RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 2 : Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.4
Mencermati kosakata dalam teks
tentang konsep
ciri-ciri, kebutuhan (makanan
dan tempat hidup),
pertumbuhan, dan
perkembangan makhluk
hidup yang ada di lingkungan
setempat yang disajikan
dalam bentuk lisan,
tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
|
3.4.1
Mengidentifikasi makanan yang baik untuk proses pertumbuhan dan perkembangan
dengan tepat.
|
2
|
4.4
Menyajikan laporan tentang
konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
|
4.4.1
Menjelaskan pengaruh makanan pada proses pertumbuhan dan perkembangan.
|
Matematika
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1
Menjelaskan sifat-sifat operasi
hitung pada bilangan
cacah.
|
3.1.1
Menentukan hasil penjumlahan teknik menyimpan.
|
2
|
4.1
Menyelesaikan masalah yang
melibatkan penggunaan
sifat-sifat operasi
hitung pada bilangan
cacah.
|
4.1.1
Menyelesaikan masalah sehari-hari terkait penjumlahan teknik menyimpan.
|
SBdP
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.3
Mengetahui dinamika gerak
tari.
|
3.3.1
Mengidentifikasi gerak kuat dan lemah tangan dalam suatu tari.
|
2
|
4.3
Meragakan dinamika gerak tari.
|
4.3.1
Memeragakan gerak kuat dan lemah tangan dalam suatu tari.
|
C. TUJUAN PEMBALAJARAN
1.
Dengan melakukan kegiatan menari,
siswa dapat mengidentifikasi gerak kuat dan lemah tangan dalam suatu tari
dengan benar.
2.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
memeragakan gerak kuat dan lemah tangan dalam suatu tari dengan percaya diri.
3.
Setelah membaca, siswa dapat
mengidentifikasi makanan yang baik untuk proses pertumbuhan dan perkembangan
dengan tepat.
4.
Setelah membaca, siswa dapat
menjelaskan pengaruh makanan pada proses pertumbuhan dan perkembangan dengan
tepat.
5.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menentukan hasil penjumlahan teknik menyimpan dengan benar.
6.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menyelesaikan masalah sehari-hari terkait penjumlahan teknik menyimpan dengan
benar.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡ Siswa berdoa bersama sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bangun Pemudi
Pemuda”. Nasionalis
¡ Guru menjelaskan kegiatan yang akan
dilaksanakan.
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai.
¡
Guru melakukan apersepsi dengan mengingatkan kembali gerakan
tari yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa mengingat
kembali gerakan tari yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
§ Pada pertemuan
ini, siswa diajak mempraktikkan gerakan tari yang digabungkan dengan sebuah nyanyian.
Tepuk Tangan
Tangan kanan tangan kiri mempunyai
jari
Direntangkan dibengkokkan
Putar pergelangan
Acung depan dilentikkan
Ayo tepuk tangan
![]()
§ Setelah
berlatih menari, siswa berdiskusi mengenai perasaan saat menari. Communication
§ Siswa secara
berkelompok berlatih menciptakan gerak kuat dan lemah dalam suatu tarian. Collaboration
§ Siswa dapat
menggunakan lagu yang sama ataupun lagu lainnya.
§ Siswa membaca
teks tentang pentingnya makanan untuk kesehatan.
§ Siswa
berdiskusi setelah membaca teks yang ada pada buku tentang jenis-jenis makanan, syarat
makanan sehat, dan juga kandungannya.
§ Makanan sangat
berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia.
Makanan yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan adalah makanan yang
sehat dan bergizi. Makanan sehat dan bergizi harus memenuhi syarat empat
sehat lima sempurna. Makanan empat sehat lima sempurna terdiri dari:
1.
Makanan pokok, misalnya nasi,
kentang, jagung, roti, ubi, mie, dan sagu.
2.
Lauk-pauk misalnya daging, ikan,
tahu, tempe, telur, dan cumi.
3.
Sayur-sayuran, misalnya kangkung,
bayam, wortel, dan buncis.
4.
Buah-buahan misalnya jeruk, apel,
anggung, pisang, dan jambu.
5.
Susu.
§ Makanan-makanan
tersebut mengandung gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin,
mineral, dan air. Karbohidrat terdapat pada makanan pokok. Protein terdiri dari
dua jenis, ada protein hewani dan nabati. Protein hewani terdiri dari lauk-pauk yang
berasal dari hewan seperti ikan, daging, susu, keju dan telur.
§ Protein nabati
adalah protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti tempe dan tahu.
§ Vitamin banyak
terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buahan. Mineral banyak terdapat pada
ikan, sayuran, dan susu.
§ Siswa mengamati
gambar berbagai makanan, lalu memberikan pendapat dan menuliskan
pendapat mengenai makanan yang bisa dimakan setiap hari dan sesekali
terkait kandungan yang ada pada makanan tersebut. Critical Thinking
and Problem Solving
§ Siswa
menuliskan pendapat pada tempat yang disiapkan. Mandiri
§ Jagalah makanan
yang kita makan agar selalu bersih dan memenuhi syarat empat sehat lima
sempurna. Makanan yang bersih, sehat, dan bergizi akan membantu pertumbuhan dan
perkembangan manusia dengan baik.
§ Proses
perbanyakan buah dan sayuran sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan
manusia. Oleh karena itu, ada perkebunan sebagai salah satu upaya yang dilakukan.
§ Siswa berlatih
kembali untuk menyelesaikan soal penjumlahan dengan teknik menyimpan. Critical Thinking
and Problem Solving
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Guru dan siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.
Apa saja yang sudah dipelajari pada
hari ini?
b.
Bagaimana perasaan setelah melakukan
kegiatan menari?
c.
Apa kegiatan yang paling disukai?
d.
Informasi apa yang ingin diketahui
lebih lanjut?
e.
Bagaimana cara siswa mendapatkan
informasi tersebut?
¡ Pertanyaan yang
diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan
siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku
tulis khusus untuk refleksi.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Apuse”
¡ Kegiatan kelas
diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡
Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Pertumbuhan
dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Gambar berbagai makanan empat sehat lima sempurna.
¡ Bekas bungkus makanan untuk mengamati kandungan makanan.
¡ Buku teks siswa dan guru.
Mengetahui
Kepala Sekolah
...................................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
..........................................
|
Comments