![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan Pendidikan : SDN
SUKAHURIP 02
Kelas / Semester :
I (Satu) / 1
Tema 1 :
Diriku
Sub Tema 2 : Tubuhku
Pembelajaran : 4
AlokasiWaktu : 1 x Pertemuan
(6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)& INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Mengenal kegiatan persiapanmembaca permulaan (caraduduk
wajar dan baik, jarakantara mata dan buku,gerakan mata dari kiri kekanan,
memilih tempatdengan cahaya terang)dengan cara yang benar
4.1 Mempraktikkan kegiatanpersiapan membacapermulaan (duduk
wajar danbaik, jarak antara mata danbuku, cara memegang buku,cara membalik halamanbuku,
gerakan mata dari kirike kanan, memilih tempatdengan cahaya terang)dengan cara
yang benar
Indikator:
3.1.3 Menunjukkan gambarcara memegang buku danmembalik halaman
saatmembaca
3.1.4 Menunjukkan gambar posisicahaya yang benar saatmembaca
4.1.3 Mendemonstrasikan caramemegang buku/objekbacaan dan
membuka ataumembalik halaman bukusaat membaca
4.1.4 Mendemonstrasikanpencahayaan yang baik saatmembaca
PJOK
Kompetensi Dasar (KD) :
3.8 Memahami bagian-bagiantubuh, bagian tubuh yangboleh dan
tidak bolehdisentuh orang lain, caramenjaga kebersihannya, dankebersihan
pakaian.
4.8 Menceritakan bagian-bagiantubuh, bagian tubuhyang boleh
dan tidak bolehdisentuh orang lain, caramenjaga kebersihannya, dankebersihan
pakaian
Indikator:
3.8.2 Menjelaskan bagian-bagiantubuh yang boleh disentuhdan
tidak boleh disentuhorang lain
4.8.2 Menceritakan pengalamantentang bagian-bagiantubuh yang
boleh disentuhdan tidak boleh disentuhorang lain
SBDP
Kompetensi Dasar:
3.3 Memahami gerak anggotatubuh melalui tari
Indikator:
3.3.1 Mengidentifikasi gerakanggota tubuh (kepala,badan,
tangan, dan kaki)dalam suatu tarian
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan berdiskusi bersama teman, siswa dapat bertukar
informasitentang bagian-bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh.
2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan bagian
tubuh yangboleh dan tidak boleh disentuh.
3. Dengan bercerita, siswa dapat berbagi pengalamannya
sertamenceritakan pengalaman tentang bagian-bagian tubuh yang boleh dantidak
boleh disentuh orang lain.
4. Dengan mengamati gambar dan mendengarkan penjelasan guru,
siswadapat mengidentifikasi dan mendemonstrasikan cara memegang danmembalik
buku serta membaca dengan pencahayaan yang benar.
5. Dengan tarian, siswa dapat menggerakkan anggota tubuh
sesuai iramalagu dengan hitungan.
v Karaktersiswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru mengajaksiswaberdoadanmembalassalam.(Religius)
Mintasiswauntukmengamatianggotabadannyayang
nampakdariluar. (Yang tidaktertutupbaju, misalkepaladanbetis kaki) (Critical Thinking and Problem Solving)
Mintasiswauntukmenyebutkanbagian-bagiantubuh yang
tidaktertutup. Tanyakankepadasiswamengapaadabagiantubuh yang
tertutuppakaiandan yang tidakterutuppakaian. (lihatbukusiswahalaman 57).(Communication)
Menyanyikan Lagu Indonesia Pusaka (Nasionalis)
Guru
menunjukbeberapasiswasecaraacakuntukmenjelaskanjawabannya. Siswa yang
lainmendengarkanjawabantemanlainnya. Guru
mengapresiasisemuajawabansiswadanmenyampaikaninformasitambahanbahwatertutupdantidaktertutupolehbajuadahubungannyadenganbagian-bagiantubuh
yang bolehdantidakbolehdisentuh orang lain. (Critical
Thinking and Problem Solving)
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru lalumemperlihatkanilustrasigambartentangbagian-bagiantubuh
yang bolehdisentuhdantidakbolehdisentuh orang lain sertaapaalasannya.
(lihatbukusiswahalaman 58) (Literasi)
·
Guru
menjelaskantentangilustrasigambartersebutdanmenjelaskantentangapa yang
dimaksuddengan orang lain melaluigambarberikut:
·
Guru lalumemintasiswauntukberkelompok yang banyaknya 5.
Mintaparasiswa di
setiapkelompokuntuksalingberbagiinformasiatauceritatentangpengalamanmasing-masingberkaitandenganbagian-bagiantubuh
yang bolehdisentuhdantidakbolehdisentuh. ( Collaboration)
·
Mintaperwakilandarisetiapkelompokuntukmajukedepankelasdanmenceritakanhasilberbagiceritadengankelompokmasing-masing. (Gotong-royong)
·
Setelahselesai, guru
memintasiswauntukmenjagatubuhmerekakarenatubuhadalahkaruniaTuhan yang haruskitasyukuri. (Religius)
·
Siswalalukembaliketempatdudukmasing-masing.
·
Mintasiswauntukmenutupbukusiswadanmembukahalaman demi
halamanbukusiswa yang dipegangolehsiswadarihalamandepan. Guru
mengamaticaramerekamemegangdanmembukahalamanbuku. (Literasi)
·
Mintasiswaberhenti di halaman 59 danamatigambar di
halamantersebut.
Tunjukbeberapasiswasecaraacakuntukmenjelaskantentanggambaritu. (Mandiri)
·
Guru lalumemberikaninformasi yang
lebihlengkapbahwagambartersebutmenunjukkancaramemegangdanmembalikhalamanbuku
·
yangtepat.
Termasukpenyebabmengapaperluuntukmemegangdanmembalikhalamanbukudengantepat.
·
Guru jugamenjelaskanbahwasaatmembaca,
posisicahayadanbanyaknyacahayajugapenting agar kesehatanmatatetapterjaga.
·
Guru
lalumemintasiswamendemonstrasikancaramemegangbukudanmembalikhalamannya.
Siswadimintauntukmenerapkanposisitubuhsaatduduk yang
tepatsertamengaturposisiantaramatadanbukudenganbenar.
·
Guru mengamatisiswa yang sedangmelakukandemonstrasi,
mengevaluasinya, danmembetulkancaradanposisitubuh yang salah.
·
Guru menutupkegiatan di hariinidenganmenari.
·
Mintasiswauntukberdiri. Guru
memutarmusik/memainkanalatmusik,
lalumintasiswauntukmendengarkanmusiktersebut.
·
Guru mengajaksiswauntukmenggerakkananggotatubuh,
yaitukepala, badan, tangan, dan kaki sesuaidenganiramalagu yang
sedangdidengarkan. (creativity and Innovation)
·
Guru
memberikaninstruksiuntukgerakdasarsebelumsiswaberkreasimembuatgerakansendiri.
Instruksigerakdasartersebutadalah:
»» Sikapberdiri, pandangankedepan
»» Keduatangan di pinggang
»» Kedua kaki dibuka, lututditekuk
»» Gerakkepalatengokkanandankiri(Mandiri)
·
Siswabebasmenciptakan/mengkreasikangerakanmasing-masingasalsesuaidenganiramalagu/hitungan
yang ada di alatmusik/musik yangsedangdidengarkan. (creativity and Innovation)
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari. (Integritas)
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. (Communication)
Melakukanpenilaianhasilbelajar
Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut
agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran) (Religius)
|
15 menit
|
E. SUMBER,
ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Gambar kegiatan yang menggunakan mata, telinga, hidung, dan
lidah
¡ Teksdeskriptifsederhanatentangalatindera (lihatteks di
bukusiswa)
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP. …………………………….
|
Rajamandala, 17 Juli 2017
Guru Kelas I
_________________________
NIP. …………………………….
|
Catatan KepalaSekolah :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Lampiran 1
MATERI PEMBELAJARAN
¡ Mengenal Fungsi Bagian Tubuh
¡ Menyusun Huruf dan Menulis Kata
METODE
PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
lampiran 2
PenilaianPembelajaran
1.
PenilaianSikap: Observasidanpencatatansikapsiswaselamakegiatan
2.
Penilaianpengetahuan:
-
Testertulistentangbagian-bagiantubuh yang bolehdandisentuh orang lain.
3.
Penilaianketerampilan:
a. PenilaianUnjukkerja:
mendemonstrasikancaramemegangbukudanmembalikhalamannya
Kriteria
|
Baiksekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
PerluPendampingan
1
|
1. Kemampuanmendemonstrasikanposisitangansaatmemegangdanmembalikhalamanbuku
|
Siswamampumendemonstrasikancaramemegangdanmembalikhalamanbukudengantepat
|
Siswamampumendemonstrasikancaramemegangdanmembalikhalamanbukudengantepatdengan
1 kali arahanulang
|
Siswamampumendemonstrasikanposisitubuh yang
tepatsaatdudukdenganbantuanlebihdari 1 kali arahanulang
|
Siswabelummampumendemonstrasikanposisitubuh yang tepatsaatdudukdenganbantuan
1 kali arahanulang
|
2. Kemampuanmendemonstrasikanposisicahayadanpencahayaan
yang benar
|
Kemampuanmendemonstrasikanposisicahayadanpencahayaan yang
benar
|
Kemampuanmendemonstrasikanposisicahayadanpencahayaan yang
benardengan 1 kali arahanulang
|
Kemampuanmendemonstrasikanposisicahayadanpencahayaan yang
benardenganbantuanlebihdari 1 kali arahanulang
|
Kemampuanmendemonstrasikanposisicahayadanpencahayaan yang
benar
|
PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
………
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
BT :
BelumTerlihat
MT : MulaiTerlihat
MB : MulaiBerkembang
SM : SudahMembudaya
Berilahtandacentang (P) padakolom yang sesuai
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (isian)
3. Penilaian Pengetahuan
a. Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Kemampuan Mengenal Fungsi Bagian
Tubuh
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1.
|
Kemampuan menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi teks
|
Siswa mampu menjawab seluruh pertanyaan yang diajukan
|
Siswa mampu menjawab setengah atau lebih jumlah pertanyaan yang diajukan
|
Siswa mampu menjawab kurang dari setengah jumlah pertanyaan yang diajukan
|
Siswa belum mampu menjawab pertanyaan
|
2.
|
Kemampuan menjelaskan kegunaan bagian tubuh
|
Siswa mampu menjelaskan 5 kegunaan bagian tubuh
|
Siswa mampu menjelaskan 3-4 kegunaan bagian tubuh
|
Siswa hanya mampu menjelaskan 2 kegunaan bagian tubuh
|
Siswa hanya mampu menjelaskan 0-1
kegunaan bagian tubuh
|
b. Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Menyusun Huruf Menjadi Nama Bagian
Tubuh
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1.
|
Ketepatan menyusun huruf menjadi nama bagian tubuh
|
Kelompok mampu menyusun seluruh huruf yang diterima menjadi nama bagian
tubuh
|
Kelompok mampu menyusun setengah atau lebih jumlah huruf yang diterima
menjadi nama bagian tubuh
|
Kelompok mampu menyusun kurang dari setengah jumlah huruf yang diterima
menjadi nama bagian tubuh
|
Kelompok belum mampu menyusun huruf
|
2.
|
Ketepatan waktu penyelesaian tugas
|
Selesai sebelum waktu yang ditentukan
|
Selesai tepat waktu
|
Terlambat maksimal 5 menit
|
Terlambat lebih dari 5 menit
|
3.
|
Kerja sama kelompok
|
Seluruh anggota kelompok berpartisipasi aktif
|
Setengah atau lebih anggota kelompok berpartisipasi aktif
|
Kurang dari setengah anggota kelompok berpartisipasi aktif
|
Seluruh anggota kelompok ter lihat pasif
|
Comments