RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 2 TEMA 2 SUBTEMA 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 1
Tema 2                            :  Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 1                   :  Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia
Pembelajaran                :  2
Alokasi Waktu               :  1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.8 Menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan untuk kesenangan
3.8.1 menemukan pesan yang terdapat dalam dongeng.
2
4.8 Memeragakan pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif
4.8.1 menceritakan kembali isi dongeng dengan bahasa sendiri.

PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.1 Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
1.1.1 Memahami arti penting  berterima kasih kepada sesama manusia sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”
2
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan silasila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
2.1.1 Mengerti dua pengalaman berterima kasih pada sesama manusia sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”
3
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
3.1.1 Menemukan arti penting berterima kasih kepada sesama manusia sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
4
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1.1 Menuliskan dua pengalaman berterima kasih pada sesama manusia sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”

PJOK
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.2 Memahami kombinasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
3.2.1 menjelaskan prosedur kombinasi gerakan memutar dan meliuk.
2
4.2 Mempraktikkan gerak kombinasi gerak dasar nonlokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.2.1 mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan memutar dan meliuk dengan tepat.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.  Setelah mendengarkan teks dongeng yang berjudul Pengembara dan Sebuah Pohon, siswa dapat menemukan pesan yang terdapat dalam dongeng yang didengar.
2.  Setelah mendengarkan teks dongeng, siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan bahasa sendiri secara lisan.
3.  Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menemukan arti penting berterima kasih kepada sesama manusia sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
4.  Setelah kegiatan diskusi, siswa dapat menuliskan dua pengalaman berterima kasih pada sesama manusia sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
5.  Setelah mengamati penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan memutar dan meliuk.
6.  Setelah mengamati guru, siswa dapat mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan memutar dan meliuk dengan tepat.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
§   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Terima Kasih Kepada Pahlawanku”. Nasionalis
§   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
§   Guru melakukan ice breaking melalui kegiatan bernyanyi atau bermain tebak-tebakan atau kegiatan lain Creativity and Innovation
§   Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu. Communication
§   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
§   Guru melakukan apersepsi dengan melakukan salah satu kegiatan berikut yaitu tanya jawab, mengulas kembali beberapa hal tentang kegiatan sebelumnya, menceritakan pengalaman, atau kegiatan lainnya.
10 menit
Inti
§  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa.
§  Dalam tiap kelompok ada satu siswa yang bertugas membacakan teks dongeng Pengembara dan Sebuah Pohon sementara siswa lainnya menyimak.
§  Tiap siswa dalam kelompok kemudian menceritakan pesan moral yang terkandung dalam dongeng Pengembara dan Sebuah Pohon.
§  Guru dan siswa mendiskusikan pesan moral yang terkandung pada dongeng Pengembara dan Sebuah Pohon Collaboration
§  Dari diskusi pesan moral yang terkandung pada dongeng, guru mengaitkan bahan diskusi dengan pentingnya arti berterima kasih kepada sesama makhluk Tuhan. Kita perlu menunjukkan perilaku berterima kasih kepada tumbuhan, binatang, dan khususnya kepada sesama manusia. Communication
§  Siswa menyimak dialog tentang cara berterima kasih kepada tumbuhan, binatang, dan manusia. Contoh cara berterima kasih kepada tumbuhan yaitu dengan merawat tanaman. Contoh berterima kasih kepada binatang yaitu dengan melindunginya atau memberinya makan. Cara berterima kasih kepada sesama manusia yaitu dengan tidak lupa selalu mengucapkan terima kasih setelah dibantu atau ditolong. Mandiri
§  Siswa juga menjawab pertanyaan tentang fungsi kata terima kasih dan perasaan ketika mengucapkan terima kasih. Mandiri
§  Siswa menuliskan dua pengalaman berterima kasih pada tempat yang tersedia di buku siswa.
§  Siswa bersiap-siap melakukan aktivitas olahraga. Sebelum ke lapangan siswa berganti pakaian olahraga. Mandiri
§  Kegiatan olahraga diawali dengan melakukan pemanasan dengan berlari keliling lapangan sekolah sebanyak 3 kali putaran.
§  Guru memberi contoh gerakan-gerakan kombinasi memutar dan meliuk. Communication
§  Gerakan kombinasi memutar dan meliuk dilakukan berdasarkan urutan:
1.    Badan berdiri tegak.
2.    Kedua tangan dikepalkan dan disimpan di pinggang.
3.    Badan diputar ke kanan dan ke kiri.
4.    Badan kembali berdiri tegak.
5.    Kedua tangan direntangkan ke depan.
6.    Badan diputar ke bawah (dibungkukkan).
7.    Badan diputar ke kanan bawah.
8.    Badan diputar ke kiri bawah.
9.    Meliukkan badan ke atas (melentingkan badan).
10. Gerakan di atas dilakukan berulang-ulang.
§  Setelah semua siswa dapat melakukan gerakan kombinasi memutar dan meliuk, guru dan siswa melakukan gerakan pendinginan yang dicontohkan guru. Collaboration
§  Siswa dan guru kembali ke kelas. Sebelumnya siswa mengganti pakaian olahraga dengan pakaian seragam sekolah. Mandiri

35 Menit X  30 JP
Penutup
§   Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi kegiatan hari itu. Dalam kegiatan refleksi, guru memberikan salah satu pertanyaan berikut ini:
a.   Apa yang kamu pelajari hari ini?
b.   Bagaimana perasaanmu saat menyampaikan pesan moral dalam  dongeng/menuliskan pengalaman berterima kasih kepada sesama/ melakukan gerakan kombinasi memutar dan meliuk?
c.   Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
d.   Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
e.   Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?
§   Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi. Mandiri
§   Menyanyikan lagu daerah “Apuse” Nasionalis
§   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit




E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
§  Buku Pedoman Guru Tema : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
§  Buku Siswa Tema : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
§   Teks dongeng
§   Pakaian olahraga
















Mengetahui
Kepala Sekolah




.................................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




...............................................













Comments