RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 3 TEMA 1 SUBTEMA 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 1                            :     Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 2                   :     Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Pembelajaran                :     3
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

3.4.1 Mengidentifikasi makanan yang baik untuk proses pertumbuhan dan perkembangan dengan tepat.

2
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
4.4.1 Menjelaskan pengaruh makanan pada proses pertumbuhan dan perkembangan.


Matematika
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

3.1.1 Menentukan hasil penjumlahan teknik menyimpan.

2
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
4.1.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari terkait penjumlahan teknik menyimpan.


SBdP
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3 Mengetahui dinamika gerak tari.

3.3.1 Mengidentifikasi gerak kuat dan lemah tangan dalam suatu tari.

2
4.3 Meragakan dinamika gerak tari.
4.3.1 Memeragakan gerak kuat dan lemah tangan dalam suatu tari.


C.     TUJUAN PEMBALAJARAN
1.    Dengan melakukan kegiatan menari, siswa dapat mengidentifikasi gerak kuat dan lemah tangan dalam suatu tari dengan benar.
2.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat memeragakan gerak kuat dan lemah tangan dalam suatu tari dengan percaya diri.
3.    Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi makanan yang baik untuk proses pertumbuhan dan perkembangan dengan tepat.
4.    Setelah membaca, siswa dapat menjelaskan pengaruh makanan pada proses pertumbuhan dan perkembangan dengan tepat.
5.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan teknik menyimpan dengan benar.
6.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari terkait penjumlahan teknik menyimpan dengan benar.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bangun Pemudi Pemuda”. Nasionalis
¡   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
¡   Guru melakukan apersepsi dengan mengingatkan kembali gerakan tari yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

10 menit
Inti
§  Siswa mengingat kembali gerakan tari yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
§  Pada pertemuan ini, siswa diajak mempraktikkan gerakan tari yang digabungkan dengan sebuah nyanyian.
Tepuk Tangan
Tangan kanan tangan kiri mempunyai jari
Direntangkan dibengkokkan
Putar pergelangan
Acung depan dilentikkan
Ayo tepuk tangan




§  Setelah berlatih menari, siswa berdiskusi mengenai perasaan saat menari. Communication
§  Siswa secara berkelompok berlatih menciptakan gerak kuat dan lemah dalam suatu tarian. Collaboration
§  Siswa dapat menggunakan lagu yang sama ataupun lagu lainnya.
§  Siswa membaca teks tentang pentingnya makanan untuk kesehatan.
§  Siswa berdiskusi setelah membaca teks yang ada pada buku tentang jenis-jenis makanan, syarat makanan sehat, dan juga kandungannya.
§  Makanan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia. Makanan yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan adalah makanan yang sehat dan bergizi. Makanan sehat dan bergizi harus memenuhi syarat empat sehat lima sempurna. Makanan empat sehat lima sempurna terdiri dari:
1.    Makanan pokok, misalnya nasi, kentang, jagung, roti, ubi, mie, dan sagu.
2.    Lauk-pauk misalnya daging, ikan, tahu, tempe, telur, dan cumi.
3.    Sayur-sayuran, misalnya kangkung, bayam, wortel, dan buncis.
4.    Buah-buahan misalnya jeruk, apel, anggung, pisang, dan jambu.
5.    Susu.
§  Makanan-makanan tersebut mengandung gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Karbohidrat terdapat pada makanan pokok. Protein terdiri dari dua jenis, ada protein hewani dan nabati. Protein hewani terdiri dari lauk-pauk yang berasal dari hewan seperti ikan, daging, susu, keju dan telur.
§  Protein nabati adalah protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti tempe dan tahu.
§  Vitamin banyak terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buahan. Mineral banyak terdapat pada ikan, sayuran, dan susu.
§  Siswa mengamati gambar berbagai makanan, lalu memberikan pendapat dan menuliskan pendapat mengenai makanan yang bisa dimakan setiap hari dan sesekali terkait kandungan yang ada pada makanan tersebut. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa menuliskan pendapat pada tempat yang disiapkan. Mandiri
§  Jagalah makanan yang kita makan agar selalu bersih dan memenuhi syarat empat sehat lima sempurna. Makanan yang bersih, sehat, dan bergizi akan membantu pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan baik.
§  Proses perbanyakan buah dan sayuran sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Oleh karena itu, ada perkebunan sebagai salah satu upaya yang dilakukan.
§  Siswa berlatih kembali untuk menyelesaikan soal penjumlahan dengan teknik menyimpan. Critical Thinking and Problem Solving
150 menit
Penutup
¡   Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.    Apa saja yang sudah dipelajari pada hari ini?
b.    Bagaimana perasaan setelah melakukan kegiatan menari?
c.    Apa kegiatan yang paling disukai?
d.    Informasi apa yang ingin diketahui lebih lanjut?
e.    Bagaimana cara siswa mendapatkan informasi tersebut?
¡   Pertanyaan yang diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku tulis khusus untuk refleksi.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Apuse”
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Gambar berbagai makanan empat sehat lima sempurna.
¡  Bekas bungkus makanan untuk mengamati kandungan makanan.
¡  Buku teks siswa dan guru.




Mengetahui
Kepala Sekolah




...................................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




..........................................





Comments