RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 2 TEMA 7 SUBTEMA 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                        :  SDN SUKAHURIP 02
Kelas /Semester           :  2  / 2 (dua )
Tema  7                        :  Kebersamaan
Subtema 4                    :  Kebersamaan di Tempat Wisata
Pembelajaran ke-        :  1
Fokus Pembelajaran   :  Bahasa Indonesia  dan  Matematika  SBdP
Alokasi Waktu            :  6 x 35 menit (6 JP)

A.  KOMPETENSI INTI (KI)
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8 Menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
          3.8.1. Tulisan tegak bersambung dalam cerita  dengan memperhatikan penggunaan  huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya
4.8 Menceritakan kembali teks dongeng binatang (fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun yang telah dibaca secara nyaring sebagai bentuk ungkapan diri
            4.7.1 Menuliskan pengalaman yang berkaitan dengan keselamatan diri di rumah dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital dan tanda baca yang tepat penuh kejujuran
Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7 Menjelaskan pecahan     dan    menggunakan benda benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.

         3.7.1.   Membuat bangun datar yang menggambarkan pecahan ½, 1/3, dan ¼ kemudian mewarnai sesuai keinginan dan membentuknya menjadi benar
4.7 Menyajikan pecahan      dan     yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.
4.7.1 Melakukan Pecahan 1/2, 1/3 , dan 1/4  menggunakan benda-benda konkret.
SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi..
       3.1.1 Memperagakan pola karya imajinatif dua dan tiga dimensi..
4.1 Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
4.1.1 Mempraktikkan karya imajinatif dua dan tiga dimensi.







C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan membaca teks dongeng, siswa mampu memahami sikap hidup rukun.
2. Dengan membaca teks dongeng, siswa mampu menyebutkan isi dongeng dengan percaya diri.
3. Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyatakan pecahan sebagai bagian dari  1.2keseluruhan.
4. Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyatakan pecahan sebagai bagian dari  1/3keseluruhan.
5. Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyatakan pecahan sebagai bagian dari  1/4keseluruhan.
6. Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyajikan pecahan ( 1/2) yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret.
7. Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyajikan pecahan (1/3 ) yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret.
8. Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyajikan pecahan (1/4 ) yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret.
9. Dengan mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alam.
10. Dengan mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi cara menggunakan bahan alam dan alat untuk membuat karya hiasan.
11. Dengan mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan alam.
12. Dengan mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa mampu membuat karya hiasan dengan bahan alam.
Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar
• Buku Siswa SD/MI Kelas II Tema 7 “Kebersamaan”.
• Tanah liat secukupnya
• Pelumas (minyak goreng)
• Cat
• Alas (triplek, dan lain-lain)
• Air..

METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran  :            Saintifik.
Metode Pembelajaran        : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

D.  MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat          : 1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan                  : -
Sumber Belajar    : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 2, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
                           
E.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.          Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.          Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
3.          Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.          Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.
5.          Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
6.          Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.          Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.          Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.          Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali.
15 menit
Kegiatan inti
 KEGIATAN PEMBELAJARAN
Ayo Mengamati
·         Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar.
·         Siswa mengamati gambar.
·         Siswa mencermati teks bacaan (mengamati).
·         Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
·         Kegiatan ini melatih siswa untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
·         Siswa diminta menulis pertanyaannya di kertas dan di tempel, kemudian secara bergantian siswa mengajukan
·         pertanyaan.
·         Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
Ayo Membaca
·         Siswa membaca teks dongeng “Asal-usul Kota Surabaya” dengan benar.
·         Guru memberikan contoh terlebih dahulu bagaimana cara membaca dengan benar.
·         Guru dapat menunjuk siswa secara bergantian untuk membaca teks.
·         Guru dapat mencatat siswa yang sangat lambat membaca dan siswa yang sudah sangat lancar membaca.
Ayo Berlatih
·         Siswa menjawab soal latihan yang berkaitan dengan isi dongeng “Asalusul Kota Surabaya”.
a.     Alternatif Jawaban:
1.     Karena berebut wilayah kekuasaan.
2.     Mereka membagi wilayah kekuasaan menjadi 2 bagian sama besar.
b.     Wilayah laut bagian Sura sedangkan, wilayah darat bagian Buaya.
1.     Karena Sura melanggar janji mencari makan di sungai.
2.     Surabaya.
3.     Saling menghargai, jujur, dan rukun.
4.    
Ayo Berlatih
·         Guru membimbing siswa menjawab soal latihan.
·         Siswa menjawab soal dengan menuliskan pecahan berdasarkan gambar.
Ayo Berkreasi
·         Siswa menyiapkan bahan dan alat.
·         Siswa membuat kreasi buaya dari tanah liat sesuai langkah-langkahpembuatan karya tiga dimensi.
180 menit
Penutup
1.          Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
·      Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
·      Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.          Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.         Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4.         Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.         Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan  kelas.
6.         Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
15 menit
F.   PENILAIAN
3. Keterampilan
Bahasa Indonesia
Rubrik Penilaian Membaca Kalimat Tanya dalam Huruf Tegak Bersambung
dengan Lafal dan Intonasi yang tepat  dan Rubrik Penilaian Membaca Kalimat Tanya dalam Huruf Tegak Bersambung dengan Lafal dan Intonasi yang tepat
No.
Kriteria
Baik Sekali(4)
Baik(3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Keterampilan:
Ketepatan
menuliskan kata
dan kalimat
dengan huruf tegak
bersambung sesuai
teks..
Semua kata,
kalimat, dan
ejaan ditulis
dengan benar
sesuai teks,
tanpa bantuan
guru.
Ada beberapa
kata, kalimat,
dan ejaan
ditulis belum
benar, tanpa
bantuan guru.
Ada beberapa
kata, kalimat,
dan ejaan
ditulis belum
benar, dengan
bantuan guru.
Semua kata,
kalimat, dan
ejaan ditulis
belum benar,
tanpa bantuan
guru.
2
Ketepatan
menuliskan huruf
kapital pada kalimat
dalam sebuah teks
Penggunaan
huruf kapital
pada teks yang
ditulis semua
benar.
Penggunaan
huruf kapital
pada teks
yang ditulis
sebagian besar
benar.
Penggunaan
huruf kapital
pada teks
yang ditulis
sebagian kecil
benar.
Penggunaan
huruf kapital
pada teks yang
ditulis semua
belum benar..
SBDP
Rubrik Penilaian Membuat Karya Hiasan dari Bahan Buatan
No.
Kriteria
Baik Sekali(4)
Baik(3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Menggunakan
bahan dengan
tepat (3 bahan:
kertas karton,
kertas warna,
lem kertas)
Menggunakan
minimal 3 bahan
dengan benar.
Menggunakan
2 bahan
dengan benar.
Menggunakan 1
bahan dengan
benar.
Semua bahan
dan alat yang
digunakan
belum benar
2
Menggunakan
alat dengan
benar:
Gunting, lem,
pensil
Menggunakan
minimal 3 alat
dengan benar.
Menggunakan
2 alat dengan
benar.
Menggunakan
1 alat dengan
benar.
Semua alat
yang digunakan
belum benar..

Matematika
Rubrik Penilaian Membandingkan Berat Benda yang Satu dengan Benda yang Lain.
No.
Kriteria
Baik Sekali(4)
Baik(3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Ketepatan
membaca berat
benda pada
alat timbangan
sesuai berat
benda
Semua berat
benda dibaca
sesuai ukuran
dengan benar,
tanpa bantuan
guru.
Ada beberapa
berat benda
yang ditimbang
masih belum
benar.
50% atau lebih
berat benda
dibaca sesuai
ukuran dengan
benar.
Semua benda
yang dibaca
ukuran beratnya
salah.




Mengetahui
Kepala SD Negeri  





...................................................
  

.............................................
Guru Kelas  2





..............................................




Comments