RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK KELAS 3 PEMBELAJARAN 4 TEMA 1 SUBTEMA 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 1                            :     Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 1                   :     Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Pembelajaran                :     4
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

3.4.1 Menemukan kata/istilah khusus tentang ciri-ciri makhluk hidup.

2
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
4.4.1 Menceritakan kembali pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup.


PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

1.1.1 Memahami arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama.

2
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.

2.1.1 Melakukan sikap syukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama.

3
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

3.1.1  Menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama.

4
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.1  Menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME.


PJOK
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

3.1.1  Menjelaskan prosedur kombinasi gerakan jalan dan lari dalam bentuk permainan kuda-kudaan.

2
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.1  Mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan jalan dan lari dalam bentuk permainan kuda-kudaan.
4.1.2  Menyimpulkan manfaat melakukan gerak jalan dan lari untuk kekuatan tangan dan kaki dengan benar.

C.     TUJUAN PEMEBALAJARAN
1.    Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan jalan dan lari dalam bentuk permainan kuda-kudaan dengan benar.
2.    Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan jalan dan lari dalam bentuk permainan kuda-kudaan.
3.    Setelah melakukan permainan, siswa dapat menyimpulkan manfaat melakukan gerak jalan dan lari untuk kekuatan tangan dan kaki dengan benar.
4.    Setelah membaca teks, siswa dapat menemukan kata/istilah khusus tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
5.    Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan kembali pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
6.    Setelah membaca, siswa dapat menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama dengan benar.
7.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
§  Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
§  Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
§  Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Berkibarlah Benderaku”. Nasionalis
§  Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.
§  Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
§  Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
§  Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
10 menit
Inti
§  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang ciri makhluk hidup lainnya yaitu tumbuh. Communication
§  Pertumbuhan artinya bertambah ukuran baik berat maupun tingginya.
§  Pertumbuhan juga dipengaruhi kebiasaan berolahraga.
§  Siswa akan berolahraga melalui permainan kuda-kudaan.
§  Sebelum bermain, siswa melakukan pemanasan terlebih dahulu.
§  Bermain kuda-kudaan adalah salah satu kegiatan olahraga. Karena permainan kuda-kudaan dapat membantu memperkuat tangan dan kaki siswa.
§  Carilah temanmu yang memiliki berat badan seimbang. Lalu tentukan terlebih dahulu yang akan menjadi penunggang dan kuda. Siswa bisa menentukan dengan suit terlebih dahulu.
§  Anak yang menjadi kuda akan menggendong temannya di garis awal. Saat diberi aba-aba, berjalan atau berlarilah sampai dengan garis akhir. Pasangan yang lebih dulu mencapai garis akhir adalah pemenangnya.
§  Ulangi kegiatan dengan mengganti kuda dan penunggang.
§  Siswa berdiskusi mengenai manfaat olahraga melalui permainan kuda-kudaan. Communication
§  Saat bermain kuda-kudaan, tangan penunggang akan menahan berat badan temannya yang digendong. Kegiatan ini akan membantu memperkuat tangan.
§  Saat menggendong, penunggang harus berjalan atau berlari. Latihan ini akan membantu memperkuat kaki.
§  Siswa menceritakan hasil diskusi di depan teman-teman. Jika waktu tidak memungkinkan, kegiatan dilakukan secara berkelompok. Collaboration

§  Cerita juga dilengkapi dengan cara-cara merawat tubuh yang sudah dilakukan sebagai salah satu cara mensyukuri pemberian Tuhan. Critical Thinking and Problem Solving
150 menit
Penutup
¡   Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.    Apa saja yang sudah dipelajari pada hari ini?
b.    Bagaimana perasaan setelah bermain kuda-kudaan?
c.    Apa kegiatan yang paling disukai?
d.    Informasi apa yang ingin diketahui lebih lanjut?
e.    Bagaimana cara siswa mendapatkan informasi tersebut?
¡   Pertanyaan yang diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku tulis khusus untuk refleksi.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Burung Tantina”
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Gambar tahapan pertumbuhan makhluk hidup .
¡  Buku teks siswa dan guru.







Mengetahui
Kepala Sekolah




.........................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




........................................




Comments