RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK KELAS 2 TEMA 5 SUBTEMA 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                        :  SD SUKAHURIP 02
Kelas /Semester           :  2  / 2 (dua )
Tema  5                        :  Pengalamanku
Subtema 4                    :  Pengalamanku di Tempat Wisata
Pembelajaran ke-        :  1
Fokus Pembelajaran   :  Bahasa Indonesia  dan  Matematika  SBdP
Alokasi Waktu            :  6 x 35 menit (6 JP)

A.  KOMPETENSI INTI (KI)
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
          3.6.1.Menulis dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital tentang langkah-langkah koordinasi gerak kepala, tangan, kaki dalam gerak tari dan mempraktikkannya dengan kerjasama dan disiplin.
4.6 Menyampaikan ungkapanungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan..
            4.6.1 Membaca indah puisi anak tentang permainan tradisional dan mengidentifikasi serta meragakan gerak pemanasan yang dilakukan sebelum melaksanakan permainan tersebut secara mandiri dan tanggung jawab

Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
         3.6.1.Membandingkan dan mengukur jarak dua tempat terhadap tempat tertentu dengan alat ukur meter dan berbagai alat ukur kemudian menyajikan dalam bentuk lisan dengan teliti dan jujur
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
4.6.1 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.
     3.4.1Melakukan  Karya          imajinatif dua dan tiga dimensi  Gerak keseharian dan alam dalam  tari
4.4 Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan.
  4.4.1    Mempraktikkan gerak tari keseharian untuk melatih kelenturan, dan kekuatan  dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani dengan semangat.
C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan menggunakan teks lagu “Pemandangan”, siswa dapat membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi dengan tepat).
2.      Dengan mendengarkan temannya membaca puisi, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan baik.
3.      Dengan membaca teks puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan dengan benar.
4.      Dengan bertanya jawab, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan dengan baik.
5.      Dengan mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat menuliskan isi puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat dengan benar.
6.      Dengan mengamati gambar bercerita, siswa dapat mengidentifikasi ciriciri karya hiasan yang dibuat dengan bahan buatan dengan baik.
7.      Dengan membaca langkah-langkah membuat “Hiasan Pot Botol Bekas”, siswa dapat mengidentifikasi bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan dengan baik.
8.      Dengan mengikuti petunjuk pembuatan “Hiasan Pot Botol Bekas”, siswa dapat membuat karya hiasan dengan bahan buatan dengan benar.
9.      Dengan mengamati contoh soal, siswa dapat  memecahkan  masalah sehari-hari tentang satuan panjang dengan tepat.
10.  Dengan memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang, siswa dapat menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjang dengan tepat.
Media dan Alat Pembelajaran
§    Gambar gerbang Taman Nasional Bantimurung.
§    Teks puisi “Pemandangan”.
§    Gambar Beni melihat dan menunjuk botol minuman berserakan di sekitar
§    patung.
§    Gambar Beni sedang memegang contoh pot hiasan yang masih kosong di
§    tangan.
D.  METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran  :            Saintifik.
Metode Pembelajaran        : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

E.  MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat          : 1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan                  : -
Sumber Belajar    : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 2, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
                           
F.   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.          Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.          Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
3.          Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.          Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.
5.          Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
6.          Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.          Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.          Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.          Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali.
15 menit
Kegiatan inti
 
§  Siswa mengamati gambar gerbang Taman Nasional Bantimurungmengamati).
§  Siswa bertanya jawab tentang gambar gerbang Taman NasionalBantimurung (menanya).
§  Siswa membaca teks puisi “Pemandangan” (mecoba).
§  Siswa membaca dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, dan ekspres yang tepat (mencoba).
§  Siswa membaca puisi di depan kelas (mencoba).
§   Siswa mendengarkan temannya membacakan puisi (mengamati).
§   Siswa menyampaikan pendapatnya tentang penampilan temannya berpuisi (mengomunikasikan).
§   Siswa mengomentari tentang penggunaan lafal, intonasi, dan ekspresi temannya saat berpuisi (mengomunikasikan).
§   Siswa menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan (mencoba).
§   Siswa mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan (menalar).
§   Siswa menentukan puisi yang akan dibuat (mencoba).
§   Siswa bertanya jawab tentang tema puisi (menanya).
§   Siswa menentukan judul puisi yang akan dibuatnya (mencoba).
§   Siswa membuat kerangka puisi (mencoba).
§   Siswa menulis puisi berdasarkan kerangka yang dibuatnya (mencoba).
§   Siswa menukarkan lembar penulisan puisinya dengan teman
§   sebangkunya (mencoba).
§   Siswa saling memeriksa kesalahaan penulisan puisi(mengomunikasikan).
§   Siswa membuat nama pemeriksa di kolom yang sudah disediakan(mencoba).
§   Siswa mengembalikan kertas ke pemiliknya (mencoba).
§   Siswa menulis kembali teks puisi berdasarkan hasil pemeriksaantemannya (mencoba).
• Siswa membacakan puisi yang dibuatnya (mencoba).
• Siswa memberikan penghargaan kepada temannya yang membacakan puisi ke depan kelas (mencoba).
§  Siswa mengamati gambar Beni melihat dan menunjuk botol minuman berserakan di sekitar patung kupu-kupu (mengamati).
§  Siswa membaca balon cerita yang terdapat pada gambar yang diamati (mengamati).
§  Siswa mengamati gambar Beni sedang memegang contoh pot hiasan yang masih kosong (mengamati).
§  Siswa kembali membaca balon cerita yang terdapat pada gambar yang diamati (mengamati).
§  Siswa mengidentifikasi bahan yang digunakan untuk membuat hiasan pot bunga (mengamati).
Ayo Berlatih
§  Siswa bertanya jawab tentang gambar yang diamatinya (menanya).
§  Siswa bertanya menggunakan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana (menanya).
§  Siswa diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan temannya (menalar).
§  Siswa dengan bimbingan guru menentukan jawaban yang benar (menalar).
Ayo Berkreasi
§  Siswa bertanya jawab tentang cara membuat hiasan pot bunga
§  (menanya).
§  Siswa mengidentifikasi bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan (mengamati).
§  Siswa menyediakan alat dan bahan yang sudah disediakan dari rumah (mencoba).
§  Siswa membaca cara membuat hiasan pot bunga (mengamati).
§  Siswa membuat hiasan pot bunga dari botol bekas minuman (mencoba).
§  Siswa mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan yang dibuat dengan bahan buatan (mengamati).
§  Siswa bekerja sama dengan kelompoknya untuk menentukan ciri-ciri karya hiasan yang dibuat dengan botol bekas (mengomunikasikan).
§  Siswa menceritakan cara membuat hiasan botol bekas berdasarkan pengalamannya (mencoba).
Ayo Mengamati
§  Siswa mengamati gambar beberapa botol minuman bekas (mengamati).
§  Siswa bertanya jawab tentang tinggi botol minuman bekas (menanya)
§  Siswa mengamati contoh soal cerita (mengamati).
§  Siswa mengamati cara penyajian dalam menyelesaikan soal cerita (mengamati).
§  Siswa mengerjakan soal cerita (mencoba dan menalar).
Ayo Berlatih
§  Siswa memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang (menalar).
§  Siswa menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjang (menalar).
§  Siswa mengerjakan soal cerita tentang pemecahan masalah (menalar).
180 menit
Penutup
1.          Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
·      Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
·      Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.          Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.         Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4.         Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.         Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan  kelas.
6.         Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
15 menit


G. PENILAIAN
1.    Teknik Penilaian
a.    Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b.   Penilaian Pengetahuan: Tes
c.    Penilaian Keterampilan: Unjuk

3. Keterampilan
a. Mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata “maaf”
untuk hidup rukun dalam kemajemukan

No.
Kriteria
Baik Sekali(4)
Baik(3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Penggunaan kata
dalam santun
berbahasa.
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa tubuh
yang sangat
santun.
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
yang sangat
santun dan
bahasa tubuh
yang cukup
santun atau
sebaliknya.
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa
tubuh yang cukup
santun.
Belum mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa
tubuh yang
santun.
2
Penggunaan lafal,
intonasi, dan
ekspresi.
Mampu
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi, dan
ekspresi dengan
tepat.
Mampu
sebagian besar
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi,
dan ekspresi
dengan tepat.
Mampu
sebagian kecil
mempraktikkan
menggunakan
lafal, intonasi, dan
ekspresi dengan
tepat.
Belum mampu
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi,
dan ekspresi
dengan tepat.










c. Memainkan pola irama sederhana untuk mengiringi lagu berbirama dua.
No.
Kriteria
Baik Sekali(4)
Baik(3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Penguasaan Lagu.
Hafal seluruh syair
lagu dan irama
dengan tepat.
Hafal sebagian
besar syair
lagu dan irama
kurang tepat
dan sebaliknya.
Hafal sebagian
kecil syair lagu.
Belum mampu
menghafal syair
lagu.
2
Kepercayaan Diri.
Tidak terlihat
ragu-ragu.
Terlihat raguragu.
Memerlukan
bantuan guru.
Belum
menunjukkan
kepercayaan diri.
3
Pola irama sesuai
dengan lagu yang
diiringi.
Semua pola
irama sesuai
dengan lagu yang
mengiringi.
Sebagian besar
pola irama
sesuai dengan
lagu yang
mengiringi.
Sebagian kecil
pola irama sesuai
dengan lagu yang
mengiringi.
Belum mampu
memainkan
pola irama yang
sesuai dengan
lagu yang
mengiringi.

Mengetahui
Kepala SD Negeri  





..............................................
   
....................................................
Guru Kelas  2





.................................................




Comments