Suasana tanya jawab
yang menyenangkan akan memotivasi siswa mengikuti pembelajaran. ( Communication )
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa membaca teks percakapan
yang mengandung ajakan. Guru membimbing siswa untuk menemukan kata yang
menunjukkan ajakan. Setelah itu, siswa menyebutkan kembali kalimat ajakan
tersebut. Kemudian siswa memperagakan kalimat ajakan tersebut. (
Literasi )
§
Siswa menyebutkan kalimat ajakan
yang terdapat pada teks percakapan. (Mandiri)
§
Siswa menuliskan kalimat ajakan
untuk mengajak teman bermain, kemudian memperagakan kalimat ajakan yang sudah
ditulisnya.
§
Siswa mengamati gambar yang akan
disusun menjadi sebuah cerita.
§
Siswa mengurutkan gambar yang
terdapat pada Buku Siswa sehingga menjadi sebuah cerita. Pada kegiatan ini,
siswa berlatih menyebutkan kalimat yang mengandung ajakan dan mencoba
memahami arti kalimat tersebut.
§
Guru mengamati kemampuan siswa
dalam menyebutkan kalimat ajakan dan memahami isi ceritanya (Rubrik penilaian
1, Bahasa Indonesia KD 3.1 dan KD 4.1)
§
Siswa menulis cerita berdasarkan
urutan gambar yang sudah dikerjakan. Kegiatan ini juga melatih siswa untuk
menyebutkan kalimat yang mengandung ajakan dan mencoba memahami artinya. (
Literasi )
§
Siswa mengamati gambar gerakan
kepala, tangan, dan kaki seperti yang terdapat pada Buku Siswa. Guru memberi
contoh memperagakan gerakan-gerakan tersebut.
§
Siswa memperagakan gerakan sesuai
dengan contoh dari guru. (Mandiri)
§
Siswa secara bersama-sama
melakukan gerakan tanpa hitungan, setelah itu gerakan itu dilakukan dengan
hitungan.
§
Guru mengamati kemampuan siswa
dalam mempraktikkan gerakan kepala, tangan, dan kaki dengan hitungan (Rubrik
penilaian 2, SBdP KD 3.3 dan KD 4.3)
§
Siswa mengamati gambar sekumpulan
kubus yang ditata sesuai dengan nilai tempatnya. Guru membimbing siswa untuk
mengamati banyak kubus pada setiap nilai tempatnya. Pada kegiatan ini, guru
bisa membimbing siswa untuk mempertanyakan hal-hal yang berkaitan dengan
kumpulan kubus dan nilai tempat tersebut. ( Critical Thinking and Problem
Solving )
§
Siswa membandingkan kelompok
kubus yang satu dengan kelompok kubus yang lain. Guru membimbing siswa untuk
mengetahui banyak kubus pada setiap kelompok kubus, kemudian siswa diminta membandingkan
banyak kubus tersebut sesuai dengan nilai tempatnya. ( Creativity
and Innovation )
§
Siswa berlatih membandingkan
kumpulan kubus melalui soal-soal yang terdapat pada Buku Siswa. Guru dapat
menambahkan soal sesuai kebutuhan. Guru dapat mengamati pemahaman siswa
mengenai perbandingan dua kumpulan benda melalui soal-soal tersebut. (Matematika
KD 3.1)
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Guru memberikan tugas kepada
siswa untuk mengulang kembali pemahaman lebih dari dan kurang dari dengan
menggunakan benda-benda yang ada di rumah. Misalnya, buku-buku yang ada di
rumah, peralatan makan, dan tusuk gigi. Kegiatan itu dilakukan bersama orang
tua. (Integritas)
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah
diikuti.
§
Melakukan
penilaian hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius)
|
15 menit
|
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Hidup
Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
Rev.2017).
¡ Teks percakapan tentang hidup
rukun.
¡ Gambar permainan anak.
¡ Gambar rangkaian gerakan
kepala.
¡ Gambar rangkaian gerakan
tangan.
¡ Gambar rangkaian gerakan kaki.
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH
.............................
|
GURU KELAS II
.............................
|
LAMPIRAN 1
MATERI PEMBELAJARAN
¡ Menyebutkan kalimat ajakan
pada teks percakapan.
¡ Memeragakan kalimat ajakan
pada teks percakapan.
¡ Mengidentifikasikan gerak
tangan, kaki, dan kepala pada permainan.
¡ Melakukan gerak koordinasi
kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan.
¡ Membandingkan dua bilangan
cacah dengan lebih banyak, sama dengan, dan kurang dari..
PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
LAMPIRAN 2
Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap: Lembar
Observasi
b. Penilaian Pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan:
Unjuk Kerja
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a. Sikap
Sikap siswa yang muncul ketika
proses pembelajaran.
Contoh Format Jurnal untuk
Penilaian Sikap
b. Pengetahuan dan
Keterampilan
Skor penilaian: 100
Penilaian :
Paduan
Kontroversi Nilai :
Konversi Nilai
(skala 0-100)
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81 – 100
|
A
|
SB ( Sangat Baik )
|
66 – 80
|
B
|
B ( Baik )
|
51 – 65
|
C
|
C ( Cukup )
|
0 – 50
|
D
|
K ( Kurang )
|
Contoh
Rubrik:
1) SBdP
Rubrik Mempraktikkan Gerakan
Tangan, Kaki, dan Kepala sesuai Hitungan (KD 3.3 dan 4.3)
Aspek/Kriteria
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Gerakan
kepala,
kaki, dan
tangan
dipraktekkan
dengan
benar.
|
Gerakan
kepala,
kaki,
dan tangan
dipraktekkan
dengan
benar
dan ada
banyak
variasi
gerakan.
|
Gerakan
kepala,
kaki,
dan tangan
dipraktekkan
dengan
benar
tanpa
variasi
gerakan.
|
Ada
beberapa
gerakan
yang
kurang
sesuai
dan tanpa
variasi.
|
Belum ada
gerakan
yang
benar.
|
Kesesuaian
dengan
hitungan.
|
Semua
gerakan
dilakukan
sesuai
hitungan,
tanpa
bantuan
guru.
|
Ada
beberapa
gerakan
yang
dilakukan
belum
sesuai
hitungan,
tanpa
bantuan
guru.
|
Ada
beberapa
gerakan
yang
dilakukan
belum
sesuai
hitungan,
dengan
bantuan
guru.
|
Belum ada
gerakan
yang
dilakukan
sesuai
hitungan.
|
Sikap yang dapat diamati dan
dikembangkan adalah percaya diri
2) Bahasa Indonesia
Pengetahuan: Menyebutkan
Kalimat Ajakan berdasarkan Teks (KD 3.1)
Kriteria
|
Skor
|
Semua kalimat ajakan
disebutkan dengan benar, minimal 4 kalimat
|
4
|
Dapat menyebutkan 3 kalimat
ajakan dengan benar
|
3
|
Dapat menyebutkan 2 kalimat ajakan
dengan benar
|
2
|
Dapat
menyebutkan 1 kalimat ajakan atau masih belum dapat
menyebutkan kalimat ajakan
dengan benar
|
1
|
Rubrik Memperagakan Kalimat
Ajakan Berdasarkan Teks Percakapan (KD 4.1)
Aspek/Kriteria
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Kalimat
ajakan
diperagakan
dengan
memerhatikan
lafal dan
intonasi
yang
tepat.
|
Semua
kalimat
ajakan
diperagakan
dengan
benar,
tanpa
bantuan
guru.
|
Ada
beberapa
kalimat
ajakan
yang
diperagakan
kuran
benar,
tanpa
bantuan
guru.
|
Ada
beberapa
kalimat
ajakan
yang
diperagakan
kuran
benar,
dengan
bantuan
guru.
|
Belum ada
kalimat
ajakan
yang
diperagakan
dengan
benar,
dengan
bantuan
guru.
|
Sikap yang dapat diamati dan
dikembangkan adalah santun.
3) Matematika
Mengurutkan Bilangan Cacah
Kriteria
|
Skor
|
Semua
kumpulan bilangan diurutkan dengan benar.
|
4
|
Setengah
atau lebih kumpulan bilangan yang ada diurutkan dengan benar.
|
3
|
Kurang
dari setengah kumpulan bilangan yang ada diurutkan dengan benar.
|
2
|
Belum ada
kumpulan bilangan yang diurutkan dengan benar
|
1
|
Remedial
·
Guru mengulang
kembali kegiatan menyebutkan kalimat ajakan pada teks percakapan yang dibacakan
dengan menggunakan teks yang berbeda.
·
Guru membimbing
siswa yang belum mampu melakukan koordinasi gerak kepala dan tangan.
·
Guru memberikan
bimbingan bagi siswa yang belum mampu menyelesaikan soal membandingkan banyak
benda..
Pengayaan
·
Guru memberikan
latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu menyebutkan kalimat ajakan pada
teks percakapan yang dibacakan berkaitan dengan hidup rukun.
·
Guru meminta
siswa melakukan latihan lanjutan mengenai koordinasi gerak kepala dan tangan.
·
Guru memberikan
soal tambahan bagi siswa yang telah mampu menyelesaikan soal perbandingan
banyak benda.
Comments