RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 4 : Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.4 Mencermati
kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),
pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat
yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
|
3.4.1
Mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan
dan perkembangan tumbuhan biji dan tunas.
|
2
|
4.4 Menyajikan
laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan,
dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara
tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
|
4.4.1
Menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan
perkembangan tumbuhan biji dan tunas.
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.1. Menerima arti
bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara
“Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.1.1
Memahami makna bersatu dalam keberagaman di sekolah.
|
2
|
2.4 Menampilkan
sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan
sekitar.
|
2.4.1
Menjalankan satu kegiatan yang
dilakukan di sekolah.
|
3
|
3.4 Memahami makna
bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
|
3.4.1
Menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di sekolah.
|
4
|
4.4 Menyajikan
bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
|
4.4.1
Menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan
satu kegiatan yang dilakukan di sekolah.
|
PJOK
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1 Memahami
kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.1.1
Menjelaskan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam bentuk permainan
lompat bambu.
|
2
|
4.1 Mempraktikkan
kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konseptubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.1.1
Mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam bentuk
permainan lompat bambu dengan percaya diri.
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati, siswa dapat
mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan
dan perkembangan tumbuhan biji dan tunas dengan tepat.
2.
Setelah mengamati, siswa dapat
menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan
perkembangan tumbuhan biji dan tunas dengan tepat.
3.
Setelah mengamati, siswa dapat
menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan benar.
4.
Setelah mengamati, siswa dapat
menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu
kegiatan yang dilakukan di sekolah dengan benar.
5.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menjelaskan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam bentuk permainan
lompat bambu dengan benar.
6.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam bentuk permainan
lompat bambu dengan percaya diri.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡
Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Berkibarlah
Benderaku”. Nasionalis
¡ Guru menjelaskan kegiatan yang akan
dilaksanakan.
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai.
¡
Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan
tentang pengalaman bermain permainan tradisional.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa membaca dan menjawab pertanyaan guru tentang pertumbuhan tumbuhan yang
berkembang biak dengan
biji. Communication
§
Siswa berdiskusi tentang bagian-bagian biji yang
merupakan calon tumbuhan baru.
§
Siswa saling menggali informasi mengenai pengetahuan
mereka tentang jenis-jenis tumbuhan yang berkembang biak dengan
biji.
§
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang
perkembangbiakan tumbuhan dengan
tunas.
§
Salah satu contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan
tunas adalah bambu.
§
Siswa mendiskusikan berbagai manfaat bambu.
§
Salah satu manfaat bambu adalah untuk permainan.
![]()
§
Siswa mempraktikkan permainan lompat bambu dengan tahapan
seperti berikut.
§
Buatlah kelompok yang terdiri masing-masing 5 orang
pemain. Collaboration
§
Seorang pemain akan bertugas melompat, dan 4 pemain
lainnya bertugas memegang
buah batang bambu.
![]()
§
Berdirilah 4 pemegang bambu secara berhadap-hadapan
dengan dua arah.
![]()
§
Gerakan bambu dengan buka dan tutup secara bergantian
dengan hentakan masing-masing
2 kali hentakan.
![]()
§
Berlompatlah pada bambu yang terbuka. Jangan sampai
kejepit bambu.
![]()
§
Lakukan secara bergantian.
§
Setelah bermain, siswa mendiskusikan pengalaman saat
bermain lompat bambu.
§
Siswa berdiskusi tentang cara bermain yang baik.
§
Salah satu hal yang perlu diperhatikan agar permainan
dapat berjalan dengan baik adalah
kerja sama.
§
Kerja sama yang baik antara sesama pemegang bambu, agar
gerakan harmonis dan tidak
membahayakan pemain yang sedang melompat. Gotong Royong
§
Untuk bekerja sama dengan baik perlu dilatih
berkomunikasi yang baik. Berdiskusi sebelum permainan, berlatih bersama, saling memberi saran
dengan bahasa yang santun
adalah bagian dari kerja sama.
§
Masing-masing kelompok akan menceritakan pengalaman
melakukan permainan dan sikap
kerja sama yang sudah dilakukan berdasarkan daftar pertanyaan yang ada pada buku siswa. Collaboration
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Guru dan siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.
Apa saja yang sudah dipelajari pada
hari ini?
b.
Bagaimana perasaan setelah bermain
lompat bambu?
c.
Apa kegiatan yang paling disukai?
d.
Informasi apa yang ingin diketahui
lebih lanjut?
e.
Bagaimana cara siswa mendapatkan
informasi tersebut?
¡ Pertanyaan yang
diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan
siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku
tulis khusus untuk refleksi.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Butet”
¡ Kegiatan kelas
diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan
dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Pertumbuhan
dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Bambu untuk permainan.
¡ Buku teks siswa dan guru.
Mengetahui
Kepala Sekolah
.................................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
............................................
|
Comments