RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun
Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : II / 1
Tema 4 : Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 4 : Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
4.4 Menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.
4.10 Mengklasifikasi bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.
SBdP
3.4 Memahami pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.
4.4 Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
·
Menyebutkan
isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa
lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman)
secara tepat.
·
Mencatat
isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa tulis secara
tepat.
·
Menemukan
kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan
secara benar.
·
Menjelaskan
makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat secara benar.
·
Membaca
teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan lafal dan
intonasi yang tepat.
·
Melakukan
pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan pedoman isi teks yang
telah dibaca secara benar.
·
Menuliskan
hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan ejaan yang
tepat.
·
Melaporkan
hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan bahasa
Indonesia yang tepat
Matematika
·
Menentukan
bangun ruang berdasarkan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut secara benar.
·
Mengelompokkan
bangun ruang berdasarkan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut dengan benar.
SBdP
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami secara tepat.
·
Mengidentifikasi
bahan alami dan alat untuk membuat karya hiasan dengan benar.
·
Menggunakan
bahan alami dan alat untuk membuat karya hiasan secara tepat.
·
Mengidentifikasi
langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan alami dengan benar.
·
Membuat
karya hiasan menggunakan bahan alami secara benar.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Melalui
tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan
lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
·
Melalui
penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat
menggunakan bahasa tulis secara tepat.
·
Melalui
diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan
lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar.
·
Melalui
diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan
lingkungan sehat secara benar.
·
Melalui
penugasan, siswa dapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan
sehat menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
·
Melalui
penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat
menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca secara benar.
·
Melalui
penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan
sehat menggunakan ejaan yang tepat.
·
Melalui
penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan
sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
·
Dengan
mengamati gambar tentang hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifikasi
ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami secara tepat.
·
Dengan
mengamati gambar tentang hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifikasi
bahan alami dan alat untuk membuat karya hiasan dengan benar.
·
Melalui
tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan bahan alami dan alat
untuk membuat karya hiasan secara tepat.
·
Melalui
tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan
dengan bahan alami dengan benar.
·
Melalui
penugasan, siswa dapat membuat karya hiasan menggunakan bahan alami secara
benar.
·
Dengan
mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan bangun ruang
berdasarkan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut secara benar.
·
Secara
mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat mengelompokkan bangun
ruang berdasarkan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut dengan benar.
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Religius)
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Prestasi Sekolahku”. (Integritas)
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. (
Communication )
|
15 menit
|
Inti
|
§
Siswa mendengarkan teman membacakan teks percakapan yang
berhubungan dengan tempat umum yang bersih dan sehat. ( Literasi )
§
Bertanya jawab tentang isi percakapan.
§
Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks
percakapan yang didengar sebelumnya. ( Communication )
§
Guru dan siswa bersama-sama mengoreksi kebenaran jawaban
yang dibuat siswa.
§
Memberikan penguatan terhadap jawaban siswa dan
mengarahkannya agar senantiasa menjaga kebersihan tempat umum di manapun
berada.
§
Siswa mendiskusikan makna kata yang berhubungan dengan teks
percakapan sebelumnya, misalnya saja kata karyawisata, tanaman hias, dan
hutan lindung. ( Collaboration )
§
Ketika berdiskusi, siswa hendaknya dibimbing penuh oleh guru
karena kata yang dicari maknanya mungkin saja kata yang baru pertama kali ia
dengar.
§
Untuk memantapkan pemahaman siswa, diberikan latihan yang
berhubungan dengan kata dan maknanya.
§
Mengoreksi kebenaran hasil kerja siswa dalam kelompok.
§
Memberikan penguatan terhadap hasil kerja siswa dalam
menemukan makna kata.
§
Siswa membaca teks yang berjudul “Hutan Merupakan
Paru-paru Dunia” dengan lafal dan intonasi yang tepat. ( Literasi )
§
Bertanya jawab tentang isi teks yang dibaca. Pertanyaan yang
dapat diajukan misalnya: “Apa isi teks yang kamu baca?” dan “Apa kesimpulanmu
terhadap isi teks?”.
§
Siswa mengamati gambar yang berhubungan dengan ciri
tempat umum yang bersih dan sehat. (Mandiri)
§
Bertanya jawab tentang isi gambar. Pertanyaan yang dapat
diajukan misalnya “Informasi apa saja yang kamu peroleh dengan mengamati
gambar tersebut?”.
§
Siswa menuliskan laporan hasil pengamatan tentang ciri
tempat umum yang bersih dan sehat.
§
Siswa diberikan arahan tentang penggunaan ejaan yang
tepat ketika menulis laporan.
§
Siswa membacakan laporan hasil pengamatan yang telah
ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat. ( Communication )
§
Siswa mengamati berbagai bentuk kerajinan yang dapat
dibuat dari daun kering.
§
Bertanya jawab tentang gambar.
§
Siswa membaca alat dan bahan yang digunakan dalam membuat
kerajinan dari daun kering.
§
Siswa membaca petunjuk cara membuat kerajinan dari daun
kering.
§
Siswa berlatih membuat kerajinan dari daun kering,
misalnya hiasan vas bunga dan, hiasan dinding.
§
Siswa menjelaskan kerajinan yang telah dibuatnya di depan
kelas. ( Critical Thinking and Problem Solving )
§
Guru memberikan penghargaan terhadap hasil karya siswa.
§
Siswa mengamati bentuk gambar hasil karya (kerajinan)
Dayu dan teman-teman, yaitu vas bunga yang berbentuk balok.
§
Menghubungkan bentuk vas bunga dengan pengenalan berbagai
bentuk bangun ruang. ( Creativity and Innovation )
§
Bertanya jawab tentang rusuk, sisi, dan titik sudut pada
bangun datar.
§
Siswa menghitung banyak rusuk, sisi, dan titik sudut pada
balok.
§
Siswa mendiskusikan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut
pada berbagai bentuk bangun datar, misalnya: limas segitiga, limas segi
empat, limas segi lima, prisma segitiga, prisma segi lima, dan kubus.
(Gotong-royong)
§
Mengoreksi kebenaran jawaban siswa.
§
Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi
belajar siswa.
|
180 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari (Integritas)
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius)
|
15 menit
|
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·
Buku
Siswa Tema : Aku dan
Sekolahku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu 2013 Rev.2017Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
·
Gambar
lingkungan sehat terutama yang berkaitan dengan tempat umum yang bersih dan
sehat.
·
Gambar
hiasan dari bahan alami.
·
Gambar
dan model berbagai bentuk bangun ruang.
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH
.............................
|
GURU KELAS II
.............................
|
LAMPIRAN 1
MATERI PEMBELAJARAN
·
Membaca
lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan sehat di tempat bermain.
·
Membaca
lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan sehat di tempat umum.
·
Menyebutkan
isi teks yang berhubungan dengan lingkungan sehat di tempat umum.
·
Menemukan
kosakata dan maknanya yang berhubungan dengan lingkungan sehat di tempat umum.
·
Membuat
laporan sederhana tentang lingkungan sehat di tempat umum.
·
Membuat
karya hiasan dari bahan alami.
·
Menentukan
bangun ruang berdasarkan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut.
PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
·
Pendekatan : Saintifik
·
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
LAMPIRAN 2
PENILAIAN
A. Teknik Penilaian
1. Penilaian Sikap: Observasi
2. Penilaian Pengetahuan: Tes
3. Penilaian Keterampilan:
Unjuk kerja
B. Instrumen Penilaian
1. Penilaian Sikap
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√) pada
sikap setiap siswa yang terlihat!
No
|
Nama Siswa
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Santun
|
Peduli
|
Percaya Diri
|
||||||
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
Keterangan:
T : Terlihat
BT : Belum Terlihat
2. Penilaian Pengetahuan
Menyebutkan
isi teks yang berhubungan dengan tempat umum yang bersih dan sehat.
Skor : 5
Menemukan
kosakata dan maknanya yang berhubungan dengan tempat umum yang bersih dan
sehat.
Skor : 3
Menentukan
bangun ruang berdasarkan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut.
Skor : 5
3. Penilaian Keterampilan
Membaca
lancar teks yang berhubungan dengan tempat umum yang bersih dan sehat.
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Membaca Teks
|
Siswa mampu
membaca
keseluruhan
teks
|
Siswa mampu
membaca
setengah atau lebih bagian teks
|
Siswa mampu
membaca
kurang dari
setengah bagian teks
|
Siswa belum
mampu
membaca teks
|
2
|
Pemahaman
Isi teks
|
Mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu
menjawab
setengah
atau lebih
pertanyaan yang diajukan
|
Mampu
menjawab
kurang dari
setengah
pertanyaan
yang diajukan
|
Belum mampu
menjawab
semua
pertanyaan yang diajukan
|
Membuat laporan sederhana
tentang tempat umum yang bersih dan sehat.
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kelengkapan
isi laporan
|
Isi laporan
lengkap
|
Isi laporan
mencakup
sebagian besar isi gambar
|
Isi laporan
hanya
mencakup
sebagian kecil
isi gambar
|
Isi laporan
belum sesuai
dengan isi
gambar
|
2
|
Tampilan
|
Tulisan jelas,
rapi, dan
bersih
|
Tulisan jelas, tetapi kurang
rapi atau bersih
|
Tulisan kurang jelas
|
Tulisan tidak bisa dibaca
|
Membuat karya hiasan dari
bahan alami
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Tampilan
|
Tampilan
hiasan rapi
dan bersih
|
Tampilan
hiasan rapi
tetapi kurang
bersih
|
Tampilan
hiasan kurang
rapi dan
kurang bersih
|
Tampilan
hiasan tidak
rapi dan tidak
bersih
|
2
|
Kreasi
|
Hiasan yang
dibuat banyak
kreasi dan
menarik
|
Hiasan yang dibuat banyak
variasi, namun
kurang menarik
|
Hiasan
yang dibuat
kurang variasi
dan kurang
menarik
|
Hiasan yang
dibuat tidak
ada kreasi
dan tidak
menarik
|
REMEDIAL
•
Mengulas
kembali materi yang berhubungan dengan lingkungan bersih dan sehat bagi siswa
yang belum paham.
•
Menjelaskan
kembali materi tentang cara membuat karya hiasan dari bahan alami bagi siswa
yang belum bisa membuatnya.
•
Mengulas
kembali materi tentang pengelompokkan bangun ruang berdasarkan banyak rusuk,
sisi, dan titik sudutnya bagi siswa yang belum paham.
PENGAYAAN
•
Meminta
siswa mengamati tempat-tempat umum yang di sekitar dan menceritakan kesehatan
tempat umum yang diamati.
•
Mengembangkan
karya hiasan yang telah dibuat dalam bentuk yang lebih kreatif.
•
Mengamati
dan mengelompokkan berbagai bentuk bangun ruang berdasarkan banyak rusuk, sisi,
dan titik sudutnya. Selanjutnya meminta siswa menjelaskan sendiri yang mereka
temukan.
Comments