RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /Semester :
2 / 2 (dua )
Tema 7 : Kebersamaan
Subtema 4 : Kebersamaan di Tempat Wisata
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia dan Matematika SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.8 Menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
|
3.8.1. Tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan
hari, nama orang) serta mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda
tanya pada kalimat tanya
|
4.8 Menceritakan kembali teks dongeng binatang (fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun yang telah dibaca secara nyaring sebagai bentuk ungkapan diri
|
4.7.1 Menuliskan pengalaman yang berkaitan dengan keselamatan
diri di rumah dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital dan tanda
baca yang tepat penuh kejujuran
|
Matematika
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.7 Menjelaskan pecahan
|
3.7.1. Membuat
bangun datar yang menggambarkan pecahan ½, 1/3, dan ¼ kemudian mewarnai
sesuai keinginan dan membentuknya menjadi
benar
|
4.7 Menyajikan pecahan
|
4.7.1 Melakukan Pecahan
1/2, 1/3 , dan 1/4 menggunakan
benda-benda konkret.
|
SBdP
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi..
|
3.1.1 Memperagakan pola karya imajinatif dua dan tiga dimensi..
|
4.1 Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
|
4.1.1 Mempraktikkan karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan
membaca teks dongeng, siswa mampu memahami sikap hidup rukun.
2. Dengan
membaca teks dongeng, siswa mampu menyebutkan isi dongeng dengan percaya
diri.
3. Dengan
mengamati gambar, siswa mampu menyatakan pecahan sebagai bagian
dari 1.2keseluruhan.
4. Dengan
mengamati gambar, siswa mampu menyatakan pecahan sebagai bagian dari 1/3keseluruhan.
5. Dengan
mengamati gambar, siswa mampu menyatakan pecahan sebagai bagian dari 1/4keseluruhan.
6. Dengan
mengamati gambar, siswa mampu menyajikan pecahan ( 1/2) yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret.
7. Dengan
mengamati gambar, siswa mampu menyajikan pecahan (1/3 ) yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret.
8. Dengan
mengamati gambar, siswa mampu menyajikan pecahan (1/4 ) yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret.
9. Dengan
mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi
ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alam.
10. Dengan
mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi
cara menggunakan bahan alam dan alat untuk membuat karya hiasan.
11. Dengan
mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi
langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan alam.
12. Dengan
mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa mampu membuat karya hiasan
dengan bahan alam.
Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar
• Buku Siswa SD/MI Kelas II Tema 7 “Kebersamaan”.
• Tanah liat secukupnya
• Pelumas (minyak goreng)
• Cat
• Alas (triplek, dan lain-lain)
• Air..
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
D. MEDIA/ALAT,
BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat :
1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan :
-
Sumber Belajar :
1. Buku
Guru dan Buku Siswa Kelas 2,
Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi
2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
E. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin
oleh salah seorang siswa.
3.
Siswa difasilitasi untuk bertanya
jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru
dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.
Siswa diajak menyanyikan Lagu
Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan
semangat kebangsaan.
5.
Siswa diminta memeriksa kerapian diri
dan kebersihan kelas.
6.
Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang
pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.
Pembiasaan membaca. Siswa dan guru
mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.
Siswa diajak menyanyikan lagu daerah
setempat untuk menyegarkan suasana kembali.
|
15 menit
|
Kegiatan inti
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Ayo Mengamati
·
Guru membimbing siswa
untuk mengamati gambar.
·
Siswa mengamati gambar.
·
Siswa mencermati teks
bacaan (mengamati).
·
Guru membimbing siswa
untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
·
Kegiatan ini melatih
siswa untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
·
Siswa diminta menulis
pertanyaannya di kertas dan di tempel, kemudian secara bergantian siswa
mengajukan
·
pertanyaan.
·
Guru mencatat
pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
Ayo Membaca
·
Siswa membaca teks
dongeng “Asal-usul Kota Surabaya” dengan benar.
·
·
Guru dapat menunjuk
siswa secara bergantian untuk membaca teks.
·
Guru dapat mencatat
siswa yang sangat lambat membaca dan siswa yang sudah sangat lancar membaca.
Ayo Berlatih
·
Siswa menjawab soal
latihan yang berkaitan dengan isi dongeng “Asalusul Kota Surabaya”.
a. Alternatif Jawaban:
1. Karena berebut wilayah kekuasaan.
2. Mereka membagi wilayah kekuasaan menjadi 2 bagian sama
besar.
b. Wilayah laut bagian Sura sedangkan, wilayah darat bagian
Buaya.
1. Karena Sura melanggar janji mencari makan di sungai.
2. Surabaya.
3. Saling menghargai, jujur, dan rukun.
4.
Ayo Berlatih
·
Guru membimbing siswa
menjawab soal latihan.
·
Siswa menjawab soal
dengan menuliskan pecahan berdasarkan gambar.
Ayo Berkreasi
·
Siswa menyiapkan bahan
dan alat.
·
Siswa membuat kreasi
buaya dari tanah liat sesuai langkah-langkahpembuatan karya tiga dimensi.
|
180 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru melakukan refleksi
atas pembelajaran yang telah berlangsung:
· Apa
saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
· Apa
yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.
Siswa bersama guru menyimpulkan
hasil pembelajaran pada hari ini.
3.
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan
selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta
orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan
sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4.
Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.
Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
6.
Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
|
15 menit
|
F.
PENILAIAN
3. Keterampilan
Bahasa Indonesia
Rubrik Penilaian Membaca Kalimat Tanya dalam
Huruf Tegak Bersambung
dengan Lafal dan Intonasi yang tepat dan Rubrik Penilaian Membaca Kalimat Tanya dalam
Huruf Tegak Bersambung dengan Lafal
dan Intonasi yang tepat
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Keterampilan:
Ketepatan
menuliskan
kata
dan
kalimat
dengan
huruf tegak
bersambung
sesuai
teks..
|
Semua kata,
kalimat, dan
ejaan ditulis
dengan benar
sesuai teks,
tanpa bantuan
guru.
|
Ada beberapa
kata, kalimat,
dan ejaan
ditulis belum
benar, tanpa
bantuan guru.
|
Ada beberapa
kata, kalimat,
dan ejaan
ditulis belum
benar, dengan
bantuan guru.
|
Semua kata,
kalimat, dan
ejaan ditulis
belum benar,
tanpa bantuan
guru.
|
2
|
Ketepatan
menuliskan
huruf
kapital pada
kalimat
dalam sebuah
teks
|
Penggunaan
huruf kapital
pada teks yang
ditulis semua
benar.
|
Penggunaan
huruf kapital
pada teks
yang ditulis
sebagian besar
benar.
|
Penggunaan
huruf kapital
pada teks
yang ditulis
sebagian kecil
benar.
|
Penggunaan
huruf kapital
pada teks yang
ditulis semua
belum benar..
|
SBDP
Rubrik Penilaian Membuat Karya Hiasan dari
Bahan Buatan
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Menggunakan
bahan
dengan
tepat
(3 bahan:
kertas
karton,
kertas
warna,
lem
kertas)
|
Menggunakan
minimal 3 bahan
dengan benar.
|
Menggunakan
2 bahan
dengan benar.
|
Menggunakan 1
bahan dengan
benar.
|
Semua bahan
dan alat yang
digunakan
belum benar
|
2
|
Menggunakan
alat dengan
benar:
Gunting, lem,
pensil
|
Menggunakan
minimal 3 alat
dengan benar.
|
Menggunakan
2 alat dengan
benar.
|
Menggunakan
1 alat dengan
benar.
|
Semua alat
yang digunakan
belum benar..
|
Matematika
Rubrik Penilaian Membandingkan Berat Benda yang Satu dengan
Benda yang Lain.
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Ketepatan
membaca
berat
benda
pada
alat
timbangan
sesuai
berat
benda
|
Semua berat
benda dibaca
sesuai ukuran
dengan benar,
tanpa bantuan
guru.
|
Ada beberapa
berat benda
yang ditimbang
masih belum
benar.
|
50% atau lebih
berat benda
dibaca sesuai
ukuran dengan
benar.
|
Semua benda
yang dibaca
ukuran beratnya
salah.
|
Mengetahui
Kepala SD
Negeri
...................................................
|
|
.............................................
Guru Kelas 2
..............................................
|
Comments