|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun
Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : II / 1
Tema 2 : Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 2 : Bermain di Rumah Teman
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
SBdP
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari.
4.3 Memperagakan gerak keseharian dan alam dalam tari.
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual,
dan/atau eksplorasi
lingkungan.
4.2 Melaporkan penggunaan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan
visual.
Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan seharihari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
4.4 Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan seharihari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
SBdP
•
Mengidentifikasi
gerak bagian kepala dengan benar.
•
Mengidentifikasi
gerak bagian tangan dengan benar.
•
Melakukan
gerak bagian kepala dengan hitungan.
•
Melakukan
gerak bagian tangan dengan hitungan.
•
Melakukan
gerakan lain yang berbeda dengan yang ada pada gambar dengan benar.
Bahasa Indonesia
•
Menyebutkan
isi teks pendek yang dibacakan dengan benar.
•
Membaca
kembali teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
Matematika
•
Menyatakan
kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah perkalian dengan benar.
•
Memecahkan
masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Dengan mendengarkan guru membaca teks “Memetik
Jambu di Rumah Udin”, siswa dapat menyebutkan isi teks pendek
yang dibacakan dengan benar.
·
Dengan teks “Memetik Jambu di Rumah Udin”, siswa
dapat membaca kembali teks pendek yang berkaitan dengan
keragaman benda dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
·
Dengan mengamati gambar gerakan kepala, siswa
dapat mengidentifikasi gerak bagian kepala
dengan benar.
·
Dengan mengamati gambar gerakan tangan, siswa
dapat mengidentifikasi gerak bagian tangan
dengan benar.
·
Dengan bimbingan guru, siswa dapat melakukan gerak
bagian kepala dengan hitungan.
·
Dengan bimbingan guru, siswa dapat melakukan gerak
bagian tangan dengan hitungan.
·
Dengan bimbingan guru, siswa dapat melakukan
gerakan lain yang berbeda dengan yang ada
pada gambar dengan benar.
·
Dengan berdiskusi, siswa dapat menyatakan kalimat
matematika yang berkaitan dengan masalah perkalian dengan benar.
·
Dengan berdiskusi, siswa dapat memecahkan masalah
sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar.
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Religius)
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. (
Communication )
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa mengamati gambar “Beni dan Temanteman Memetik
Jambu”.
§
Siswa mengajukan pertanyaan terhadap gambar yang diamati.
§
Siswa lain menjawab pertanyaan yang diajukan temannya.
§
Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang gambar yang
telah diamati.
§
Salah seorang siswa membaca teks “Memetik Jambu di Rumah
Udin” dengan lafal dan intonasi yang tepat. ( Literasi )
§
Siswa lain mendengarkan teks yang dibacakan.
§
Siswa menuliskan jawaban dari pertanyaan berdasarkan teks
yang dibacakan.
§
Siswa kembali membaca teks “Memetik Jambu di Rumah Udin”.
§
Siswa saling memeriksa jawaban yang telah ditulis bersama
teman sebangkunya. ( Collaboration )
§
Siswa dan guru melakukan tanya jawab terhadap jawaban
yang telah ditulis siswa. ( Communication )
§
Guru memberikan penguatan terhadap materi yang
dibicarakan.
§
Siswa mengamati gambar rangkaian gerakan kepala
(menggeleng ke kiri, menggeleng ke kanan, mengadah dan menunduk).
§
Siswa menjelaskan cara melakukan gerakan berdasarkan
gambar.
§
Siswa mempraktikkan gerakan berdasarkan gambar.
§
Guru memperagakan gerakan berdasarkan gambar dan siswa
mengamati.
§
Guru membimbing siswa mempraktikkan gerakan kepala sesuai
gambar.
§
Siswa mengamati gambar rangkaian gerakan tangan (mengayun
ke atas, mengayun ke bawah, mengayun ke kiri, mengayun ke kanan).
§
Siswa menjelaskan cara melakukan gerakan berdasarkan
gambar.
§
Siswa mempraktikkan gerakan berdasarkan gambar. (Mandiri)
§
Guru memperagakan gerakan berdasarkan gambar dan siswa mengamati.
§
Guru membimbing siswa mempraktikkan gerakan tangan sesuai
gambar.
§
Guru memperagakan koordinasi gerakan kepala dan tangan,
kemudian siswa untuk mengamati.
§
Guru membimbing siswa melakukan koordinasi gerakan kepala
dan tangan dengan hitungan.
§
Guru membimbing siswa untuk melakukan gerakan lain yang
berbeda sesuai kreativitas siswa.
§
Siswa mendiskusikan contoh soal yang berkaitan dengan
perkalian. ( Collaboration )
§
Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang contoh
penyelesaian soal perkalian.
§
Siswa berdiskusi menyelesaikan beberapa soal mengubah
penjumlahan berulang menjadi bentuk perkalian. ( Creativity and Innovation )
§
Siswa mengerjakan latihan tentang perkalian (mengubah
penjumlahan berulang menjadi bentuk perkalian).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari (Integritas)
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius)
|
15 menit
|
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·
Buku
Siswa Tema : Bermain di
Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
·
Teks
percakapan “Beni dan Udin”.
·
Gambar
“Beni dan Teman-teman MemetikJambu”.
·
Teks
“Memetik Jambu di Rumah Udin”.
·
Gambar
“Rangkaian Gerakan Kepala”.
·
Gambar
“Rangkaian Gerakan Tangan”.
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH
.............................
|
GURU KELAS II
.............................
|
LAMPIRAN 1
MATERI PEMBELAJARAN
·
Menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan berkaitan
dengan keragaman benda.
·
Membaca kembali teks pendek yang berkaitan dengan
keragaman benda.
·
Melakukan gerak bagian kepala dengan hitungan.
·
Melakukan gerak bagian tangan dengan hitungan.
·
Mengubah penjumlahan berulang ke dalam bentuk perkalian.
·
Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan
perkalian.
PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
LAMPIRAN 2
Penilaian
A. Teknik Penilaian
1. Penilaian Sikap: Lembar
Observasi
2. Penilaian Pengetahuan: Tes
3. Penilaian Keterampilan: Unjuk
Kerja
B. Bentuk Instrumen Penilaian
1. Sikap
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√) pada
sikap setiap siswa yang terlihat.
No
|
Nama Siswa
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Santun
|
Peduli
|
Percaya Diri
|
||||||
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
T
: Terlihat
BT : Belum Terlihat
2. Pengetahuan
Skor maksimal : 100
Penilaian :
Panduan Konversi Nilai:
Konversi
Nilai
(Skala
0-100)
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SB
(Sangat Baik)
|
66-80
|
B
|
B
(Baik)
|
51-65
|
C
|
C
(Cukup)
|
0-50
|
D
|
K (Kurang)
|
a. Tes: Penilaian menjawab
pertanyaan dari teks “Memetik Jambu di
Rumah Udin”.
1.
Memetik jambu. (skor 20)
2.
Beni, Edo, Lani, dan Siti. (skor 20)
3.
Di depan rumah Udin. (skor 20)
4.
Udin memanjat pohon jambu, Beni memetik jambu menggunakan
galah, Lani memetik jambu dengan tangan, Edo dan Siti mengumpulkan jambu yang
sudah dipetik. (skor 20)
5.
Galah. (skor 20)
b. Tes: Menentukan bentuk
perkalian.
1.
2 × 9 = 18 (skor 20)
2.
7 × 7 = 49 (skor 20)
3.
3 × 4 = 12 (skor 20)
4.
3 × 8 = 24 (skor 20)
5.
4 × 2 = 8 (skor 20)
3. Keterampilan
a. Menyebutkan isi teks pendek
yang dibacakan
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
menyampaikan
|
Siswa
menyampaikan
seluruh isi teks
dengan lancar
|
Sebagian
besar isi teks
disampaikan
dengan lancar
|
Sebagian
kecil isi teks
disampaikan
dengan lancar
|
Belum mampu
menyampaikan
|
2
|
Volume suara
|
Terdengar
sampai seluruh
ruang kelas
|
Terdengar
sampai
setengah ruang
kelas
|
Terdengar
hanya bagian
depan ruang
kelas
|
Suara sangat
pelan atau
tidak terdengar
|
b. Mempraktikkan gerak bagian
kepala dan tangan dengan hitungan
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
mempraktikkan
|
Seluruh
gerakan
dipraktikkan
dengan baik
|
Sebagian
besar gerakan
dipraktikkan
dengan baik
|
Hanya
sebagian
kecil gerakan
dipraktikkan
dengan baik
|
Belum bisa
mempraktikkan
gerakan
|
2
|
Kesesuaian
gerakan
dengan hitungan
|
Seluruh
gerakan
dipraktikkan
sesuai
hitungan
|
Sebagian
besar gerakan
dipraktikkan
sesuai
hitungan
|
Hanya
sebagian
kecil gerakan
dipraktikkan
sesuai
hitungan
|
Belum bisa
mempraktikkan
sesuai
hitungan
gerakan
|
Remedial
•
Guru mengulang kembali kegiatan menyebutkan isi teks
pendek yang dibacakan dengan menggunakan teks yang berbeda.
•
Guru membimbing siswa yang belum mampu melakukan
koordinasi gerak kepala dan tangan.
•
Guru memberikan bimbingan bagi siswa yang belum mampu
menyelesaikan soal mengubah penjumlahan berulang menjadi bentuk perkalian.
Pengayaan
•
Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah
mampu menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan berkaitan dengan keragaman
benda di sekitar.
•
Guru meminta siswa melakukan latihan lanjutan mengenai
koordinasi gerak kepala dan tangan.
•
Guru memberikan soal tambahan bagi siswa yang telah mampu
menyelesaikan soal mengubah penjumlahan berulang menjadi bentuk perkalian.
Comments