RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 2 : Menyayangi
Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 2 : Manfaat Hewan bagi Kehidupan Manusia
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.8
Menguraikan pesan dalam dongeng
yang disajikan secara lisan,
tulis, dan visual dengan tujuan
untuk kesenangan
|
3.8.1 Menemukan pesan yang terdapat dalam
dongeng
|
2
|
4.8
Memeragakan pesan dalam dongeng
sebagai bentuk ungkapan
diri menggunakan kosa
kata baku dan kalimat efektif
|
4.8.1 Menceritakan kembali isi dongeng
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.3 Mensyukuri keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
1.3.1 Memahami arti
penting bersikap baik kepada sesama sebagai wujud pengamalan sila Pancasila
yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
|
2
|
2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
|
2.3.1 Mengerti beberapa
sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah sebagai wujud
pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
|
3
|
3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
|
3.3.1 Menyebutkan
arti penting bersikap baik kepada sesama sebagai wujud pengamalan sila
Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
|
4
|
4.3 Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
|
4.3.1 Memeragakan
beberapa sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di sekitar rumah sebagai
wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
|
Matematika
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1
Menjelaskan sifat-sifat operasi
hitung pada bilangan cacah
|
3.1.1 Menemukan sifat pertukaran pada
perkalian
|
2
|
4.1
Menyelesaikan masalah yang melibatkan
penggunaan sifat-sifat
operasi hitung pada
bilangan cacah
|
4.1.1 Menggunakan sifat pertukaran pada
perkalian untuk menyelesaikan soal-soal
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan membaca teks dongeng, siswa
dapat menemukan pesan yang terdapat
dalam dongeng dengan tepat.
2.
Dengan mengamati teks dongeng, siswa
dapat menceritakan kembali isi dongeng
dengan gambar.
3.
Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat
menyebutkan arti penting bersikap baik
kepada sesama sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
4.
Dengan mengamati teks dongeng, siswa
dapat memeragakan beberapa sifat
individu dalam kehidupan sehari-hari di sekitar rumah sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang
dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
5.
Dengan kegiatan review, siswa dapat
menemukan sifat pertukaran pada perkalian
dengan tepat.
6.
Dengan kegiatan review, siswa dapat
menggunakan sifat pertukaran pada perkalian
untuk menyelesaikan soal-soal dengan tepat.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
§
Menyanyikan lagu
“Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Berkibarlah
Benderaku”. Nasionalis
§
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
§
Pembiasaan Membaca 15
menit. Literasi
§
Guru melakukan ice breaking melalui
kegiatan bernyanyi atau bermain tebaktebakan atau kegiatan lain.
Creativity and Innovation
§
Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Communication
§
Guru melakukan apersepsi dengan melakukan
salah satu kegiatan berikut, yaitu tanya jawab, mengulas kembali beberapa hal tentang
kegiatan sebelumnya, menceritakan pengalaman, atau kegiatan lainnya.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa membaca dalam hati
dongeng yang berjudul “Kuda dan Keledai yang Sarat dengan Beban.”
§
Setelah kegiatan membaca
selesai siswa didorong untuk bertanya kosa kata yang tidak dipahaminya. Guru
dan siswa mendiskusikan kosa kata yang
belum dipahami siswa.
§
Siswa menyusun kata acak
sehingga menjadi kalimat yang menjadi pesan moral dalam dongeng “Kuda dan
Keledai yang Sarat dengan Beban.”
§
Siswa membuat cerita
bergambar berdasarkan dongeng “Kuda dan Keledai yang Sarat dengan Beban” pada tempat
yang tersedia di buku siswa. Mandiri
§
Pada saat siswa menggambar,
guru berkeliling untuk mengamati kerja siswa.
§
Salah satu siswa di kelas
ditunjuk untuk membaca teks pada kegiatan Ayo Menulis. Siswa yang lain menyimak
teks yang dibaca temannya.
§
Setelah teks selesai dibaca,
guru mendorong siswa untuk bertanya tentang isi teks, khususnya tentang
perbedaan sifat yang dimiliki oleh individu di sekitar rumah.
§
Siswa dan guru mendiskusikan
tentang perbedaan sifat yang dimiliki oleh individu di sekitar rumah.
Gotong Royong
§
Setelah kegiatan diskusi,
siswa menuliskan orang-orang yang ada di sekitar rumah dengan sifat yang tertulis
pada buku siswa.
§
Siswa
bermain pantomim. Tiap siswa memeragakan satu sifat orang ada di sekitar rumah mereka di depan
kelas. Siswa lainnya menebak sifat tersebut.
Creativity and Innovation
§
Siswa bergantian maju ke
depan kelas untuk memeragakan sifat dengan pantomim.
§
Siswa memperhatikan review
dari guru tentang konsep pertukaran pada perkalian.
§
Siswa menggunakan konsep
pertukaran pada perkalian untuk menyelesaikan
soal-soal cerita.
§
Siswa mengumpulkan hasil
pekerjaannya kepada guru.
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
§
Guru dan siswa melakukan kegiatan
refleksi kegiatan hari itu. Dalam kegiatan refleksi, guru memberikan salah
satu pertanyaan berikut ini:
a.
Apa yang kamu pelajari hari ini?
b.
Bagaimana perasaanmu saat
menggambarkan isi dongeng/melakukan pantomim/menyelesaikan soal-soal cerita
denganmenggunakan konsep pertukaran pada perkalian?
c.
Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
d.
Informasi apa yang ingin kamu
ketahui lebih lanjut?
e.
Bagaimana caramu untuk mendapatkan
informasi tersebut?
Pertanyaan yang
diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau
tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi,
sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
¡
Menyanyikan lagu
daerah “Kampung
nan Jauh Di Mato” Nasionalis
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman Guru Tema : Menyayangi
Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2018).
§ Buku Siswa Tema : Menyayangi
Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2018).
§ Gambar-gambar dalam buku siswa
§ Teks bacaan dalam buku siswa
Mengetahui
Kepala Sekolah
..............................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
..............................................
|
Comments