RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD SUKAHURIP 02
Kelas /Semester :
2 / 2 (dua )
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema 4 : Pengalamanku di Tempat Wisata
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia dan Matematika SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
|
3.6.1.Menulis dengan tulisan tegak bersambung
menggunakan huruf kapital tentang langkah-langkah koordinasi gerak kepala,
tangan, kaki dalam gerak tari dan mempraktikkannya dengan kerjasama dan
disiplin.
|
4.6 Menyampaikan ungkapanungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan..
|
4.6.1 Membaca indah puisi anak tentang permainan tradisional dan
mengidentifikasi serta meragakan gerak pemanasan yang dilakukan sebelum
melaksanakan permainan tersebut secara mandiri dan tanggung jawab
|
Matematika
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
3.6.1.Membandingkan
dan mengukur jarak dua tempat terhadap tempat tertentu dengan alat ukur meter
dan berbagai alat ukur kemudian menyajikan dalam bentuk lisan dengan teliti
dan jujur
|
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam
satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
4.6.1 Melakukan
pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang
berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
SBdP
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.
|
3.4.1Melakukan Karya imajinatif dua dan tiga dimensi Gerak keseharian dan alam dalam tari
|
4.4 Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan.
|
4.4.1 Mempraktikkan gerak tari keseharian untuk
melatih kelenturan, dan kekuatan dalam
rangka pengembangan kebugaran jasmani dengan semangat.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan menggunakan teks lagu “Pemandangan”,
siswa dapat membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan
ekspresi dengan tepat).
2. Dengan mendengarkan temannya membaca puisi,
siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau
dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan baik.
3. Dengan membaca teks puisi, siswa dapat
menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang
diperdengarkan dengan benar.
4. Dengan bertanya jawab, siswa dapat mengartikan
kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan
dengan baik.
5. Dengan mengamati lingkungan sekitar, siswa
dapat menuliskan isi puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat dengan
benar.
6. Dengan mengamati gambar bercerita, siswa dapat
mengidentifikasi ciriciri karya hiasan yang dibuat dengan bahan buatan dengan
baik.
7. Dengan membaca langkah-langkah membuat “Hiasan
Pot Botol Bekas”, siswa dapat mengidentifikasi bahan buatan dan alat untuk
membuat karya hiasan dengan baik.
8. Dengan mengikuti petunjuk pembuatan “Hiasan
Pot Botol Bekas”, siswa dapat membuat karya hiasan dengan bahan buatan dengan
benar.
9. Dengan mengamati contoh soal, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang
dengan tepat.
10. Dengan memecahkan masalah sehari-hari tentang
satuan panjang, siswa dapat menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang
panjang dengan tepat.
Media dan Alat Pembelajaran
§
Gambar gerbang Taman
Nasional Bantimurung.
§
Teks puisi “Pemandangan”.
§
Gambar Beni melihat dan
menunjuk botol minuman berserakan di sekitar
§
patung.
§
Gambar Beni sedang memegang
contoh pot hiasan yang masih kosong di
§
tangan.
D. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
E. MEDIA/ALAT,
BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat :
1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan :
-
Sumber Belajar :
1. Buku
Guru dan Buku Siswa Kelas 2,
Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi
2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
F.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin
oleh salah seorang siswa.
3.
Siswa difasilitasi untuk bertanya
jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru
dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.
Siswa diajak menyanyikan Lagu
Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan
semangat kebangsaan.
5.
Siswa diminta memeriksa kerapian diri
dan kebersihan kelas.
6.
Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang
pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.
Pembiasaan membaca. Siswa dan guru
mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.
Siswa diajak menyanyikan lagu daerah
setempat untuk menyegarkan suasana kembali.
|
15 menit
|
Kegiatan inti
|
§ Siswa mengamati gambar gerbang Taman Nasional
Bantimurungmengamati).
§ Siswa bertanya jawab tentang gambar gerbang Taman
NasionalBantimurung (menanya).
§ Siswa membaca teks puisi “Pemandangan” (mecoba).
§ Siswa membaca dengan memperhatikan penggunaan lafal,
intonasi, dan ekspres yang tepat (mencoba).
§ Siswa membaca puisi di depan kelas (mencoba).
§
Siswa mendengarkan
temannya membacakan puisi (mengamati).
§
Siswa menyampaikan
pendapatnya tentang penampilan temannya berpuisi (mengomunikasikan).
§
Siswa mengomentari
tentang penggunaan lafal, intonasi, dan ekspresi temannya saat berpuisi
(mengomunikasikan).
§
Siswa menemukan kosakata
baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan
(mencoba).
§
Siswa mengartikan
kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan
(menalar).
§
Siswa menentukan puisi
yang akan dibuat (mencoba).
§
Siswa bertanya jawab
tentang tema puisi (menanya).
§
Siswa menentukan judul
puisi yang akan dibuatnya (mencoba).
§
Siswa membuat kerangka
puisi (mencoba).
§
Siswa menulis puisi
berdasarkan kerangka yang dibuatnya (mencoba).
§
Siswa menukarkan lembar penulisan
puisinya dengan teman
§
sebangkunya (mencoba).
§
Siswa saling memeriksa
kesalahaan penulisan puisi(mengomunikasikan).
§
Siswa membuat nama
pemeriksa di kolom yang sudah disediakan(mencoba).
§
Siswa mengembalikan
kertas ke pemiliknya (mencoba).
§
Siswa menulis kembali
teks puisi berdasarkan hasil pemeriksaantemannya (mencoba).
• Siswa membacakan puisi yang dibuatnya (mencoba).
• Siswa memberikan penghargaan kepada temannya yang
membacakan puisi ke depan kelas (mencoba).
§ Siswa mengamati gambar Beni melihat dan menunjuk botol
minuman berserakan di sekitar patung kupu-kupu (mengamati).
§ Siswa membaca balon cerita yang terdapat pada gambar yang
diamati (mengamati).
§ Siswa mengamati gambar Beni sedang memegang contoh pot
hiasan yang masih kosong (mengamati).
§ Siswa kembali membaca balon cerita yang terdapat pada gambar
yang diamati (mengamati).
§ Siswa mengidentifikasi bahan yang digunakan untuk membuat
hiasan pot bunga (mengamati).
Ayo Berlatih
§ Siswa bertanya jawab tentang gambar yang diamatinya
(menanya).
§ Siswa bertanya menggunakan kata tanya apa, siapa, di mana,
kapan, mengapa, dan bagaimana (menanya).
§ Siswa diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan temannya (menalar).
§ Siswa dengan bimbingan guru menentukan jawaban yang benar (menalar).
Ayo
Berkreasi
§ Siswa bertanya jawab tentang cara membuat hiasan pot bunga
§ (menanya).
§ Siswa mengidentifikasi bahan buatan dan alat untuk membuat
karya hiasan (mengamati).
§ Siswa menyediakan alat dan bahan yang sudah disediakan dari
rumah (mencoba).
§ Siswa membaca cara membuat hiasan pot bunga (mengamati).
§ Siswa membuat hiasan pot bunga dari botol bekas minuman
(mencoba).
§ Siswa mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan yang dibuat
dengan bahan buatan (mengamati).
§ Siswa bekerja sama dengan kelompoknya untuk menentukan
ciri-ciri karya hiasan yang dibuat dengan botol bekas (mengomunikasikan).
§ Siswa menceritakan cara membuat hiasan botol bekas
berdasarkan pengalamannya (mencoba).
Ayo
Mengamati
§ Siswa mengamati gambar beberapa botol minuman bekas
(mengamati).
§ Siswa bertanya jawab tentang tinggi botol minuman bekas
(menanya)
§ Siswa mengamati contoh soal cerita (mengamati).
§ Siswa mengamati cara penyajian dalam menyelesaikan soal
cerita (mengamati).
§ Siswa mengerjakan soal cerita (mencoba dan menalar).
Ayo
Berlatih
§ Siswa memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang (menalar).
§ Siswa menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang
panjang (menalar).
§ Siswa mengerjakan soal cerita tentang pemecahan masalah (menalar).
|
180 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru melakukan refleksi
atas pembelajaran yang telah berlangsung:
· Apa
saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
· Apa
yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.
Siswa bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan
selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta
orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan
sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4.
Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.
Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
6.
Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
|
15 menit
|
G. PENILAIAN
1. Teknik
Penilaian
a. Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian
Pengetahuan: Tes
c.
Penilaian Keterampilan: Unjuk
3. Keterampilan
a. Mempraktikkan ungkapan santun dengan
menggunakan kata “maaf”
untuk hidup rukun dalam kemajemukan
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Penggunaan
kata
dalam santun
berbahasa.
|
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa tubuh
yang sangat
santun.
|
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
yang sangat
santun dan
bahasa tubuh
yang cukup
santun atau
sebaliknya.
|
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa
tubuh yang cukup
santun.
|
Belum mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa
tubuh yang
santun.
|
2
|
Penggunaan lafal,
intonasi, dan
ekspresi.
|
Mampu
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi, dan
ekspresi dengan
tepat.
|
Mampu
sebagian besar
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi,
dan ekspresi
dengan tepat.
|
Mampu
sebagian kecil
mempraktikkan
menggunakan
lafal, intonasi, dan
ekspresi dengan
tepat.
|
Belum mampu
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi,
dan ekspresi
dengan tepat.
|
c. Memainkan pola irama
sederhana untuk mengiringi lagu berbirama dua.
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Penguasaan
Lagu.
|
Hafal seluruh syair
lagu dan irama
dengan tepat.
|
Hafal sebagian
besar syair
lagu dan irama
kurang tepat
dan sebaliknya.
|
Hafal sebagian
kecil syair lagu.
|
Belum mampu
menghafal syair
lagu.
|
2
|
Kepercayaan Diri.
|
Tidak terlihat
ragu-ragu.
|
Terlihat raguragu.
|
Memerlukan
bantuan guru.
|
Belum
menunjukkan
kepercayaan diri.
|
3
|
Pola irama sesuai
dengan lagu yang
diiringi.
|
Semua pola
irama sesuai
dengan lagu yang
mengiringi.
|
Sebagian besar
pola irama
sesuai dengan
lagu yang
mengiringi.
|
Sebagian kecil
pola irama sesuai
dengan lagu yang
mengiringi.
|
Belum mampu
memainkan
pola irama yang
sesuai dengan
lagu yang
mengiringi.
|
Mengetahui
Kepala SD Negeri
..............................................
|
....................................................
Guru Kelas 2
.................................................
|
Comments