RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK KELAS 3 PEMBELAJARAN 3 TEMA 1 SUBTEMA 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 1                            :     Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 1                   :     Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Pembelajaran                :     3
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

3.4.1   Mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup.

2
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
4.4.1 Menuliskan pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup.


Matematika
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

3.1.1 Menentukan nilai tempat sampai ribuan.

2
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
4.1.1 Menentukan nilai tempat sampai puluh ribuan.
4.1.2 Mengurutkan sekelompok bilangan yang diberikan antara 1.000 sampai dengan 10.000.



SBdP
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.

3.2.1 Mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana pada lagu Anak Ayam.

2
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu.
4.2.1 Memeragakan pola irama sederhana melalui kegiatan bernyanyi lagu “Anak Ayam” dengan.


C.     TUJUAN PEMBALAJARAN
1.    Setelah mengamati teks dan gambar, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
2.    Setelah mengamati teks dan gambar, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
3.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan nilai tempat sampai ribuan dengan tepat.
4.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan nilai tempat sampai puluh ribuan dengan benar.
5.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengurutkan sekelompok bilangan yang diberikan antara 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
6.    Setelah mendengarkan penjelasan, siswa dapat mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana pada lagu Anak Ayam dengan benar.
7.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana melalui kegiatan bernyanyi lagu “Anak Ayam” dengan percaya diri.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bangun Pemudi Pemuda”. Nasionalis
¡   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
¡   Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang ciri-ciri makhluk hidup yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
10 menit
Inti
§  Siswa mengamati gambar yang ada pada buku.
§  Siswa mengamati ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada gambar.
§  Ciri-ciri yang ditemui diantaranya adalah;
 
§  Siswa menuliskan hasil pengamatan pada tempat yang tersedia pada buku. Mandiri
§  Siswa mengamati gambar keluarga Siti sedang makan bersama dan gambar induk, telur, serta anak ayam.
§  Siswa berlatih menuliskan informasi yang dapat diperoleh dari gambar tersebut, dan menuliskan. Critical Thinking and Problem Solving
§  Hubungan kedua gambar adalah adanya saling ketergantungan antara manusia dan hewan. Keluarga Siti sedang makan dengan lauk telur dan ayam.
§  Gambar pertama menunjukkan Siti sekeluarga membutuhkan makanan. Makanan bisa berasal dari makhluk lain.
§  Gambar berikutnya menunjukkan perkembangbiakan ayam. Mulai dari telur menjadi anak ayam, selanjutnya tumbuh jadi ayam dewasa.
§  Masing-masing siswa menyampaikan hasil temuannya. Mandiri
§  Semua pendapat siswa dapat saling memperkaya temuan.
§  Siswa mengamati guru menyanyikan lagu Anak Ayam.
§  Siswa berlatih menyanyi lagu Anak Ayam.
§  Siswa secara bergantian menyanyikan lagu Anak Ayam di depan teman-teman. Communication
§  Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada syair lagu Anak Ayam.
§  Siswa juga mengidentifikasi jenis pola irama yang ada pada lagu Anak Ayam dengan cara memberi simbol bunyi panjang dan bunyi pendek pada syair lagu. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa berlatih membuat pola bunyi panjang dan bunyi pendek pada lagu Anak Ayam.
§  Siswa menyanyikan lagu Anak Ayam dengan pola yang telah dibuat.

§  Siswa diingatkan kembali dengan bilangan ribuan dan berlatih membaca nama dan lambang bilangannya.
§  Siswa mengamati contoh suatu data hasil dari sebuh peternakan.
§  Siswa berlatih menyelesaikan soal latihan mengenai nama dan lambang bilangan. Critical Thinking and Problem Solving
§  Untuk memudahkan dalam membaca bilangan, bisa juga menggunakan teknik nilai tempat.
§  Contohnya 1.250
§  Dalam tabel nilai tempat dapat ditunjukkan seperti berikut.
 
Angka 1 berada pada tempat ribuan dan bernilai 1.000
Angka 2 berada pada tempat ratusan dan bernilai 200
Angka 5 berada pada tempat puluhan dan bernilai 50
Angka 0 berada pada tempat satuan dan bernilai 0
§  Siswa mengerjakan latihan soal.
150 menit
Penutup
¡   Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.    Apa saja yang sudah dipelajari pada hari ini?
b.    Bagaimana perasaan setelah mencoba membuat pola nyanyian menggunakan simbol bunyi panjang dan bunyi pendek?
c.    Apa kegiatan yang paling disukai?
d.    Informasi apa yang ingin diketahui lebih lanjut?
e.    Bagaimana cara siswa mendapatkan informasi tersebut?
¡   Pertanyaan yang diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku tulis khusus untuk refleksi.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Apuse”
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius
15 menit


E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Gambar peternakan dan data hasil pada sebuah peternakan.
¡  Teks lagu Anak Ayam.
¡  Buku teks siswa dan guru.




Mengetahui
Kepala Sekolah




............................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




........................................








Comments