RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 3 PEMBELAJARAN 6 TEMA 1 SUBTEMA 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 1                            :     Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 2                   :     Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Pembelajaran                :     6
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

3.4.1 Menjelaskan pentingnya tidur dalam proses pertumbuhan dan perkembangan manusia.

2
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
4.4.1 Menuliskan cerita tentang kebiasaan yang baik sebelum tidur.


PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.3 Mensyukuri keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

1.3.1 Memahami keberagaman kebiasaan berdoa setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

2
2.3 Menampilkan Pertumbuhan Hewan karakteristik individu di lingkungan sekitar.

2.3.1 Melaksanakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan berdoa dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

3
3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.

3.3.1 Mengidentifikasi keberagaman kebiasaan berdoa setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.3.2 Mengidentifikasi keberagaman kebiasaan berdoa setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

4
4.3 Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
4.3.1 Menceritakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan berdoa dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.3.2 Menceritakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan berdoa dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan percaya diri.

Matematika
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

3.1.1 Menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan.

2
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
4.1.1  Menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan tanpa menyimpan.
C.     TUJUAN PEMEBALAJARAN
1.    Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan pentingnya tidur dalam proses pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan benar.
2.    Setelah mengamati gambar, siswa dapat menuliskan cerita tentang kebiasaan yang baik sebelum tidur dengan benar.
3.    Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman kebiasaan berdoa setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
4.    Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman kebiasaan berdoa setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan benar.
5.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menceritakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan berdoa dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
6.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menceritakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan berdoa dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan percaya diri.
7.    Setelah mengamati, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan dengan benar.
8.    Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan tanpa menyimpan dengan benar.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Indonesia Pusaka”. Nasionalis
¡   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
¡   Guru melakukan apersepsi dengan menayakan materi yang sudah dipelajari.
10 menit
Inti
§  Siswa mengamati gambar berseri yang ada di buku.
§  Siswa berlatih membuat cerita sesuai gambar. Mandiri
§  Gambar menunjukkan cerita tentang kegiatan Siti sebelum tidur.
§  Tidur termasuk faktor yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan manusia.
§  Setiap hari badan kita melakukan kegiatan. Tubuh kita menjadi lelah dan butuh istirahat. Salah satu cara istirahat tubuh kita adalah tidur. Saat tidur badan terasa lebih santai dan tidak tegang. Manusia juga mengalami pertumbuhan saat tidur.
§  Oleh karena itu, kita perlu tidur yang cukup untuk kesehatan tubuh kita, tidur juga tidak boleh terlalu lama, karena membuat badan menjadi lemas dan tidak sehat.
§  Ada hal yang dilakukan sebelum tidur. Mencuci kaki, menggosok gigi, dan berdoa.
§  Cara berdoa setiap agama berbeda-beda. Kita harus menghargai perbedaan.
§  Siswa mengamati cara berdoa setiap agama melalui gambar.
§  Siswa berlatih menceritakan cara berdoa sesuai agama yang dianutnya.
§  Siswa menulis pada tempat yang tersedia. Mandiri
§  Siswa mengingat kembali cara menyelesaikan soal pengurangan dengan teknik meminjam. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa berlatih memasangkan soal dengan jawaban.
150 menit
Penutup
¡   Guru dan siswa melakukan refleksi dengan cara mengisi halaman Aku Sudah Bisa yang ada di buku siswa.
¡   Pernyataan dibacakan satu-satu, lalu siswa memberi tanda centang (ΓΌ)jika merasa sudah memahami materi tersebut.
¡   Jika ada materi yang belum dipahami, secara bersama-sama diskusikan strategi pencapaiannya, misalnya melalui kegiatan remedial.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Yamko Rambe Yamko”
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius

15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Gambar berseri dengan ukuran besar.
¡  Buku teks siswa dan guru.






Mengetahui
Kepala Sekolah




...............................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




.........................................


Comments