RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURETILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 3 TEMA 1 SUBTEMA 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan            :        SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester                :        III (Tiga) / 1
Tema 1                                 :        Pertumbuhan dan Perkembangan          Makhluk Hidup
Sub Tema 4                        :        Pertumbuhan dan Perkembangan  Tumbuhan
Pembelajaran                      :        3
Alokasi Waktu                     :        1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan      :        ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4     :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.



3.4.1 Mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan berbunga.

2
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
4.4.1 Menuliskan jenis-jenis bunga sesuai dengan cara berkembang biak.


MATEMATIKA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

3.1.1 Menentukan hasil bagi dua bilangan cacah tanpa sisa.

2
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
4.1.1 Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian.


SBdP
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3 Mengetahui dinamika gerak tari.

3.3.1 Mengidentifikasi macam-macam teknik potong dalam suatu karya keterampilan (merobek dan menggunting).

2
4.4 Membuat karya dengan teknik potong, lipat, dan sambung.
4.4.1 Membuat karya dari macam-macam teknik potong dalam suatu karya keterampilan (merobek dan menggunting).


C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan berbunga dengan tepat.
2.    Setelah membaca teks, siswa dapat menuliskan jenis-jenis bunga sesuai dengan cara berkembang biak dengan tepat.
3.    Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi macam-macam teknik potong dalam suatu karya keterampilan (merobek dan menggunting) dengan benar.
4.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat membuat karya dari macam-macam teknik potong dalam suatu karya keterampilan (merobek dan menggunting) dengan rapi.
5.    Setelah mengamati, siswa dapat menentukan hasil bagi dua bilangan cacah tanpa sisa dengan benar.
6.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian dengan benar.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
 
D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Satu Nusa Satu Bangsa”. Nasionalis
¡   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
¡   Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang berbagai jenis bunga yang diketahui siswa.

10 menit
Inti
§  Siswa mengamati berbagai bunga yang dibawa oleh guru.
§  Bunga merupakan alat perkembangbiakan pada tumbuhan.
§  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bagian-bagian bunga, terutama putik dan benangsari. Communication
§  Setiap negara mempunyai bunga kebanggaan.
§  Siswa membaca teks tentang bunga kebanggan Indonesia.
§  Siswa menulis deskripsi tentang salah satu bunga pilihan dan mencari informasi tentang cara perkembangbiakan tumbuhan tersebut. Mandiri
Perkembangbiakan tumbuhan dapat dibedakan menjadi dua cara, yaitu perkembang biak tumbuhan secara generatif dan secara vegetatif.
Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Generatif Perkembangbiakan secara generatif (kawin) dilakukan melalui proses penyerbukan dan pembuahan. Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ruang bakal biji. Kemudian sel kelamin jantan atau spermatozoid masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari. Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu peleburan sel kelamin atau spermatozoid dengan sel kelamin betina atau sel telur.
Hasil dari pembuahan perkembangbiakan tumbuhan secara generatif adalah zigot. Zigot berkembang menjadi lembaga, bakal biji berkembang menjadi biji dan bakal buah berkembang menjadi daging buah. Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.
§  Siswa mengamati berbagai gambar bunga yang ada pada buku.
§  Siswa menggunting kertas warna-warni menjadi ukuran yang sangat kecil. Bentuk guntingan sembarang, atau bisa dilakukan dengan cara merobek. Creativity and Innovation
§  Siswa berlatih mewarnai gambar bunga dengan potongan kertas warna-warni yang tersedia.
§  Mewarnai dengan cara menempel potongan kertas pada gambar bunga yang tersedia sampai penuh.
§  Penggunaan warna dan peletakaan berbagai warna disesuaikan dengan daya imajinasi siswa masing-masing.
§  Siswa mengingat kembali teknik penyelesaian soal pembagian seperti contoh. Critical Thinking and Problem Solving
Contoh:
Seorang petani memanen bunga mawar. Hasil panennya ada 141 tangkai bunga mawar. Petani akan menyimpan dalam 3 tempat, yang masing-masing memuat tangkai bunga sama banyak.
Ditulis dalam bentuk pembagian 141 : 3 = ...
 
150 menit
Penutup
¡   Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.    Apa saja yang sudah dipelajari pada hari ini?
b.    Bagaimana perasaan setelah membuat karya mozaik?
c.    Apa kegiatan yang paling disukai?
d.    Informasi apa yang ingin diketahui lebih lanjut?
e.    Bagaimana cara siswa mendapatkan informasi tersebut?
¡   Pertanyaan yang diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku tulis khusus untuk refleksi.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Apuse
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Berbagai jenis bunga.
¡  Kertas warna warni.
¡  Gunting dan lem.
¡  Buku teks siswa dan guru.



Mengetahui
Kepala Sekolah




..............................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




..................................................











Comments