RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDSUKAHURIP 02
Kelas /Semester :
2 / 2 (dua )
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema 1 : Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia dan Matematika SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
|
3.6.1.Menulis dengan tulisan tegak bersambung
menggunakan huruf kapital tentang langkah-langkah koordinasi gerak kepala,
tangan, kaki dalam gerak tari dan mempraktikkannya dengan kerjasama dan
disiplin.
|
4.6 Menyampaikan ungkapanungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan..
|
4.6.1 Membaca indah puisi anak tentang permainan tradisional dan
mengidentifikasi serta meragakan gerak pemanasan yang dilakukan sebelum
melaksanakan permainan tersebut secara mandiri dan tanggung jawab
|
Matematika
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
3.6.1.Membandingkan
dan mengukur jarak dua tempat terhadap tempat tertentu dengan alat ukur meter
dan berbagai alat ukur kemudian menyajikan dalam bentuk lisan dengan teliti
dan jujur
|
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam
satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
4.6.1 Melakukan
pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang
berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
SBdP
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anakanak.
|
3.2.1Melakukan Karya imajinatif dua dan tiga dimensi Dan
Gerak keseharian dan alam dalam tari
|
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anakanak.
|
4.2.1 Mempraktikkan
gerak tari keseharian untuk melatih kelenturan, dan kekuatan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani
dengan semangat
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan memperhatikan pembacaan teks percakapan, siswa
dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun
dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
2.
Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat mempraktikkan
ungkapan santun menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan
dengan benar.
3.
Dengan mengamati
gambar jam dinding, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang
dengan tepat.
4.
Dengan mengamati berbagai gambar benda, siswa dapat
memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan
tepat.
5.
Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menentukan tekanan
kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan benar.
6.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan panjang
dan pendek bunyi pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat.
7.
Dengan mengamati teks lagu
“Bunda Piara”, siswa dapat memainkan pola irama sederhana untuk
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1. teks tentang budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun
2. peta pikiran, mengenai satuan baku untuk mengukur panjang
3. teks, tentang pola irama
E. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F.
MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat :
1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan :
-
Sumber Belajar :
1. Buku
Guru dan Buku Siswa Kelas 2,
Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi
2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin
oleh salah seorang siswa.
3.
Siswa difasilitasi untuk bertanya
jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru
dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.
Siswa diajak menyanyikan Lagu
Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan
semangat kebangsaan.
5.
Siswa diminta memeriksa kerapian diri
dan kebersihan kelas.
6.
Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang
pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.
Pembiasaan membaca. Siswa dan guru
mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.
Siswa diajak menyanyikan lagu daerah
setempat untuk menyegarkan suasana kembali.
|
15 menit
|
Kegiatan inti
|
Ayo
Mengamati
• Siswa diarahkan untuk mendengarkan teks percakapan antara
Beni dan
Ibunya (mengamati).
• Siswa mendengarkan dengan penuh konsentrasi (mengamati).
Ayo Mengamati
• Siswa diarahkan oleh guru mengajukan pertanyaan
menggunakan kata tanya siapa, mengapa, dimana, bagaimana, dan kapan
berdasarkan gambar yang diamati (menanya).
• Siswa lain diminta menjawab pertanyaan yang diajukan
(menanya).
Ayo Menulis
• Siswa bertanya jawab tentang isi teks percakapan
(menanya).
• Siswa menyebutkan beberapa isi teks percakapan yang
diketahuinya
(mengomunikasikan).
• Siswa diarahkan untuk menjawab pertanyaan (menalar).
• Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan yang
didengarnya (menalar).
Ayo Berlatih
• Siswa mengamati gambar “Beni meminta maaf kepada ibunya”
(mengamati).
• Siswa bertanya jawab tentang gambar (menanya).
• Siswa bertanya jawab tentang sikap santun (menanya).
• Siswa bertanya jawab tentang cara meminta maaf (menanya).
• Siswa berlatih tentang cara meminta maaf (mencoba).
• Siswa bersama pasangannya berlatih meminta maaf secara
bergantian (mencoba).
• Siswa berlatih di depan kelas yang diamati oleh siswa lain
(mencoba).
Ayo Mengamati
• Siswa mengamati gambar jam dinding (mengamati).
• Siswa bertanya jawab tentang gambar jam dinding (menanya).
• Siswa diarahkan untuk mengukur benda (menanya).
• Siswa bertanya jawab tentang alat ukur yang digunakan
untuk mengukur panjang benda (menanya).
• Siswa menyebutkan berbagai jenis alat ukur panjang
(mengomunikasikan).
• Siswa menyebutkan penggaris sebagai alat ukur panjang dan
juga yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari (mengomunikasikan).
• Siswa bertanya jawab tentang benda yang pernah diukur
menggunakan penggaris (menanya).
• Siswa bertanya jawab tentang satuan yang terdapat pada
penggaris
(menanya).
• Siswa menyebutkan sentimeter (cm) sebagai satuan pada
penggaris
(mengomunikasikan).
• Siswa bertanya jawab tentang cara menggunakan penggaris
(menanya).
• Siswa mencoba mengukur benda (mencoba).
Ayo Mencoba
• Siswa sudah mengetahui cara mengukur benda menggunakan
penggaris (menalar).
• Siswa mengerjakan latihan untuk mengukur benda yang ada di
sekitar (menalar).
• Siswa mengukur minimal lima benda (mencoba).
• Siswa menulis nama benda yang diukurnya di dalam kolom
yang
disediakan (mencoba).
• Siswa menulis panjang benda yang diukurnya dengan satuan
cm
(mencoba).
Ayo Berlatih
• Siswa mengamati gambar berbagai jenis benda (mengamati).
• Siswa menentukan benda yang dapat diukur dengan penggaris
(mencoba).
• Siswa memberikan tanda centang (√) untuk benda yang dapat
diukur
dengan penggaris (mencoba).
Ayo Bernyanyi
• Siswa membaca teks lagu “Pelangi-Pelangi” (mengamati).
• Siswa menyanyikan lagu “Pelangi-Pelangi” (mencoba).
• Siswa bertanya jawab tentang tekanan nada (menanya).
• Siswa bertanya jawab tentang notasi angka (menanya).
• Siswa mendengarkan penjelasan yang disampaikan guru
tentang notasi angka (mengamati).
Ayo
Berdiskusi
•
Siswa berdiskusi menentukan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana
(mengomunikasikan).
•
Siswa berdiskusi menentukan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana
(mengomunikasikan).
•
Siswa yang kesulitan mendapatkan bimbingan guru (mengomunikasikan).
•
Siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelas (mengomunikasikan).
•
Siswa memahami cara menentukan tekanan nada kuat dan nada lemah (menalar).
•
Siswa memahami cara menentukan panjang dan pendek bunyi nada
(menalar).
•
Siswa menggarisbawahi teks lagu yang termasuk bunyi panjang dengan warna
merah (menalar).
• Siswa menggarisbawahi teks lagu
yang termasuk bunyi pendek dengan warna biru (menalar).
|
180 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru melakukan refleksi
atas pembelajaran yang telah berlangsung:
· Apa
saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
· Apa
yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.
Siswa bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan
selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta
orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan
sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4.
Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.
Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
6.
Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
|
15 menit
|
H. PENILAIAN
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b.
Penilaian Pengetahuan: Tes
c. Penilaian
Keterampilan: Unjuk
3. Keterampilan
a. Mempraktikkan ungkapan santun dengan
menggunakan kata “maaf”
untuk hidup rukun dalam kemajemukan
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Penggunaan
kata
dalam santun
berbahasa.
|
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa tubuh
yang sangat
santun.
|
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
yang sangat
santun dan
bahasa tubuh
yang cukup
santun atau
sebaliknya.
|
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa
tubuh yang cukup
santun.
|
Belum mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa
tubuh yang
santun.
|
2
|
Penggunaan lafal,
intonasi, dan
ekspresi.
|
Mampu
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi, dan
ekspresi dengan
tepat.
|
Mampu
sebagian besar
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi,
dan ekspresi
dengan tepat.
|
Mampu
sebagian kecil
mempraktikkan
menggunakan
lafal, intonasi, dan
ekspresi dengan
tepat.
|
Belum mampu
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi,
dan ekspresi
dengan tepat.
|
b. Memilih alat ukur yang sesuai untuk
mengukur panjang benda yang diukur.
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Memilih alat
ukur yang
sesuai
dengan benda.
|
Mampu memilih
semua alat ukur
yang sesuai
dengan benda.
|
Mampu memilih
sebagian besar
alat ukur yang
sesuai dengan
benda.
|
Mampu memilih
sebagian kecil alat
ukur yang sesuai
dengan benda.
|
Belum mampu
memilih semua
alat ukur yang
sesuai dengan
benda.
|
2
|
Mengukur
panjang benda.
|
Mampu mengukur
panjang benda
yang sesuai
dengan ukuran
yang sebenarnya.
|
Mampu
mengukur
sebagian besar
benda yang
sesuai dengan
ukuran yang
sebenarnya.
|
Mampu mengukur
sebagian kecil
benda yang sesuai
dengan ukuran
yang sebenarnya.
|
Belum mampu
Belum mampu
mengukur
panjang benda.
|
c. Memainkan pola irama
sederhana untuk mengiringi lagu berbirama dua.
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Penguasaan
Lagu.
|
Hafal seluruh syair
lagu dan irama
dengan tepat.
|
Hafal sebagian
besar syair
lagu dan irama
kurang tepat
dan sebaliknya.
|
Hafal sebagian
kecil syair lagu.
|
Belum mampu
menghafal syair
lagu.
|
2
|
Kepercayaan Diri.
|
Tidak terlihat
ragu-ragu.
|
Terlihat raguragu.
|
Memerlukan
bantuan guru.
|
Belum
menunjukkan
kepercayaan diri.
|
3
|
Pola irama sesuai
dengan lagu yang
diiringi.
|
Semua pola
irama sesuai
dengan lagu yang
mengiringi.
|
Sebagian besar
pola irama
sesuai dengan
lagu yang
mengiringi.
|
Sebagian kecil
pola irama sesuai
dengan lagu yang
mengiringi.
|
Belum mampu
memainkan
pola irama yang
sesuai dengan
lagu yang
mengiringi.
|
Mengetahui
Kepala SD
.................................................
|
................................................
Guru Kelas 2
................................................
|
Comments