RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.4 Mencermati
kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),
pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat
yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
|
3.4.1
Menemukan kata/istilah khusus tentang ciri-ciri makhluk hidup.
|
2
|
4.4 Menyajikan
laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan,
dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara
tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
|
4.4.1
Menceritakan kembali pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang
ciri-ciri makhluk hidup.
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.1. Menerima arti
bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara
“Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.1.1 Memahami arti penting
bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila
yang pertama.
|
2
|
2.1 Bersikap
jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang
negara “Garuda Pancasila”.
|
2.1.1 Melakukan sikap syukur kepada
Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama.
|
3
|
3.1 Memahami arti
gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
3.1.1 Menyebutkan arti penting bersyukur kepada
Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama.
|
4
|
4.1 Menceritakan
arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
4.1.1 Menceritakan pengalaman bersyukur kepada
Tuhan YME.
|
PJOK
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1 Memahami
kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.1.1 Menjelaskan prosedur kombinasi gerakan
jalan dan lari dalam bentuk permainan kuda-kudaan.
|
2
|
4.1 Mempraktikkan
kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.1.1 Mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan
jalan dan lari dalam bentuk permainan kuda-kudaan.
4.1.2 Menyimpulkan manfaat melakukan gerak jalan
dan lari untuk kekuatan tangan dan kaki dengan benar.
|
C. TUJUAN PEMEBALAJARAN
1.
Setelah mengamati, siswa dapat
menjelaskan prosedur kombinasi gerakan jalan dan lari dalam bentuk permainan
kuda-kudaan dengan benar.
2.
Setelah mengamati, siswa dapat
mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan jalan dan lari dalam bentuk permainan
kuda-kudaan.
3.
Setelah melakukan permainan, siswa
dapat menyimpulkan manfaat melakukan gerak jalan dan lari untuk kekuatan tangan
dan kaki dengan benar.
4.
Setelah membaca teks, siswa dapat
menemukan kata/istilah khusus tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
5.
Setelah mengamati, siswa dapat
menceritakan kembali pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang
ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
6.
Setelah membaca, siswa dapat
menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari
simbol sila Pancasila yang pertama dengan benar.
7.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
§ Siswa
berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh
salah satu siswa. Religius
§ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Berkibarlah
Benderaku”. Nasionalis
§ Guru
menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.
§ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
§ Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
§ Guru
melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang materi yang sudah
dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang ciri makhluk hidup lainnya yaitu tumbuh.
Communication
§ Pertumbuhan
artinya bertambah ukuran baik berat maupun tingginya.
§ Pertumbuhan
juga dipengaruhi kebiasaan berolahraga.
§ Siswa
akan berolahraga melalui permainan kuda-kudaan.
§ Sebelum
bermain, siswa melakukan pemanasan terlebih dahulu.
§ Bermain
kuda-kudaan adalah salah satu kegiatan olahraga. Karena permainan kuda-kudaan
dapat membantu memperkuat tangan dan kaki siswa.
§ Carilah
temanmu yang memiliki berat badan seimbang. Lalu tentukan terlebih dahulu
yang akan menjadi penunggang dan kuda. Siswa bisa menentukan dengan suit
terlebih dahulu.
§ Anak
yang menjadi kuda akan menggendong temannya di garis awal. Saat diberi
aba-aba, berjalan atau berlarilah sampai dengan garis akhir. Pasangan yang
lebih dulu mencapai garis akhir adalah pemenangnya.
§ Ulangi
kegiatan dengan mengganti kuda dan penunggang.
§ Siswa
berdiskusi mengenai manfaat olahraga melalui permainan kuda-kudaan. Communication
§ Saat
bermain kuda-kudaan, tangan penunggang akan menahan berat badan temannya yang
digendong. Kegiatan ini akan membantu memperkuat tangan.
§ Saat
menggendong, penunggang harus berjalan atau berlari. Latihan ini akan membantu
memperkuat kaki.
§ Siswa
menceritakan hasil diskusi di depan teman-teman. Jika waktu tidak memungkinkan,
kegiatan dilakukan secara berkelompok. Collaboration
§ Cerita
juga dilengkapi dengan cara-cara merawat tubuh yang sudah dilakukan sebagai
salah satu cara mensyukuri pemberian Tuhan. Critical Thinking and Problem
Solving
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Guru dan siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.
Apa saja yang sudah dipelajari pada
hari ini?
b.
Bagaimana perasaan setelah bermain
kuda-kudaan?
c.
Apa kegiatan yang paling disukai?
d.
Informasi apa yang ingin diketahui
lebih lanjut?
e.
Bagaimana cara siswa mendapatkan
informasi tersebut?
¡ Pertanyaan yang
diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan
siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku
tulis khusus untuk refleksi.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Burung
Tantina”
¡ Kegiatan kelas
diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan
dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Gambar tahapan pertumbuhan makhluk hidup .
¡ Buku teks siswa dan guru.
Mengetahui
Kepala Sekolah
.........................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
........................................
|
Comments