RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.4
Mencermati kosakata dalam teks
tentang konsep
ciri-ciri, kebutuhan (makanan
dan tempat hidup),
pertumbuhan, dan
perkembangan makhluk
hidup yang ada di lingkungan
setempat yang disajikan
dalam bentuk lisan,
tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
|
3.4.1 Mengidentifikasi ide pokok dari informasi
yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup.
|
2
|
4.4
Menyajikan laporan tentang
konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
|
4.4.1
Menuliskan pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri
makhluk hidup.
|
Matematika
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1
Menjelaskan sifat-sifat operasi
hitung pada bilangan
cacah.
|
3.1.1
Menentukan nilai tempat sampai ribuan.
|
2
|
4.1
Menyelesaikan masalah yang
melibatkan penggunaan
sifat-sifat operasi
hitung pada bilangan
cacah.
|
4.1.1
Menentukan nilai tempat sampai puluh ribuan.
4.1.2
Mengurutkan sekelompok bilangan yang diberikan antara 1.000 sampai dengan
10.000.
|
SBdP
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.2
Mengetahui bentuk dan variasi
pola irama dalam lagu.
|
3.2.1
Mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana pada lagu Anak Ayam.
|
2
|
4.2
Menampilkan bentuk dan variasi
irama melalui lagu.
|
4.2.1
Memeragakan pola irama sederhana melalui kegiatan bernyanyi lagu “Anak Ayam”
dengan.
|
C. TUJUAN PEMBALAJARAN
1.
Setelah mengamati teks dan gambar,
siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang didengar/disajikan
tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
2.
Setelah mengamati teks dan gambar,
siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang
ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
3.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menentukan nilai tempat sampai ribuan dengan tepat.
4.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menentukan nilai tempat sampai puluh ribuan dengan benar.
5.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
mengurutkan sekelompok bilangan yang diberikan antara 1.000 sampai dengan
10.000 dengan benar.
6.
Setelah mendengarkan penjelasan, siswa
dapat mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana pada lagu Anak Ayam dengan
benar.
7.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
memeragakan pola irama sederhana melalui kegiatan bernyanyi lagu “Anak Ayam”
dengan percaya diri.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡ Siswa berdoa bersama sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bangun Pemudi
Pemuda”. Nasionalis
¡ Guru menjelaskan kegiatan yang akan
dilaksanakan.
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai.
¡ Guru melakukan apersepsi dengan
mengajukan pertanyaan tentang ciri-ciri makhluk hidup yang sudah dipelajari
pada pertemuan sebelumnya.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa mengamati
gambar yang ada pada buku.
§ Siswa mengamati
ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada gambar.
§ Ciri-ciri yang
ditemui diantaranya adalah;
![]()
§ Siswa
menuliskan hasil pengamatan pada tempat yang tersedia pada buku. Mandiri
§ Siswa mengamati
gambar keluarga Siti sedang makan bersama dan gambar induk, telur,
serta anak ayam.
§ Siswa berlatih
menuliskan informasi yang dapat diperoleh dari gambar tersebut, dan menuliskan. Critical Thinking
and Problem Solving
§ Hubungan kedua
gambar adalah adanya saling ketergantungan antara manusia dan hewan.
Keluarga Siti sedang makan dengan lauk telur dan ayam.
§ Gambar pertama
menunjukkan Siti sekeluarga membutuhkan makanan. Makanan bisa berasal
dari makhluk lain.
§ Gambar
berikutnya menunjukkan perkembangbiakan ayam. Mulai dari telur menjadi anak
ayam, selanjutnya tumbuh jadi ayam dewasa.
§ Masing-masing
siswa menyampaikan hasil temuannya. Mandiri
§ Semua pendapat
siswa dapat saling memperkaya temuan.
§ Siswa mengamati
guru menyanyikan lagu Anak Ayam.
§ Siswa berlatih
menyanyi lagu Anak Ayam.
§ Siswa secara
bergantian menyanyikan lagu Anak Ayam di depan teman-teman. Communication
§ Siswa
mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada syair lagu Anak Ayam.
§ Siswa juga
mengidentifikasi jenis pola irama yang ada pada lagu Anak Ayam dengan cara
memberi simbol bunyi panjang dan bunyi pendek pada syair lagu. Critical Thinking
and Problem Solving
§ Siswa berlatih
membuat pola bunyi panjang dan bunyi pendek pada lagu Anak Ayam.
§ Siswa
menyanyikan lagu Anak Ayam dengan pola yang telah dibuat.
§ Siswa
diingatkan kembali dengan bilangan ribuan dan berlatih membaca nama dan lambang
bilangannya.
§ Siswa mengamati
contoh suatu data hasil dari sebuh peternakan.
§ Siswa berlatih
menyelesaikan soal latihan mengenai nama dan lambang bilangan. Critical Thinking
and Problem Solving
§ Untuk
memudahkan dalam membaca bilangan, bisa juga menggunakan teknik nilai tempat.
§ Contohnya 1.250
§ Dalam tabel
nilai tempat dapat ditunjukkan seperti berikut.
![]()
Angka 1 berada pada tempat ribuan dan bernilai 1.000
Angka 2 berada pada tempat ratusan dan bernilai 200
Angka 5 berada pada tempat puluhan dan bernilai 50
Angka 0 berada pada tempat satuan dan bernilai 0
§ Siswa mengerjakan
latihan soal.
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Guru dan siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.
Apa saja yang sudah dipelajari pada
hari ini?
b.
Bagaimana perasaan setelah mencoba
membuat pola nyanyian menggunakan simbol bunyi panjang dan bunyi pendek?
c.
Apa kegiatan yang paling disukai?
d.
Informasi apa yang ingin diketahui
lebih lanjut?
e.
Bagaimana cara siswa mendapatkan
informasi tersebut?
¡ Pertanyaan yang
diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan
siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku
tulis khusus untuk refleksi.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Apuse”
¡ Kegiatan kelas
diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡
Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Pertumbuhan
dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Gambar peternakan dan data hasil pada sebuah peternakan.
¡ Teks lagu Anak Ayam.
¡ Buku teks siswa dan guru.
Mengetahui
Kepala Sekolah
............................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
........................................
|
Comments