RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 4 TEMA 2 SUBTEMA 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 1
Tema 2                            :  Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 1                   :  Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia
Pembelajaran                :  4
Alokasi Waktu               :  1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan      :        ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.8 Menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan untuk kesenangan
3.8.1 Menjelaskan isi pesan yang terdapat dalam dongeng secara lisan.
2
4.8 Memeragakan pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif
4.8.1 Memerankan tokoh dongeng dengan ekspresi.

PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.1 Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
1.1.1 Memahami arti penting meminta maaf kepada sesama manusia sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”
2
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan silasila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
2.1.1 Melakukan contoh pengalaman meminta maaf kepada teman dengan lancar sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
3
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
3.1.1 Menyebutkan arti penting meminta maaf kepada sesama manusia sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”
4
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1.1 Menceritakan pengalaman meminta maaf kepada teman dengan lancar sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.

PJOK
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.2 Memahami kombinasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
3.2.1 Menjelaskan prosedur kombinasi gerakan memutar dan meliuk
2
4.2 Mempraktikkan gerak kombinasi gerak dasar nonlokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.2.1 Mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan memutar dan meliuk


C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menjelaskan isi pesan yang terdapat dalam dongeng secara lisan dengan tepat.
2.    Dengan membaca teks dongeng, siswa dapat memerankan tokoh dongeng dengan ekspresi yang tepat.
3.    Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menyebutkan arti penting meminta maaf kepada sesama manusia sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
4.    Dengan mengingat kembali peristiwa yang telah dialami, siswa dapat menceritakan pengalaman meminta maaf kepada teman dengan lancar sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
5.    Dengan memperhatikan gerakan guru, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan memutar dan meliuk dengan tepat.
6.    Dengan memperhatikan gerakan guru, siswa dapat mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan memutar dan meliuk.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
§   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Indonesia Pusaka”. Nasionalis
§   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
§   Guru melakukan ice breaking melalui kegiatan bernyanyi atau bermain tebak-tebakan atau kegiatan lain. Creativity and Innovation
§   Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
§   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Communication
§   Guru melakukan apersepsi dengan melakukan salah satu kegiatan berikut, yaitu tanya jawab, mengulas kembali beberapa hal tentang kegiatan sebelumnya, menceritakan pengalaman, atau kegiatan lainnya.
10 menit
Inti
§  Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok maksimal terdiri dari 5 orang siswa. Integritas
§  Semua siswa membaca dongeng yang ada pada buku siswa.
§  Setiap kelompok mendiskusikan pesan yang terdapat pada dongeng. Mereka juga mendiskusikan karakter yang ada dalam.
§  Setiap siswa menuliskan tokoh-tokoh dan karakter yang terdapat pada dongeng “Bunga Melati yang Baik Hati” di buku siswa.
§  Setiap kelompok memerankan cerita yang ada pada dongeng “Bunga Melati yang Baik Hati”. Sebagian kelompok bermain peran pada hari itu.
§  Sebagian kelompok bermain peran pada esok hari.
§  Guru mengamati penampilan setiap kelompok.
§  Guru mengulas penampilan tiap-tiap kelompok, serta tidak lupa memuji penampilan para siswa.
§  Salah satu siswa diminta untuk membaca buku siswa di Pembelajaran 4 bagian Ayo Mencoba.
§  Guru dan siswa mendiskusikan tentang arti penting meminta maaf, apa dampak meminta maaf pada hubungan pertemanan, dan bagaimana perasaan orang yang meminta maaf/ orang yang memberi maaf. Communication
§  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap siswa menceritakan pengalamannya meminta maaf kepada orang lain. Literasi
§  Setelah kegiatan bercerita, siswa akan melakuan kegiatan olahraga. Sebelum berolahraga, siswa mengganti pakaian seragam sekolah dengan pakaian olahraga.
§  Sebelum melakukan kegiatan olahraga, siswa melakukan pemanasan. Kegiatan pemanasan dapat berlari keliling lapangan atau melakukan gerakan peregangan.
§  Setelah melakukan pemanasan, siswa berbaris untuk memperhatikan guru memeragakan gerakan memutar lengan dan meliukkan badan. Gambar gerakan-gerakan ada pada buku siswa.
1.    Badan berdiri tegak.
2.    Merentangkan tangan ke samping.
3.    Memutar tangan ke depan 3 kali dan ke belakang 3 kali.
4.    Badan kembali berdiri tegak.
5.    Merentangkan kedua tangan ke atas.
6.    Meliukkan badan ke samping kanan dan kiri.
7.    Meliukkan badan ke kanan atas.
8.    Meliukkan badan ke kiri atas.
9.    Meliukkan badan ke atas (melentingkan badan).
§  Siswa melakukan gerakan memutar lengan dan meliukkan badan. Setelah semua siswa dapat menghapal dan melakukan gerakan memutar lengan dan meliukkan badan, guru meminta salah satu siswa memimpin gerakan di depan siswa lainnya. Mereka melakukan gerakan beberapa kali. Guru mengamati gerakan-gerakan siswa. Mandiri
§  Guru memimpin siswa untuk melakukan gerakan pendinginan. Collaboration
§  Kegiatan berolahraga selesai, siswa kembali ke kelas. Siswa mengganti pakaian olahraganya dengan pakaian seragam sekolah.
35 Menit X  30 JP
Penutup
§   Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi kegiatan hari itu. Dalam kegiatan refleksi, guru memberikan salah satu pertanyaan berikut ini:
a.    Apa yang kamu pelajari hari ini?
b.    Bagaimana perasaanmu saat bermain peran/menceritakan pengalaman meminta maaf/melakukan gerakan memutar lengan dan meliukkan badan?
c.    Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
d.    Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
e.    Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?
Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
§   Menyanyikan lagu daerah “Potong Bebek” Nasionalis
§   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit


E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
§  Buku Pedoman Guru Tema : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
§  Buku Siswa Tema : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
§  Teks dongeng
§  Pakaian olahraga







Mengetahui
Kepala Sekolah




.................................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




............................................









Comments