RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 2 : Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan
dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan
setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
|
3.4.1
Menjelaskan pentingnya tidur dalam proses pertumbuhan dan perkembangan
manusia.
|
2
|
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan
tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di
lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat
efektif.
|
4.4.1
Menuliskan cerita tentang kebiasaan yang baik sebelum tidur.
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.3 Mensyukuri
keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.3.1 Memahami keberagaman kebiasaan berdoa
setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
2
|
2.3 Menampilkan Pertumbuhan
Hewan karakteristik individu di lingkungan sekitar.
|
2.3.1 Melaksanakan pengalaman adanya
perbedaan kebiasaan berdoa dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
3
|
3.3 Menjelaskan
makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
|
3.3.1 Mengidentifikasi keberagaman kebiasaan
berdoa setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.3.2 Mengidentifikasi keberagaman kebiasaan
berdoa setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
|
4
|
4.3 Menyajikan
makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
|
4.3.1 Menceritakan pengalaman adanya
perbedaan kebiasaan berdoa dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.3.2 Menceritakan pengalaman adanya
perbedaan kebiasaan berdoa dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan
percaya diri.
|
Matematika
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
|
3.1.1
Menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan.
|
2
|
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi
hitung pada bilangan cacah.
|
4.1.1 Menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan
dengan penjumlahan tanpa menyimpan.
|
C. TUJUAN
PEMEBALAJARAN
1.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat
menjelaskan pentingnya tidur dalam proses pertumbuhan dan perkembangan manusia
dengan benar.
2.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat
menuliskan cerita tentang kebiasaan yang baik sebelum tidur dengan benar.
3.
Setelah membaca, siswa dapat
mengidentifikasi keberagaman kebiasaan berdoa setiap individu dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dengan benar.
4.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat
mengidentifikasi keberagaman kebiasaan berdoa setiap individu dalam kehidupan
sehari-hari di sekolah dengan benar.
5.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menceritakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan berdoa dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dengan benar.
6.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menceritakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan berdoa dalam kehidupan
sehari-hari di sekolah dengan percaya diri.
7.
Setelah mengamati, siswa dapat
menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan dengan benar.
8.
Setelah mengamati, siswa dapat
menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan tanpa
menyimpan dengan benar.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡ Siswa berdoa bersama sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Indonesia
Pusaka”. Nasionalis
¡ Guru menjelaskan kegiatan yang akan
dilaksanakan.
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai.
¡ Guru melakukan apersepsi dengan
menayakan materi yang sudah dipelajari.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa mengamati
gambar berseri yang ada di buku.
§ Siswa berlatih
membuat cerita sesuai gambar. Mandiri
§ Gambar
menunjukkan cerita tentang kegiatan Siti sebelum tidur.
§ Tidur termasuk
faktor yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan manusia.
§ Setiap hari
badan kita melakukan kegiatan. Tubuh kita menjadi lelah dan butuh istirahat.
Salah satu cara istirahat tubuh kita adalah tidur. Saat tidur badan terasa lebih santai
dan tidak tegang. Manusia juga mengalami pertumbuhan saat tidur.
§ Oleh karena
itu, kita perlu tidur yang cukup untuk kesehatan tubuh kita, tidur juga tidak boleh
terlalu lama, karena membuat badan menjadi lemas dan tidak sehat.
§ Ada hal yang
dilakukan sebelum tidur. Mencuci kaki, menggosok gigi, dan berdoa.
§ Cara berdoa
setiap agama berbeda-beda. Kita harus menghargai perbedaan.
§ Siswa mengamati
cara berdoa setiap agama melalui gambar.
§ Siswa berlatih
menceritakan cara berdoa sesuai agama yang dianutnya.
§ Siswa menulis
pada tempat yang tersedia. Mandiri
§ Siswa mengingat
kembali cara menyelesaikan soal pengurangan dengan teknik meminjam. Critical Thinking
and Problem Solving
§ Siswa berlatih
memasangkan soal dengan jawaban.
![]() |
150 menit
|
Penutup
|
¡ Guru dan siswa
melakukan refleksi dengan cara mengisi halaman Aku Sudah Bisa yang ada di
buku siswa.
¡ Pernyataan
dibacakan satu-satu, lalu siswa memberi tanda centang (ΓΌ)jika merasa sudah memahami materi tersebut.
¡ Jika ada materi
yang belum dipahami, secara bersama-sama diskusikan strategi pencapaiannya,
misalnya melalui kegiatan remedial.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Yamko
Rambe Yamko”
¡ Kegiatan kelas
diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan
dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Gambar berseri dengan ukuran besar.
¡ Buku teks siswa dan guru.
Mengetahui
Kepala Sekolah
...............................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
.........................................
|
Comments